10 Patung Yesus yang Sangat Terkenal di Seluruh Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada begitu banyak ragam patung Yesus di dunia ini yang menjadi simbol keimanan dari para pengikutnya. Patung-patung ini juga memiliki ukuran-ukuran yang cukup besar, yang membuat terpesona orang yang melihatnya. Selain itu juga ada patung yang merupakan karya seniman ternama.

Untuk kamu yang suka keliling dunia, berikut ini ulasan beberapa Patung Yesus yang banyak dikenal di seluruh dunia.

1. Kristus Sang Raja – Świebodzin, Polandia

Kristus Sang Raja – Świebodzin, Polandia

Patung Kristus sang Raja merupakan patung yang berada di negara Polandia, tepatnya berada di Świebodzin. Patung ini terkenal sebagai patung Yesus tertinggi di dunia dengan tinggi 33 meter jika tanpa gundukan tanahnya, tiga meter lebih tinggi dari patung Yesus yang terkenal di Brasil.

Patung Yesus ini diprakarsai oleh seorang pendeta berkebangsaan Polandia yang bernama Sylwester Zawadski. Patung ini dibangun dengan menelan dana sekitar 1.5 juta dolar Amerika yang didapat dari donasi penduduk setempat. Patung ini selesai dibangun pada tanggal 6 November 2010.

Patung ini di desain dengan berdiri tegak dengan merentangkan tangannya dia tas gundukan batu dan puing. Ukuran tinggi patung 33 meter digunakan untuk menyimbolkan usia dari Yesus saat beliau wafat. Mahkota pada bagian kepala seluruhnya dilapisi emas dengan tinggi mahkota 2 meter.

2. Kristus Sang Penebus – Rio de Janeiro, Brasil

Kristus Sang Penebus – Rio de Janeiro, Brasil

Patung Yesus ini mungkin patung yang paling dikenal, patung Kristus Sang Penebus yang terletak di Rio de Janeiro, Brasil. Patung Yesus ini memiliki tinggi 30 meter dengan tanpa memasukan alasnya yang memiliki tinggi 8 meter. Patung ini berdiri di Gunung Corcovado dan menjadi ikon dari kota Rio.

Patung ini merupakan patung dengan gaya art deco terbesar di dunia. Patung Yesus ini merupakan karya dari seorang pematung Paul Landowski yang bekerja sama dengan insinyur asal Brasil Heitor da Silva Costa. Patung ini dibangun dengan rentang waktu hampir 11 tahun dari tahun 1922 hingga 1931.

Patung ini berdiri di sebuah gunung yang bernama Corcovado disebuah Taman Nasional Hutan Tijuca. Patungnya berdiri dengan tangan membentang terbuka. Desain patung Yesus dengan tangan terbuka ini mengisyaratkan perdamaian dan juga menerima dengan tangan terbuka.

3. Kristus dari Minerva – Roma, Italia

Kristus dari Minerva – Roma, Italia

Patung Yesus yang satu ini merupakan patung hasil karya dari seorang seniman ternama, Michelangelo. Patung ini terletak disebuah gereja bernama santa Maria Sopra Minerva di Roma. Ukuran patung ini lebih kecil dari patung Yesus lainnya hanya 205 meter. Patungnya selesai dibuat pada tahun 1521.

Patung yang terbuat dari marmer ini memiliki dua versi. Pada versi yang pertama terdapat guratan hitam yang terdapat pada marmernya, sehingga pengerjaannya tidak dilanjutkan oleh Michelangelo. Guratan hitamnya terdapat pada bagian wajah, hingga kini pun kamu dapat melihatnya.

Pantung yang kedua dibuat untuk menggantikan patung yang pertama. Pada versi pertama patung Yesus di pahat telanjang, tanpa kain penghalang , sedangkan pada pada versi yang telah diperbaharui, terdapat kain yang menjadi penutup alat kelaminnya yang terbuat dari perunggu.

4. Monumen Juru Selamat Dunia – San Salvador, El Salvador

Monumen Juru Selamat Dunia – San Salvador, El Salvador

Monumen Yesus yang satu ini terletak di kota San Salvador, El Salvador, tepatnya berada di Plaza El salvador del Mundo. Alas dari monumen ini awalnya dibuat untuk menghiasi makam dari presiden El Salvador, Enrique Araujo, tetapi akhirnya dipersembahkan oleh keluarga presiden pada tahun 1942.

Patung ini berdiri diatas sebuah bola dunia yang terletak di atas alas yang tinggi berbentuk segi empat yang terbuat dari beton. Pantung ini sempat mengalami kerusakan saat terjadi gempa bumi pada tahun 1986. Dan Plazanya sendiri diperbaharui kembali dan selesai pada tahun 2010.

5. King Of King dan Lux Mundi – Ohio, Amerika Serikat
King Of King dan Lux Mundi – Ohio, Amerika Serikat

Patung yang terdapat di Ohio Amerika Serikat ini pada awalnya adalah patung King of Kings yang kemudian di gantikan oleh Lux Mundi. Patung King of Kings digantikan karena tersambar petir hingga rusak dan terbakar pada tahun 2010, yang hanya menyisakan rangkanya saja yang terbuat dari baja.

Patung ini merupakan karya dari Brad Coriell, dengan desain patung setengah badan dengan tangan dan wajahnya menengadah ke langit. Di depan dadanya terdapat sebuah salib yang berukuran sekitar 12 meter. Patung ini selesai pada tahun 2004 dengan menelan biaya sekitar 250 ribu dolar Amerika

Pengganti dari King of Kings adalah Patung Lux Mundi atau cahaya dunia ini memiliki tinggi sekitar 15, 8 meter. Patung ini di desain oleh Tom Tsuchiya dengan desain patung posisi berdiri dan tangannya yang seolah mengundang orang untuk datang. Patung ini selesai dibangun pada September 2012.

6. Kristus Sang Penebus Andes – Perbatasan Chile – Argentina

Kristus Sang Penebus Andes – Perbatasan Chile – Argentina

Patung yang satu ini berdiri di antara pegunungan Andes, di perbatasan antara Chile dan Argentina. Patung dengan tinggi 3.8 meter ini merupakan simbol perdamaian antara Chile dan Argentina. Jika kamu ingin melihat patung ini, kamu harus menempuh jalan tanah di antara pegunungan Andes.

Patung ini terbuat  dari perunggu meriam yang dilebur. Patung ini di desain dengan posisi berdiri diatas bola dunia dan memegang salib di tangan sebelah kiri. Tanda perdamaian disimbolkan dengan tangan kanan yang yang mengangkat ke atas. Patung ini dibuat oleh Pemahat Argentina, Mateo Alonso .

7. Kristus dari Vũng Tàu – Vietnam

Kristus dari Vũng Tàu – Vietnam

Patung Yesus ini berdiri di atas sebuah bukit, dengan tinggi 32 meter, dan alasnya tempat berdiri memiliki tinggi 4 meter. Jika kamu ingin melihat patung ini ada beberapa peraturan ketat yang harus kamu taati. Kamu harus membuka sepatu dan tidak perbolehkan menggunakan tank top.

Patung ini di desain dengan posisi berdiri dengan merentangkan kedua tangannya. Panjang bentangan tangannya sekitar 18, 3 meter. Pada bagian dalam patung terdapat tangga yang curam dengan jumlah 133 anak tangga. Dari pundaknya kamu bisa melihat pemandangan dari kota Vũng Tàu.

8. Kristus Sang Raja – Lisbon, Portugal

Kristus Sang Raja – Lisbon, Portugal

Patung Kristus Sang Raja merupakan patung yang terletak di Kota Lisbon, Portugal. Patung ini dibuat terispirasi dari patung Kristus Sang Penebus dari Brasil yang dibangun pada tahun 1959. Patung ini dibuat sebagai rasa terima kasih karena Portugal terhindar dari kengerian perang dunia kedua.

Patung ini merupakan karya dari pematung  Francisco de Sousa. Patungnya di desain dengan posisi berdiri dengan merentangkan kedua tangannya. Patung Kristus berdiri di atas alasnya yang berbentuk tiang trapesium dengan tinggi 82 meter. Patungnya sendiri  memiliki tinggi sekitar 28 meter.

Pada bagian dasar patung di ketinggian 82 meter terdapat dek observasi yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan dari Kota Lisbon dan juga Sungai Tagus, serta jembatan 25 de Abril. Sedangkan pada bagian bawah monumen terdapat 2 kapel dan juga beberapa ruang lain seperti perpustakaan.

9. Kristus dari Ozarks – Akansas, Amerika Serikat

Kristus dari Ozarks – Akansas, Amerika Serikat

Patung ini terletak di dekat Kota Eureka Spring Arkansas. Monumen ini dibangun tahun 1966, dengan ketinggiannya lebih dari 20 meter. Patung ini dipercaya dibuat oleh pemahat yang juga memahat Gunung Rushmore. Patung ini proyek  dari Gerald L.K. Smith seorang organisator sayap kanan.

Banyak kritikan pedas yang dilayangkan pada desain patung Kristus dari Ozark. Patungnya dianggap kurang memiliki ekspresi kehangatan untuk sebuah patung Kristus dengan desainnya yang minimalis. Patung ini sendiri di desain berdiri dengan merentangkan tangannnya yang menyimbolkan penyaliban.

10. Kristus dari Condordia – Cochabamba, Bolivia

Kristus dari Condordia – Cochabamba, Bolivia

Patung kristus dari Concordia merupakan patung yang terletak di atas bukit Pedro. Jalan menuju patung ini harus kamu tempuh dengan menaiki 2 ribu lebih anak tangga atau juga bisa menggunakan kereta gantung untuk sampai di puncaknya. Ketinggian dari Patung Yesus ini sekitar 40,44 meter.

Patung ini menjadi salah satu patung Yesus terbesar di dunia. Patung Kristus ini di desain oleh Cesar dan Walter Terrazas Pardo. Patung ini di desain dengan menjadikan patung Kristus di Brasil sebagai rujukannya. Patungnya di buat dengan pose yang sama, berdiri dengan kedua tangan direntangkan.

Patung-patung ini merupakan beberpa patung yang terkenal di dunia, yang membuatmu terkagum dengan ukuran dan desainnya. Selain itu patung ini juga memperlihatkan kehebatan dari para pekerja yang berdedikasi dalam membuatnya. Patung ini menjadi bagian tak terpisahkan dari keimanan para pengikutnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *