10 Restoran Unik di Jakarta yang Anti Mainstream

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Restoran merupakan salah satu tempat yang cocok untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Kehangatan bersama keluarga akan sangat terasa sambil bercengkrama dan menikmati berbagai hidangan menarik di restoran.

Dewasa ini, banyak restoran yang tidak hanya menjual citarasa hidangannya, tetapi juga interior dan atmosfernya. Seperti beberapa restoran unik di Jakarta berikut ini. Di restoran-restoran ini, Anda tak hanya disuguhkan hidangan yang lezat, tapi Anda pun bisa merasakan keunikan dari interior restoran ini. Apa sajakah itu?

1. Hospitalis Restaurant & Bar

restoran unik di jakarta Hospitalis Restaurant & Bar

Hmm.. Tunggu deh, benarkah ini restoran? Kok nampak seperti rumah sakit? Sekilas eksterior dan interior restoran ini memang nampak seperti bangunan klinik atau rumah sakit. Bahkan, petugas valet di depan restoran pun mengenakan pakaian operasi. Lampu-lampu yang menghiasi teras restoran juga serupa dengan lampu operasi.

Akan tetapi, Hospitalis ini memang 100% restoran. Hanya saja restoran ini memang sengaja didesain menyerupai rumah sakit. Anda juga akan disambut dengan pelayan yang berpakaian ala perawat. Uniknya lagi, menu makanan di sini disajikan dengan alat-alat rumah sakit, lho.

Meskipun restoran ini mengusung desain layaknya rumah sakit, Hospitalis juga menawarkan minuman beralkohol, seperti cocktails dan wine. Siap mencoba sensasi makan di tempat yang menyerupai rumah sakit? Yuk, datang ke Hospitalis Restaurant & Bar di Jalan Ahmad Dahlan No. 31, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

2. Namaaz Dining

Namaaz Dining

Tak ada yang unik dari suasana dan dekorasi dari restoran yang satu ini. Akan tetapi, keunikan terletak pada makanan yang disajikan. Ya, Namaaz Dining diklaim sebagai salah satu restoran unik di Jakarta karena menyajikan menu fine dining yang sangat unik.

Bayangkan saja, Anda akan disuguhkan dengan gulai ayam yang dikemas alam bentuk pensil kayu dan kertas note yang tampak usang. Selain itu, ada pula dodol yang dikemas dalam bungkus pasta gigi buatan. Semua yang disajikan di sini sangat unik dan istimewa! Penasaran bagaimana uniknya Namaaz Dining? Kunjungi restoran ini di Jalan Gunawarman No. 42, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

3. Bong Kopitown

Bong Kopitown

Ada restoran yang menyerupai rumah sakit, ada pula restoran yang nampak seperti penjara. Bong Kopitown membuat Anda merasa seperti seorang “narapidana”. Akan tetapi, menjadi “narapidana” di Bong Kopitown ternyata menyenangkan, lho.

Anda bisa memesan menu makanan lezat dan nikmat yang kontras dengan makanan yang ada di penjara sebenarnya. Asyiknya lagi, Anda juga akan dilayani oleh pelayan yang berbaju polisi atau narapidana. Restoran yang dibangun oleh pebisnis muda, Bong Chandra, ini memang sangat unik.

Meskipun banyak jeruji besi di dalamnya, Bong Kopitown tetap asyik untuk dijadikan tempat nongkrong bersama teman-teman. Restoran unik ini terletak di Citywalk Sudirman. Bong Kopitown juga membuka cabang di Supermal Karawaci Tangerang, Sumarecon Bekasi, dan Jogjakarta.

4. Gastromaquia

Gastromaquia

Restoran unik berikutnya berada di kawasan Senopati. Suasana unik akan terasa ketika Anda masuk ke dalam Gastromaquia ini. Di salah satu sisi dinding yang ada di restoran ini terdapat aneka kaca dengan bingkai klasik yang nampak berbeda-beda. Sementara itu, di sisi lain dinding Gastromaquia terdapat poci, cangkir, dan mug dalam berbagai bentuk melekat sebagai pajangan dinding.

Nah, satu lagi yang unik dari Gastromaquia ini adalah beberapa set cangkir yang tergantung terbalik dan dijadikan sebagai kap lampu. Tak hanya itu saja, restoran yang banyak mengusung makanan khas Spanyol ini juga memiliki lampu kristal yang terbuat dari sendok dan garpu stainless steel. Gastromaquia berada di Jalan Ciniru I No. 1, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

5. Warunk Upnormal

Warunk Upnormal

Yang membuat restoran satu ini terkesan unik adalah menu makanannya. Bagaimana tidak, di sini mi instant disulap menjadi makanan yang mewah dan beraneka rasa. Indomie di sini dapat diolah dengan telur asin dan daging rendang. Bahkan, mi instant tersebut bisa dibuat menjadi pizza.

Selain mie, Anda pun bisa memesan menu nasi atau dessert di Warunk Upnormal ini. Sesuai dengan namanya, tempat makan yang satu ini benar-benar luar biasa dan spesial. Kunjungi Warunk Upnormal di Jalan Cempaka Putih Raya No. 102, Jakarta.

6. The Playground

The Playground

Berada di The Playground Anda akan merasa seperti berada di taman bermain anak-anak. Kursi dan meja restoran ini didesain serupa dengan ayunan atau mainan lain yang biasa ada di taman bermain. Menyantap makan siang atau malam di sini akan membuat Anda merasa seperti kembali ke masa kanak-kanak yang menyenangkan.

Menu andalan dari The Playground ini antara lain adalah Wine and Honey Grilled Salmon, Epic Roasted Chicken, Truffle Mac and Cheese, Martabak Marshmallow, dan masih banyak lagi. The Playground bisa dikunjungi di Street Gallery Pondok Indah, GF Unit G11-12, Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta.

7. Dia Lo Gue

Dia Lo Gue

Sophisticate! Adalah satu kata yang tepat untuk menggambarkan restoran yang ada di bilangan Kemang ini. Begitu memasuki restoran ini, Anda akan merasa seperti berada di galeri seni yang minimalis, keren, dan cozy.

Kursi dan meja kayu banyak tersebar di beberapa sudut ruangan. Tempatnya tenang dan benar-benar nyaman. Lampu-lampu yang temaram membuat suasana di dalam Dia Lo Gue ini terasa hangat dan menenangkan.

Sembari menunggu makanan yang dipesan, Anda bisa berjalan-jalan di dalam restoran sembari melihat-lihat lukisan dan karya seni lainnya yang sengaja dipamerkan. Semua karya seni di Dia Lo Gue ini dijual. Jadi, jika tertarik Anda bisa langsung membelinya. Dia Lo Gue Artspace berada di Jalan Kemang Selatan 99A, Jakarta.

8. Tugu Kunstkring Paleis

Tugu Kunstkring Paleis

Sama dengan Dia Lo Gue, salah satu restoran unik di Jakarta ini memiliki konsep dining yang dipadukan dengan galeri seni. Bangunannya sendiri banyak masih seperti bangunan kolonial jaman Belanda. Bangunan vintage ala kolonial dipadukan dengan berbagai interior khas Jawa. Jadi, Anda akan merasa menjadi seperti kaum “ningrat” ketika berada di dalamnya.

Sebagian besar menu di sini didominasi oleh hidangan khas Jawa. Tak hanya untuk dining bersama keluarga dan teman, Tugu Kunstkring Paleis ini juga bisa digunakan untuk meeting bersama kolega atau resepsi pernikahan dalam jumlah yang besar.

Penasaran bagaimana serunya makan malam di bangunan megah khas kolonial tetapi interiornya didominasi dengan budaya Jawa? Datang saja ke Tugu Kunstkring Paleis di Jalan Teuku Umar 1, Menteng, Jakarta Pusat.

9. Bibliotheque Bar & Restaurant

Bibliotheque Bar & Restaurant

Selanjutnya ada Bibliotheque, tempat di mana Anda merasa seperti berada di perpustakaan ala luar negeri yang sangat megah. Rak-rak buku dari kayu yang menjulang tinggi ke langit-langit dapat terlihat dengan jelas ketika Anda memasuki restoran ini.

Makanan di Bibliotheque juga sangat lezat walaupun sedikit pricey. Kami merekomendasikan Anda untuk memesan menu Chicken Barberque dan Mille Feuille saat berada di Bibliotheque. Tempat ini juga cukup romantis jika Anda ingin dinner berdua bersama pasangan.

Di beberapa hari tertentu, restoran dan bar ini juga menampilkan live music untuk menemani saat santai Anda. Bibliotheque Bar & Restaurant bisa dikunjungi di Sampoerna Strategic Square, South Tower, LG 30, Jalan Jenderal Sudirman Kav 45-46, Jakarta.

10. SLAM (Sky Lounge At Mercure)

Sky Lounge At Mercure

Terakhir, kita menjumpai SLAM yang merupakan singkatan dari Sky Lounge At Mercure. Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah sebuah restoran unik yang berada di lantai 19 Hotel Mercure. Keunikan sudah bisa Anda rasakan ketika Anda menapakkan kaki keluar dari lift.

Di depan lift, Anda bisa melihat sebuah kolam jacuzzi yang cukup besar. Tempatnya tidak terlalu besar, tetapi cukup nyaman. Dari jendela restoran ini, Anda bisa memandang kemegahan kota Jakarta yang selalu padat.

Menu makanan di SLAM didominasi dengan Western dan Italian food. Selain itu, Anda juga bisa bersantai sembari ditemani oleh martini atau cocktails nikmat yang disajikan oleh bartender profesional di restoran ini. SLAM berada di Hotel Mercure Jakarta Simatupang Lt. 19, Jalan R.A. Kartini No. 18, Lebak Bulus, Jakarta.

Enam restoran unik di Jakarta ini bisa Anda jadikan destinasi tempat makan selanjutnya bersama keluarga atau teman-teman. Berbagai restoran tersebut tidak kalah uniknya dengan berbagai café unik di Jakarta yang kami ulas sebelumnya.

Nah, apakah Anda memiliki rekomendasi tempat makan unik lainnya yang ada di Jakarta? Yuk, bagikan kepada kami dan pembaca lainnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram