10 Restoran Terkenal di New York, yang Mahal Hingga Ikonik

Salah satu kota tertua di Amerika Serikat untuk urusan makan adalah New York. Tak mengherankan jika kota ini menawarkan beberapa tempat makan terbaik di dunia. Di New York terdapat sekitar 68 restoran menurut buku Michelin Guide terbaru.

Lima dari jumlah tersebut memiliki maksimal tiga bintang Michelin yang tentunya sangat didambakan semua restoran. Untuk bintang dua ada 14 restoran dan bintang satu ada 49 restoran. Hanya Paris, Kyoto, Osaka, dan Tokyo yang bisa menandingi kota ini. Selain restoran berbintang, New York juga memiliki restoran klasik tertua.

Semua restoran terkenal di New York tersebut berusia antara puluhan tahun hingga satu abad. Berikut ini adalah restoran-restoran yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke New York.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di New York yang Sangat Populer

1. Eleven Madison Park

Eleven Madison Park
  • Alamat: 11 Madison Ave, New York, NY 10010, Amerika Serikat
  • Jam buka: 17.30-22.00
  • Telepon: +1 212-889-0905

Eleven Madison Park menghidangkan masakan Prancis modern. Hidangan ini terlahir dari obsesi koki Daniel Humm yang berasal dari Swiss.

Cita rasa serta kesederhanaan dari hidangannya telah membawa restoran ini ke puncak. Restoran yang dianugerahi bintang tiga Michelin ini selalu muncul dalam daftar 100 Restoran Terbaik di Dunia di laman situs Elite Traveler.

Restoran terkenal di New York ini juga dinobatkan sebagai restoran nomor satu di 50 restoran terbaik di dunia. Langit-langit restoran ini tinggi sekali dan ruang makannya bergaya Art Deco yang megah.

Tamu yang datang juga bisa melihat pemandangan Taman Madison Square yang bersejarah. Selain bersantap di ruang makan utama, para tamu juga bisa menikmati minuman di area bar restoran.

2. ABC Kitchen

ABC Kitchen
  • Alamat: 35 E 18th St, New York, NY 10003, Amerika Serikat
  • Jam buka: 17.00-22.00
  • Telepon: +1 212-475-5829

Jean-Georges Vongerichten yang dikenal sebagai koki selebriti ternama dengan kerajaan restorannya di seluruh dunia adalah salah satu penguasa yang berpengaruh dalam hal restoran fine-dining di New York. Di antara 13 restoran miliknya yang berada di Manhattan, ABC Kitchen menjadi pusat kuliner di pusat Kota New York semenjak pembukaannya pada tahun 2010.

Menu di restorannya adalah menu organik, lokal dan mengikuti prinsip sustainability alias berkelanjutan. Restoran terkenal di New York ini juga merupakan tempat yang sering didatangi selebriti Hollywood, seperti Martha Stewart sampai Kanye West. Tiap minggunya selalu ada selebriti yang bersantap di sini.

Berlokasi di ABC Carpet & Home, mungkin restoran ini juga satu-satunya restoran yang terletak di kota yang memungkinkan tamunya untuk berbelanja furnitur sambil menunggu mendapatkan meja.

3. Katz’s Delicatessen

Katz’s Delicatessen
  • Alamat: 205 E Houston St, New York, 10002
  • Jam buka: 08.00-14.45 dan Sabtu 24 jam
  • Telepon: 212-254-2246

Katz’s Delicatessen yang luas ini merupakan gudangnya sejarah Kota New York. Pada dinding ruangannya banyak terpampang selebritis dari abad yang lalu. Hidangan Yahudi klasik yang dihidangkan di sini tidak ada duanya. Hidangannya mulai dari hot dog daging sapi yang berkulit renyah dengan harga yang kurang dari lima dolar.

Selain itu ada juga sandwich legendaris yang berisi brisket atau daging sandung lamur dengan lobak, dan irisan pastrami tebal yang ditumpuk di antara irisan roti gandum hitam.

Hidangan ini biasanya dilengkapi dengan segelas bir hoppy house. Namun untuk yang tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, mereka bisa memesan Dr. Brown's, minuman bersoda dari Katz’s.

4. Wo Hop

  • Alamat: 17 Mott St, New York, NY 10013
  • Jam buka: 10.30–21.00
  • Telepon: (212) 962-8617

Didirikan pada tahun 1938, Wo Hop merupakan restoran Cina tertua kedua di Kota New York setelah Nom Wah Tea Parlor yang berdiri tahun 1920. Restoran terkenal di New York ini memiliki umur yang panjang karena keandalan makanan Cina-Amerikanya dan letaknya yang berada di basement.

Namun jangan tanya pelanggannya. Banyak orang mengantri di depan pintu masuknya. Menu yang terkenal di sini adalah sepiring besar chicken chow mein, telur subgum foo young, babi asam manis, dan beef chow fun.

Kalau tidak melihat menu kesukaan di menu, pengunjung cukup telepon dan tanyakan tentang menu itu. Oh iya, jangan tertukar dengan Wo Hop Next Door yang berada di atas, di bagian jalan. Itu adalah restoran saingannya.

5. Le Bernardin

  • Alamat: 155 W 51st St, New York, NY 10019, Amerika Serikat
  • Jam buka: 17.00 – 23.00
  • Telepon: +1 212-554-1515

Setelah sempat tutup di bulan Maret 2020, restoran terkenal di New York ini akhirnya buka kembali tapi hanya untuk makan malam. Restoran ini adalah restoran Michelin bintang tiga. Chef Eric Ripert merupakan ahli masakan seafood yang inovatif. Dia menciptakan hidangan segar yang lembut dengan cita rasa Eropa dan Asia Timur.

Menu makanan dihidangkan dengan rapi dan rasa hidangannya luar biasa. Aldo Sohm, Kepala sommelier, yang dinobatkan empat kali sebagai Sommelier Terbaik di Austria sejak 2002 dan Sommelier Terbaik di Dunia pada 2008, adalah pasangan ahli untuk Chef Eric dalam urusan wine di Le Bernardin.

Untuk pecinta seni, mereka akan menyukai dekorasi ruangannya karena kualitas karya seni yang menghiasi dinding membuat pengunjung seperti bersantap di galeri seni dibandingkan di restoran.

6. La Grenouille

 La Grenouille
  • Alamat: 3 E 52nd St, New York, NY 10022
  • Jam buka: Rabu-Sabtu, 15.15-09.45
  • Telepon: (212) 752-1495

Tahun 1960an “haute French cuisine” (hidangan Prancis dengan standar tinggi) menjadi raja di Amerika Serikat. Salah satu restoran dari era itu yang masih bertahan adalah La Grenouille.

Dibuka pada tahun 1962, La Grenouille sudah lama bertahan lebih lama dibandingkan restoran terkenal lainnya, seperti Lutece. Hingga sekarang menu makanan di restoran terkenal di New York tersebut sebagian besar tidak berubah dan tetap luar biasa.

Di antara menunya yang terkenal adalah signature dish-nya kaki katak, sol Dover klasik, atau pike quenelles yang di atasnya diberi kaviar dan saus krim sampanye.

7. Gramercy Travern

Gramercy TravernSumber: nytimes.com
  • Alamat: 42 E 20th St, New York, NY 10003, Amerika Serikat
  • Jam buka: 17.00-21.30
  • Telepon: +1 212-477-0777

Boleh dibilang Danny Meyer merupakan pemilik restoran paling sukses dan berpengaruh di Kota New York. Dia memiliki banyak restoran papan atas. Belum lagi Shake Shack yang didirikan tahun 2010.

Di sana dia juga menjabat sebagai Ketua Dewan Direksinya. Namun Gramercy Tavern merupakan aset yang paling berharga dari kerajaan restorannya. Pengunjung bisa memilih untuk bersantap ala carte di ruang kedai depan atau mencicipi menu di ruang makan.

Dimanapun pengunjung makan, makanan yang diolah bersumber dari pertanian terbaik dan dijamin akan membuat makanannya jadi terasa lebih khusus. Meyer terkenal dengan keramahannya, maka pastinya tamu akan diperlakukan layaknya bangsawan.

8. Masa

Masa
  • Alamat: 10 Columbus Cir, New York, NY 10019, Amerika Serikat
  • Jam buka: 12.00-14.00, 17.00-22.00
  • Telepon: +1 212-823-9800

Kalau menjadi tamu di Restoran terkenal di New York ini, jangan berharap untuk memesan makanan dari menu restorannya. Hal itu karena semua hidangan dibuat langsung oleh Chef Masa Takayama.

Jadi menunya sesuka dia. Dia yang menciptakan hidangan dan melayani tamu sesukanya. Bahan makanannya indah dan eksotis, yang sering didatangkan dari Jepang.

Chef bintang tiga Michelin ini memang mempertimbangkan selera pribadi tamunya. Namun dia akan menunggu pertama-tama dia akan menunggu tanggapan tamunya terhadap rasa pertama sushi buatannya sebelum akhirnya membuat makanan lainnya yang disesuaikan dengan selera tamu.

Untuk makan di Masa hanya ada satu tempat yang terdiri dari 26 tempat duduk dan bersantap di sini bisa bertahan hingga tiga jam.

9. Bamonte’s

Bamonte’s
  • Alamat: 32 Layu St, Brooklyn, 11211
  • Jam buka: Tengah hari-23.00
  • Telepon: 718-384-8831

Dibuka pada tahun 1900, Bamonte's adalah peninggalan era lain ketika kota Williamsburg di daerah Brooklyn dikenal sebagai komunitas Italianya, bukan para hipsternya.

Bagian dalamnya terlihat redup dengan tirai beludru sementara para pelayannya berpakaian tuksedo, Bamonte's merupakan salah satu contoh terbaik dari restoran “Red Sauce” (restoran bergaya Italia-Amerika) old-school yang semakin berkurang di New York.

Hidangan pembuka di sini ada oreganata kerang. Untuk menu utamanya sepiring pasta dan ditemani dengan sebotol anggur merah.

10. Kiki’s

Kiki’s
  • Alamat: 130 Division St, New York, NY 10002, Amerika Serikat
  • Jam buka: 12.00 -24.00
  • Telepon: +1 646-882-7052

Untuk mereka yang baru pertama kali berkunjung ke Kiki's, mungkin mereka akan sedikit bingung saat menyusuri Division Street di Lower East Side. Papan nama di luar ditulis dalam bahasa Cina tapi menu restorannya semuanya Yunani.

Menu restoran terkenal di New York ini menghidangkan makanan klasik Yunani yang sudah dikenal contohnya gurita panggang yang kaya rasa. Ada juga feta asin dan zaitun kalamata, horiatiki yang renyah, tzatziki yang dingin dan beragam pilihan ikan yang langsung dari panggangan.

Kota New York tidak akan kekurangan restoran yang berusaha untuk memuaskan tamunya. Salah satunya adalah Kiki’s. Hidangan sederhana, harga terjangkau, dan lingkungan yang santai merupakan apa yang bisa didapatkan para tamu saat makan malam di sini.

Deretan 10 restoran terkenal di New York tadi menyiratkan bahwa kota ini memang layak menyandang gelar sebagai salah satu kota tertua untuk urusan makanan. Beragam jenis restoran ada di sini, dari restoran Jepang yang mahal sekali seperti Masa atau restoran yang terjangkau seperti Kiki’s.

Ada juga restoran ikonik seperti Katz’s Delicatessen atau Bamonte’s. Nah, kalau kamu jalan-jalan ke sana, jangan lupa mampir ke salah satu restoran terkenal di New York tersebut.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram