10 Restoran Halal di Korea Selatan untuk Para Turis Muslim

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Desember 2020

Korea Selatan adalah salah satu negara yang menjadi buruan para turis, termasuk turis dari Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Muslim. Menyadari banyaknya turis-turis Muslim yang masuk ke negaranya, negara ini pun mulai menggalakkan wisata halal. Organisasi pariwisata Korea Selatan memiliki layanan informasi untuk para Muslim, salah satunya tentang restoran halal di Korea Selatan.

Kategori Restoran Halal di Korea

Kategori Restoran Halal di Korea

* sumber: lifeinkorea.ninankara.com

Organisasi Pariwisata Korea Selatan telah membuat kategori untuk restoran halal yang dibagi menjadi empat. Restoran yang masuk dalam kategori ini telah melewati persyaratan ketat. Kategori tersebut yaitu, Halal Certified, Self Certified, Muslim Friendly dan Pork Free.

Halal Certified berarti restoran itu sudah disertifikasi oleh Federasi Muslim Korea (KMF), yaitu lembaga sertifikasi halal terakreditasi di Korea. Self Certified artinya Restoran itu disertifikasi halal oleh pemiliknya yang adalah seorang Muslim. Semua makanan di sana halal.

Muslim Friendly artinya restoran tersebut menyajikan makanan halal tapi juga ada makanan tak halal dan menyajikan alkohol. Pork Free artinya restoran ini tidak menyajikan menu halal tetapi tidak menggunakan daging babi dan juga menyediakan alkohol.

Nama-Nama Restoran Halal di Korea Selatan

Untuk Muslim yang akan berlibur ke Korea Selatan, kamu bisa cek daftar restoran berikut ini. Selain itu, kamu juga bisa mengecek restoran halal di situs web https://hrwkorea.or.kr/. Simak nama-nama restoran halal di Korea yang bisa kamu coba berikut ini!

1. EID

EID

Berencana liburan ke kota Seoul? Jangan khawatir ada restoran halal di Korea  yang menyajikan makanan Korea yang halal. Nama restorannya adalah EID. Beragam makanan Korea halal yang disajikan di restoran yang terletak di Itaewon dekat dengan masjid Pusat Seoul Itaewon.

Restoran ini menyajikan banchan seperti umumnya restoran Korea yang rasanya lezat.  Di sini kamu bisa menyantap samgyetang, kimchi jjigae, jjim dak, dan bulgogi. Restoran ini statusnya Halal Certified alias bersertifikat halal yang diberikan oleh Federasi Muslim Korea.

  • Alamat: 67, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul
  • Jam Buka: Selasa - Minggu, 11.30 - 21.00. Tutup pada hari Senin
  • Telepon: + 82-2-70-8899-8210
  • Instagram: @eid.halal.korea

2. Murree Muslim Food

Murree Muslim Food

Murree adalah restoran yang lokasinya berada dekat dengan Masjid Pusat Seoul di Itaewon. Restoran ini nyaman dan populer untuk masakan yang beragam. Menyajikan hidangan India dan Korea yang eksotis, menu restoran ini sangat lezat dan pedas. Restoran ini statusnya Self Certified.

Kamu akan dimanjakan menu yang beragam dengan pilihan mulai dari Dakdoritang (sup ayam pedas Korea), Bulgogi (daging panggang) dan sampai Ayam Tandoori dan Biryani. Kimchi Bokkeumbap (nasi goreng Kimchi) dan Bulgogi mereka juga cukup enak.

  • Alamat: 140-7 Itaewon-Dong, Yongsan-gu, Seoul 140-858
  • Jam Buka: 11.00-22.00
  • Telepon: 02-3785-1436
  • Facebook: @Murreemuslimfood

3. Jipbap Kimseonsaeng

Jipbap Kimseonsaeng

Jipbap Kimseonsaeng merupakan restoran Hansik atau makanan korea yang telah resmi disertifikasi sebagai restoran halal premium oleh Korea Muslim Federation (KMF). Restoran ini menyajikan "hansik halal" dan "hidangan vegetarian" yang dibuat dengan bahan-bahan segar dari Korea.

Di restoran ini kamu bisa mencicipi Seafood Pajeon, Seafood Kimchi-jeon, Ma-yak kimbab dan Ggoma Kimbab. Oh iya pajeon itu adalah jenis jeon yang mungkin mirip bisa disebut sebagai pizza-nya Korea. Bahan dasarnya tepung terigu, tepung beras dan telur. Status restoran ini Halal Certified.

  • Alamat: 28, Noksapyeong-daero 46-gil, Yongsan-gu, Seoul
  • Jam Buka: 11.00 - 20.00 (hari Minggu tutup)
  • Telepon: 02-792-3731

4. Asian Family Restaurant Dongmoon (Pulau Nami)

Asian Family Restaurant Dongmoon (Pulau Nami)

Salah satu restoran halal di Korea Selatan terletak di Pulau Nami, pulau yang jadi lokasi syuting drama Winter Sonata, bernama Asian Family Restaurant Dongmoon. Restoran ini memiliki menu yang banyak yang menjual semua jenis hidangan Asia dari pho Vietnam sampai makanan Korea yang halal.

Restoran ini adalah tempat yang sempurna untuk beristirahat setelah seharian berjalan-jalan di sekitar Pulau Nami yang indah. Kamu bisa menikmati makanan Korea seperti bibimbap, jajangmyeon dan juga bulgogi. Ada tempat salatnya juga lho. Status restoran ini Halal Certified.

  • Alamat: 1, Namiseom-gil, Namsan-myeon, Chuncheon-si, Gangwon-do
  • Jam Buka: Senin - Kamis, 10.00 - 19.00, Jumat - Minggu dan hari libur, 10.00 - 20.30
  • Telepon: + 82-31-580-8099

5. Makan

Makan

Letaknya hanya terhalang beberapa pintu dari EID, Makan Restaurant adalah restoran halal di Korea lainnya yang bisa kamu kunjungi. Restoran yang terletak Itaewon ini menyajikan makanan Korea pilihan favorit seperti dakdoritang (ayam rebus pedas), bulgogi sapi,  dan mulnaengmyeon (mie dingin).

Masih banyak menu lainnya termasuk dosirak (kotak makan siang kemasan Korea) kalau ingin makanan yang bisa dibawa pulang. Restoran ini relatif baru yang dibuka pada tahun 2015. Makan Restaurant memiliki interior modern yang inovatif dan staf yang ramah. Status restoran ini Halal Certified.

  • Alamat: 52, Usadan-ro 10 gil, Yongsan-gu, Seoul
  • Jam buka: Rabu - Senin, 10.30 - 22.00, hari Selasa Tutup
  • Telepon: + 82-2-6012-2231

6. Bombay Grill

Bombay Grill

Di Bombay Gril merupakan restoran halal di Korea yang menyajikan makanan India. Staf restoran ini dapat berbicara dalam berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris bahasa Arab, Urdu dan Bahasa Malaysia. Restoran ini melayani porsi besar khusus untuk backpacker.

Disediakan juga air kemasan gratis untuk setiap tamu. Menu yang bisa kamu coba adalah Chicken Biryani, Barbekyu Campur (setengah) dan Sup. Status restoran ini Halal Certified.

  • Alamat: 11, Usadan-ro 10-gil, Yongsan-gu, Seoul
  • Jam Buka: 11.00 - 22.30
  • Telepon: 02-792-7155

7. HAJJ Korea Halal Food

HAJJ Korea Halal Food

Restoran sekaligus wisma kecil milik seorang Korea yang menjadi Muslim bernama Mariam. Letaknya di Itaewon, dekat dengan Masjid Pusat Seoul. Menu di restoran ini terdiri dari berbagai hidangan, mencakup masakan Korea dan Malaysia dan semuanya dengan harga terjangkau.

Dari menikmati Bindaetteok (pancake kacang hijau) dan gurita tumis juga memanjakan diri dengan Ayam Bakar klasik (ayam panggang) dan teh tarik yang merupakan makanan rumahan Malaysia. Status restoran ini adalah Self Certified.

  • Alamat: 39 Usadan-ro 10-gil, Hannam-dong, Yongsan-gu, Seoul
  • Jam Buka: setiap hari, 10.00 - 24.00.
  • Telepon: +82 2-749-5185
  • Instagram: @hajj_restaurant_guesthouse

8. Kampungku

Kampungku

Kampungku merupakan restoran milik Muslim Malaysia yang menyajikan masakan Malaysia dan Korea. Bermacam hidangan seperti ayam goreng ala Korea mereka yang menggiurkan. Restoran ini juga menjual makanan Malaysia seperti Nasi Lemak Ayam Goreng dan Nasi Putih dengan Ayam Percik.

Sebagai bonus tambahan, terdapat musala yang terletak di dalam restoran yang menjadikannya tempat yang tepat untuk melakukan salat setelah Anda selesai makan dan istirahat sejenak. Ruang salat dilengkapi dengan sajadah dan mukena. Status restoran ini Self Certified.

  • Alamat: 25 Toegye-ro 20-gil, Myeong-dong, Jung-gu, Seoul
  • Jam buka: 11.00 - 22.00
  • Telepon: +82 2-310-9249
  • Facebook: @kampungkumyeongdong
  • Instagram: @kampungkuseoul

9. Halal Guys

Halal Guys

Halal Guys adalah pelopor dalam industri makanan halal Amerika. Makanan halal Amerika memiliki ciri rasa yang tidak dapat ditiru oleh resep lain. Restoran ini memadukan cita rasa Timur Tengah dan Mediterania. Kamu bisa mencicipi Chicken Over Rice dan Beef Gyro Over Rice dengan saus putih.

Kamu akan tahu alasan mengapa penduduk New York dan turis harus mengantre berjam-jam untuk menyantap makanan ini. The New York Post menyebut Halal Guys, "makanan kaki lima paling terkenal di New York." Status restoran ini Self Certified.

  • Alamat: Cabang Itaewon, Alamat: 187, Itaewon-ro, Yongsan-gu, Seoul
  • Jam Buka: 11: 00 - 22.00, Minggu - Kamis, 11:00 - 04:00, Jumat - Sabtu
  • Telepon: +82 2-794-8308
  • Situs web: thehalalguys.com

10. Manis Kitchen

Manis Kitchen

Kalau kamu mencari camilan yang harganya terjangkau saat jalan-jalan di Korea, kunjungi Manis Kitchen yang terletak di luar Masjid Pusat Seoul. Harus diakui di Korea sulit untuk menemukan jajanan kaki lima yang populer yang ramah Muslim seperti tteokbokki, odeng (kue ikan Korea) atau kimbap.

Nah, sekarang kamu tak perlu khawatir lagi karena semuanya tersedia di Manis Kitchen yang dimiliki oleh seorang mualaf Korea yang bernama Safiya Kang. Kamu bisa mencicipi tteokbokki pedas yang dilapisi dengan saus manis dan pedas atau nasi goreng kimchi. Status kios makanan ini Self Certified.

  • Alamat: 36 Usadan-ro 10-gil, Itaewon 1 (il) -dong, Yongsan-gu, Seoul
  • Jam buka: 11.00 - 20.00
  • Telepon: +82 2-6407-5454

Sekarang kamu yang Muslim tak perlu ragu lagi ketika akan menyantap makanan di Korea. Saat jalan-jalan ke negeri ginseng, kamu bisa menyantap makanan Korea atau yang lainnya di restoran halal di Korea yang ada di daftar ini. Untuk tahu lebih banyak lagi, kamu bisa mengunjungi situs web yang sudah disebutkan di atas. Selamat makan!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram