Camping Ceria dan Memberi Makan Rusa di Ranca Upas Ciwidey

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 30 Juli 2020

Kampung Cai Ranca Upas, atau lebih dikenal dengan nama Ranca Upas Ciwidey merupakan bumi perkemahan di kawasan Bandung Selatan, Kabupaten Bandung. Ranca Upas berada di ketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut dengan luas area sekitar 215 hektar. Suhu rata-rata di Ranca Upas adalah 17 – 20 derajat celcius.

Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, Ranca Upas merupakan hutan belantara dengan rawa yang luas dan menjadi salah satu area latihan untuk para Kopassus, sampai akhirnya dijadikan sebagai hutan lindung dan camping ground. Ranca Upas memiliki udara yang sejuk dengan hamparan tanah datar yang luas dan dihiasi tumbuhan pegunungan.

Wisata ke Ranca Upas Ciwidey, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan. Selain camping, kamu juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa, sekaligus memberi mereka makan lho.

Tak heran kalau destinasi di Bandung Selatan yang satu ini menjadi primadona bagi wisatawan dari dalam dan luar Bandung. Berikut ini informasi lengkap mengenai Ranca Upas Ciwidey yang perlu kamu ketahui.

Wahana & Spot Populer di Ranca Upas

Wahana & Spot Populer di Ranca Upas

Wisata ke suatu tempat, belum lengkap jika bermain wahana dan berfoto di spot populer destinasi tersebut. Seperti halnya destinasi wisata di Bandung maupun kota lainnya, Ranca Upas menyediakan beberapa wahana dan spot menarik yang akan melengkapi hari libur, diantaranya berikut ini.

1. Penangkaran Rusa

Penangkaran Rusa

* sumber: fourstar-holiday.com

Ranca Upas dikenal dengan sebagai tempat konservasi salah satu satwa langka, yaitu rusa. Di sini wisatawan bebas berinteraksi langsung dengan rusa. Kamu bisa turun ke penangkaran rusa dan memberi mereka makan. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai wahana edukasi untuk anak-anak agar bisa berempati dan peduli terhadap hewan di sekitarnya.

Ranca Upas memiliki rusa dengan jumlah sangat banyak, hingga ratusan ekor yang dibiarkan hidup secara bebas, dan berkembang biak secara alami di habitat aslinya. Rusa merupakan hewan yang baik dan jinak, jadi sangat aman untuk didekati untuk berinteraksi.

2. Camping

Camping

* sumber: piknikasyik.com

Kegiatan seru yang paling banyak dilakukan wisatawan di Ranca Upas adalah camping. Ranca Upas memiliki hamparan padang rumput yang sangat luas dan bisa menampung sekitar 10.000 orang. Ranca Upas menjadi salah satu tempat camping favorit di Kabupaten Bandung, terlebih suhu di sini sangat dingin bila pagi menjelang.

Jika kamu tidak memiliki tenda, tidak perlu khawatir karena Ranca Upas menyediakan penyewaan berbagai macam tenda dengan kapasitas mulai dari 2 orang sampai 40 orang. Jadi kamu bisa gunakan untuk camping bersama teman maupun keluarga.

3. War Games

War Games

* sumber: www.anekatrip.com

Selain camping dan berinteraksi dengan rusa, di Ranca Upas, wisatawan bisa bermain war games seperti panahan dan paintball. Wahana permainan ini akan dilatih dan dipandu dengan pemandu professional di bidangnya. Jadi buat wisatawan yang ingin mencoba wahana war games untuk pertama kalinya tidak perlu khawatir akan kesulitan.

4. ATV

ATV

* sumber: siskanurifah.wordpress.com

Seperti halnya wisata rekreasi lain di Bandung, Ranca Upas juga menyediakan wahana ATV yang dapat digunakan untuk segala usia. Mulai dari anak-anak hingga dewasa bisa menyewa ATV untuk mengeliling sebagian area Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey.

5. Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas

* sumber: www.javatravel.net

Terletak di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, Ranca Upas memiliki suhu yang dingin terutama pada waktu pagi dan malam hari. Udara dingin yang menusuk bisa dihangatkan dengan cara berendam di pemandian air panas Ranca Upas.

Selain dapat menghangatkan, air panas alami ini juga dapat membuat tubuh rileks dan baik untuk kesehatan tubuh.

6. Waterboom Ranca Upas

Waterboom Ranca Upas

* sumber: jejakpiknik.com

Tak hanya pemandian air panas saja, Ranca Upas menyediakan wahana water boom yang tentu disukai anak-anak hingga remaja. Water boom Ranca Upas terdapat wahana seluncur dan ember tumpah dimana air yang ada di dalam ember maupun di dalam kolam memiliki suhu yang hangat. Letak waterboom berdekatan dengan kolam pemandian air panas Ranca Upas.

7. Outbound

Outbound

* sumber: tempatwisatadibandung.info

Liburan ke Ranca Upas bukan hanya bisa dilakukan bersama keluarga ataupun teman, melainkan kamu bisa mengajak teman satu kantor untuk outing di sini. Ranca Upas menyediakan area outbound dengan beragam permainan, mulai dari jembatan goyang, hingga flying fox bisa kamu coba di sini.

Fasilitas di Ranca Upas Ciwidey

Fasilitas di Ranca Upas

* sumber: blog.airyrooms.com

Beragam permainan dan aktivitas seru bisa dilakukan di Ranca Upas. Kawasan wisata alam ini juga menyediakan fasilitas yang akan memanjakan wisatawan yang liburan di Ranca Upas. Berikut fasilitas yang bisa didapatkan selama berada di kawasan wisata alam Ranca Upas Ciwidey.

1. Penyewaan Tenda

Wisata ke Ranca Upas belum lengkap jika belum mencoba camping ceria. Ranca Upas Ciwidey menyediakan penyewaan tenda yang sangat lengkap. Mulai dari kapasitas 2 orang hingga 40 orang tersedia di sini. Jadi kamu tidak perlu repot membawa tenda sendiri karena sudah disediakan penyewaan.

2. Warung Makan

Ranca Upas menyediakan deretan warung-warung yang menjual aneka makanan berat, makanan ringan, dan minuman panas maupun dingin. Warung yang ada di Ranca Upas cukup lengkap dan harganya terjangkau.

3. Pedagang Keliling

Jika tidak ingin repot mampir ke warung untuk sekadar membeli makanan ringan, di sini sudah menyediakan fasilitas pedagang cemilan keliling yang akan berjualan di sekitar kawasan wisata Ranca Upas.

4. Café

Selain warung makan dan pedagang keliling, Ranca Upas sudah dilengkapi dengan café yang menjual makanan serta minuman kekinian dan bisa dinikmati sambil merasakan hawa segar.

5. Pusat Informasi

Jika butuh sesuatu atau ingin mengetahui lebih lengkap tentang kawasan wisata alam Ranca Upas Ciwidey, di sini sudah menyediakan pusat informasi yang akan membantu setiap wisatawan yang datang.

6. Tempat Prewedding

Ingin melakukan prewedding dengan cara yang berbeda? Di Ranca Upas, kamu bisa melakukan prewedding di spot-spot menarik. Mulai dari area camping, penangkaran rusa, hingga foto di padang rumput luas berlatarkan Gunung Patuha.

7. Taman Selfie

Bagi kaum millenials dan generasi Z, belum lengkap jika tidak selfie dengan teman-teman di suatu tempat, khususnya tempat wisata. Ranca Upas menyediakan Taman Selfie yang menarik untuk dijadikan sebagai spot foto.

8. Masjid

9. Toilet

10. Area Parkir dan Penitipan Helm

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Ranca Upas

Harga Tiket Masuk & Jam Operasional Ranca Upas

* sumber: alampriangan.com

Sudah tahu informasi wahana, spot menarik, dan fasilitas yang ada di Ranca Upas, pasti penasaran kan dengan harga tiket masuk untuk bisa menikmati wisata alam di kawasan Ciwidey ini? Berikut informasi tiket masuk dan wahana, serta jam operasional dan kontak yang bisa dihubungi.

  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Parkir Motor : Rp3.000 / Rp5.000 (jika menginap)
  • Parkir Mobil : Rp10.000 (menginap maupun tidak)
  • Parkir Bus : Rp20.000 / Rp25.000 (jika menginap)
  • Jam Operasional : 24 jam
  • Kontak : (022) 8592 0070 / 0812-1450-5181

 

  • Waterboom Ranca Upas : Rp15.000 (weekday dan weekend sama)
  • Outbound
  • Flying Fox : Rp15.000
  • Elvis Bridge : Rp15.000
  • Bungie Trampoline : Rp30.000
  • Jembatan Goyang : Rp15.000
  •  Panahan : Rp30.000
  • Paint Ball : Rp90.000
  • Taman Selfie : Rp10.000
  • Prewedding : Rp500.000
  • Camping : Rp10.000
  • Camping Rombongan : Rp500.000 / 40 orang
  • Penangkaran Rusa : Rp15.000 (biaya beli wortel, tiket masuk gratis)
  • Sewa Tenda : Rp150.000 – Rp700.000 (tergantung kapasitas)

Alamat & Akses Transportasi ke Ranca Upas

Alamat & Akses Transportasi ke Ranca Upas

* sumber: www.kampungcai.com

  • Alamat : Raya Ciwidey – Patengan No.11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung

Bagi kamu yang ingin sekali liburan ke Ranca Upas Ciwidey, tidak perlu khawatir, ada beberapa akses transportasi yang bisa digunakan. Mulai dari kendaraan pribadi, hingga transportasi umum. Berikut ini akses transportasi menuju Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey.

  • Mobil

Wisatawan yang menggunakan mobil dari Bandung kota atau dari luar kota seperti Jakarta, bisa melewati Jalan Tol Soroja, kemudian keluar di Gerbang Tol Soreang. Sekitar 26 km dari gerbang tol mengarah ke Situ Patenggang, Ciwidey, tibalah kamu di Kampung Cai Ranca Upas.

  • Motor

Bagi wisatawan yang datang dari Bandung kota menggunakan motor, jalan yang dilalui mengarah ke Jalan Kopo, kemudian mengarah ke Soreang – Ciwidey. Jarak dari Bandung kota sekitar 40 km ke Bandung Selatan.

  • Transportasi Umum

Jika tidak memiliki kendaraan pribadi, kamu tetap bisa liburan ke Ranca Upas menggunakan transportasi umum. Dimulai dari Terminal Leuwipanjang Bandung, terminal ini adalah pemberhentian bagi pendatang dari Jakarta. Jadi jika kamu menggunakan bus ke Bandung, maka bisa langsung melanjutkan perjalanan tanpa harus ke luar area terminal.

Di Terminal Leuwipanjang, bisa gunakan angkutan kota dengan tujuan Leuwipanjang – Ciwidey. Sampai di Ciwidey, dilanjutkan dengan angkutan berwarna kuning jurusan Ciwidey – Rancabali. Angkutan kota ini akan melewati gerbang masuk Kampung Cai Ranca Upas.

 Hotel Sekitar Ranca Upas Ciwidey

Meskipun Ranca Upas memiliki area camping yang luas, tak jarang pengunjung memilih untuk menginap di hotel atau penginapan. Letak Ranca Upas tidak jauh dari Kawah Putih, jadi ada banyak hotel dan penginapan yang bisa dipilih. Berikut ini diantaranya :

1. EMTE Highland Resort

Jl. Raya Ciwidey – Rancabali KM.11, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung

Kontak : 0821-1714-4217

2. Green Hill Park Cimanggu

Jl. Ciwidey, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung

Kontak : 0812-9000-9015

3. Villa Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey, Lebakmuncang, Ciwidey, Kabupaten Bandung

Kontak : 0821-1478-4009

4. Cimanggu Cottage

Jl. Raya Ciwidey – Rancabali KM.12, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung

Kontak : 0822-1616-0897

5. Homestay Ciwidey

Jl. Ciwidey – Patenggang, Cimanggu, Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung

Kontak : 0878-2170-0440

6. Villa Unggu

Patengan, Rancabali, Kabupaten Bandung

Kontak : 0813-2236-7375

Ciwidey menyimpan banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Selain Kawah Putih, dan Situ Patenggang, ada juga Kampung Cai Ranca Upas yang menjadi tempat dimana kamu bisa camping ceria sambil memberi makan rusa. Sudah siap liburan ke Ciwidey?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram