Menikmati Santapan Serba Sum-Sum yang Lezat di De’Sum Sum

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa Good Readers disini yang doyan banget sama makanan berlemak? Entah itu kulit ayam goreng atau daging steak sirloin. Makanan berlemak mungkin dihindari sebagian orang karena kandungan ‘fat’ nya yang tinggi dapat memicu kegemukan. Tentu saja hal ini menakutkan bagi sebagian besar wanita termasuk saya. Hehe..

Namun tidak dapat dipungkiri, makanan berlemak itu memang terkadang lebih menggiurkan dan tidak selamanya buruk kok. Salah satu makanan berlemak yang bisa bikin saya ‘would die for it’ adalah sum-sum. Ya, sum-sum yang biasa ditemukan di tulang-tulang kaki sapi, kerbau, ataupun kambing.

Sebelum kamu ‘parno’ sama lemak yang ada di santapan sum-sum ini, simak dulu fakta-fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu tentang sum-sum tulang berikut ini.

Fakta menarik tentang sum-sum tulang

tulang sumsum2

Sum-sum tulang atau bone marrow adalah bagian di dalam inti tulang yang berbentuk seperti jelly dan mengandung kadar lemak yang tinggi. Di negara kita sendiri, sum-sum lebih banyak di konsumsi secara langsung bahkan dengan tulang-tulangnya. Namun di negara lain, biasanya sum-sum ini dimasukan dalam bentuk campuran makanan seperti pada sup atau dioles diatas roti.

Meskipun sum-sum dikenal memiliki  lemak yang tinggi dan mungkin sangat dihindari oleh kamu yang sedang diet, tapi sum-sum ini ternyata memiliki banyak kandungan yang berkhasiat untuk kesehatan seperti Omega 3, vitamin, mineral, dan juga protein. Karena itu, sum-sum bila dikonsumsi dapat menambah daya tahan tubuh, memperbaiki fungsi otak serta membantu mengatur tekanan darah.

Makanya Good Readers, sekali-kali menyantap sum-sum tidak akan membuat kamu langsung gemuk seketika. Sum-sum ini ternyata juga memiliki khasiat yang baik buat tubuhmu kan. So, tidak ada salahnya dong kalau kita coba santapan yang mengandung sumsum ini.

Di Bandung, ada sebuah restoran yang menjual aneka ragam makanan yang mengandung sum-sum tulang sapi. Wah, ini pasti banyak ditunggu bagi Anda yang suka banget ‘nyemil’ sum-sum tulang. Beberapa hari yang lalu kami berkesempatan mengunjungi dan mencicipi beberapa menu yang ada disini. Tak ingin berlama-lama, langsung saja kami coba cicip santapan di De’sum sum ini.

Lokasi De’Sum Sum

tampak depan 1

Berlokasi tidak jauh dari Jalan Soekarno Hatta, tepatnya di kompleks Mekar Wangi Jl. Mekar Wangi Ruko 2e, Bandung, tempat ini cukup mudah ditemukan. Jika Anda datang dari arah Dago, Bandung, Anda bisa mencapai restoran ini hanya dalam waktu 35 menit. Tidak terlalu jauh, kan?

Lokasi nya pun mudah dikenali dengan tempatnya yang cukup stand out yaitu tepat di depan perumahan mekar wangi. Dan tempat ini berada diantara ruko-ruko pertokoan.

Ambience

desumsum pt1

Karena resto berada di ruko, tak banyak yang bisa diharapkan. Namun interior ruangan yang sederhana dengan nuansa putih bersih, membuat saya nyaman di tempat ini.

Tapi sayang, tidak ada charger port sehingga Anda tak bisa berlama-lama disini karena memang tempat ini pure untuk makan saja bukan untuk tongkrongan. Sentuhan shabby chic bisa Anda temukan di tatanan meja makan. Cukup Instagramable lah untuk sekedar mengambil foto makanan nantinya.

desumsum pt2

Terdapat dua ruangan di restoran ini. Satu ruangan lagi di sebelahnya lebih luas dan lebih banyak meja dan kursinya. Tak banyak ornament di dalam resto sehingga kurang instagramable untuk dipakai foto-foto selain beberapa frame tulisan fun fact tentang sum-sum dan cara menyantap sumsum. Menarik!

Menu Makanan dan Minuman

full menu 2

Menu makanan yang jadi andalan disini tentu saja tulang sum-sum. Ada 2 macam tulang sumsum yang ditawarkan disini yaitu tulang sumsum regular dengan dan tulang sumsum super.

Sama seperti saya, Anda akan mungkin akan kaget melihat ukuran sum-sum tulang bahkan untuk ukuran regular. Tulang sumsum yang tersaji disini sudah cukup membuat saya tercengang. Beesaaaaar banget.. Jadi, saran kami, Anda sebaiknya pesan dulu yang reguler, karena sum-sum tulang reguler ini bisa dimakan berdua loh!

full menu

Sum-sum tulang reguler tersaji dengan kuah sup yang nikmat. Resto ini juga menyediakan nasi bila Anda ingin menyantap sum-sum tulang dengan nasi. Sum-sum tulang ini bisa Anda pesan terpisah atau pun dalam bentuk paketan dengan mi bakso. Bakso-nya pun memiliki banyak pilihan isi seperti bakso iga, halus, sum-sum ataupun urat. Komplit deh pokoknya!

sumsum bakar

Nah ini dia menu favorit kami, sum-sum bakar! Sum-sum bakar disajikan dari tulang langsung, yang dimana dimasak dengan cara dibakar, kemudian diberi saus barbeque dan diatasnya terdapat lelehan keju mozarella. Nyam!! tak lupa dengan taburan seledri dan bawang goreng. Menambah cita rasa nikmat bila disantap dengan nasi yang tersedia.

Selain paket bakso tulang sum-sum dan sum-sum bakar plus nasi, disini kamu juga bisa memesan mi ayam atau mi yamin. Yamin yang tersedia ada yang asin dan ada juga yang manis. Hampir semua menu makanan disini memang berbahan dasar sapi. Tapi kamu bisa dengan puas icip-icip berbagai jenis santapan dengan harga yang terjangkau loh!

minuman

Untuk minuman, di menu tersedia minuman-minuman ‘standar’ tempat makan yakni air mineral, es jeruk, es teh manis. Mereka juga menjual berbagai macam jus untuk menemani santapan sum-sum kamu seperti jus alpukat, strawberry, dan lain sebagainya.

Harga

Untuk harga makanan, dengan suasana tempat makan yang nyaman dan bersih, serta rasa yang enak, harga yang dipatok resto ini relatif sangat murah. Bisa dibilang harga yang dipasang sama dengan harga bakso-bakso yang dijual mas-mas gerobak bakso pinggir jalan.

Untuk 1 porsi bakso disini dihargai 15 ribu saja. Harga sepaket  bakso dengan sum-sum pun sangat murah yakni 30 ribu rupiah. Itupun Anda sudah bisa menikmati sum-sum tulang reguler!

Over all, kami puas dengan santapan yang disajikan serta harga yang sepadan. Tempat yang bersih dan cozy menjadi nilai plus-plus dari tempat makan ini. Bagi kamu yang lagi pengen makan-makanan yang ‘ringan’ namun tetap mengenyangkan dan nikmat, De’sum sum ini bisa jadi pilihan apalagi jika kamu memang ‘fat lover’. You’r enot gonna regret to try this one deh hehe..

Tertarik untuk mampir? Jangan lupa beri kesan pesan kamu setelah berkunjung di kolom komentar kami ya!

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

  1. De sum sum tempat keren yang cozi banget, nyaman, d sum sumnya lezatos, dan alhamdulillah,
    halal lagi itu yang penting, baksonya enak sum sumnya lezatos. Menu favorit bakso super sumsum
    Recommended banget temoatnya, yang cari kuliner lezat dan halal ke sini aja de sum sum
    😉

  2. Alhamdulillah ada tempat makan nyaman, makanannya lezat bergizi, terpenting halal.

    Menu favorit bajso sumsum super,

    Cocok di semua kumpul di semua acara, usia, kalangan.

    Pokoknya recomended banget,

    Ayooo buruan dateng aja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *