11 Varian Roti Khas Ceko yang Bisa Jadi Menu Sarapan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 27 September 2021

Secara historis roti bagi orang Ceko merupakan bagian dari menu makan mereka. Roti tradisional Ceko mengandung banyak karbohidrat dan tahan musim dingin. Tahukah kamu istilah roti dalam bahasa Ceko? Kata Ceko untuk roti, yaitu chleba. Ternyata kata ini asalnya bukan dari berasal dari bahasa Ceko melainkan dari kata Jermanik "hlaiba".

Penduduk Republik Ceko mengkonsumsi roti sekitar 40 kilogram roti per kapita. Tradisi kuliner Ceko yaitu memanggang roti di rumah dengan starter yang disebut kvas. Ini sudah dilakukan selama beberapa generasi hingga sekarang muncul lagi berkat ketersediaan starter roti gandum di seluruh Republik Ceko. Yuk, kita intip apa saja jenis roti khas Ceko yang bisa dicicipi pada ulasan berikut ini!

1. Šumava

Šumava merupakan roti tradisional Ceko yang bentuknya oval dengan kulit cokelat keemasan serta memiliki remah yang halus, rasanya asam dan ada bau biji jintannya. Roti ini dipopulerkan oleh pembuat roti Ceko František Serafín Odkolek pada tahun 1850-an yang perusahaan pembuatan kuenya berkembang dari hanya sebuah pabrik di Kampa.

Roti ini kandungan terigunya sekitar 70% tepung terigu dan tepung gandum hitam sekitar 30% dan juga bisa diberi rasa dengan bawang bombay, bawang putih, atau kulit babi yang digoreng garing. Variasi roti ini termasuk Držkovsk (yang namnya berasal dari nama kota di luar Liberec), Slunečnicový (bunga matahari), Maďarský (Hongaria) serta Hostivařský (roti padat yang diberi rasa dengan jintan).

2. Karlovarský Suchar

Karlovarský Suchar merupakan rusk, roti panggang yang dipotong diiris tipis dari sebuah roti utuh, seperti roti kering di Indonesia. Roti ini diproduksi di wilayah Karlovy Vary di Republik Ceko. Terdapat dua jenis roti rusk, yaitu versi khusus dan diet. Untuk membuat rusk, roti dipanggang lalu dikeringkan dengan baik, bersih dan menghasilkan pori-pori yang tidak seragam serta tekstur yang renyah.

Produk roti ini warnanya coklat keemasan dengan aroma yang lembut. Rasanya seperti roti panggang. Kedua versi roti ini harus memiliki kandungan mata air Karlovy Vary. Jenis roti spesial ini dibuat dari tepung terigu, gula, mata air, ragi, kuning telur, garam, dan tepung bread improver.

Sementara versi dietnya menggunakan bahan yang sama, tapi beberapa bahan dihilangkan, seperti gula, kuning telur, dan garam. Ketika sudah dipanggang, sesudahnya roti dibiarkan dingin kemudian dijual dalam kemasan 200 gram. Roti ini bisa disantap dengan selai buah, mentega juga teh.

3. Loupák

Loupák

Roti gulung ini dijual dengan nama “makovka” dan memiliki bentuk seperti bulan sabit. Bahan yang digunakan untuk membuat roti ini di antaranya susu yang manis. Sebelum dipanggang, loupák diberi taburan biji poppy dan diberikan olesan telur sehingga memiliki warna coklat keemasan.

Loupák dengan hasil yang baik adalah loupák dengan tekstur bagian luar yang renyah dan bagian dalamnya lembut dan kenyal. Hasil ini diperoleh dengan cara memasukkan lemak ke dalam adonan. Roti ini bisa dihidangkan dengan selai atau Nutella.

4. Housky

 Housky

Housky merupakan sejenis roti Ceko berwarna putih yang terbuat dari adonan beragi. Kemudian adonan yang mengembang dibagi dan digulung jadi potongan-potongan kecil. Selanjutnya roti dikepang dengan cara yang mirip seperti ketika rambut dikepang. Sebelum dipanggang, permukaan housky ditaburi biji poppy utuh, biji jintan atau garam kasar.

Enaknya housky dinikmati langsung dari oven saat masih panas dan diberi mentega juga selai atau ditambah dengan salami dan keju. Roti gulung ini bisa dibeli di sebagian besar supermarket juga toko roti di Ceko. Sering kali roti ini dinikmati untuk sarapan saat dihidangkan bersama dengan bermacam olesan manis dan gurih, mentega maupun selai jeruk.

5. Veka

Veka

Veka merupakan jenis roti putih yang hampir sama dengan baguette dari Prancis. Umumnya roti ini bisa ditemukan dalam masakan Ceko, Slovakia juga Polandia. Roti ini dibuat dari adonan gandum beragi dan biasanya dibentuk jadi roti dengan ukuran kecil, lebih pendek serta lebih lebar dibandingkan dengan baguette.

Saat dipanggang, roti menjadi berwarna coklat keemasan, sedangkan bagian tengahnya tetap lembut dan berongga. Roti ini mempunyai beragam nama dan veka merupakan salah satu varian roti paling umum yang bisa dijumpai di banyak negara Eropa Tengah juga Timur.

Di Republik Ceko, biasanya roti ini digunakan sebagai dasar untuk membuat open-faced chlebíčky. Irisan bagian atasnya diberi berbagai kondimen dan kemudian dihidangkan sebagai camilan prasmanan.

6. Rohlík

RohlíkSumber: brydova.cz

Rohlík merupakan roti khas Ceko yang banyak digemari. Bentuknya sederhana dan disantap bersama dengan secangkir coklat atau teh. Roti ini merupakan makanan sarapan khas Ceko yang memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta rasa netral yang sangat cocok untuk dipadukan dengan selai dan madu.

Ini adalah sejenis roti tawar yang sangat populer di Republik Ceko dengan bentuk seperti bulan sabit. Orang Ceko mengkonsumsi rohlíky―bentuk jamak rohlík―untuk sarapan juga jadi makanan ringan, terkadang bahkan dijadikan menu makan malam cepat.

Rohlík rasanya lebih enak jika dimakan dengan mentega. Untuk penyuka makanan manis, roti ini bisa tambahkan selai atau madu. Untuk membuat rohlík asin bisa ditambahkan salami, ham, atau sepotong keju. Kulit rohlík yang dibuat dengan baik akan terasa enak dan renyah. Sementara itu bagian dalamnya bertekstur lembut sekali dan kenyal.

Permukaannya roti diberi taburan garam kasar, jintan, maupun biji poppy. Rohlík buatan rumahan yang baru dipanggang akan terasa lezat jika diberi olesan keju bawang putih maupun olesan sarden ini.

7. Makový Zavin

Makowiec merupakan nama roti ini dalam bahasa Polandia. Roti gulung biji poppy ini merupakan kue tradisional yang menempatkan pasta biji poppy di antara lapisan adonan. Almond, kismis, kulit jeruk, dan madu bisa ditambahkan ke roti untuk meningkatkan rasanya. Makowiec yang ideal tak boleh terlalu manis.

Penampilan bagian dalam dari roti ini terlihat unik saat dipotong. Di dalamnya terlihat adonan dan isian biji poppy yang nampak berliku-liku membentuk spiral. Ketika dihidangkan, biasanya makowiec ditaburi dengan gula halus. Roti ini sering disantap bersama teh atau kopi dan biasanya roti ini dihidangkan untuk perayaan seperti Natal maupun liburan musim dingin lainnya.

8. Vánočka

Vánočka

Vánočka umumnya disiapkan untuk Natal. Ini adalah roti yang mirip dengan brioche yang dikepang yang biasanya diberi rasa dengan rum dan kulit lemon walaupun sering juga dibuat dengan tambahan almond dan kismis. Nama hidangan ini asalnya dari Vánoce, yaitu kata dalam bahasa Ceko untuk Natal.

Sementara roti ini disebutkan melambangkan bayi Yesus yang terbaring di palungan dan dibungkus dengan kain strip. Menariknya, ketika membuat vánočka, ada kebiasaan pembuatnya akan melompat-lompat sambil memikirkan teman dan anggota keluarga tersayang ketika adonan sudah mengembang.

9. Jidáše

Jidáše

Jidáše atau roti Yudas merupakan roti khas Ceko di saat hari Paskah. Roti ini dibentuk menjadi gulungan tali atau jerat yang merujuk kepada Yudas yang gantung diri sesudah dia mengkhianati Yesus. Jidáše dibuat dari kombinasi beberapa bahan, seperti tepung, kuning telur, mentega, gula, krim, madu, ragi, kulit lemon, garam dan kadang-kadang pala.

Biasanya sesudah dipanggang, roti diolesi dengan glasir yang dibuat dari mentega, madu, dan jus lemon. Umumnya roti ini dimakan dingin. Menurut kepercayaan penduduk Ceko, jika kamu makan satu jidáše ketika matahari terbit pada Kamis Putih, kamu akan terlindungi dari gigitan ular, sengatan lebah juga pengkhianatan manusia sepanjang tahun berikutnya.

10. Lomnické Suchary

 Lomnické Suchary

Lomnické Suchary merupakan roti yang dipanggang dua kali dan diproduksi dalam beberapa varian di distrik Semily yang berada di Republik Ceko semenjak paruh pertama abad ke-19. Varian roti ini di antaranya rusk manis, rusk almond, rusk hazelnut, rusk kacang, serta rusk gula.

Roti ini dibuat dari tepung terigu, kuning telur, gula, ragi, lemak, susu bubuk, kayu manis, kulit lemon, vanila, jeruk, persik serta biji aprikot. Hazelnut, almond, dan kacang tanah yang ditumbuk halus bisa ditambahkan ke dalam campuran bergantung dari varian rusk yang dibuat.

11. Dalamánek

Bun atau roti gulung ini dibuat dan dipanggang dari adonan roti dinamakan dalamánek. Kisah asal-usul roti gandum kecil yang kulit luarnya diberi jintan ini berasal dari abad ke-18.

Ketika itu sebuah garnisun militer dari Prancis yang ditempatkan di Vyšehrad berusaha untuk mengajari cara membuat baguette pada seorang pembuat roti Bohemia. Namun mereka secara keliru menyebut roti gulung gandum renyah itu dengan sebutan pain d'Allemagne atau "roti Jerman" dan nama tersebut akhirnya melekat pada penduduk setempat.

Itulah 11 jenis roti khas Ceko yang memiliki nama yang unik. Roti-roti tak hanya popular tapi juga sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakatnya karena orang Ceko banyak mengkonsumsi roti. Roti bisa dikonsumsi untuk sarapan, camilan juga makan malam.

Mungkin roti-roti khas Ceko ini tidak populer di negara kita. Namun kalau kamu ingin mencobanya, dengan bereksperimen di rumah menggunakan resep yang kamu dapatkan dari internet. Selamat mencoba!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram