8 Tempat Rafting di Kota Batu yang Memacu Adrenalin

Ditulis oleh Erfah Nanda SW - Diperbaharui 4 Mei 2021

Batu adalah salah satu kota di daerah Provinsi Jawa Timur. Letaknya berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Malang sebelah timur. Kota Batu termasuk daerah dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 871 meter dari permukaan laut. Tidak heran kalau kota tersebut memiliki banyak sekali tempat wisata rafting.

Aliran sungai di daerah Batu terkenal deras dan ganas. Akan tetapi, hal tersebut tidak menyurutkan niat wisatawan untuk merasakan serunya rafting di Kota Batu. Lalu, di mana saja tempat rafting di kota Batu yang bisa membuatmu terpacu adrenalin? Yuk, simak infonya berikut ini. Baca sampai selesai ya!

1. Batu Rafting Dedua

Batu Rafting Dedua

Batu Rafting tempat yang cocok buat kamu menantang adrenalin. Sejak dibuka tahun 2013 silam, respons masyarakat sangat positif. Bahkan setiap tahunnya jumlah wisatawan yang datang terus bertambah. Rata-rata pawa wisatawan itu penasaran dengan olahraga ekstrem satu ini. Tempat wisata Batu Rafting kini telah menjadi area rafting favorit di kota Batu.

Untuk mencapai lokasi ini pengunjung hanya menghabiskan waktu 7 menit dari Alun-Alun kota Batu. Agar bisa menikmati olahraga raung jeram, pengunjung harus membayar Rp190.000 per orang. Fasilitas yang didapatkan, yaitu welcome drink, batu rafting sejauh 12 km, guide & rescue team, makan siang prasmanan, tea break plus snack, dan peralatan standar keamanan.

  • Alamat : Pusat Oleh Oleh Dedua, Jl. Diponegoro No.74, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65415
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00 – 16.00 WIB
  • Telepon : 082333442069
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp190.000

2. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting merupakan tempat wisata rafting yang cukup terkenal di kota Batu. Jarak tempuh untuk pengarungan sekitar 7 km. Dengan jarak segitu peserta arung jeram harus menghabsikan 2 jam lebih di atas liaran sungai yang sangat deras. Sepanjang perjalanan peserta akan melihat pemandangan alam kota Batu yang asri dan indah.

Para peserta akan diuji dalam kekompakkan dan kerja tim yang baik. Satu sama lain harus memastikan temannya tidak terjatuh ke dalam aliran sungai yang deras. Teruntuk pengunjung pertama kali ikut arung jeram, nantinya ada guide yang akan memandu perjalanan rafting. Sekali jalan biasanya perahu diisi oleh 4 sampai 6 orang.

  • Alamat : Jl. Bung Tomo No.19, Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65332
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : 082301443033
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp180.000

3. RBID - Rafting Batu Indonesia

RBID - Rafting Batu Indonesia

Rafting Batu Indonesia atau disingkat RBID ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di kota Batu. Debit air di tempat ini memang terbilang deras dan besar. Sebab itu, cocok untuk tempat rafting yang dapat memacu adrenalin. Bahkan sekali salah dayung, perahu bisa memutar atau bisa terbalik. Seru juga ya!

Untuk bisa menikmati rafting per orang harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Tentunya hal itu sebanding dengan fasilitas yang diberikan, seperti alat standar keamanan, makan siang, guide, dan tea break plus snack. Tersedia juga obat-obatan jika salah seorang terjadi cedera.

  • Alamat : Jl. Wukir No.143, Torongrejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65325
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
  • Telepon : 081333100813
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp180.000

4. Start Batu Rafting

Start Batu Rafting

Strart Batu Rafting merupakan tempat yang tepat untuk memacu adrenalin. Derasnya air sungai membuat perjalanan rafting di sini lebih menantang. Selain itu, banyaknya batu berukuran besar sebagai tantangan yang harus bisa dihindari agar perjalanan tidak terhambat. Di sini peserta akan diuji kekompakkan dan kerja tim yang baik serta fokus pada tujuan.

Per perahu karet bisa diisi sampai dengan 4 orang minimal dan 6 orang maksimal. Suasana alam di daerah Start Batu Rafting masih sangat hijau dan asri. Sepanjang perjalanan pengunjung akan terpukau dengan pemandangan alam, seperti perkebunan, wilayah pertanian, pegunungan, dan mata air. Dengan harga segitu pengunjung sudah mendapatkan fasilitas lainnya, yaitu makan siang, snack, alat keamanan, dan P3K.

  • Alamat : Pandanrejo, Kec. Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  • Jam Operasional : Setiap hari, 09.00 – 15.00 WIB
  • Telepon : 082333442069
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp180.000

5. Dimas Batu Rafting Outbound & Paintball

Dimas Batu Rafting Outbound & Paintball

Dimas Batu Rafting Outbound & Pointball menawarkan berbagai macam permaianan seru dan menyenangkan. Misalnya pengunjung bisa menikmati permainan outbound, pointball, hingga rafting. Banyak orang menggunakan tempat ini sebagai acara seru bareng keluarga maupun rekan kerja untuk melatih kekompakkan.

Keadaan wilayah sekitar rafting masih sangat asri dan sejuk. Aliran airnya sangat deras dan besar sehingga pas dijadikan tempat bermain rafting. Pengunjung yang berusia di bawah 12 tahun harus mendapat perizinan dulu dari orang tua sebelum mengikuti olahraga ekstem ini.

  • Alamat : Jl aji mustofa no 74 klerek torongrejo 3, Torongrejo 3, klerek, Kecamatan junrejo, Torongrejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65325
  • Jam Operasional : Setiap hari, 07.00 – 15.00 WIB
  • Telepon : 082139058885
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp180.000

6. Rafting Sahabat Air

Rafting Sahabat Air

Raftting Sahabat Air pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga maupun rekan kerja di kota Batu. Bermain arung jeram memang bagus untuk melatih kekompakkan dan fokus. Peserta tidak ada yang tahu rintangan apa yang akan mereka hadapi. Nah, di situlah letak seru dan menariknya.

Namun tenang saja, selama masih ada guide semua akan terkendalikan dengan aman. Aliran sungai di sini sangat deras sehingga perahu dapat melesat secepat mungkin. Ada pula air terjun cukup suram yang siap memacu adrenalinmu. Jika tidak dapat melewati air terjun tersebut, siap- siap perahu bisa terjungkir balik.

  • Alamat : Jl. Mojosantri, Mojorejo, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65322
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Telepon : 081556712982
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp195.000

7. River Tubing Kali Jowo

River Tubing Kali Jowo

Jika biasanya rafting dilakukan secara berkelompok, dengan 4 atau 6 orang. Berbeda dengan di River Tubing Kali Jowo yang dilakukan sendiri-sendiri. Setiap peserta mendapatkan satu ban berukuran besar. Nantinya mereka harus melalui sungai yang cukup deras. Di situlah letak adrenalinnya karena dilakukan seorang diri.

Suasana semakin menyenangkan karena pemandangan di sana masih asri dan sejuk. Pengunjung dapat melihat langsung pemandangan sawah, perkebunan, dan pegunungan yang sangat memukau. Tempatnya juga jauh dari jalan raya, jadi pas banget buat tempat refreshing bersama keluarga.

  • Alamat : Unnamed Road, Giripurno, Bumiaji, Batu City, East Java 65332
  • Jam Operasional : Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Telepon : -
  • Estimasi Harga : Mulai dari Rp10.000

8. Batu Offroad

Batu Offroad

Batu Offroad tidak hanya menyediakan aktivitas adrenalin darat saja tetapi juga adrenalin air, yaitu rafting. Suasana sekitar Batu Offroad masih sangat sejuk dan asri. Airnya cukup jernih karena jauh dari polusi maupun debu kendaraan bermotor. Di sini adrenalinmu akan dipacu semaksimal mungkin dengan durasi perjalanan sekitar 1,5 jam.

Adapun fasilitas yang didapatkan setiap peserta, yaitu peralatan sesuai standar operasional, guide profesional & rescue team, welcome drink, tea break & snack, dan peserta bisa menikmati makan siang yang telah disediakan. Untuk harganya cukup terjangkau, per orang dikenakan biaya Rp50.00 dan minimal rafting diikuti oleh 4 orang.

  • Alamat : Jl. Sultan Hasan Halim, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  • Jam Operasional : Senin – Jumat 08.00 – 21.00 WIB, Sabtu-Minggu 07.00 – 22.00 WIB
  • Telepon : 085234691117
  • Estimasi Harga : Mulai dair Rp200.000

Kota Batu merupakan tempat yang sangat tepat untuk liburan sambil refreshing. Di sana banyak tempat wisata rafting yang recommended buat dicoba. Aliran air sungai yang deras dan besar dapat menguji adrenalinmu. Belum lagi ada banyaknya rintangan yang dapat melatih kekompakkan dan kefokusan tim. Tempat rafting favoritmu yang mana? Tulis di kolom komentar ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram