10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal

Ditulis oleh Syuri - Diperbaharui 8 November 2019

Sate lilit adalah sate khas Bali. Resep asli sate ini dibuat dari daging babi dan ikan, tapi karena menyesuaikan dengan orang muslim maka dibuat juga bermacam-macam seperti dari daging ayam dan sapi. Bahan utama dagingnya dicincang, lalu dicampur parutan kelapa, bawang merah, jeruk nipis, merica, santan dan garam.

Semua bahannya ditumbuk menggunakan tumbukan khusus lalu dicetak dengan cara melilit tusukan sate. Berbeda dengan tusukan sate pada umumnya yang tipis-tipis, tusukan sate lilit gepeng dan lebar. Kadang tusukannya menggunakan batang serai segar juga! Makanan ini punya filosofi, loh. Yaitu menggambarkan harapan masyarakat Bali agar selalu bersatu dan tidak dapat dipecah belah, seperti bentuk sate lilit!

Sate lilit biasanya dinikmati sebagai hidangan utama sebagai pelengkap menu nasi campur Bali. Kalau Anda sedang berlibur di Bali dan ingin mencicipi sate lilit yang asli enaknya, Keluyuran sudah merangkum 10 tempat yang recommended. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Warung Wardani

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 1

*Sumber: https://www.instagram.com/hani.yasmine/

Warung Wardani menjual nasi campur khas Bali pada umumnya. Lalu, apa yang membuatnya spesial? Entah kenapa, para artis tanah air demen sekali makan di sini! Tokoh pebisnis juga! Kenapa, ya? Mungkin karena cita rasanya yang memang lezat sekali. Rasanya otentik, begitu menurut review orang-orang yang pernah makan di sini.

Seperti kebanyakan warung nasi di Bali, Warung Wardani menyajikan nasi campur yang berisi sate lilit, sate sapi, empal, ayam suwir, udang, telur rebus, dan sayuran pelengkap seperti buncis dan sayur nangka. Sate lilitnya dibuat dari ikan jadi halal ya, teman-teman Keluyuran!

Terus, satenya sengaja dibuat dengan rempah dan bumbu yang sedikit supaya ikannya lebih terasa. Selain nasi campur Bali, Anda bisa menemukan kulineran lainnya seperti soto babat dan nasi kari.

  • Alamat:
    • Jalan Yudistira No. 2, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar
    • Jalan Waringin No. 3, Kuta Utara (dekat patung kuda Bandara Ngurai Rai)
  • Telepon: (0361)224398 dan (0361)4752130
  • Jam buka: 08:00 – 16:00 WITA
  • Harga: Mulai dari Rp 30.000. Nasi Campur Lengkap Rp 45.000.

2. Sate Lilit Be Paseh

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 2

* sumber: www.kintamani.id

Tempat ini bukan terkenal karena satenya, tapi karena sambalnya yang super mantap! Sate Lilit Be Paseh memang agak berbeda dari tempat sate lilit lainnya, karena di sini menyediakan beragam sambal yang bisa Anda pilih sesuka hati. Ada sambal kacang, sambal sereh, sambal plecing dan sambal mentah. Semuanya enak, tapi kembali lagi ke selera masing-masing, sih.

Terus, tempat sate ini bukan warung melainkan restoran dengan nuansa Bali banget. Anda bisa memilih mau duduk di area outdoor atau di gazebo-gazebo. Be Paseh atau Be Pasih sendiri berarti ikan laut. Makanya, sate lilitnya juga dibuat dari ikan. Selain sate lilit, ada juga menu sop ikan, pepes ikan, ikan bakar, ikan goreng, steak ikan dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jalan Pemuda III No. 24, Renon, Denpasar Selatan, Kota Denpasar
  • Telepon: -
  • Jam buka: 09:00 – 22:00 WITA
  • Harga: Paket pesinggahan Rp 26.500

3. Warung Nasi Ayam Ibu Oki

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 3

* sumber: www.tripadvisor.co.id

Warung Nasi Ayam Ibu Oki memiliki ukuran warung yang tidak besar-besar amat, tapi kenapa tak pernah sepi pengunjung, ya? Ternyata, nasi ayamnya memang juara! Porsinya cukup banyak, terus bumbu khas Bali-nya meresap kuat ke dalam setiap makanannya.

Anda harus tahu kalau cita rasa makanan nasi ayam ini adalah p-e-d-a-s. Jadi, kalau ada anak kecil atau Anda tidak suka pedas, bisa request dulu sebelumnya jangan dibuat pedas.

Satu porsi nasi ayam ini berisi ayam betutu, ayam goreng, sate lilit, telur, ati ampela, pepes, kacang goreng, lawat dan sambal matah. Harganya pun tergolong bersahabat, yaitu 25 ribu saja per porsi nasi ayam komplit.

  • Alamat: 
    • Jalan Siligita No. 27, Nusa Dua, Benoa, Kuta Selatan, Kabupaten Badung
    • Perumahan Puri Jimbaran, Jalan Celaga Basur No. 3Y, Uluwatu 2, Jimbaran
  • Telepon: 0813-5321-3247 dan 0813-5332-2184
  • Jam buka: 08:00 – 21:00 WITA
  • Harga: Mulai dari Rp 20.000

4. Warung Lesehan Mertha Sari

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 4

* sumber: www.tripadvisor.co.id

Ingin mencoba sate ikan yang lezatnya pooooool? Warung Lesehan Mertha Sari menyediakan makanan lezat mulai dari sate lilit ikan tuna, sup ikan, pokoknya semua serba ikan. Jangan lupa makannya ditambah sambal matah supaya makin maknyus.

Jangan lupa cobain juga lawar-nya terus minumnya kelapa langsung dari batoknya, yum!! Semua masakan di sini disajikan dengan piring keramik jadoel yang menambah kesan.

  • Alamat: Jalan Kresna, Pesinggahan, Kec. Dawan, Kabupaten Klungkung
  • Telepon: (0366) 30406
  • Jam buka: 08:00 – 18:00 WITA
  • Harga: Mulai dari Rp 20.000

5. Laka Leke Hideaway Restaurant

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 5

* sumber: b4b1b0y.blogspot.com

LAKA-LÉKÉ berarti "lika-liku" atau "persembunyian" dalam bahasa Bali, adalah restoran saudara dari Café Wayan and Bakery di Jalan Monkey Forest, Ubud. Sesuai namanya, kafe ini tersembunyi dan untuk mencapainya Anda harus melewati jalan berlika-liku dan gang. Tapi, semuanya worth it setelah Anda sampai di sini.

Sejak pertama kali dibuka, Laka-Leke telah dikenal karena desainnya yang menarik dan luas, dengan paviliun terpisah yang diteduhi pepohonan. Kafe ini menawarkan pemandangan indah taman, kolam teratai dan sawah. Makanan lezat, layanan yang ramah, dan suasana yang aromantic di tengah-tengah budaya Bali, semuanya ini membuat Laka Leke tempat yang wajib dikunjungi.

Di Laka Leke Hideaway Restaurant, Anda bisa memesan sate lilit yang dihidangkan dengan sambal spesial. Atau, kalau Anda datang banyakan bersama teman-teman, bisa pesan menu Indonesian Rijstaffel (IDR 350K) yang merupakan sepiring besar untuk dua orang berisi nasi kuning, telur kunyit, kari ayam, ayam jahe, sayuran campur khas Bali, tempe, perkedel jagung, 4 sate lilit dan setengah bebek krispi.

  • Alamat: Jalan Nyuh Bojog No. 32, MAS, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar
  • Telepon: (0361) 977565
  • Jam buka: 09:00 – 23:00 WITA
  • Harga: Mulai dari Rp 35.000

6. Sate Lilit Pak Komang

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 6

* sumber: travelingyuk.com

Lezat, hemat, itulah Sate Lilit Pak Komang. Jangan anggap miring tempat makan ini mentang-mentang lokasinya di pinggir jalan. Warungnya memang sangat sederhana, tapi kelezatan sate lilitnya luar biasa! Sate lilit buatan Pak Komang dibuat dari ikan tenggiri dan racikan bumbu istimewa. Lalu satenya dililit ke pelepah kelapa yang masih muda. Makanya sate lilit Pak Komang punya aroma khas setelah dibakar.

Dan, bagian terbaiknya adalah, makan di sini sangat murah meriah! Satu porsi sate lilit isi 10 tusuk hanya dihargai Rp 10.000 saja! Pesan juga plecing kangkung dengan taburan kacangnya (IDR 5K).

Terus, cobain juga nasi tela (IDR 5K), yaitu nasi dengan potongan tela dan umbi-umbian. Cita rasanya manis tapi cocok dipadukan dengan sate lilitnya. Di sini juga ada bakso ikan tenggiri (IDR 5K isi 5 bakso) yang disajikan dengan kuah segar + topping seledri dan cabai rawit hijau!

Tidak perlu bersusah payah untuk mencicipi Sate Lilit Pak Komang. Lokasi kedainya ada di Jalan Raya Sukowati, sekitar 100 meter dari Pasar Seni Sukowati, tempat favorit wisatawan berburu oleh-oleh.

  • Alamat: Jalan Raya Sukawati No. 75X, Sukawati, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar
  • Telepon: 0812-4645-195
  • Jam buka: 12:00 – 163:00 WITA
  • Harga: Rp 5.000 – Rp 10.000

7. Warung Ari

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 7

* sumber: halalbali.tumblr.com

Sate Ikan Laut Warung Bu Ari atau disingkat jadi Warung Ari menjajakkan sate ikan laut yang diracik dengan berbagai bumbu khas. Disajikan dengan sambal matah yang akan menambah rasa nikmat saat mencicipi sate ikan laut khas Bali ini. Warung sate ikan laut yang selalu ramai dikunjungi ini ada di Jalan Tukad Pakerisan No. 6, Panjer, Denpasar.

Selain sate ikan laut, ada pula sate lilit, aneka tum dan pepes. Sate lilit di sini padat dan chunky, beda dengan sate lilit lainnya yang biasanya lembek dan spongy. Soalnya, Warung Bu Ari menggunakan ikan marlin, yaitu sejenis ikan pedang.

Sedangkan warung lainnya biasanya menggunakan ikan kecil seperti kakap, tongkol, dll. Harga satu tusuk sate lilit hanya Rp 1.250 saja. Kalau Anda beli nasi campur (yang sudah ada sate lilitnya) harganya cuma Rp 15 ribu!

Warung ini bisa Anda kunjungi saat sarapan, makan siang maupun makan sore karena mereka beroperasi dari jam 7 pagi - 4 sore. Dan, tentunya warung makan ini halal, buat yang muslim tidak perlu was-was! Yuk, langsung saja meluncur ke Jalan Tukad Pakerisan! Warung Ari ada di ujung jalan sebelum Jalan Sidakarya.

  • Alamat: Jalan Tukad Pakerisan No. 6, Panjer, Denpasar
  • Telepon: -
  • Jam buka: 07:00 – 16:00 WITA
  • Harga: Mulai dari Rp 20.000

8. Bebek Tepi Sawah

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 8

* sumber: id.openrice.com

Nikmati beragam pilihan masakan, mulai dari Barat kontemporer, kuliner Indonesia dan masakan khas Bali dalam suasana segar di lingkungan pedesaan Bali yang sesungguhnya. Rasakan pengalaman yang luar biasa dari makan di sudut sawah, sambil melihat sawah dan gelombang daun pohon kelapa, serta mendengarkan berbagai nyanyian burung kecil liar.

Walaupun speciality restoran ini adalah bebek, Anda tidak bisa melewatkan sate lilitnya juga! Pesan menu Nasi Campur yang terdiri dari udang goreng, telur, sate lilit ayam, sayuran khas masakan Bali, kerupuk dan sambal. Atau, kalau mau sate lilitnya saja, pesan menu Sate Lilit yang dibuat dari daging ayam dan rempah Bali.

  • Alamat: Beachwalk Shopping Center Lantai 3. Jalan Pantai Kuta, Kuta
  • Telepon:+62 361 8464888
  • Jam buka: 11:00 – 23:00 WITA

 

  • Alamat: Bintang Bali Hotel Arcade. Jalan Kartika Plaza, Kuta
  • Telepon: +62361 8465717
  • Jam buka: 10:30 – 23:00 WITA

 

  • Alamat: Regional areas BTDC Bali Collection, Nusa Dua, Kuta Selatan
  • Telepon: +62361 770221
  • Jam buka: 10:00 – 22:00 WITA

 

  • Alamat: Krisna Wisata Kuliner Lantai 2. Jalan Raya Tuban, Kuta, Badung
  • Telepon:+62361 767251
  • Jam buka: 10:00 – 22:30 WITA

9. Nook

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 9

* sumber: travelingyuk.com

Nook beken sekali di Instaagram. Nook adalah sebuah restoran dengan konsep semi terbuka. Daya tarik utama restoran ini adalah tempatnya yang sangat Instagenic. Anda akan dimanjakan dengan hamparan sawah, membuat Anda merasa adem dengan cuaca Bali yang panas. Selain itu, di dalam Nook tersedia banyak kerajinan tangan orang Bali yang bisa Anda beli juga.

Sedangkan untuk menu makanannya ada kuliner tradisional Bali hingga makanan Barat. Anda bisa pesan melalui waiter atau pun langsung tunjuk ingin makan apa, soalnya konsepnya seperti warteg hehe, tapi dengan tempat ala resto.

Menu Nasi Campur ala Bali merupakan pilihan yang tepat kalau Anda mau makan nasi dengan sate lilit. Tapi kalau mau sate lilit-nya saja juga bisa, pilih menu Sate Lilit Ayam khas Bali.

  • Alamat: Jalan Umalas I No. 3, Kerobokan Kelod, Kec. Kuta Utara, Kabupaten Badung
  • Telepon: +62 361 8475625
  • Jam buka: 10:00 – 23:00 WITA
  • Harga: Mulai dari Rp 30.000

10. Nasi Jinggo Simpangan

10 Rekomendasi Tempat Makan Sate Lilit di Bali yang Halal 10

* sumber: travelingyuk.com

Kalau di Yogyakarta ada nasi kucing, di Bali ada nasi jinggo. Salah satu nasi jinggo yang populer adalah Nasi Jinggo Simpangan. Kedainya terletak di Jalan Thamrin, Denpasar. Kenapa nasi jinggo di sini begitu digemari? Karena harganya murah, tapi nasinya pulen dan rasa lauknya lezat-lezat.

Isian nasi jinggo padat ramai. Ada telur dadar, kacang mentik, ayam suwir, mie goreng, tempe manis, serundeng dan sambal yang pedasnya mantap. Terus, orang-orang sering order telur rebus setengah matang juga, soalnya telur rebusnya pas banget dibuat dengan penuh perhitungan, jadi entah kenapa rasanya enak banget. Dan, tentunya, Anda bisa memesan sate lilit juga untuk menemani makan nasi jinggo.

  • Alamat: Banjar Simpangan, Jalan Uluwatu No. 109, Denpasar
  • Telepon: 081339650213
  • Jam buka: 19:00 – 01:00 WITA
  • Harga: Rp 3.000/bungkus

Nah, itulah tempat-tempat yang recommended untuk mencoba sate lilit di Bali. Tenang saja, semuanya halal dan harganya tidak mahal, bahkan ada yang murah banget. Anda tahu tempat sate lilit lainnya yang harus dikunjungi? Komen di bawah, ya!

Oh iya, selain tempat makan sate lilit, saat di Bali juga Anda harus kunjungi tempat wisatanya, ya! Ingin tahu tempat wisata keren di Bali? Yuk, langsung kunjungi artikel Tempat Wisata di Bali ini!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram