8 Pilihan Tempat Makan Rawon Paling Enak di Surabaya

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 28 September 2019

Makanan apa yang wajib dimakan ketika kita berkunjung ke Surabaya? Banyak, dong! Kamu bisa membaca artikel makanan khas Surabaya ini untuk mencari referensinya. Di dalam artikel tersebut ada “rawon” yang jadi salah satu menu yang direkomendasikan.

Kalau kamu belum pernah mencoba rawon, maka ini adalah saat yang tepat untuk mencobanya. Rawon adalah hidangan berkuah hitam dengan potongan daging sapi di dalamnya. Warna hitam untuk membuat kuah ini terbuat dari kluwek, sejenis rempah khas nusantara. Rawon juga cocok disajikan dengan telur asin, tempe goreng, dan jeroan.

Butuh rekomendasi tempat makan rawon paling enak di Surabaya? Tenang saja, Keluyuran sudah merangkumnya untukmu, lho. Yuk, catat semua tempat makan rawon enak di kota pahlawan ini.

1. Rawon Pak Pangat

Rawon Pak Pangat

* sumber: www.titofebrian.com

Di antara begitu banyak tempat makan rawon yang terkenal di Surabaya, Rawon Pak Pangat tetap menjadi idola bagi masyarakat Surabaya maupun pecinta rawon dari luar Kota Surabaya. Rawon Pak Pangat memiliki kuah yang gurih, tapi tidak berlemak dan tidak terlalu keruh. Dagingnya pun sendiri disajikan dengan bentuk empal suwir.

Yang membuat rawon di sini semakin istimewa adalah daging krengsengan yang disajikan dengan kuah rawon. Sedapnya daging yang dimasak dengan bumbu krengsengan akan berpadu dengan kuah rawon yang gurih dan sedap. Jangan lupa untuk turut menambahkan tempe goreng dan telur asin agar rasanya semakin nikmat.

Lokasi Rawon Pak Pangat ada di Lotus Regency, Jl. Ketintang Baru Sel. I No. 15, Ketintang, Surabaya.

2. Rawon Setan

Rawon Setan

* sumber: mikokeren.xyz

Namanya kok serem, ya?” Tenang, ini cuma sebuah nama kok. Rawon Setan justru merupakan rawon yang terkenal di Surabaya. Sejumlah public figure pernah singgah untuk makan di sini. Usai berjalan-jalan di Tunjungan Plaza, kamu bisa langsung melipir kemari karena lokasinya memang sangat dekat dengan pusat perbelanjaan tersebut.

Banyak yang mengatakan bahwa harga menu di Rawon Setan ini pricey. Akan tetapi, harga tersebut cukup sebanding dengan rasa rawonnya yang enak. Terlebih lagi daging sapi di dalam rawonnya juga sangat empuk. Rawon Setan turut menambahkan pelengkap yang komplit, seperti empal goreng, paru goreng, tempe goreng, telur asin, dan perkedel.

Kunjungi Rawon Setan di Jl. Embong Malang No. 78/I, Genteng, Surabaya.

3. Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator

* sumber: www.qraved.com

Ada alasan tersendiri di balik nama “Rawon Kalkulator” yang tersemat di sebuah warung sederhana yang letaknya di Sentra PKL Taman Bungkul Ini. Pramusaji di warung ini memiliki ketangkasan menghitung yang tak kalah cepat dengan kalkulator. Bahkan, mereka menghitung tanpa menggunakan alat bantu apapun. Sebanyak apapun menu yang kamu pesan, mereka akan menghitungnya dengan sangat cepat.

Daya tarik Rawon Kalkulator tidak hanya terletak pada ketangkasan pramusajinya, tapi juga karena rasa rawonnya yang memang lezat dan cocok dengan lidah masyarakat Indonesia. Yang membuat pengunjung semakin puas makan di sini, potongan daging rawonnya besar-besar, lho.

Alamat Rawon Kalkulator ada di Sentra PKL Tamam Bungkul, Jl. Raya Darmo, Darmo, Kec. Wonokromo, Surabaya.

4. Rawon Nguling

Rawon Nguling

Mau menikmati Rawon Nguling yang populer di Malang, tapi kamu tidak sempat untuk pergi ke Malang? Di Surabaya juga ada Rawon Nguling, lho. Soal rasa sih relatif, tergantung selera masing-masing. Namun, banyak pengunjung yang puas menikmati rawon di sini.

Rawon Nguling di Surabaya ini memiliki ciri khas pada dagingnya. Daging yang dipakai selalu berlemak sehingga bagi kamu yang kurang menyukai daging berlemak pasti kurang cocok menyantap rawon di sini. Sebagai opsi untuk mengganti daging berlemak, kamu bisa memesan kuah rawon dengan daging empal saja.

Rawon Nguling terletak di Jalan Kendang Sari Industri No. 41B, Kendangsari, Surabaya.

5. Pecel Rawon Pucang Moroseneng

Pecel Rawon Pucang Moroseneng

* sumber: www.idntimes.com

Kamu mungkin akan terkejut dengan cara penyajian rawon di sini. Ya, sesuai dengan namanya tempat ini menyajikan rawon dengan sayuran yang disiram dengan bumbu pecel. Perpaduan antara kuah rawon dan bumbu kacang untuk pecel ternyata unik dan bikin ketagihan, guys!

Jika kamu tidak yakin suka dengan kombinasi pecel dan rawon ini, kamu boleh memesan rawonnya saja kok. Pilihan lauk yang ditawarkan di warung sederhana ini cukup beragam, mulai dari empal, telur, dadar jagung, dan paru goreng semuanya ada!

Pecel Rawon Pucang Moroseneng bisa kamu kunjungi di Jl. Pucang Anom No. 17, Pucang Sewu, Kec. Gubeng, Surabaya.

6. Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada

* sumber: phinemo.com

Tipikal rawon yang enak tidak hanya terdapat dari rasa kuahnya saja, tetapi juga pada daging sapi yang ada di dalamnya. Kalau daging sapi yang di dalamnya terasa alot, tentu saja kita akan kehilangan nafsu makan untuk menghabiskannya.

Rawon Gajah Mada termasuk dalam daftar rawon enak di Surabaya. Tempat makan rawon ini menyajikan rawon dengan daging sapi yang super empuk. Jangan lupa untuk turut memesan oseng-oseng daging pedas yang kabarnya cocok banget dikombinasikan dengan rawonnya.

Rawon Gajah Mada berlokasi di Ruko Grand A Yani No. 151 Kav 1-3, Jl. Frontage A. Yani, Jl. Jemur Ngawinan, Wonocolo, Surabaya.

7. Warung Pak Eko

Warung Pak Eko

* sumber: www.qupas.id

Kabarnya, Warung Pak Eko ini terkenal dengan telur mata sapinya yang dimaak dengan sempurna, lho. Telur mata sapi ini dimasak setengah matang sehingga ketika bagian kuningnya dipotong maka isinya masih meleleh keluar. Telur mata sapi ini nantinya akan disajikan bersama dengan nasi rawon yang tak kalah nikmat.

Warung Pak Eko menawarkan rawon dengan kuah yang jernih. Sayangnya, menurut sejumlah pengunjung yang pernah makan di sana porsi nasi dan dagingnya tergolong sedikit. Kamu harus makan 2-3 porsi terlebih dahulu agar merasa kenyang.

Kalau penasaran dengan rawon dan telur sapi well-cooked dari Warung Pak Eko, kunjungi saja tempatnya di Jl. Pucang Adi No. 58, Kertajaya, Kec. Gubeng.

8. Depot Anda

Depot Anda

* sumber: www.qraved.com

Depot Anda tidak spesial menjual rawon saja. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai makanan khas rumahan lainnya, seperti sop buntut, nasi rames, sampai dengan kari ayam. Saat rindu dengan masakan rumahan, Depot Anda adalah jujugan yang tepat untuk melepas rindu.

Rawon di Depot Anda ini rasanya enak. Bahkan, rawon menjadi menu yang cukup banyak dipesan oleh pengunjung yang datang ke Depot Anda. Meskipun harganya mahal, tapi toh sebanding dengan kuah rawonnya yang gurih dan sedap, serta potongan daging yang super empuk.

Depot Anda beralamatkan di Jl. Walikota Mustajab No. 74, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya.

Tempat makan rawon yang kami sebutkan di sini adalah tempat makan yang terjamin menyajikan rawon yang enak dan memiliki sejumlah pengunjung yang cukup banyak. Kalau kamu merasa ada tempat makan rawon enak lainnya yang belum dibahas di sini, jangan sungkan untuk menulis rekomendasimu di kolom komentar yang tersedia. Kalau kamu, suka makan di tempat rawon yang mana, nih?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram