10 Restoran Cina Halal di Shanghai dengan Menu Otentiknya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 23 Maret 2021

Saat traveling ke Cina, terkadang para traveler Muslim akan dihadapkan dengan masalah mencari mesjid dan tempat makan. Namun ternyata di negara tirai bambu ini terdapat beberapa restoran yang menghidangkan makanan halal. Kebanyakan makanan ini merupakan makanan khas orang Xinjiang dan Uyghur tapi ada juga yang menyajikan makan Timur Tengah.

Salah satu kota terbesar di Cina, Shanghai, juga memiliki beberapa tempat makan yang menyediakan hidangan halal. Pengunjung bisa mencicipi makanan tradisional negeri ini di restoran Cina Halal di Shanghai. Yuk, kita intip restoran-restoran halal tersebut!

1. Yu Ren Wan

Yu Ren Wan

* sumber: www.havehalalwilltravel.com

  • Alamat: 3 / F, Terminal 1, Bandara Internasional Pudong, Shanghai
  • Jam buka: 11.00 - 20.00

Salah satu restoran Cina Halal di Shanghai bernama Yu Ren Wan. Restoran ini bergaya Shanghai yang berlokasi di aula keberangkatan Terminal 1 Bandara Internasional Pudong Shanghai. Restoran ini mulai beroperasi pada tanggal 26 Januari 2010. 

Makanan di restoran ini merupakan Masakan Muslim Cina barat laut. Tiap sajian di sini terasa enak dan harganya terjangkau sekali. Lingkungan dekorasi di restoran cukup elegan. Bagi pelancong yang harus transit di bandara ini dan mencari makanan halal, restoran ini adalah pilihan terbaik di sini,

2. Guan Guan Ji

Guan Guan Ji

* sumber: you.ctrip.com

  • Alamat: No.70 Zhejiang Middle Road
  • Jam buka: Setiap hari 06.30 pagi - 03.30 pagi
  • Telepon: +86 21-6333-9177

Dianggap sebagai salah satu restoran masakan Cina Barat Laut terbaik di kota, restoran Guan Guan Ji menghidangkan sajian klasik termasuk BBQ domba and iga domba, bakpao kukus Bao Zi, stew domba, dan tentu saja sate daging sapi dan domba yang lezat. 

Restoran pinggir jalan ini akan memikat pengunjung dengan tampilan makanan yang baru dimasak, menjadikannya tempat pemberhentian yang mudah untuk makanan cepat saji sebelum mereka melanjutkan hari. 

Masjid Fuyou merupakan masjid terdekat ke Guan Guan Ji, sekitar 10 menit berkendara, sehingga menjadikannya restoran ini tempat yang sempurna untuk mengisi perut pasca shalat. Pengunjung yang menyukai budaya juga bisa mengunjungi Shanghai Brush and Ink Museum di utara Guan Guan Ji.

3. Dongyishun

Dongyishun

  • Alamat: No.70, Jalan Zhejiang, Tengah, Distrik Huangpu
  • Jam buka: 11.00 – 22.00
  • Telp: 021-63510556

Restoran Dong Yishun mempromosikan makanan cepat saji yang baru dibuat dengan ciri khas Cina dan gaya asing. Semua staf memberikan layanan yang tulus, makanan berkualitas tinggi, lingkungan yang bersih, dan harga yang terjangkau untuk menyambut tamu dari penjuru dunia.

Ruang makan diatur dalam gaya Arab. Di restoran tembakau dan alkohol dilarang. Semua stafnya merupakan pemuda suku Hui dan mengenakan pakaian tradisional mereka. Hal ini memungkinkan pelanggan untuk memahami pemandangan dan budaya asing ketika bersantap.

Restoran ini merupakan salah satu dari sedikit restoran orang Hui. Bahan baku yang mereka gunakan dimasak secara Islami. Beragam makanan berbahan daging kambing harganya murah dan enak.

4. Hongchangxing

Hongchangxing

  • Alamat: 1 Yunnan South Road, Distrik Huangpu, Shanghai
  • Jam buka: 11.00 – 22.00
  • Telepon: +86 21 6328 1551

Restoran Hongchangxing berlokasi di dekat East Nanjing Road. Restoran Cinan Halal di Shanghai ini adalah restoran halal kelas yang berada di area Bund, hanya beberapa langkah dari Nanjing Road dan People's Square. Dibuka pada tahun 1891 restoran ini terkenal dengan hot pot daging kambingnya.

Daging kambing segar serta bahan makanan lainnya direbus dalam air biasa dalam ketel tembaga kemudian sebelum dimakan dicelupkan ke dalam saus. Menu lain yang direkomendasikan adalah pangsit shashlik dan daging kambing.

Ada begitu banyak pilihan menu, mulai dari iga, sampai ikan yang empuk, mie kambing pedas, sampai steamboat. Semua terasa sangat enak. Porsi makanannya cukup banyak untuk 1 orang. Bahkan mie restoran ini disajikan dalam mangkuk yang sangat besar.

Restoran ini uniknya adalah mempersilahkan pengunjung untuk menulis gambaran umum restoran tersebut dan review pengunjung akan dibagikan kepada jutaan saudara dan saudari muslim. Buka hanya untuk makan siang dan makan malam tapi jika terlambat, pengunjung tak akan kebagian.

5. Gulixian Xiyuqing

Gulixian Xiyuqing

  • Alamat: Unit 3-3 Jinqiao International Business Plaza, No. 3611 Zhangyang Road
  • Jam buka: setiap hari 11.00 – 21.00 
  • Kontak: +86 21-6045-0368

Dikenal juga sebagai Gulixian, Gulixian Xiyuqing merupakan salah satu restoran Muslim Xinjiang yang menyajikan perpaduan makanan Xinjiang klasik, serta pilihan gaya fusion yang lebih inovatif. Untuk sesuatu yang lebih menantang, cobalah Steak Domba gaya Prancis.

Selain itu bisa juga mencoba Pancakes Rolled dengan daging domba. Restoran ini mempunyai berbagai gerai di sekitar kota, tapi gerai yang paling layak dikunjungi yaitu di Jinqiao International Business Plaza.

6. Yershari 

Yershari 

 

  • Alamat: No. 918 Dongfang Road
  • Jam Buka: setiap hari 11.00 - 21.30 
  • Telepon: +86 21-5020-1057

Shanghai Yershari Xinjiang Style Restaurant merupakan jaringan restoran yang ditunjuk sebagai merek makanan Muslim dari Asosiasi Minoritas Distrik Xuhui Shanghai. Restoran ini mempromosikan budaya Xinjiang. Yershari Xinjiang merupakan definisi untuk "makanan Xinjiang modern" di rumah.

Restoran ini memilih daging kambing serta air glasial dari padang rumput Xinjiang, terong Xinjiang, wortel, cabai rawit, jinten, buncis dan jamur; dan daging sapi halal terbaik dan ayam halal dipotong setiap hari. 

Di sini pengunjung bisa menikmati rasa tradisional Xinjiang dan cita rasa etnis. Direkomendasikan untuk mencoba restoran Yershari yang dekat dengan Museum Sains dan Teknologi Shanghai, Pusat Seni Oriental Shanghai, dan Taman Century yang luas.

7. Yan Lan Lou

Yan Lan Lou

  • Alamat: Pusat Perbelanjaan Shimao lantai 4, No.258 Nanjing West Road / Nanjing Pedestrian Street
  • Jam buka: 11.00-14.00, 17.00-21.30 (Senin-Jumat), 11.00-14.30, 17.00-21.30 (Sabtu-Minggu)
  • Kontak: +86 21-6331-9588 atau +86 21-6331-9688

Yan Lan Lou merupakan restoran Cina Halal di Shanghai yang juga bisa menjadi pilihan para Muslim traveler. Di restoran ini disajikan hidangan klasik Xinjiang, sangat dekat dari Shanghai People's Square, yaitu salah satu kawasan wisata terbaik di kota. 

Di Yan Lan Lou pengunjung bisa menemukan semuanya mulai dari sate domba bakar sampai mie tarik-tangan Lanzhou juga Yogurt segar yang dihias dengan buah-buahan dan biji-bijian. Setelah kenyang, pengunjung bisa berjalan kaki ke Museum of Contemporary Art (MOCA),.

Tempat lain yang dekat dengan restoran ini adalah Shanghai Great World Entertainment Center, dan banyak museum lain untuk dijelajahi. Masjid Fuyou cukup dekat, jadi pengunjung bisa pergi ke Yan Lan Lou setelah sholat.

8. A Fun Ti Culture Restaurant

A Fun Ti Culture Restaurant

  • Alamat: No. 1099, East Tiyuhui Road
  • Jam buka: 7.00 - 23.00
  • Telp: +86 21 6555 9604

A Fun Ti Culture Restaurant memperlihatkan elemen budaya Xinjiang Uigur yang kuat. Restoran ini mempunyai jenis baru masakan Xinjiang dan beragam anggur lokal. Tidak hanya membuat sajian yang otentik, restoran ini juga menyajikan menu sangat baik untuk kesehatan. 

Tata letak restoran yang sederhana dan indah membuat orang rileks dan nyaman. Salah satu yang menarik dari restoran ini yaitu penampilan tarian dan musik tradisional Uyghur yang dimulai pada pukul 7 malam setiap malam.

Restoran ini mempunyai beragam hidangan. Semuanya enak dan memiliki harga yang wajar. Lingkungan restoran bersih dan elegan. Salah satu hidangan yang tidak boleh dilewatkan yaitu daging kambing panggang Xinjiang sepanjang 1 meter.

9. Restoran 1001 

Restoran 1001 

  • Alamat: Gedung 2 / F Oudeng, No. 10 Hengshan Lu, Dekat Jalan Wulumuqi Nan, Distrik Xuhui, Shanghai
  • Jam buka: 11.00-02.00
  • Telp: 021-64731178

Restaurant 1001 merupakan restoran mewah yang terletak di area paling bergengsi di kota Shanghai. Walaupun baru buka, "1001 Restaurant" terbukti menjadi salah satu restoran Muslim paling populer dan sangat dihormati di Shanghai. 

Restoran yang menjual menu makanan Timur Tengah ini menawarkan santapan berkualitas dan makanan superior dalam lingkungan yang menyenangkan dengan harga yang wajar. Di sini disajikan berbagai macam makanan pembuka yang lezat, hidangan panggang dan minuman untuk dinikmati.

10. Yu Ji Zhai

Yu Ji Zhai

  • Alamat: 403 Tong Tai Bei Lu, Baoshan, Shanghai, Cina
  • Telepon: +86 21 5617 8654

Restoran Cina Halal di Shanghai ini merupakan restoran tua yang menyajikan barbekyu daging sapi dan kambing serta hot pot halal. Harganya masuk akal dan porsinya memuaskan di antara restoran-restoran muslim di Shanghai ini karena itu restoran ini menjadi sangat populer.

Barbekyu kampingnya terkenal memiliki kulit yang renyah dan lembut sehingga pantas mendapatkan reputasinya. Sup kambingnya juga sangat enak. Restoran ini juga memiliki menu terong panggang dan jamur enoki panggang.

Restoran Cina Halal di Shanghai ini menyajikan beragam makanan tradisional Cina yang umumnya banyak menggunakan daging domba atau kambing, sapi dan ayam. Kebanyakan restoran tersebut menyajikan makanan khas suku-suku Muslim yang ada di Cina, seperti Hui dan Uyghur juga Timur Tengah.

Jika kebetulan berkunjung ke Shanghai, kamu tak perlu lagi bingung untuk mencari makanan halal karena tersedia banyak restoran halal di sana. Restoran ini selain menjajakan makanan halal juga menawarkan harga yang ramah di kantong. Itu kabar yang bagus, bukan?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram