Inilah 8 Pulau Terbesar di Negara Kepulauan Indonesia

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 23 Agustus 2021

Indonesia merupakan salah satu Negara di Asia Tenggara yang berada di antara benua Asia dan Australia. Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.504 pulau terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia memiliki luas area 1.910.931 km2 dan dikenal dengan nama lain, yaitu Nusantara.

Negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau ini terdiri dari pulau besar sebagai paru-paru Indonesia, pulau terpadat, hingga pulau kecil tak berpenghuni yang jumlahnya mencapai 6000 pulau. Negara yang terletak di garis khatulistiwa ini didominasi oleh perairan, dimana luas daratannya hanya 1.922.570 km2. Berikut ini 8 pulau terbesar di Indonesia dimana satu diantaranya merupakan pulau terpadat. Simak ulasannya berikut ini!

1. Pulau Papua (785,753 km2)

Pulau Papua

Papua merupakan pulau terbesar di Indonesia dan menjadi pulau terbesar kedua di dunia. pulau yang terletak di utara Benua Australia ini dibagi menjadi dua wilayah. Sisi barat merupakan Pulau Papua yang menjadi bagian dari Indonesia, dan sisi timur menjadi bagian dari Negara Papua Nugini. Papua terdiri dari dua provinsi, yaitu Provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua. Luas Pulau Papua adalah 785.763 km2. Pulau ini juga menjadi titik tertinggi dari Negara Indonesia Puncak Carstensz yang memiliki ketinggian 4.884 meter di atas permukaan laut.

Papua memiliki banyak destinasi wisata populer. Diantaranya Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat yang menjadi rumah bagi 75% spesies koral di dunia, serta 1.500 spesies ikan. Kemudian ada Lembah Baliem yang menjadi tempat bermukim bagi Suku Dani. Lembah Baliem kerap mengadakan event tahunan Festival Lembah Baliem yang mempertemukan wisatawan dengan Suku Dani.

2. Pulau Kalimantan (748,168 km2)

Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia dan menjadi pulau terbesar ketiga di dunia. Letak Pulau Kalimantan terbilang strategis karena berada di tengah-tengah, tepatnya berada di sisi timur Sumatera, sisi barat Sulawesi, dan sisi utara Pulau Jawa. Luas total pulau ini adalah 748.168 km2.

Pulau Kalimantan terbagi menjadi tiga bagian, dimana 73% wilayah masuk ke dalam bagian Negara Indonesia, 26% Negara Malaysia, dan 1% Brunei Darussalam. Titik tertinggi Pulau Kalimantan berada di Gunung Kinabalu yang memiliki ketinggian 4.095 meter di atas permukaan laut dan masuk ke dalam wilayah Negara Malaysia.

Kalimantan terdiri dari lima provinsi, diantaranya Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Utara.  Kalimantan memiliki julukan “Pulau Seribu Sungai” karena dialiri banyak sungai. Sungai terbesar di Kalimantan adalah Sungai Kapuas yang mengalir sepanjang 1.143 km di Kalimantan Barat.

3. Pulau Sumatera (473.481 km2)

Pulau Sumatera

Pulau Sumatera menjadi pulau terbesar ketiga di Indonesia, dan terbesar keenam di dunia. Sumatera berada di sisi paling barat Indonesia dengan luas wilayah 473.481 km2 yang terbentang dari Lampung hingga Sabang yang menjadi titik kilometer 0 Indonesia. Pulau Sumatera dikenal dengan istilah Suwarnadwipa yang berarti “pulau emas” dan Suwarnabhumi yaitu “tanah emas”.

Pulau Sumatera umumnya dihuni oleh Suku Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Rejang, Komering, Besemah, dan Lampung. Pulau Sumatera sangat kaya dengan hasil bumi seperti tembakau, kelapa sawit, timah, batu bara, gas alam, bauksit, dan minyak bumi.

Pulau Sumatera terdiri dari 10 provinsi, diantaranya Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Kepulauan Bangka Belitung, Jambi, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Aceh. Titik tertinggi Sumatera ada di Gunung Kerinci dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut dan menjadi gunung tertinggi kedua di Indonesia, dan gunung berapi tertinggi.

4. Pulau Sulawesi (180.681 km2)

Pulau Sulawesi

Sulawesi atau dikenal dengan nama Celebes merupakan pulau terbesar keempat di Indonesia dan peringkat 11 di dunia. Pulau Sulawesi memiliki luas wilayah 180.681 km2 dan terdiri dari enam provinsi, diantaranya Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

Pulau Sulawesi dihuni oleh mayoritas Suku Makassar, Bugis, Minahasa, Toraja, Gorontalo, Banggai, Balantak, Bajau, Mongondow, Kaili, Mandar, Buton, Pamona, Muna, Mori, dan Saluan. Titik tertinggi Pulau Sulawesi adalah Rantemario yang merupakan puncak Gunung Latimojong di Sulawesi Selatan.

Pulau Sulawesi memiliki bagian yang merupakan pulau terluar di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negara Filliphina, yaitu Pulau Miangas yang masuk ke dalam wilayah Kepulauan Talaud di Provinsi Sulawesi Utara.

5. Pulau Jawa (138.794 km2)

Pulau Jawa

Terakhir, ada Pulau Jawa yang menduduki peringkat ke-5 dalam daftar pulau terbesar di Indonesia, dan menjadi pulau terluas ke-13 di dunia. Pulau Jawa memiliki luas wilayah 138.794 km2, dan dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Hal ini membuat Pulau Jawa dinobatkan sebagai salah satu pulau terpadat di Indonesia.

Pulau Jawa dibagi menjadi 6 provinsi, diantaranya Provinsi Banten, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur. Pulau Jawa memiliki dua kota terbesar di Indonesia, yaitu Jakarta dan Surabaya di Provinsi Jawa Timur. Titik tertinggi Pulau Jawa adalah Mahameru dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut.

6. Pulau Timor (28,418 km2)

Pulau Timor

Timor merupakan pulau yang terletak di bagian selatan Indonesia dan terbagi menjadi Negara Timor Leste dan Timor Barat yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Timor Barat dikenal sebagai Timor Belanda sampai tahun 1949 sebelum akhirnya menjadi Timor Indonesia. Sedangkan Timor Leste dikenal sebagai Timor Portugis.

Timor Timur resmi masuk Negara Indonesia pada tahun 1975 dan menjadi provinsi ke-27. Pulau Timor berbatasan dengan Negara Australia di bagian selatan, Alor pada sisi timur laut, dan Flores pada sisi barat laut. Titik tertinggi Pulau Timor berada di Gunung Mutis dengan ketinggian 2.458 meter di atas permukaan laut.

7. Pulau Halmahera (18,040 km2)

Pulau Halmahera

Halmahera merupakan pulau terbesar di Kepulauan Maluku. Halmahera terbagi menjadi 10 kabupaten, diantaranya Halmahera Barat, Halmahera Timur, Halmahera Utara, Halmahera Selatan, Halmahera Tengah, Kepulauan Morotai, Kepulauan Sula, Kota Ternate, Kota Tidore Kepulauan, dan Kabupaten Pulau Taliabu.

Pulau Halmahera termasuk pulau vulkanik aktif. Pada bagian utara Pulau Halmahera menjadi lokasi dengan aktivitas vulkanik paling aktif hingga membentuk pola jaringan gunung api yang berada di pulau lain. Salah satu gunung api aktif di Pulau Halmahera adalah Gunung Dukono yang memiliki ketinggian 1.087 meter di atas permukaan laut.

8. Pulau Seram (17,454 km2)

Pulau Seram

Pulau Seram merupakan salah satu pulau di Kepulauan Maluku yang terdiri dari tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Maluku Tengah, Kabupaten Seram Timur, dan Kabupaten Seram Barat. Pulau Seram memiliki pegunungan dan hutan tropis. Titik tertinggi Pulau Seram berada di Gunung Binaiya dengan ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut.

Pulau Seram memiliki satu taman nasional, yaitu Taman Nasional Manusela yang dikenal menyimpan tumbuhan endemik, serta menjadi perwakilan ekosistem pantai, hutan rawa, hutan hujan dataran rendah, dan hutan hujan pegunungan di Maluku. Selain Gunung Binaiya, Taman Nasional Manusela juga terdiri dari enam pegunungan.

Demikian ulasan tentang 8 pulau terbesar di Indonesia. Ternyata, Papua tak hanya kaya akan budaya dan keindahan alamnya saja, melainkan Papua juga menjadi pulau terbesar di Indonesia, dan Pulau Jawa menjadi salah satu pulau terpadat di Indonesia. Bagaimana informasinya? Jadi sudah tahu kan, apa saja pulau terbesar di Indonesia?

Berikut urutan pulau terbesar di Indonesia dengan lebih jelas, diurutkan dari terbesar sampai terkecil :

Papua785,7532
Kalimantan748,168 km2
Sumatera473.481 km2
Sulawesi180.681 km2
Jawa138.794 km2
Timor28,418 km2
Halmahera18,040 km2
Seram17,454 km2
Sumbawa14,386 km2
Flores14,154 km2

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram