5 Tempat Makan Roti Bakar di Jogja yang Enaknya Ngangenin!

Ditulis oleh Anggie Warsito - Diperbaharui 29 Oktober 2019

Roti bakar bisa menjadi camilan yang tepat, terutama untuk malam hari. Apalagi, jika sedang di Jogja dan ingin ngemil roti bakar di sana. Kebetulan, Jogja punya sejumlah tempat yang cocok buat ngemil roti bakar. Apa saja tempat-tempat tersebut? Yuk, simak list yang ada di bawah ini!

1. Roti Bakar Kretek Kewek 1872

5 Tempat Makan Roti Bakar di Jogja yang Enaknya Ngangenin! 1

* sumber: makanjogja.com

Tempat makan roti bakar pertama adalah Roti Bakar Kretek Kewek 1872. Tempat ini ada di Jalan Abu Bakar Ali No. 2, Gowongan, Gondokusuman, Yogyakarta. Berbeda dengan roti bakar umumnya, menu roti  bakar di sini disajikan dengan cara dibungkus daun pisang. Cara penyajian seperti itu membuat roti bakar ini bercita rasa lezat dan beraroma harum.

Ada beragam menu roti bakar di sini. Roti Bakar Becek adalah salah satunya. Ini adalah roti bakar berbungkus daun pisang yang berisi kuning telur setengah matang. Kuning telur tersebut akan melumer saat kamu hendak menggigit atau membelah roti bakar ini.

Masih ada beberapa roti bakar lain yang bisa kamu pesan di sini. Roti Bakar Parangtritis dan Roti Bakar Kemul Merapi adalah dua di antaranya. Tak hanya roti bakar, sejumlah camilan dan minuman pun bisa kamu temukan di sini. Pisang Bakar Kotabaru, Kopi Joss, dan Es Coklat adalah beberapa di antaranya.

Bila berkenan, kami akan rekomendasikan Kopi Joss sebagai minuman yang harus kamu pesan nanti. Kopi Joss sendiri merupakan kopi khas Jogja yang dibuat dari arang. Berbeda dengan Kopi Joss pada umumnya, Kopi Joss yang ada di Roti Bakar Kretek Kewek 1872 dibuat dengan memakai briket arang. Ini membuat kopi satu ini menjadi lebih lezat dan higienis. Sangat cocok mendampingi santap roti bakarmu nanti.

Soal harga, kamu tak usah khawatir. Semua menu di sini punya harga yang terjangkau, terutama bila kamu mahasiswa yang lagi piknik di Jogja. Sejumlah menu di sini bisa dipesan dengan harga Rp2 ribu hingga Rp20 ribu saja. Murah, bukan?

2. Kedai Roti Bakar 543 Jogja

5 Tempat Makan Roti Bakar di Jogja yang Enaknya Ngangenin! 2

* sumber: old.solopos.com

Sebetulnya, ini adalah cabang dari Kedai Roti Bakar 543 yang ada di Solo. Cabang ini sudah ada di Jogja sejak Desember 2015 silam. Tempat ini punya konsep bangunan yang unik. Tempat berupa kedai ini punya arsitektur serupa bangunan bergaya industrial yang memanjakan mata. Ini tentu akan membuatmu nyaman saat ngemil roti bakar di sini.

Roti bakar dengan sejumlah topping bisa kamu pesan dan santap di sini. Kalau suka roti bakar manis, kamu bisa memilih  coco crunch, toblerone, Oreo; atau Ovomaltine sebagai topping buat roti bakarmu nanti. Kalau kamu pecinta roti bakar asin nan gurih, maka kamu bisa memilih keju, abon, atau rica sebagai topping di rotimu.

Selain roti bakar, tempat ini juga menyediakan sejumlah menu pizza. Berbeda dengan pizza lazimnya, pizza di sini dibuat dari roti yang dibelah menjadi dua bagian. Minumannya pun juga beragam. Sebagai rekomendasi, kamu bisa memesan minuman Red’ O. Ini adalah sebuah minuman yang dibuat dari jus stroberi yang dicampur Yakult. Minuman ini sangat cocok untuk menemanimu bersantap roti bakar di sini.

Beragam varian mi juga bisa kamu temukan di sini. Indomie Sambal Matah adalah salah satunya. Ini adalah sebuah Indomie goreng dengan topping telur mata sapi dan katsu, kemudian dilengkapi dengan sambal matah. Kehadiran sambal matah membuat Indomie ini punya cita rasa yang gurih, pedas, dan juga segar.

Kamu tertarik? Silakan datang saja ke daerah kawasan Angkringan Jentik yang ada di Jalan Selokan Matraman No. 99, Mundu, Seturan, Depok, Sleman, Yogyakarta.

3. Roti Bakar Beverly Hills

5 Tempat Makan Roti Bakar di Jogja yang Enaknya Ngangenin! 3

* sumber: id.openrice.com

Rekomendasi tempat roti bakar selanjutnya adalah  Roti Bakar Beverly Hills. Sama seperti tempat-tempat sebelumnya, menu roti bakar di sini juga beragam. Satu yang menjadi rekomendasi adalah Roti Bakar Keju. Secara tampilan, menu ini sama dengan roti bakar keju pada umumnya. Adapun yang menjadi pembeda adalah taburan kejunya yang amat banyak dan ukurannya pun tergolong besar.

Selain roti bakar, tempat ini juga punya satu menu yang unik. Mi Spesial dengan Kuah Susu adalah menu tersebut. Menu ini adalah sebuah kolaborasi antara mi kuah dengan susu murni sebagai kuahnya. Menu ini punya cita rasa gurih, enak, dan segar secara bersamaan. Tertarik? Silakan datang saja ke Jalan Professor Dr. Herman Yohanes, Terban, Gondokusuman, Yogyakarta.

4. Roti Bakar Premium

5 Tempat Makan Roti Bakar di Jogja yang Enaknya Ngangenin! 4

* sumber: www.sweetescape.com

Tempat satu ini letaknya ada di Jalan Kresno No.5, Wirobrajan, Yogyakarta. Ada beberapa rasa roti bakar yang bisa kamu pesan di sini. Satu di antaranya adalah green tea. Bisa dibilang, kalau tempat ini cukup berani menawarkan rasa green tea untuk roti bakarnya.

Dari segi rasa, roti bakar green tea di sini punya cita rasa green tea yang begitu kuat. Cocok bagi kamu para pecinta green tea. Bila tak suka green tea, kamu bisa memesan rasa roti bakar lainnya. Keju dan coklat adalah dua di antaranya.

Dibanding roti bakar umumnya, roti yang dipakai di sini tergolong berbeda. Roti yang dipakai di sini merupakan perpaduan roti tawar dengan pastry puff. Penggunaan pastry puff membuat roti bakar ini punya tekstur yang lebih renyah di lidah.

Sayangnya, roti bakar ini punya harga yang agak mahal. Namun, itu tidak jadi masalah, bila mengingat cita rasa roti ini yang amatlah enak serta khas.

5. Saitama Rotbar

5 Tempat Makan Roti Bakar di Jogja yang Enaknya Ngangenin! 5

* sumber: www.starjogja.com

Di tempat ini, kamu akan menemukan menu roti bakar yang lain daripada yang lain. Roti Bakar Otong adalah yang kami maksud. Berbeda dengan roti bakar lainnya, roti bakar ini dibuat dengan cara dipotong-potong hingga kecil.

Kecilnya roti bakar satu ini membuatmu lebih mudah untuk menyantapnya. Tekstur roti ini sendiri relatif lembut dan gurih. Selain bentuknya yang unik, kemasan Roti Bakar Otong juga tak kalah unik. Bagaimana tidak, roti bakar satu ini dikemas dalam sebuah kotak kertas yang lazimnya dipakai untuk rice box. Tak hanya itu, kemasan tersebut juga dilengkapi dengan garpu yang membuatmu lebih mudah menyantap roti bakar satu ini.

Roti Bakar Otong sendiri tergolong laris manis. Untuk mendapatkannya, kamu harus datang sesore mungkin, tepatnya di jam 5 sore. Oh ya, soal harga, Roti Bakar Otong di Saitama Rotbar tergolong murah. Satu porsinya bisa kamu raih dengan harga Rp10 ribu hingga Rp20 ribu.

Lalu, di manakah lokasi tempat satu ini? Saitama Rotbar letaknya ada di Jalan Sukoharjo, Sanggrahan, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Itulah sejumlah tempat yang bisa kamu kunjungi, bila ingin ngemil roti bakar di Jogja. Semoga bisa membantumu menemukan tempat ngemil roti bakar di Jogja, ya!

Tapi, kalau kamu tidak ingin makan roti bakar, Jogja juga masih menyimpan sejumlah kuliner legendaris yang wajib kamu icipi saat di sana. Apa saja itu? Langsung kepoin ulasan selengkapnya di 10 Kuliner Legendari di Jogja ini, yuk!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram