Windchime by Chef Felix, Fine Dining Terbaik di Bandung

Ditulis oleh Gerryaldo

Entah kenapa, kalau kita mendengar kata fine dining, kita akan langsung membayangkan betapa mahal dan melelahkannya memakan makanan super irit yang penuh aturan tersebut. Eits, tunggu dulu! Kalau kalian masih berpikiran kolot seperti itu, kalian jelas salah besar! Sebab kali ini Keluyuran akan coba patahkan stigma tersebut ya!

Meski stigma di atas tidak sepenuhnya salah (mahal dan melelahkan); kalian masih tetap bisa melakukan fine dining dengan nyaman dan murah kok. Intinya, semua kaprah yang salah mengenai fine dining bisa kalian lupakan dengan mendatangi sebuah restoran fine dining super cozy yang bernama Windchime.

Windchime by Chef Felix

YouTube video

Terletak di Jl. Arjuna  No. 63A, Kec. Cicendo Kota Bandung, tempat fine dining ini merupakan langganannya para tamu-tamu penting untuk menyantap hidangan fine dining. Meski tempatnya agak sedikit tersembunyi, tidak berarti ambience super cozynya dan rasa makanannya juga jadi ikutan tersembunyi ya! 

Windchime sendiri sudah mulai terbuka untuk umum dari tahun 2005 silam. Didirikan oleh seorang koki yang sudah lebih dari 30 tahun terjun di dunia food and beverages bernama Felix Sienatra atau yang lebih dikenal dengan Chef Felix.

Saat Keluyuran mampir ke sana, Chef Felix sempat menjelaskan bahwa nama Windchime sendiri diambil dari penggalan dua nama China dirinya dan istrinya yang bernama Ling. Apabila di-translate, kedua nama mereka mengandung arti Windchime atau Lonceng Angin. Unik ya?

Oh iya, Windchime juga masuk ke dalam salah satu restoran terbaik di Asia versi The Miele Guide di tahun 2009 loh! Nah, kalau sudah begini, bisa dipastikan tempatnya oke banget kan?

Apabila kalian punya pikiran restoran atau tempat makan fine dining itu selalu ada di dalam hotel atau tempat super mewah; beda dengan Windchime! Tempat ini super homie dan enak buat berlama-lama karena suasana rumah kental terasa.

Nuansa semi-industrial menghiasi hampir seluruh ruangan yang terlihat sudah cukup berumur. Jangan khawatir, meski terlihat tua; dijamin 100% kalau tempat ini nyaman dan hangat. Selain dilayani oleh para server, Chef Felix dan istrinya juga akan langsung terjun untuk melayani para tamunya! Duh, serasa di rumah deh!

Sedangkan untuk urusan makanan, kalian benar-benar harus mencoba semua hidangan yang ada di sini! Sungguh! Recommended sekali. Chef Felix tidak sembarangan dalam memasak.

Mulai dari pengolahan sampai plating, sudah diperhitungkan oleh Chef; sehingga baik rasa dan penampilan yang disajikan dari makanan selalu menggugah selera para tamunya. Tidak percaya? Coba saja langsung datang ke sana.


The Dishes

WindChime_Menu (Copy)

Windchime memiliki menu beragam yang terdiri atas paket fine dining yaitu 3 makanan yang terbagi atas makanan pembuka alias appetizer, makanan utama alias main course dan yang terakhir adalah makanan penutup atau yang dikenal dengan dessert. Ketiga makanan inilah yang masuk ke dalam paket fine dining.

Appetizer yang dihidangkan disini bermaksud untuk membuka selera makan kalian supaya kalian bisa menikmati makanan selanjutnya. Ini juga dilakukan supaya perut kalian tidak kaget langsung menyantap hidangan utama.

Saat berkunjung ke sini, Keluyuran sempat mencicipi beraneka ragam macam makanan pembuka seperti Escargot, Mushroom Cream Soup, Foie de Gras dan Steam Jona Fish Belly.

Dari beberapa hidangan pembuka, ada satu yang cara makannya unik sekali; yaitu Foie de Gras. Makanan ini berasal dari Perancis dan berbahan dasar hari angsa atau bebek. Foie de Gras yang disajikan di Windchime disajikan dengan buah apel yang sudah diberi karamel. Kita harus memakan keduanya bersamaan sehingga menciptakan rasa yang sedap sekali!

Sedangkan untuk hidangan utama, selain steak yang kami pesan; Keluyuran juga beruntung sekali bisa sekalian mencicipi beberapa signature dishnya Chef Felix.

Steak yang kami pesan adalah Local of Fillet Beef Steak ditambah signature dish Chef yaitu Black Angus Butcher’s Wife yang rasanya enak dan juicy sekali dan Black Angus Flat Iron. Ketiga hidangan tersebut disajikan apik sekali dengan tingkat kematangan yang direkomendasikan yaitu; medium rare. 

Saus yang disajikan adalah mushroom sauce yang pas dihidangkan dengan steak yang disebutkan tadi. Lembutnya daging yang dipadukan dengan rasa gurih dari saus dan rasa segar dari sayuran seperti jagung manis, wortel yang di saute dan buncis akan menari di dalam mulut kalian.

Super enak! Tidak akan menyesal deh mencobanya. Yang unik dari seluruh hidangan pembuka dan utama adalah garnis cantik berbentuk bunga yang bisa dimakan!

Bunga-bunga khusus tersebut merupakan bagian dari makanan yang disajikan. Antara lain Voila, Star Flower, Silantro, MicroGreens, Pishoot, Pansies dan masih banyak lainnya. Tenang, seperti yang sudah dibilang sebelumnya, bunga-bunga tersebut edible dan punya rasa unik! Jadi jangan dibuang atau dipisahkan dari hidangannya ya.

Terakhir adalah makanan penutup. Keluyuran mencicipi juga beragam jenis dessert yang disediakan oleh Windchime; seperti Mango Cremeux, Panacotta of Mango, Chocolate Brownies dan Cheese Cake yang benar-benar menutup rangkaian paket fine dining. Rasa manis, segar dan gurih mendominasi seluruh rasa dari makanan penutup tersebut.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram