Inilah 8 Sarana Olahraga yang Ngehits di Jakarta

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 21 November 2021

PERHATIAN

Artikel Sponsor Traveloka Permanent Link

Pandemi memang membawa banyak perubahan. Tak hanya perubahan yang sifatnya negatif, tapi perubahan ke arah yang positif juga dibawa gara-gara pandemi. Salah satunya adalah kebiasaan olahraga. Orang-orang yang kebanyakan biasanya nggak peduli dengan olahraga, kini menjadi peduli. Lari dan bersepeda adalah contoh olahraga yang kini nge-trend karena pandemi.

Ngomong-ngomong soal olahraga, tak bisa rasanya lepas dari yang namanya sarana olahraga. Terutama di kota Jakarta. Walaupun selama pandemi sarana-sarana olahraga ini tak banyak dipakai, karena memang dibatasi atau bahkan ditutup untuk menghindarkan kerumunan, akan tetapi nama-namanya justru malah naik daun.

Apa sajakah nama-nama sarana olahraga untuk umum yang terkenal di Jakarta? Berikut ini daftar sarana olahraga di Jakarta yang bisa kamu kunjungi!

1. Taman Suropati

Taman Suropati

Taman terbaik yang banyak digunakan untuk berolahraga di Jakarta adalah Taman Suropati. Taman yang letaknya di daerah Menteng, Jakarta Pusat ini memiliki ukuran yang luas. Suasana taman yang sejuk, serta banyak pohon yang rindang, membuat Taman Suropati menjadi favorit banyak orang untuk berolahraga.

Aneka jajanan kaki lima yang ada di sana juga menambah semarak tempat ini. Kebanyakan dari para pengunjung taman ini biasanya sesudah berolahraga, orang-orang juga makan di sana.

2. Taman Ayodya (Barito)

Taman Ayodya (Barito)

Taman yang disebut juga sebagai Taman Barito ini memang tidak terlalu luas. Akan tetapi, taman ini cocok untuk dipakai berolahraga. Sebab di Taman Ayodya ini ada beberapa fasilitas olahraga pendukung. Misalnya saja alat untuk angkat berat dan alat olahraga jenis calisthenics.

Kaum difabel juga bisa memanfaatkan taman ini. Ya, di sana banyak sarana yang mendukung kegiatan untuk berolahraga kaum difabel.

3. Gelanggang Remaja Matraman

Gelanggang Remaja Matraman

Untuk menggunakan tempat ini, Anda memang harus membayar tapi hal tersebut menjadi sebanding mengingat fasilitas olahraganya yang lengkap dan juga masih sangat bagus. Anda bisa bermain basket, bermain voli, atau pun badminton di sini. Oh iya, gelanggang ini juga mendukung kegiatan olahraga para difabel.

4. Gelanggang Olahraga Bulungan

Gelanggang Olahraga Bulungan

Hal yang menjadi kelebihan tempat ini adalah lokasinya yang strategis, yaitu dekat dengan tempat nongkrong anak Jakarta. Dengan membayar sewa lapangan, Anda bisa bermain basket, bermain voli, tenis, serta bulu tangkis. Di tempat ini juga ada kolam renangnya.

5. GOR Soemantri Brojonegoro (Epicentrum)

GOR Soemantri Brojonegoro (Epicentrum)

GOR yang berada di sekitar kompleks bisnis Epicentrum ini termasuk ke dalam jajaran gelanggang olahraga yang lengkap di Jakarta. Awalnya, GOR ini khusus untuk sepak bola saja. Akan tetapi sekarang, sudah ada fasilitas lapangan basket, kolam renang, dan juga futsal.

Yang gemar bermain bowling juga bisa di sini, tepatnya di Plaza Festival yang berada di sebelahnya.

6. Gelanggang Olahraga Velodrome Rawamangun

Untuk masyarakat umum, Gelanggang Olahraga Velodrome Rawamangun termasuk ke dalam tempat olahraga dengan fasilitas paling lengkap. Di tempat ini Anda bisa bermain basket, bola voli, badminton, lari dan olahraga atletik lain, berenang, dan juga bersepeda di velodrome-nya.

7. Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno

Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno

Siapa sih yang nggak kenal Gelora Bung Karno Senayan? Semua orang pasti tahu sebab perhelatan olahraga internasional sering dilakukan di tempat ini. Apalagi untuk para pencinta sepak bola Indonesia pasti tahu banget dengan tempat satu ini. Mulai dari upacara pembukaan, hingga permainan final selalu dilakukan di tempat ini.

Dan apalagi untuk orang Jakarta, Gelora Bung Karno pasti masuk ke dalam pilihan utama sebagai tempat berolahraga. Selain bisa digunakan untuk jogging, bersepeda, atau berolahraga bersama dengan keluarga di sekitar stadion utama, beberapa lapangan yang tersebar di seluruh area tempat ini juga bisa disewa.

Belum lagi fasilitasnya yang dari hari ke hari semakin lengkap saja. Semua fasilitas yang ada menambah betah siapa saja yang datang ke sana.

8. Jakarta International Stadium (JIS)

Jakarta International Stadium (JIS)

Sarana olahraga yang satu ini memang belum selesai dibangun dan belum bisa digunakan. Akan tetapi bersiap-siap, akhir tahun 2021, rencananya JIS ini akan selesai dan dibuka. Selain sebagai stadion untuk pertandingan sepak bola, JIS nantinya juga bisa digunakan untuk konser musik.

Tempat ini konon mampu menampung sekitar 82.000 penonton. Sebuah jumlah yang tentu saja jauh lebih besar daripada Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sekarang. Berbagai fasilitas yang lebih mewah juga akan disediakan di sini.

Bahkan katanya bisa setara dengan stadion Old Trafford milik Manchester United dan juga stadion Santiago Bernabeu, Real Madrid. Untuk namanya sendiri, yaitu stadion JIS, merupakan nama yang belum final, dan hanya sementara. Ke depannya, akan ditentukan nama yang baru.

Oke, kita tunggu saja perkembangannya. Semoga saja bisa sesuai dengan rencana.

Itulah 8 sarana olahraga ngehits di Jakarta di antara banyak lagi sarana-sarana olahraga lain yang tak kalah bagusnya. Anda pernah mencoba kesemuanya? Atau mungkin beberapa? Jika belum, saatnya merencanakan untuk traveling ke Jakarta. Selain tentunya bisa menyambangi tempat-tempat wisata yang ada di Jakarta.

Cek saja promo tiket di Traveloka. Siapa tahu Anda mendapatkan penawaran terbaik yang sesuai dengan budget dompet Anda. Dengan waktu yang juga pas dengan rencana yang sudah Anda buat.

Untuk transport ke dan menuju Bandara Soekarno-Hatta sih tak perlu bingung. Ada kereta bandara yang nyaman dan cepat yang bisa Anda gunakan.

Tapi pastikan untuk selalu disiplin ya dalam menerapkan protokol kesehatan, supaya perjalanan ke Jakarta, selama traveling di Jakarta, hingga pulang lagi ke rumah, tubuh selalu sehat sehingga semuanya lancar, perjalanan pun menjadi menyenangkan.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram