8 Restoran Khas Sumatera di Jakarta untuk Buka Bersama

Ditulis oleh Dhini Oktavianti - Diperbaharui 15 April 2021

Makanan berat untuk buka puasa, enaknya apa ya? Kalau kamu mencari makanan khas Indonesia, coba deh melaju ke restoran khas Sumatera. Bagi kamu yang berasal dari daratan Sumatra tentu akan merasa rindu dengan rasa otentik kampung halaman. Rasanya ingin mengobati rindu lidah.

Bila kamu ingin mencoba rasa baru, memang menu khas Sumatera tak akan mengecewakan. Tak perlu jauh sampai pergi ke Pulau Sumatera, apalagi saat bulan puasa ini. Cukup datangi restoran khas Sumatera di Jakarta untuk buka puasa bersama orang tersayang.

1. Restoran Padang Pagi Sore

Restoran Padang Pagi Sore
  • Alamat: Jalan Benda Bawah Nomor 75, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB
  • Telepon: 021-22785555
  • Harga: mulai dari Rp8.000

Membicarakan masakan khas Sumatera, belum afdhol bila tak memasukan Restoran Padang. Restoran Padang memang banyak tapi yang jagonya rendang, bisa ke Restoran Padang Pagi Sore.

Sudah ada sejak 1973, otentik rasa makanan khas Sumatera Barat ini memang tak bisa dilewatkan begitu saja. Apalagi cabangnya sudah cukup banyak, tersebar di beberapa kota. Kamu pun tak perlu ribet mencari jauh-jauh. Datangi saja cabang terdekat dari lokasimu untuk berbuka puasa bersama di Pagi Sore.

Menu wajib saat berada di Restoran Padang Pagi Sore adalah rendang, baik rendang sapi atau rendang ayam. Selain itu, bisa mencoba Ayam Pop, Gulai Cumi, Ayam Bakar Padang, dan banyak lagi. Psst, sambal ijonya ada terinya, lho. Rasanya nendang banget!

Untuk minumannya, bisa mencoba jus segar khas Pagi Sore seperti Royal Bery, Kiwi Fantasy, Grape Kiss, ataupun Banana Berry. Membayangkannya saja untuk buka nanti, lidah sudah menari.

Restoran Padang Pagi Sore ini memiliki area mushola lengkap dengan alat sholat. Jadi, tak ada alasan melewatkan waktu sholat walaupun berbuka di luar rumah, ya.

2. Jambo Kupi

Jambo Kupi
  • Alamat: Jalan Kemang Raya, Nomor 130, Bangka, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 07.00-23.59 WIB
  • Telepon: 021-2271882
  • Harga: mulai dari Rp6.000

Melaju ke provinsi paling barat Indonesia, Nangroe Aceh Darussalam, menu yang disajikan pun tak kalah menggoyang lidah. Salah satunya restoran khas Sumatra di Jakarta yang menyajikan masakan khas Aceh adalah Jambo Kupi. Jambo Kupi tak hanya menyajikan mie aceh sebagai andalannya.

Dengan mendatangi Jambo Kupi, kamu bisa melihat bahwa masakan khas Aceh cukup beragam. Salah satu menu andalan Jambo Kupi yang patut dicoba adalah Nasi Guri Spesial. Nasi Guri Spesial ini merupakan nasi paket yang terdiri dari nasi, telor balado, dendeng aceh, kerupuk, dan banyak lagi.

Berbuka puasa dengan menu ini sempurna untuk mengisi perut yang sudah berpuasa seharian penuh. Tak hanya itu, kamu juga bisa memilih lontong sayur khas aceh, sayur pliek u, ikan kayu, telur ikan tumis, kepala bandeng asam keung, sayur dalica, pajri nanas, kari bebek bireuen, mie aceh, dan banyak lagi.

Untuk cemilan berbuka bisa thimpan srikaya, rujak aceh, pulut panggang, buah segar garuda, atau ketan kuning. Minumannya tentu saja timun serut khas Aceh yang segar. Kalau ingin yang lain, ada juga kupi tarek, sanger, atau kupi telur.

Walau tak sabar untuk menyantap masakan khas Aceh di Jambo Kupi, jangan lupa untuk sholat maghrib. Nah, Jambo Kupi menyediakan area mushola lengkap dengan alat sholat yang bisa dipakai. Walau tak besar, tapi cukup untuk menampung beberapa orang di dalamnya. Tempat makannya pun ada area outdoor dan indoor yang bebas kamu pilih.

3. Ayam Tangkap AR

Ayam Tangkap AR
  • Alamat: Jalan Ciranjang Nomor 36, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Jam Operasional: Senin-Kamis pukul 11.00-21.00 WIB, Jumat-Sabtu pukul 12.00-22.00 WIB
  • Telepon: 08567700892
  • Harga: mulai dari Rp8.000

Kuliner Aceh tak hanya sekedar mie aceh. Ada menu lain lagi khas Aceh yang patut dicoba untuk buka puasa, salah satunya adalah ayam tangkap. Ayam tangkap adalah masakan khas Aceh dengan menu ayam digoreng dengan bumbu dan rempah khas.

Tentu saja, kamu ingin menikmati kuliner yang langsung terjamin kelezatannya. Untuk itu, wajib datangi Ayam Tangkap Atjeh Rayeuk atau Ayam Tangkap AR.

Kamu wajib membeli Nasi Ayam Tangkap untuk berbuka puasa di Ayam Tangkap AR. Tak hanya nasi putih dan ayam tangkap, menu ini dilengkapi dengan sayur ubi tumbuk, dan sambal khas AR.

Ingin tambah menu lain? Bisa memilih Gorengan Platter atau tambah sambal khas Aceh lain. Minuman sejuk untuk berbuka yang tepat saat berkunjung ke sini adalah es timun serut, es sirup cincau atau es laksamana mengamuk.

Bila memutuskan untuk berbuka di sini, jangan khawatir karena disediakan area sholat di sebelah gerai Ayam Tangkap AR untuk mengakomodasi kamu sholat saat maghrib atau isya tiba. Alat sholat disediakan tapi ada baiknya membawa alat sholat sendiri agar lebih nyaman beribadah.

4. Mie Aceh Seulawah

Mie Aceh Seulawah
  • Alamat: Jalan Bendungan Hilir Nomor 8, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 10.00-22.00 WIB
  • Telepon: 021-5708660
  • Harga: mulai Rp16.000

Masih dari Tanah Rencong, restoran khas Sumatra yang cukup banyak penggemarnya. Kamu mungkin sudah sering mendengar mie aceh sebagai makanan khas Nangroe Aceh Darussalam. Tapi kalau kamu ingin mie aceh yang terjamin sedapnya untuk buka puasa adalah Mie Aceh Seulawah.

Tentu saja menu andalannya adalah mie aceh dengan berbagai toping, mulai dari mie aceh udang, mie aceh spesial, sampai mie aceh kepiting. Jangan lupa menyantap buka puasa mie aceh dibarengi dengan minuman pelepas dahaga seperti es timun serut atau teh tarik kayu manis.

Mau yang lebih “ringan”, bisa lho memilih roti cane kari kambing untuk awal berbuka puasa kamu di Mie Aceh Seulawah. Puas menikmati mie aceh buatan restoran satu ini, jangan lupa untuk beribadah. Mie Aceh Seulawah menyediakan tempat sholat beserta alat sholat. Walau kecil tapi bisa mengakomodasi kamu beribadah.

5. Pempek Megaria

Pempek Megaria
  • Alamat: Metropole 21, Jalan Pegangsaan Timur Nomor 21, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 11.00-19.00 WIB
  • Telepon: 021-3910921
  • Harga: mulai dari Rp6.000

Bergeser ke provinsi selanjutnya di Sumatera, ada Sumatera Selatan. Kalau membicarakan masakan khas Sumatera Selatan, langsung teringat pempek. Membayangkan rasa ikan pempek dengan cuko yang pedas, manis, dan asam sanggup membuat melek saat berbuka puasa.

Mencari pempek enak untuk berbuka puasa bersama orang tersayang bisa mengunjungi Pempek Megaria. Kamu bisa memesan berbagai jenis pempek yang kamu sukai di sini. Bahkan ada paket pempek yang bisa kamu coba semuanya.

Ingin menu khas Palembang lain juga disediakan oleh Pempek Megaria. Sebut saja laksan, model, mie celor, pindang patin, sampai godo-godo. Godo-godo bisa kamu pilih sebagai makanan pembuka untuk membatalkan puasa disandingkan dengan es kacang merah. Segar!

Jangan khawatir bila kamu memutuskan berbuka di sini. Lokasi Pempek Megaria yang berada di Metropole 21 diberi kemudahan dengan mendapatkan akses ke mushola di gedung ini. Musholanya cukup menampung sekitar 20 orang untuk beribadah. Tak hanya itu, alat sholat pun lengkap disediakan begitu pula area wudhu.

6. Mie Celor Palembang Haji Abdoel Razak

Mie Celor Palembang Haji Abdoel Razak
  • Alamat: Jalan Biak Nomor 29C, Tomang, Grogol Petamburan, Gambir, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari pukul 10.00-24.00 WIB
  • Telepon: 0818801330
  • Harga: mulai dari Rp20.000

Salah satu restoran khas Sumatera yang wajib kamu datangi untuk buka puasa adalah Mie Celor Palembang Haji Abdoel Razak. Tempat ini musti kamu datangi apalagi bila kamu rindu makanan khas Palembang atau ingin mencicipi makanan Bumi Sriwijjaya di Jakarta.

Menikmati menu khas Palembang di sini saat berbuka makin mantap rasanya. Tentu saja, kamu perlu mencoba Mie Celor dan Martabak Kari Palembang. Duet maut kedua makanan tersebut sanggup membuat lidahmu bergoyang nikmat.

Hanya itu saja? Tentu menu yang disediakan cukup banyak untuk menu Palembang, misalnya saja burgo, laksan, nasi kebuli kari ayam, dan banyak lagi.

Jangan lupa ditemani dengan es kacang merah yang manisnya pas, segarnya maksimal. Di sini menyediakan area sholat lengkap dengan alat sholat. Walau kecil dan perlu bergantian tetapi cukup mengakomodasi kamu untuk beribadah tepat waktu.

7. Soto Padang H. St. Mangkuto

Soto Padang H. St. Mangkuto
  • Alamat: Jalan Pintu Air Raya Nomor 26, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Setiap hari, pukul 09.00-21.00 WIB
  • Telepon: 021-3857357
  • Harga: mulai dari Rp20.000

Mau menikmati menu kuah untuk buka puasa nanti? Soto Padang bisa dipilih untuk berbuka puasa. Namun, mencari soto padang yang lamak bana, Soto Padang H. St Mangkuto jawabannya. Rasanya yang otentik tak akan mengecewakan lidah kamu untuk buka puasa. Apalagi tempatnya juga nyaman untuk makan di tempat.

Tak hanya soto padang yang bisa kamu nikmati di Soto Padang H. St. Mangkuto tetapi juga sate padang, nasi goreng lado ijau, nasi goreng rendang daging, serta gado-gado Padang. Bahkan ada menu baru lho bernama mie goreng bumbu Padang. Membayangkannya saja air liur siap menetes.

Jangan lupa untuk memesan minuman yang segar seperti jus terong belanda, sari kelapa, atau jus belimbing. Namun kalau ingin yang hangat, coba teh telor yang baik untuk kesehatan. Coba es tebak dengan lapek bugis pun tak ada salahnya lho untuk membatalkan puasa sebelum menyantap soto padang.

Soto Padang H. St. Mangkuto menyediakan area sholat yang cukup luas berkapasitas sekitar 20 orang. Alat sholat pun disediakan untuk memudahkanmu beribadah tanpa meninggalkan makanan yang tersisa.

8. Bopet Mini

Bopet Mini
  • Alamat: Jalan Bendungan Hilir Kav 1A, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat
  • Jam Operasional: Minggu-Jumat pukul 07.00-21.30 WIB, Sabtu pukul 07.00-19.00 WIB
  • Telepon: 021-5713505
  • Harga: mulai dari Rp10.000

Makanan Padang memang tak ada matinya. Bisa dibilang makanan yang hampir semua orang menyukainya. Nah, kalau kamu ingin menikmati menu Padang selain menu nasinya, bisa datang ke Bopet Mini.

Selain menikmati makanan berat seperti nasi rendang, nasi ayam pop, ada juga soto padang, sate padang, sampai pical. Yang membedakan Bopet Mini dengan restoran Padang lainnya adalah ada menu manis khas Padang yang disediakan bernama bubur kampiun.

Tak hanya itu, kue khas Padang lain juga tersedia seperti bubur sumsum, ketan srikaya, lamang tapai, ketan pisang goreng, srikaya, dan kue khas Padang lainnya. Cocok sekali sebagai panganan membatalkan puasa, bukan?

Bopet Mini memiliki tempat sholat di dalamnya lengkap dengan alat sholat. Dengan ukuran sekitar 3x3 meter, area sholat bisa dipakai bergantian dengan pria atau wanita.

Tak sabar ya menikmati makanan-makanan khas Sumatera di restorannya untuk berbuka. Berbuka di restoran khas dengan rasa yang tak perlu diragukan lagi bersama orang tersayang pun menjadi lebih maksimal. Kamu sendiri akan mengunjungi restoran khas Sumatera mana untuk berbuka?

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram