6 Lokasi Rafting di Malang untuk Penyuka Tantangan

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Januari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Rafting atau arung jeram merupakan salah satu aktivitas olahraga air yang cocok untuk jadi pilihan saat liburan. Kalau kalian kebetulan sedang berada di kota apel atau memang tinggal di kota ini, cobalah lokasi rafting di Malang ini.

Mau tahu di mana saja lokasi rafting di Malang untuk penyuka tantangan? Yuk, simak artikel berikut ini.

1. Kasembon Rafting

Kasembon Rafting

* sumber: www.traveldimalang.com

  • Alamat: Desa, RT.05 / RW.12, Bayem, Kec. Kasembon, Malang 65393
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 – 17.00
  • Harga: Rp175.000 per orang
  • Peserta: minimal 5 orang
  • Telepon: 0813-3480-8355

Dibuka pada tanggal 09 Desember tahun 2006 oleh Sujud Pribadi, Bupati Malang, wisata Jeram Kasembon Rafting beralamat di Desa Bayem, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Tempat rafting ini dikelilingi pegunungan, bukit, serta di sisinya persawahan.

Dengan semua pemandangan itu kasembon rafting masuk dalam tempat rafting yang keren di Malang yang tak boleh untuk dilewatkan. Kasembon rafting merupakan wisata jeram yang cukup menantang untuk para rafter karena tempat ini memiliki sekitar 8 jeram.

Beberapa di antara jeram tersebut mempunyai ketinggian mencapai 4 meter. Lokasi rafting ini buka kapan saja, jadi kalau kamu dan teman-teman ingin rafting di tempat ini saat musim kemarau atau musim hujan tetap bisa datang untuk menikmati wisata jeram di Kasembon rafting. 

Fasilitas di Kasembon rafting yang bisa kamu dapatkan adalah makan siang prasmanan, snack, softdrink, instruktur rafting yang sudah profesional, dan asuransi. Selain rafting, kegiatan lain yang bisa dicoba di sini adalah paintball, outbound, flying fox, airsoftgun, camping, trail ataupun offroad.

2. Kaliwatu Rafting

Kaliwatu Rafting

* sumber: kelilingnusantara.com

  • Alamat: Jl. Bung Tomo No.19, Bumiaji, Kec. Bumiaji, Kota Batu 65332
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 – 17.00 
  • Harga: Rp160.000 per orang
  • Peserta: Minimal 10 orang
  • Telepon: 0823-0144-3033

Kaliwatu Rafting merupakan lokasi wisata arung jeram yang cocok buat kamu yang suka dengan aktivitas olahraga air. Lokasi rafting di Malang ini cocok untuk pemula, anak-anak, dewasa, maupun keluarga. Lokasi rafting ini berada di Raya Pandanrejo kota Batu, sekitar 45 menit dari Kota Malang. 

Seperti umumnya wisata olahraga, di tempat rafting ini pun para pengunjung akan diberikan latihan untuk  mengenai kekompakan, kemandirian dan keberanian.  Di Kaliwatu, para pengunjung akan mengarungi sungai yang panjangnya sekitar 7 Km yang memiliki arus yang seru juga  menantang.  

Wisata di Kaliwatu Rafting tetap berkonsep adventure. Di lokasi ini terdapat beberapa pilihan paket wisata rafting seperti Paintball, outbound, Tubing atau Donut Boat, Gathering, dan wisata lainnya yang berbasis petualangan. 

Fasilitas lain yang akan didapatkan pengunjung di Kaliwatu rafting yaitu  area rafting grade 2, instruktur, peralatan arung jeram, Donut Boat, makan siang, snack & welcome drink, serta asuransi. Pengunjung juga bisa memilih aktivitas lain seperti wisata petik jambu. 

Kaliwatu Rafting cocok untuk liburan karena mempunyai beragam fasilitas serta konsep rafting yang bermacam-macam seperti konsep arung jeram untuk perkantoran, pendidikan, keluarga, juga tentunya konsep sport untuk mereka yang sudah ahli. 

3. Pujon Rafting

Pujon Rafting

  • Alamat: Jl. Brigjend Abd Manan Wijaya No.529-619, Lebaksari, Ngabab, Kec. Pujon, Malang, 65391
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 – 15.00
  • Harga: Rp175.000 per orang
  • Peserta: Minimal 4 orang
  • Telepon: 0812-3446-9879

Tempat rafting di Malang yang lainnya yang juga menjadi lokasi favorit para wisatawan yaitu Pujon Rafting yang berlokasi di Sungai Konto. Lokasi tepatnya adalah di aliran sungai sepanjang Desa Lebak Sari. Di daerah timurnya yaitu perbatasan antara Kecamatan Pujon dengan Kecamatan Ngantang.

Kecamatan Pujon lokasinya berada dekat dengan Wisata Kota Batu yang terkenal dengan pegunungannya yang indah, karena berada di pegunungan itulah maka di lokasi Pujon banyak memiliki sumber mata air yang lumayan besar. 

Sumber mata air itu mengumpul di Sungai Konto. Sementara hilirnya berada di Bendungan/Waduk Selorejo Ngantang. Lokasi ini jadi tempat untuk rafting juga arung jeram yang mengasyikkan. Pemandangan alam yang disuguhkan lokasi rafting ini juga cukup indah. 

Selama mengarungi sungai, rafter akan menyaksikan sumber – sumber air, hamparan persawahan, dan sejuknya udara pedesaan. Pujon Rafting cocok untuk semua umur, dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. Selain untuk rafting, lokasi Pujon Rafting juga bisa untuk tubing. 

4. Sahabat Air Rafting

Sahabat Air Rafting

* sumber: outboundditrawas.com

  • Alamat: Jl. Mojosantri, Mojorejo, Kec. Junrejo, Kota Batu 65322
  • Jam buka: Setiap hari 08.00 – 16.00 
  • Harga: Rp125.000 per orang
  • Peserta: Minimal 15 orang
  • Telepon: 0815-5671-2982

Saat musim libur, mencoba untuk melakukan aktivitas yang memacu adrenalin bisa sangat mengasyikkan. Kalau kamu mencari tempat untuk aktivitas seperti itu, kamu bisa coba rafting di Sahabat Air Rafting. Tempat ini menawarkan sensasi bermain arung jeram di sungai yang berbeda. 

Apa sensasinya? Kamu akan rafting mengarungi sungai dengan arus yang lebih deras juga lebar jika dibandingkan dengan lokasi rafting di Malang lainnya. Lokasi rafting ini mempunyai tiga rute yang layak untuk dicoba yang memiliki nama cukup unik yaitu Rome Beauty, Manalagi, dan Anna. 

Setiap rutenya mempunyai panjang jalur yang beragam yang dimulai dari Dusun Wukir sampai Dusun Kajang Desa Mojorejo. Pemandangan alam yang masih alami disertai medannya yang cukup menantang memerlukan kekompakan serta kerja sama tim yang baik. 

Fasilitas yang akan didapat oleh rafter yaitu berupa rescue team, peralatan rafting berstandar internasional, makan siang, snack, serta transportasi lokal. Di lokasi ini juga terdapat wahana outbond serta penginapan.  

Wisata arung jeram di Sahabat Air rafting ini tak hanya cocok untuk para penggemar tantangan, tapi juga cocok untuk keluarga karena memberikan bermacam pilihan paket lainnya.

5. Ndayung Rafting

Ndayung Rafting

* sumber: ngalam.co

  • Alamat: Gg. Pesantren, Karang Besuki, Kec. Sukun, Kota Malang 65149
  • Jam buka: Minggu buka 24 jam, Senin – Sabtu tutup
  • Harga: Rp245.000 per pax
  • Peserta: Minimal 4 orang
  • Telepon: 0813-3310-0117

Kalau biasanya saat liburan ke Jawa Timur dihabiskan dengan mendaki Gunung Bromo, liburan sekarang bisa kamu pilih aktivitas lain, yaitu rafting. Di Malang, Jawa Timur terdapat beberapa lokasi rafting yang seru, salah satunya yaitu Ndayung Rafting. 

Lokasi rafting di Malang ini menyajikan nuansa wisata arung jeram yang berbeda. Ndayung rafting mempunyai jalur arung jeram yang melalui Desa Gubugklakah serta Mbesuki. Keduanya terletak di wilayah Kecamatan Poncokusumo. 

Dengan aliran dari Coban Pelangi, lokasi rafting ini terdiri dari 20 jeram juga dua jeram lainnya, yaitu Jeram Welcome serta Double Jeram Loading yang jadi andalan. Ketinggian dua jeram  4 sampai 5 meter. Pemandangan sore hari juga dapat dinikmati dari ketinggian 2.200 mdpl.

Di Ndayung Rafting, rafter akan menikmati pemandangan alam yang cantik karena di sini ada pemandangan air terjun  yang terletak di tengah pengarungan, tebing yang indah di sekelilingnya, perbukitan, pemandangan hutan, udara sejuk, dan air sungai yang jernih.

Rafter juga akan menyaksikan kebun apel dan sayur mayur yang dimiliki oleh  warga. Ndayung Rafting berada di Desa Gubuk Klakah, Kec. Poncokusumo, Kab. Malang. Air di lokasi ini terasa dingin yang seperti memijit-mijit kepala.

Ada juga spot jumping point atau melompat dari ketinggian ke arah sungai yang memiliki ketinggian kira-kira 3-4 meter. Pastinya akan membuat adrenalin jadi terpicu. Fasilitas yang bisa dinikmati oleh para rafter di antaranya toilet, camping ground area, tenda, outbond area, dan pendopo.

6. Batu Rafting

Batu Rafting

* sumber: baturafting.co.id

  • Alamat: Pusat Oleh Oleh Dedua, Jl. Diponegoro No.74, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65415
  • Jam buka: Setiap hari 07.00 – 16.00 
  • Harga: Rp190.000/pax
  • Peserta: Minimal 4 orang
  • Telepon : 0823-3344-2069

Selain Kaliwatu Rafting, di daerah Batu, Malang juga terdapat pilihan lain, yaitu Batu Rafting Batu Rafting mempunyai tipe sungai dengan grade 3. Lokasi rafting ini jadi salah satu destinasi favorit untuk wisata arung jeram di Malang yang digemari oleh kelas anak-anak ataupun dewasa.

Lokasi ini disukai karena arus sungainya tidak terlalu deras tapi masih tetap memacu adrenalin. Batu Rafting tak pernah sepi dari pengunjung semenjak dibuka pada tahun 2013, khususnya pada akhir pekan dan liburan sekolah juga hari raya. 

Batu Rafting berada di Desa Temas, 7 menit dari alun-alun Batu dan 500 m dari Lippo Plaza Batu. Jarak tempuh untuk rafting di sini sekitar 12 km menyusuri aliran sungai Brantas. Adapun durasi pengarungan kurang lebih 2-3 jam. 

Lokasi rafting ini mempunyai panorama yang akan memanjakan mata berupa tebing serta pepohonan ala hutan belantara. Di sini juga terdapat air terjun pelangi. Di Batu Rafting terdapat 34 jeram yang akan menguji kekompakan tim. 

Peralatan yang digunakan untuk rafting sangat aman mulai dari helm serta life jacket yang dipastikan akan membuat peserta rafting aman dan nyaman pastinya. Banyak pengunjung yang datang pada waktu musim penghujan karena mereka ingin menguji adrenalinnya. 

Rafting memang salah satu aktivitas olahraga air yang sangat mengasyikan dan tentunya juga menantang adrenalin. Kalau liburan ini kamu bosan di rumah saja, coba wisata rafting di Malang. Pasti seru!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *