Catatan Prestasi Indonesia di Museum Rekor Dunia Indonesia

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 25 Agustus 2021

Sejak berdirinya negara Indonesia, sudah banyak prestasi yang Indonesia raih. Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI – Indonesia) atau yang sebelumnya dikenal sebagai Museum Rekor Indonesia adalah Museum yang menjadi bukti akan prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh bangsa Indonesia.

Museum MURI di Semarang ini didirikan pada 27 Januari 1990 oleh Jaya Suprana dan didukung oleh kelompok perusahaan Jamu Jago. Museum ini diresmikan oleh Menko Kesra Soepardjo dan Menko Polkam Soedomo. Disaksikan juga oleh Ketua PMI, Ibnu Sutowo dan Gubernur Jawa Tengah, Ismail kala itu.

Sekilas tentang tokoh dibalik berdirinya Museum ini, Jaya Suprana merupakan seorang yang dikenal jenius, seorang pengusaha, pemerhati sosial, yang memiliki hubungan baik dengan para tokoh politik, toko kesenian dan tokoh agama.

Jaya Suprana bersama dengan Aylawati Sarwono yang merupakan seorang pengusaha sekaligus penari, mendirikan sebuah institut yakni Jaya Suprana School of Performing Arts. Jaya Suprana berharap dengan adanya museum MURI ini, bangsa Indonesia bisa menghargai segala karya-karya yang dihasilkan oleh bangsa Indonesia.

Spot Populer di Museum MURI

Spot Populer di Museum MURI

Museum MURI ini terletak di komplek yang sama dengan industri Jamu Jago. Di depan pintu masuk Museum terdapat pos keamanan. Disana kamu akan ditanya oleh petugas apakah datang rombongan, lembaga dan apakah sudah melakukan reservasi atau belum.

Setelah ditanya-tanya kamu akan diminta menunggu dulu hingga dipersilahkan masuk ke gedung yang ada di sebelah kiri. Karena gedung yang ada di sebelah kanan merupakan pabrik Jamu Jago. Letak Museum MURI ini ada di lantai 2, jadi setelah masuk bisa langsung menuju ke lantai 2.

Setelah sampai di lantai 2 kamu akan diminta untuk mengisi data pengunjung oleh petugas. Kemudian petugas akan menjelaskan beberapa hal mengenai Museum MURI ini, mulai dari teknologi yang ada hingga spot atau ruangan yang ada di Museum.

Di Museum MURI ini sudah tercatat lebih dari seribu prestasi yang telah dicapai oleh bangsa Indonesia. Semua prestasi itu didokumentasikan agar menjadi pengingat, menjadi kebanggan dan agar bangsa Indonesia terus berjuang menciptakan prestasi-prestasi lainnya.

  • Ruang Eksibisi Data dan Foto MURI
Ruang Eksibisi Data dan Foto MURI

Di ruangan ini kamu bisa melihat bermacam-macam prestasi yang telah diraih oleh bangsa Indonesia. Tidak hanya prestasi dari dalam negeri, tapi prestasi dari luar negeri pun ada. Prestasi-prestasi tersebut didokumentasikan dalam bentuk foto yang diberi bingkai kaca dan memiliki beragam ukuran.

Di Museum ini terdapat lebih dari 6.500 foto dokumentasi, tapi yang dipajang di Museum kurang lebih 1.000 saja. Hal tersebut karena terbatasnya lahan yang ada di Museum, sehingga setiap dua bulan sekali foto-foto dokumentasi itu akan diganti. Jadi jika ingin melihat semua foto dokumentasi, kamu harus datang kesini setiap dua bulan sekali.

  • Balai Pertemuan
Balai Pertemuan

Tak jauh dari lobi di lantai 2, terdapat ruang balai pertemuan terbuka. Disana kamu bisa duduk sambil berbincang dengan petugas yang ada dan bisa bertanya-tanya seputar Museum MURI ini.

Di dekat balai pertemuan ini juga terdapat pajangan foto presiden-presiden Indonesia yang pernah menjabat. Foto tersebut pun dilengkapi dengan nama dan masa jabatannya.

  • Ruang Museum Jamu Jago
Ruang Museum Jamu Jago

Selain ruangan eksebisi foto-foto dokumentasi prestasi, disini juga terdapat Museum Jamu Jago. Di sini kamu tentunya bisa melihat bermacam-macam bahan herbal yang dijadikan bahan baku jamu yang dibuat oleh pabrik Jamu Jago. Bahan-bahan tersebut disusun dalam sebuah wadah cobek lengkap dengan nama-nama dari bahan baku tersebut.

Selain itu, ada juga maket pabrik Jamu Jago yang menggambarkan proses produksi Jamu Jago. Lalu ada juga stand Jamu Jago yang bisa kamu kunjungi dan bisa mencoba jamu yang ada disana. Ada pula poster-poster, brosur jaman dahulu juga beberapa contoh obat yang pernah ada pada jaman dulu.

  • Ruang Peralatan
Ruang Peralatan

Masih diruangan yang sama dengan ruangan Museum Jamu Jago, disana terdapat beberapa pajangan peralatan yang pernah dipakai pada jaman dulu seperti mesin ketik, mesin penghitung uang dan telepon.

Selain itu ada juga piala-piala penghargaan dan beberapa alat musik tradisional yang dipajang disana. Barang-barang yang disimpan di sana sebagian ada yang disimpan di sebuah kotak kaca dan ada juga yang disimpan secara terbuka.

Fasilitas

Fasilitas

Selain bisa mengenal tentang prestasi-prestasi yang pernah diraih oleh bangsa Indonesia. Disini juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa kamu nikmati. Fasilitas-fasilitas yang ada di Museum sudah cukup canggih.

Dengan adanya tambahan fasilitas yang memanfaatkan teknologi yang canggih tersebut, tentunya kamu tidak akan merasa bosan ketika melihat catatan prestasi yang ada disini.

Beberapa foto yang dipajangkan di sana terdapat sebuah fitur dimana ketika mengarahkan kamera ke foto tersebut, maka akan muncul gambar 3D. Tapi tidak sembarang kamera yang bisa digunakan, ada aplikasi tertentu agar bisa melihatnya. Dan gambar 3D tersebut bisa kamu lihat dengan bantuan dari petugas yang ada disana.

  • Virtual Reality Booth
Virtual Reality Booth

Virtual reality (VR) merupakan sebuah teknologi terbaru yang bisa digunakan oleh penggunanya. Ketika menggunakan alat virtual reality tersebut, kamu bisa merasakan sensasi seakan-akan berada di tempat yang sesungguhnya.

Di Museum MURI juga terdapat seperangkat alat virtual reality yang bisa kamu pakai. Dengan menggunakan alat tersebut, kamu bisa melihat beberapa visual dari keindahan alam Indonesia dan juga beberapa daerah yang ada di Indonesia. Kamu bisa menikmati suasana visual sekaligus suara-suara yang ditampilkan dalam perangkat virtual reality tersebut.

  • Komputer Layar Sentuh
Komputer Layar Sentuh

Selain memajangkan foto-foto prestasi karya anak bangsa, kamu juga bisa melihat catatan prestasi yang disajikan dalam bentuk digital dalam seperangkat komputer layar sentuh. Disana terdapat bermacam-macam informasi seputar rekor MURI yang pernah diraih.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, kamu tinggal memilih kategori yang ingin kamu ketahui. Semisal kamu ingin mengetahui daerah mana saja yang pernah menyumbangkan prestasi, kamu juga bisa memilih berdasarkan kategori prestasi seperti kategori seni, keagamaan, olahraga dan lain sebagainya.

  • Ruang Teater

Disini juga terdapat sebuah ruang teater dimana kamu bisa melihat dokumentasi penghargaan dan rekor-rekor yang pernah dicapai dalam bentuk video. Tidak hanya video pemutaran rekor MURI saja, tapi ada juga pemutaran tentang produk Jamu Jago.

Sayangnya ketika saya kesana tidak bisa melihat ruang teater tersebut, karena sedang ada beberapa perbaikan di Museumnya.

Lokasi dan Akses Transportasi

Lokasi dan Akses Transportasi
  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No. 275, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah
  • Jam Operasional: Setiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Telepon: (024) 74751721

Letak Museum MURI ini tempatnya cukup mudah ditemukan, karena berada di pinggir jalan. Kamu bisa datang kesini baik menggunakan kendaraan pribadi maupun menggunakan jasa taxi online dan juga kendaraan umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah jalan Simpang Lima, jarak yang ditempuh kurang lebih sekitar 11 km dengan waktu kurang lebih sekitar 20 menit. Rute yang bisa kamu ikuti adalah Jl. Simpang Lima – Jl. Semarang-Surakarta – Jl. Diponogoro Raya – Jl. Diponogoro - Jl. Perintis Kemerdekaan dan letak Museum MURI ini berada di sebelah kiri jalan.

Jika menggunakan bis, kamu bisa memakai jurusan yang mengarah ke terminal Terboyo. Jika ingin lebih mudah lagi dan tidak mau kerepotan kamu bisa menggunakan jasa taxi online untuk pergi ke Museum Rekor Dunia Indonesia ini.

Hotel di Sekitar

Bagi kamu yang ingin masih menjelajahi kota Semarang, kamu bisa menginap di hotel yang berada di sekitaran Museum Rekor Dunia Indonesia. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni mulai dari Rp100.000-an saja kamu sudah bisa menginap di hotel yang fasilitasnya cukup nyaman.

  • OYO 2443 INNJOY TRANSM BANYUMANIK

Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No. 199, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah – Jarak sekitar 270 m.

  • HAZOTEL Semarang

Alamat: Jl. Durian Raya No. 27, Srondol Wetan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang Jawa Tengah – Jarak sekitar 1,1 km.

  • RedDoorz Syariah Near Exit Toll Banyumanik

Alamat: Jl. Sawunggaling Sel. No. 1, Padangsari, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah – Jarak sekitar 2,4 km.

  • Hotel Plaza Semarang

Alamat: Jl. Setiabudi No. 103, Srondol Kulon, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah - Jarak sekitar 2,6 km

  • Rumi Hotel

Alamat: Jl. Gondang Raya No. 11, Bulusan, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah - Jarak sekitar 3,5 km

Bagi kamu yang ingin datang secara rombongan baik rombongan sekolah atau lembaga, kamu disarankan untuk reservasi terlebih dahulu minimal 2 minggu sebelumnya. Tujuannya adalah agar pihak pengelola bisa menyiapkan peraga dan memberikan pelayanan terbaiknya. Meskipun kamu tidak datang secara rombongan, kamu tetap akan dilayani dengan sangat ramah oleh petugasnya.

Nah sekian ulasan mengenai Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI – Indonesia). Kalau lagi main ke Semarang jangan lupa masukan Museum MURI ini ke list tempat yang harus kamu kunjungi ya. Karena dengan datang ke sini kamu bisa menambah wawasan dan memberi semangat untuk kita terus berkarya menyumbangkan prestasi-prestasi terbaik bagi bangsa Indonesia.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram