Keluyuran / Tips Wisata di Korea / Yuk Kenali Ragam Kartu Transportasi yang Dipakai di Korea

Yuk Kenali Ragam Kartu Transportasi yang Dipakai di Korea

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Juni 2019

Korea sudah menerapkan pembayaran dengan sistem “cashless”, salah satunya untuk transportasi. Masyarakat Korea sudah menggunakan kartu transportasi untuk membayar ongkos bus, subway, bus antarkota, atau taksi. Turis asing pun bisa menikmati layanan ini. Beragam kartu transportasi khusus untuk wisatawan asing sudah disiapkan oleh pemerintah Korea.

Penggunaan kartu transportasi ini memudahkan para turis ketika berjalan-jalan di Korea. Mereka tak perlu repot-repot membawa uang tunai. Selain itu, para turis pun bisa menikmati potongan harga dan fasilitas lainnya yang diberikan oleh kartu tersebut. Kira-kira di mana kartu itu bisa dibeli dan bagaimana menggunakannya? Yuk, simak penjelasan dari Keluyuran berikut.

Kartu T-Money Dan Cashbee

Kartu T-Money Dan Cashbee

* sumber: internsinasia.com

Kartu T-Money dan Cashbee merupakan kartu transportasi yang bisa diisi ulang dan digunakan untuk pembayaran ongkos moda transportasi seperti, bus dan subway. Kedua kartu ini bisa digunakan di beberapa kota metropolitan di seluruh Korea. Kartu ini memudahkan para komuter maupun pelancong yang hendak bepergian berkali-kali atau bepergian ke beberapa tempat.

Dengan menggunakan kartu T-Money atau Cashbee mereka tak perlu lagi direpotkan dengan membeli tiket setiap kali mereka hendak bepergian atau ketika hendak pindah ke moda transportasi lain. Contohnya, ketika seseorang harus berganti moda transportasi, orang tersebut tak perlu repot-repot pergi ke loket pembelian karcis. Cukup membawa satu kartu transportasi.

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari kartu T-money dan Cashbee yaitu kartu ini bisa digunakan juga untuk membayar belanjaan di toserba, seperti  Se7-Eleven, Ministop, atau GS25, riteler besar, atau di vending machine. Untuk tahu apakah bisa membayar menggunakan kartu T-money atau Cashbee, tinggal mencari logo yang terdapat di dalam atau di luar toko.

Jenis kartu T-Money

Jenis kartu T-Money

* sumber: dirtyscrapbook.blogspot.com

Kartu T-Money diperjualbelikan dalam beragam bentuk, tak melulu dalam bentuk kartu. Bentuk yang umum ditemui, seperti Internet Money, Kartu telepon seluler,  gantungan telepon, kartu debit/kredit, dan bentuk kartu T-Money umumnya.

Kartu T-money berbentuk “Internet T-Money” harus dibeli secara online di situs T-Money. Internet T-Money merujuk pada kartu T-Money yang dihubungkan ke komputer dengan memakai USB. Kartu ini bisa diisi ulang melalui internet. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai alat transaksi T-Money online. Kartu T-Money ada yang berbentuk USB, jadi bisa juga dipakai untuk penyimpanan data.

Kartu telepon seluler merujuk pada kartu telepon yang bisa digunakan sebagai kartu transit T-Money. Informasi tentang kartu disimpan di kartu USIM yang digunakan dalam telepon seluler. Beberapa provider yang menyediakan kartu telepon yang dapat digunakan sebagai T-Money adalah SK Telecom dan KTF.

Dengan kartu telepon seluler, pengguna juga dapat memeriksa saldo dan mengisi ulang T-Money dari telepon seluler pengguna, selain tentunya digunakan sebagai kartu transportasi pada umumnya.

Kartu T-Money lainnya berbentuk gantungan yang biasa digunakan untuk hiasan di telepon genggam. Kartu berbentuk ini memiliki fungsi yang sama seperti kartu-kartu yang lain. Kartu ini bisa dibeli di toserba juga di situs T-Money, t-money.co.kr, secara online.

Tempat Pembelian Kartu T-Money dan CashBee

Tempat Pembelian Kartu T-Money dan CashBee

* sumber: jejutourism.wordpress.com

Toserba seperti 7-Eleven, GS25, CU, Buy the Way, dan Ministop adalah tempat yang bisa dikunjungi untuk membeli kartu T-Money dan CashBee. Selain itu, kartu bisa dibeli di mesin penjual tiket dan mesin isi ulang kartu yang ada di dalam stasiun subway di area metropolitan Seoul. T-Money berbentuk kartu dijual dengan harga 2.500 won dan bentuk lain dijual dengan harga yang berbeda.

Kartu T-Money menyediakan diskon untuk anak dan remaja. Untuk mendapatkan diskon, pengguna dapat meminta didaftarkan kepada kasir di tempat pembelian kartu. Kasir akan menambahkan tanggal lahir ke dalam kartu.

Kartu dengan potongan harga akan bersuara lebih dari satu kali ketika ditempelkan ke mesin pembaca kartu. Kemudian supir atau penjaga akan mencek pengguna untuk menghindari penyalahgunaan. Jika ada penipuan, akan dikenakan denda yang sangat besar. Lebih mahal dari harga potongan yang diberikan. Jadi, jangan coba-coba melakukan penipuan seperti ini.

Tempat Isi Ulang Kartu T-Money dan CashBee

Tempat Isi Ulang Kartu T-Money dan CashBee

* sumber: seouljournies.wordpress.com

Untuk mengisi ulang kartu T-Money dan CashBee bisa dilakukan di mesin-mesin isi ulang yang tersedia di semua stasiun subway. Bisa juga mengisi ulang di toserba-toserba yang memberikan layanan isi ulang. Jumlah uang yang bisa dimasukkan ke dalam mesin isi ulang dimulai dari 1.000 won hingga 50.000 Won.

Pengisian di mesin isi ulang bisa dilakukan dengan memilih jumlah uang yang terpampang di layar mesin dan kemudian masukkan uangnya. Setelah terisi, di layar akan terlihat jumlah uang yang ada dalam kartu T-Money atau CashBee.

Pengembalian Sisa Uang

Jika uang yang tersedia dalam kartu masih banyak, tapi pengguna sudah mau meninggalkan Korea maka pengguna kartu bisa melakukan “refund”.  Jika jumlah uang yang tersisa sebanyak 20.000 won atau kurang dari itu, pengguna bisa mengambil sisa uang di toserba penjual kartu atau vendor pengembalian T-Money otomatis.

Untuk sisa uang di atas 20.000 won harus diurus di pusat layanan kartu pelanggan T-Money yang ada di hampir semua stasiun subway. Uang akan dikembalikan di tempat tersebut. Jika kartu rusak atau cacat sehingga tidak bisa dibaca sistem T-Money, diperlukan waktu sekitar  tujuh sampai sepuluh hari kerja agar uang dapat dikembalikan.

Cara penggunaan Kartu

  • Subway
Subway

* sumber: www.fpz.unizg.hr

Ketika akan menaiki subway, pengguna harus menempelkan kartu di mesin pembaca kartu sampai terdengar bunyi. Mesin pembaca kartu akan memperlihatkan jumlah ongkos yang dibayarkan di bagian atas dan sisa uang di bagian bawah.

  • Bus
Bus

* sumber: www.korea.net

Saat naik bus, pengguna masuk dari pintu depan, kemudian kartu ditempelkan ke mesin pembaca kartu yang terletak di dekat supir. Tunggu sampai terdengar suara dari mesin. Tarif dan sisa uang akan tertera di mesin pembaca kartu seperti ketika menaiki subway. Ketika turun, penumpang juga harus menempelkan kartu di mesin pembaca kartu yang terletak di pintu belakang.

  • Taksi
Taksi

* sumber: news.sbs.co.kr

Kartu T-Money dan CashBee bisa dipakai untuk taksi yang memiliki logo T-Money atau CashBee di mobilnya. Beritahu supir ketika akan menggunakan kartu transportasi tersebut. Di dalam taksi tersedia mesin pembaca kartu yang dipakai untuk menarik ongkos dari pengguna taksi.

Kartu Transportasi untuk Turis

Selain kartu T-Money dan CashBee, ada juga kartu transportasi lainnya yang dikhususkan untuk para turis yang berkunjung ke Korea Selatan. Berikut nama-nama kartu yang tersedia:

1. Korea Tour Card

Korea Tour Card

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Kartu ini memungkinkan turis untuk mengakses sarana transportasi di Korea, seperti subway, taksi, dan bus dengan nyaman. Tour Card menawarkan diskon, contohnya untuk belanja, menonton pertunjukkan, ataupun makan dan minum. Diskon ini diberikan oleh 196 merek. Kartu ini dijual dengan harga 4.000 won.

Tour Card bisa dibeli di toserba, seperti 7-Eleven, GS25, CU atau emart24 (walau tidak toserba menjual Tour Card), Bandar Udara Incheon, Bank Shinhan dan Woori yang ada di Incheon dan Myeongdong, juga di Doota Mall, toko-toko Duty-free, dan toko-toko utama OLIVEYOUNG di Myeongdong.

2. MPass

MPass

* sumber: english.visitkorea.or.kr

MPASS / Metropolitan Pass adalah kartu transportasi yang khusus dipakai di kota Seoul dan Pulau Jeju. Perlu diingat, MPASS tidak bisa dipakai untuk membayar ongkos taksi dan belanjaan di toserba. MPASS memiliki waktu penggunaan: 1 sampai 7 hari. MPASS mewajibkan pengguna menyimpan deposit sebanyak 5.000 won. Saat kartu dikembalikan, pengguna akan menerima 4.500 Won.

3. Discover Seoul Pass

Discover Seoul Pass

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Kartu ini berfungsi seperti kartu T-Money dan bisa dipakai untuk masuk ke beberapa tempat wisata di Seoul secara gratis. Kartu ini memiliki durasi waktu, yaitu dari 24 jam sampai 72 jam. Discover Seoul Pass bisa dipakai untuk transportasi umum. Diskon diberikan untuk berbelanja dan menonton pertunjukkan. Harga kartu 24 jam 39.900 won, 48 jam 55.000 won dan 72 jam 70.000 won.

Discover Seoul Pass bisa dibeli di Terminal 1 Bandar Udara Incheon, Bank Hana dan toserba CU yang terletak di bandara, juga 23 lokasi ritel di seluruh Seoul.

4. Amazing Pay T-Money

Amazing Pay T-Money

* sumber: english.visitkorea.or.kr

Amazing Pay T-Money dapat digunakan untuk membayar ongkos bus airport Incheon. Seperti halnya T-Money, kartu ini bisa dipakai sebagai alat pembayaran di toserba dan ada diskon jika digunakan untuk transportasi umum. Diskon juga ditawarkan untuk restoran dan tempat pertunjukan budaya. Harga kartu ini 50.000 won terdiri dari harga kartu sebesar 4.000 won dan uang di kartu 46.000 won.

Pembelian kartu bisa dilakukan di tempat penjualan tiket bus Bandara Internasional Incheon, terminal 1.

5. Seoul City Pass Card

Seoul City Pass Card

Seoul City Pass dapat digunakan untuk subway di kota Seoul, di sekitar provinsi Gyeonggi dan bus lokal sampai 20 kali tanpa ada batasan jarak. Bisa juga digunakan untuk rute istana, pusat kota, dan rute night view bus Seoul City Tour. Kartu tidak bisa dipakai untuk bus di Incheon dan bus merah di provinsi Gyeonggi. Harga kartu 15.000 won untuk 1 hari, 25.000 untuk 2 hari dan 35.000 untuk 3 hari.

Untuk membeli kartu ini, pembeli wajib memperlihatkan paspor dan kartu hanya bisa dibeli di Bandar Udara Internasional Incheon.

6. City Pass Plus Card

City Pass Plus Card

* sumber: seoulcafe2013.blogspot.com

City Pass Plus adalah bentuk fleksibel dari kartu Seoul City Pass. Yang membedakan adalah kegunaan yang tak terbatas dan dapat diisi ulang sesuai keinginan pemilik kartu. Harga kartu ini sebesar 3.000 won. Pemilik kartu dapat menambahkan uang sesuai keinginannya. Kartu Seoul Pass Plus dapat digunakan di Seoul, di beberapa kota besar dan distrik lainnya.

Untuk membeli kartu ini, cukup datang ke toserba atau bisa juga beli lewat online di situs T-Money.

Kartu transportasi memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada pengguna transportasi, baik bagi warga Korea maupun turis asing ketika menggunakan transportasi umum. Nah, jika Anda berminat berlibur di Korea, simak juga artikel perkiraan biaya liburan ke Korea ini untuk memperkirakan budget yang harus dikeluarkan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *