Asyiknya Campsite Bintang 5 di Rakata’s Camping Ground

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kemping merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bagi semua orang: baik anak kecil hingga orang dewasa. Pasalnya, kemping selalu diisi oleh banyak aktifitas yang memerlukan kerja sama semua orang. Mulai dari hiking, menikmati alam, memancing, api unggun, hingga rafting.

Namun biasanya, hal-hal tersebut sulit dilakukan mengingat banyaknya barang bawaan yang perlu dibawa. Eits, tapi jangan khawatir! Sekarang banyak loh camping ground yang menyediakan semuanya. Menyediakan itenerary sampai perlengkapannya.

Walau memang sih… Masih banyak yang lebih memilih untuk bersusah payah dengan alasan supaya mendapatkan ‘feel’ kempingnya. Tapi tak sedikit juga kok, orang-orang yang menginginkan kemping dengan 2 konsep; konsep alam yang digabung dengan konsep modern.

Konsep alam yang dimaksud adalah konsep ‘menyatu’ dengan alam, sedangkan konsep modern adalah konsep yang menyerupai konsep hotel. Di mana semua fasilitas sudah tersedia di dalamnya.

Salah satunya adalah Rakata’s Camping Ground – Tanakita, Tanamerah; tempat kemping yang mengusung 2 konsep tersebut. Tempat kemping ini menjadi salah satu campsite terbaik yang ada di daerah Jawa Barat.

danau

Terletak di kaki gunung Pangrango dekat dengan air terjun (curug) Sawer; menjadikan tempat ini benar-benar wajib masuk dalam daftar tempat kemping yang harus dikunjungi saat liburan nanti bersama keluarga.

Fasilitas di tempat ini terkenal pro. Mungkin, di sini satu-satunya campsite yang memiliki promenade, lounge, entertainment deck, meeting room, kitchen pribadi bahkan kamar mandi dengan air panas dalam bathtub! Ini membuat kita merasa seperti di hotel bukan di tempat kemping.

Tapi tetap saja, untuk urusan tidur, kita hanya bisa mengandalkan tenda yang terpasang berjajar di sisi tebing. Walaupun berada dekat dengan sisi tebing, kita tak perlu khawatir mengingat pengamanan di sini sangat top.

camping ground

Setiap tenda, dipasang 2-3 tempat tidur busa dan dilengkapi dengan lampu LED. Canggih bukan? Selain itu, setiap tenda juga diberi stop kontak yang memungkinkan kita untuk mengisi daya laptop atau ponsel. Sehingga kita tidak perlu khawatir kehabisan suplai batere.

Nah, kalau ponsel, laptop dan gadget lainnya sudah selesai dicharge, kita bisa tetap eksis deh dengan mengunggah foto-foto kita selama di Rakata. Pemandangan di tempat ini benar-benar bagus sekali! Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Rakata berada di kaki gunung Pangrango.

Lokasi ini dekat dengan kawasan hutan lindung Nasional dimana ratusan mungkin ribuan jenis pohon, tanaman, satwa yang dikonservasi. Ini membuat view dari penjuru campsite terlihat asri dan mempesona. Belum lagi dengan adanya danau kadudampit yang eksotis dan terbentangnya sungai di kawasan curug Sawer. Panoramik sekali!

Untuk melihat indahnya curug Sawer, kita harus menempuh jarak selama 1,5 jam (kurang lebih 2-2,5km) dengan medan jalan yang lumayan berbatu, so, memakai sepatu is a MUST! Jangan pernah coba-coba memakai sendal atau crocs ke tempat ini, kecuali kalau teman-teman mau mandi lumpur dan facial permanen. Hahaha..

Sedangkan untuk melihat danau Kadudampit, kita tidak usah berjalan jauh, karena area perkemahan terletak lumayan dekat dengan danau tersebut.

air terjun

Setelah puas dan capek sehabis berjalan kaki ke air terjun atau danau, kita bisa menikmati hidangan yang sudah disediakan oleh koki pribadi yang disediakan oleh managemen Rakata’s Camping Ground. Kita juga akan dilayani penuh dengan 5 pelayan pribadi dan sekitar sepuluhan sekuriti.

Semua makanan yang disajikan terdiri dari 5 menu yang berganti saat sarapan, makan siang dan makan malam. Kalau sudah seperti ini, kita tidak usah repot lagi memasak bukan? Sajian yang dihidangkan kebanyakan makanan khas Sunda yang lezat diikuti beberapa kudapan dan makanan penutup lainnya.

Saat menikmati hidangan, beberapa pegawai akan naik ke entertainment deck dan menyanyikan lagu yang diminta oleh kita. Kalau kita mau ikut bernyanyi pun boleh kok! Peralatan musik di sini lumayan lengkap.

rakata sukabumi

Namun di Entertainment Deck hanya satu yang tidak ada. Televisi. Kenapa? Ini karena managemen Rakata’s Camping Ground tidak mau menghilangkan kesan kemping di tempat ini. Aneh sekali kalau kita kemping tapi bisa menonton tayangan televisi. Selain masalah televisi, semua yang kita perlukan sudah tersedia kok!

Untuk hiburan juga, Rakata’s Adventure menyediakan spot untuk bermain tubing dan flying fox. Permainan tubing ini membutuhkan kekuatan tangan, karena kita akan ber-arung jeram sepanjang hamparan sungai yang mengalir dari curug Sawer, arusnya lumayan kuat. Jadi hati-hati yah…

Sedangkan permainan flying fox membutuhkan keberanian! Bagaimana tidak? Sebelum kita naik flying fox, ada 8 rintangan yang harus dilewati. Nah, saran kami sih kalau teman-teman mempunyai Aeroacrophobia; semacam phobia ketinggian di tempat terbuka, mending jangan coba-coba deh! Masalahnya ketinggian setiap pos halang rintang mencapai tinggi 20 meter! Seru sekali!

Kebanyakan, halang rintang di sini memaksa kita berjalan di seutas sling baja yang terbentang dari satu pohon ke pohon lainnya. Untuk orang yang berbadan lumayan besar juga bisa naik, tak usah khawatir jatuh, karena sling baja yang dipakai untuk flying fox dan halang rintang tertambat pada batang pohon Damar yang sangat kuat.

So? Tunggu apalagi? Kalau mau kemping dengan suasan unik, yuk langsung berkunjung ke Rakata’s Camping Ground – Tanakita, Tanamerah wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Dijamin pengalaman menginap disana membuat kita ingat terus akan campsite keren tersebut! Pokoknya jauh dari kata menyesal!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *