10 Jenis Sandwich Khas Spanyol yang Terbuat dari Baguette

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 5 Juli 2021

Sandwich bukanlah makanan yang asing di lidah sebagian orang Indonesia. Makanan ini bisa ditemukan dijual oleh para pedagang kaki lima atau kedai-kedai. Ternyata sandwich memiliki nama yang berbeda di Spanyol. Di negara matador ini sandwich dikenal dengan nama Bocadillo. Ini adalah sejenis sandwich yang dihidangkan di atas baguette.

Sandwich di Spanyol sangat berbeda dengan sandwich di Amerika Serikat. Bocadillo berbahan baguette dengan panjang sekitar 6 hingga 8 inci lalu diiris jadi dua dan diberi isian berupa sosis chorizo ​​Spanyol, tuna, potongan daging dingin, atau ham Serrano. Bocadillo juga memiliki berbagai jenis. Nah, artikel ini akan membahas beragam jenis sandwich khas Spanyol. Yuk, simak.

1. Bocadillo de Morcilla (Sandwich Sosis Darah)

Ketika orang mengatakan orang Spanyol menggunakan setiap bagian dari babi, yang mereka maksudkan adalah setiap bagian, termasuk, dalam hal ini, darah. Meskipun resep sosis darah Spanyol, yang dikenal sebagai morcilla, berbeda-beda menurut wilayah.

Sandwich darah yang paling mencolok berasal dari León. Di wilayah Spanyol utara ini, morcilla tidak diawetkan dalam wadah sosis seperti di banyak bagian lain negara, paling terkenal di Burgos. Di sini darah babi yang sudah digumpalkan ditumis dengan bawang bombay dan garam hingga jadi pasta.

Lapisan tebal pasta merah tua ini kemudian dimasukkan di atas baguette yang diiris. Beberapa bawang karamel ditaburkan di atasnya dan makanan ringan ini siap disajikan.

2. Bocadillo de Jamon (Sandwich Ham)

Bocadillo de Jamon merupakan hidangan Spanyol populer yang diterjemahkan menjadi "sandwich ham". Penduduk asli menyukainya karena kesederhanaan sandwich ini.

Meskipun ada banyak cara untuk menyiapkan hidangan ini, bahan dasarnya tetap sama, yaitu Jamón Ibérico (ham Iberia) atau Jamón Serrano (ham Serrano), dan barra de pan (hampir sama dengan baguette dalam bahasa Spanyol).

Hidangan ini pertama kali menjadi populer di kafe, bar, dan pub hole-in-the-wall. Penduduk asli akan menggabungkan kelezatan ini dengan semua jenis minuman seperti kopi, teh, bir, dan anggur.

Makan ham dan roti Spanyol saja sudah agak membosankan. Karenanya untuk menambah rasa, penduduk asli akan menambahkan sandwich dengan berbagai isian dan bahan tambahan seperti zaitun, tomat, bawang putih, paprika, dan irisan keju Spanyol.

Beberapa bar Spanyol akan memotong bocadillo de jamon menjadi porsi yang lebih kecil dan berfungsi sebagai tapa yang lezat.

3. Bocadillo de Calamares (Sandwich Cumi)

Ini mungkin sandwich paling terkenal di Madrid. Bar yang didedikasikan untuk membuat bocadillos de calamares berjejer di jalanan yang mengelilingi alun-alun utama kota, Plaza Mayor. Dan meskipun mungkin terlihat agak aneh, jenis sandwich ini benar-benar patut untuk dicoba.

Sandwichnya sendiri cukup sederhana. Cumi yang dilapisi tepung roti dan digoreng dimasukkan ke dalam baguette. Beberapa bar menyajikannya dengan mayones yang berbau bawang putin atau saus tomat berbumbu paprika dan ditemani caña dari Mahou, segelas kecil bir lokal.

4. Bocadillo de Queso (Sandwich Keju)

Bocadillo de queso merupakan sandwich Spanyol yang dibuat dari roti Spanyol dan irisan keju. Karena kesederhanaan sandwich ini, baik roti maupun keju yang digunakan untuk membuat varian bocadillo ini harus mempunyai kualitas yang sangat baik.

Pilihan roti yang paling umum yaitu baguette ala Spanyol yang disebut barra de pan. Sementara pilihan keju terdiri dari berbagai jenis keju seperti keju Manchego, keju Edam, queso de cabra (keju kambing), queso fresco (keju segar), dan keju biru.

Roti biasanya dipotong setengah memanjang dan sering diolesi dengan minyak zaitun atau ditambah dengan tomat matang di bagian dalamnya. Daun selada atau daun roket, irisan tomat, irisan paprika panggang, dan irisan ham adalah beberapa bahan pilihan yang bisa ditambahkan ke isian sandwich.

Tujuannya untuk menambah rasa dan hidangan jadi lebih mengenyangkan. Sama seperti sandwich bocadillo lainnya, bocadillo de queso dapat dimakan sebagai camilan yang mengenyangkan setiap saat sepanjang hari atau sebagai makanan ringan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

5. Bocadillo de Tortilla (Sandwich Dadar Kentang)

Di Spanyol ini adalah sandwich tortilla de patatas. Walaupun mungkin tidak terlihat terlalu menggiurkan, kebaikan telur dadar kentang ini yaitu tidak memiliki rasa sama sekali. Kunci dari sandwich ini adalah telur dadar kentang. Mungkin salah satu hidangan paling populer di negara ini.

Telur dadar Spanyol dibuat dari kentang goreng dan bawang bombai yang telah dicampur dengan telur kocok. Campuran ini kemudian segera dibakar untuk membuat kepingan seukuran piring yang berwarna cokelat keemasan di bagian luar dan masih lembut di bagian dalam.

Ambil sepotong besar tortilla española berwarna kuning dan masukkan ke dalam baguette untuk membuat sandwich yang luar biasa fantastis! Tidak perlu saus atau garnish.

Baca juga: Inilah 12 Jenis Dessert Khas Spanyol Selain Churros

6. Bocadillo de Atún (Sandwich Tuna)

Bocadillo atau bocata de atún merupakan variasi klasik dari sandwich bocadillo Spanyol. Biasanya sandwich ini tidak lebih dari baguette gaya Spanyol (barra de pan) yang dibelah di tengah dan diberi isian tuna kalengan dalam minyak dengan jumlah yang banyak.

Bagian dalam roti bisa ditambah dengan potongan tomat, minyak zaitun, atau keduanya untuk menambah rasa. Selain tuna, bahan lain yang biasa ditambahkan untuk isian sandwich.

Bahan yang digunakan seperti zaitun, keju, bawang bombay, irisan tomat atau telur rebus, potongan paprika piquillo panggang, alioli (saus bawang putih dan mayones), dan ikan teri.

Sandwich tuna ala Spanyol ini bisa menjadi camilan mengenyangkan yang lezat atau makanan ringan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Biasanya sandwich disantap dengan ditemani segelas bir dingin atau secangkir kopi dengan susu (café con leche).

7. Bocadillo Serranito (Sandwich Daging Babi)

Serranito mungkin saja sandwich yang paling banyak dijual di seluruh Spanyol. Pencipta sandwich ini pada dasarnya mengambil lima hal favorit dari makanan khas Spanyol dan memasukkan semuanya di antara roti untuk membuat satu sandwich terkenal.

Sandwich serranito diisi dengan filet daging babi Iberia, irisan ham serrano yang diawetkan, telur goreng telur mata sapi dengan minyak zaitun, paprika hijau panggang, sedikit tomat merah matang dan sedikit alioli (mayones bawang putih).

Sayangnya, sandwich yang penuh rasa ini hanya dapat ditemukan di Spanyol selatan karena merupakan spesialisasi ibu kota Andalusia, Seville.

8. Bocadillo de Paté (Sandwich Paté)

Bocadillo de paté merupakan sandwich Spanyol yang terdiri dari roti Spanyol yang diisi dengan jenis paté (olahan hati) yang lembut dan dapat dioleskan atau irisan terrines (olahan daging yang tebal).

Di Spanyol, varian bocadillo ini adalah makanan kesukaan anak-anak dan makanan pokok di kantin sekolah dasar dimana biasanya diberikan kepada anak-anak untuk merienda (snack sore).

Roti yang jadi favorit anak-anak berupa irisan persegi roti putih (remah dihilangkan) yang telah diolesi dengan paté halus seperti paté hati babi, paté ayam, atau foie gras, dan kemudian digabungkan untuk membuat sandwich.

Sandwich ini juga bisa disiapkan dengan baguette bergaya Spanyol yang disebut barra de pan. Sementara varian paté lainnya yang digunakan untuk isian termasuk tuna paté, Iberian (ham) paté, dan yang vegetarian seperti kacang atau olive paté.

Selain paté, isian sandwich bisa juga berisi bahan-bahan seperti bawang bombay, ketimun, telur, irisan tomat, keju, atau mustard. Walaupun sangat disukai oleh orang dewasa, sandwich ini biasanya tidak disajikan di bar dan restoran tapas di negara ini.

9. Bocadillo de Nocilla y Chorizo (Sandwich Sosis & Nocilla)

10 Jenis Sandwich Khas Spanyol yang Terbuat dari Baguette 9Sumber: amenzing.com

Ini mungkin bukan sandwich paling populer di Spanyol. Banyak orang Spanyol akan mengatakan bahwa sandwich ini tidak ada di negara tersebut. Namun kombinasi rasa yang unik membuatnya menjadi salah satu sandwich yang paling terkenal bagi mereka yang tahu.

Jenis sandwich ini khususnya populer di kalangan anak-anak sekolah dasar. Roti putih diolesi dengan Nocilla, olesan cokelat Nutella versi Spanyol, dan di atasnya diberi irisan tipis chorizo, yaitu sosis babi berbumbu paprika dan bawang putih.

Ini mungkin terdengar mengerikan, tapi entah bagaimana paprika asap dalam sosis asin bercampur dengan Nocilla yang manis dan lembut.

10. Bocadillo de Salami (Sandwich Salami)

Bocadillo de salami merupakan varian dari sandwich bocadillo Spanyol. Sandwich ini dibuat dari barra de pan, yaitu baguette bergaya Spanyol yang dilapisi dengan irisan tipis salami.

Sesudah dipotong memanjang, roti bisa dilumuri dengan sedikit minyak zaitun atau ditambah dengan tomat dan bawang putih untuk menambah rasa.

Untuk menambah kerenyahan sebelum ditambah bahan isian, sandwich ini juga bisa dipanggang. Selain salami, isiannya juga bisa terdiri dari irisan keju (seperti panela, Manchego, mozzarella, Edam, atau Gouda), bawang, tomat ceri, atau daun arugula.

Di Spanyol, sandwich salami yang sederhani ini biasanya disantap dengan minuman ringan maupun segelas bir dingin. Jenis sandwich khas Spanyol ini bisa disantap sebagai camilan sore hari (merienda), makanan ringan di sela-sela waktu makan, atau bisa juga dihidangkan untuk makan malam.

Itulah deretan jenis sandwich Khas Spanyol yang ternyata di sana disebut dengan bocadillo dan rotinya berupa baguette. Ini berbeda dari roti yang digunakan untuk sandwich ala Amerika Serikat. Isiannya pun banyak macamnya, dari tuna hingga telur dadar kentang.

Jika kamu tertarik untuk mencoba salah satu jenis sandwich khas Spanyol ini, kamu tak usah jauh-jauh pergi ke negara tersebut. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencari resepnya di internet. Selamat mencoba.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram