Inilah 9 Warung Sate di Lombok yang Mesti Kamu Coba

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 12 September 2020

Pulau dengan julukan Pulau Seribu Masjid ini terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan bersebelahan dengan Pulau Dewata Bali. Lombok merupakan salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia.

Pulau ini menyimpan banyak destinasi yang tak kalah dengan pulau sebelahnya, yaitu Bali. Pulau Lombok dikenal memiliki 33 pulau kecil yang tersebar dari Lombok Barat hingga Lombok Timur.

Tak hanya destinasi wisatanya saja yang menarik, Lombok juga memiliki makanan khas yang bisa dicoba ketika berwisata kuliner di Pulau Seribu Masjid ini. Salah satu kuliner di Lombok yang perlu kamu coba adalah sate.

Berikut ini ulasan 9 warung sate di Lombok yang bisa kamu kunjungi untuk berwisata kuliner. Simak artikelnya berikut ini yuk!

1. Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

Sate Rembiga Ibu Sinnaseh

* sumber: www.idntimes.com

Sate Rembiga merupakan salah satu makanan khas Lombok yang wajib kamu coba. Kamu bisa menemukan makanan khas ini di daerah Rembiga, Kota Mataram. Di sini terdapat banyak deretan warung Sate Rembiga, salah satunya adalah Sate Rembiga Ibu Sinnaseh.

Warung sate ini sudah berdiri sejak taun 1988 dan menjadi pelopor Sate Rembiga di Lombok. Sate Rembiga terbuat dari daging sapi lokal dari Lombok yang dibalut dengan bumbu rempah yang meresap ke serat-serat daging.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang memiliki bumbu basah, bumbu yang ada pada Sate Rembiga menempel pada daging sehingga lebih enak dan unik. Sate Rembiga biasa disajikan bersamaan dengan lontong khas Lombok.

  • Alamat : Jl. Dr. Wahidin No. 11B, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram
  • Operasional : 09.00 – 22.00 WITA
  • Harga : Rp20.000/10 tusuk
  • Kontak : 0819-1799-1747

2. Sate Bulayak Narmada

Sate Bulayak Narmada

* sumber: netz.id

Sate Bulayak merupakan makanan khas Suku Sasak yang sering diburu wisatawan. Sate Bulayak berasal dari Lombok Barat dan dijual di beberapa daerah di Lombok. Salah satu tempat dimana kamu bisa menikmati Sate Bulayak khas Sasak adalah Sate Bulayak Narmada di Kabupaten Lombok Barat.

Sate Bulayak Narmada merupakan warung Sate Bulayak pertama di Pulau Lombok yang kemudian menjadi salah satu makanan khas Lombok yang tak boleh kamu lewatkan. Sate Bulayak terbuat dari daging dan jeroan sapi, dan dibumbui dengan kacang tanah. Bulayak sendiri terbuat dari beras ketan dan santan, kemudian dibungkus dengan daun pohon enau.

  • Alamat : Jl, Wirabhakti, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 16.00 – 21.00 WITA
  • Harga : Rp25.000/10 tusuk
  • Kontak : 0819-1774-4714

3. Warung Sate Hajat

Warung Sate Hajat

* sumber: www.gadizalombok.com

Sate Hajat merupakan sate yang terbuat dari daging kambing yang masih segar karena dipotong langsung di tempat ini setiap harinya. Warung Sate Hajat ini terletak di Labuapi, Kabupaten Lombok Barat. Warung Sate Hajat sudah berdiri sejak tahun 1982 dan terkenal di Lombok Barat.

Daging kambing yang digunakan untuk membuat Sate Hajat sangat lembut dan tidak berbau. Sate Hajat dilengkapi dengan bumbu yang terbuat dari kacang, kecap, serta bawang. Rasanya manis dan gurih. Warung sate yang satu ini menjadi salah satu kuliner favorit di Kabupaten Lombok Barat.

  • Alamat : Jl. TGH. Lopan No. 1, Jerneng, Bagik Polak, Labuapi, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 08.00 – 22.00 WITA
  • Harga : Rp20.000/tusuk

4. Sate Ikan Khas Tanjung

Sate Ikan Khas Tanjung

* sumber: travel.kompas.com

Tak hanya Lombok Barat dan Mataram saja yang memiliki sate khas. Di Lombok Utara, terdapat Sate Ikan yang menjadi makanan khas dari daerah Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. Sate Ikan Khas Tanjung sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan, khususnya bagi pelancong yang menyempatkan singgah di Lombok Utara.

Sesuai dengan namanya, Sate Ikan Khas Tanjung terbuat dari bahan dasar ikan yang biasanya menggunakan ikan tenggiri atau ikan tuna. Sate ini tidak menggunakan bumbu seperti bumbu kacang dan sejenisnya. Namun, rasa yang dihasilkan dari Sate Ikan Khas Tanjung ini berasal dari bumbu yang diolah bersama sate ikan.

  • Alamat : Jl. Raya Tanjung, Sokong, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara
  • Operasional : 11.00 – 20.00 WITA
  • Harga : Rp1.000/tusuk

5. Sate Rembiga Utama

Sate Rembiga Utama

* sumber: www.tripadvisor.com

Tak hanya Sate Rembiga Ibu Sinnaseh, di Mataram, kamu juga bisa mencoba Sate Rembiga Utama yang lokasinya bersebelahan dengan Sate Rembiga Ibu Sinnaseh. Sate Rembiga Utama sudah berdiri sejak tahun 1989 dan tidak memiliki cabang lain.

Sate Rembiga Utama menjadi salah satu tempat favorit untuk menikmati sate khas Lombok ini. Daging yang digunakan berasal dari 100% daging sapi yang empuk dan diolah dengan resep legendaris dimana rempah dan cabai sangat terasa hingga ke dalam serat daging. Jika kamu suka makanan pedas, maka wajib mencoba Sate Rembiga di Pulau Lombok ini.

  • Alamat : Jl. Dr. Wahidin No. 5, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram
  • Operasional : 09.00 – 22.00 WITA
  • Harga : Rp20.000/10 tusuk
  • Kontak : 0819-0900-0089

6. Sate Bulayak Suranadi

Sate Bulayak Suranadi

* sumber: muhdhito.me

Ketika keluyuran di Lombok dan mengunjungi Pemandian Suranadi di Kabupaten Lombok Barat, maka jangan sampai terlewat untuk mencoba Sate Bulayak Suranadi yang letaknya sangat dekat dengan Pemandian Suranadi.

Rumah Makan Suranadi dikenal dengan Sate Bulayak khas Narmada, Lombok Barat. Tempat makan ini cocok dikunjungi bersama keluarga. Jika kamu ingin menyantap sajian dari Rumah Makan Suranadi, bisa memilih duduk di gazebo atau dalam bahasa Lombok dinamakan berugak. Di sini menyediakan beragam menu khas Lombok, khususnya Sate Bulayak.

  • Alamat : Suranadi, Narmada, Kabupaten Lombok Barat
  • Operasional : 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga : Rp25.000/12 tusuk

7. Kuliner Sate Ikan Bakar Khas Kampung Bayan

Kuliner Sate Ikan Bakar Khas Kampung Bayan

* sumber: plesirankotatua.blogspot.com

Menikmati hidangan khas Lombok, akan lebih menyenangkan jika dilakukan di pinggir pantai. Di Kabupaten Lombok Utara, kamu bisa menikmati Sate Tanjung di tepi Pantai Ketapang Tampes. Di sini menyediakan menu Sate Ikan khas Kampung Bayan. Kampung Bayan merupakan kampung tradisional yang terletak di Kabupaten Lombok Utara

Sate Tanjung terletak di Pantai Ketapang Tampes, tepatnya di Jalan Raya Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Jika kamu berencana untuk berkunjung ke Air Terjun Sendang Gile, dari Kota Mataram akan melewati Pantai Ketapang Tampes. Di sinilah kamu bisa mencoba makan Sate Ikan di tepi pantai.

  • Alamat : Selengen, Kayangan, Kabupaten Lombok Utara
  • Operasional : 08.00 – 22.00 WITA
  • Harga : Rp20.000/10 tusuk

8. Sate Joglo

Sate Joglo

* sumber: www.dimanaja.com

Jika Sate Rembiga identik dengan daging sapi yang berasal dari sapi asli Lombok. Maka warung sate yang masih terletak di daerah Rembiga ini menggunakan daging kambing sebagai bahan utamanya. Sate Joglo merupakan salah satu rumah makan yang menyediakan beragam menu berbahan dasar daging kambing.

Sate Joglo terbuat dari daging kambing muda yang empuk dan tidak berbau. Sate Joglo diolah dengan rempah-rempah yang khas sehingga humbunya meresap dan disajikan dengan cabai rawit, bawang merah, tomat, dan kecap manis. Sate Joglo wajib kamu coba ketika berkunjung ke Kota Mataram.

  • Alamat : Jl. Adi Sucipto NO. 2A, Rembiga, Selaparang, Kota Mataram
  • Operasional : 10.00 – 21.00 WITA, Minggu tutup
  • Harga : Rp35.000/10 tusuk
  • Kontak : 0878-8822-2368

9. Sate Kuda Masteng

Sate Kuda Masteng

* sumber: travel.kompas.com

Setelah membahas sate daging sapi, sate kambing, serta sate ikan, bagaimana dengan sate kuda? Di Lombok, terdapat rumah makan yang menyediakan menu khas Sate Kuda, yaitu Sate Kuda Masteng. Kuliner yang satu ini sudah terkenal di kalangan wisatawan Lombok.

Sate Kuda Masteng dipercaya dapat menambah stamina, dan dinilai lebih sehat dibandingkan dengan daging sapi ataupun kambing. Daging kuda memiliki tekstur serat yang lebih besar, dan lembak yang lebih sedikit dibandingkan dengan daging sapi. Satu porsi sate kuda disajikan dengan sambal kacang yang lezat.

  • Alamat : Jl. TGH. Faesal No. 102, Turida, Sandubaya, Kota Mataram
  • Operasional : 10.00 – 22.00 WITA
  • Harga : Rp20.000/5 tusuk
  • Kontak : 0819-1702-1000

Sekian ulasan tentang 9 warung sate yang bisa kamu singgahi di Pulau Lombok. Setelah berkeliling pulau menikmati keindahan alam, tak ada salahnya untuk langsung mencoba kuliner asli Lombok. Ketika keluyuran ke Pulau Lombok, jangan sampai terlewat untuk mencoba sate khas Lombok, ya!

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram