8 Warung Sate Maranggi di Bandung yang Recommended

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Indonesia adalah negeri dengan ragam kuliner yang kaya. Setiap daerah di seluruh Negara khatulistiwa mempunyai kuliner khas yang lezat dan menjadi potensi lokal yang patut dibanggakan. Salah satu kuliner Nusantara yang terdapat di hampir seluruh penjuru negeri ini adalah sate. Sate di setiap daerah mempunyai ciri khasnya sendiri. 

Di antara sekian banyak jenis sate, sate Maranggi menjadi salah satu sate yang banyak dicari oleh penikmat kuliner. Kita dapat menemukan warung sate di hampir seluruh wilayah Jawa Barat, termasuk Bandung. Kamu bisa menemukan sate Maranggi yang enak di beberapa warung sate di Bandung, berikut daftar tempatnya.

1. Sate Hadori

sate hadori

 Warung sate Hadori adalah salah satu warung sate legendaris di Bandung. Usia warung sate ini sudah mencapai 80 tahun. Warung sate yang dijalankan turun temurun ini terkenal dengan sate kambingnya yang empuk dan juicy. Penampilan sate dan aroma khas dari sate ini pun kerap membuat orang tergiur. 

Sate Hadori memilih kambing muda sebagai bahan baku utamanya sebab daging kambing muda dipercayai mempunyai tekstur daging yang lembut dan pepal. Cara memasak pemilik warung sate ini pun membuat sate tidak berbau amis. 

Satu porsi sate terdiri dari satu bakul kecil nasi hangat dengan bumbu dan acar. Ada dua jenis bumbu yang disajikan oleh pemilik warung sate Hadori, yakni bumbu kacang dan bumbu kecap. Tak lupa ada potongan cabe rawit disediakan buat pelanggan yang menyukai pedas. 

Istimewanya, di warung sate ini pengunjung dapat melihat proses pembakaran sate yang terletak disamping warungnya. Dari sini pula pengunjung dapat melihat daging-daging berukuran besar digantung berderet. 

Warung sate yang pertama kali dijalankan oleh Kakek Inung asal Garut ini tercatat pernah dikunjungi oleh para pesohor dan pembesar negeri ini. Yang terbaru, tahun 2018 silam sate Hadori dikunjungi oleh Bapak Presiden RI, Bapak Jokowi. 

Pada saat itu beliau tengah mengunjungi Bandung dalam rangka perayaan Hari Pahlawan. Dalam lawatannya kala itu beliau mengunjungi Gedung Sate, Taman Makam Pahlawan Cikutra dan lain-lain. Dan tentu saja warung sate Hadori mendapat kesempatan dikunjungi orang nomor satu di Indonesia ini. 

  • Alamat: Jl. Stasiun Selatan No.11-12 Kec Andir kota Bandung Jawa Barat
  • Harga: Rp60.000/10 tusuk
  • Jam buka: 10.00-02.00/24 jam 
  • Telpon: (022)4232312

2. Sate Maranggi 77

Sate Maranggi 77

* sumber: www.infobdg.com

Jika kebetulan kamu sedang berada di Jl. Burangrang, mampir lah ke warung sate Maranggi 77. Warung sate ini menyajikan sate yang lembut dan enak. Sate dipotong besar-besar lalu ditusuk dengan bambu. 

Satu porsi sate terdiri dari nasi hangat yang disajikan dalam bakul kecil, sepiring acar dan lengkap dengan bumbu kacang dan cabe rawit. 

Warung sate Maranggi 77 berada tak jauh dari warung bakso Enggal Malang. Tempat ini tidak sulit dicari karena berada di pinggir jalan besar. 

  • Alamat: Jl. Burangrang Bandung
  • Harga: Rp30.000
  • Jam buka: Minggu 10-00-22.00 WIB

3. Warung Sate Pak Gino

Warung Sate Pak Gino

Sate Maranggi selanjutnya yang ada di Bandung dapat kamu temukan di warun sate Pak Gino. Di sini pengunjung dapat mencicipi sate racikan pria yang berasal dari Sidareja ini. Sate Maranggi Pak Gino disajikan dalam hot plate yang membuat panas sate tetap terjaga. 

Sebagai menu pelengkapnya ada acar dan bumbu kacang yang gurih. Ada pula nasi atau lontong bagi pelanggang yang belum cukup kenyang hanya dengan menyantap satu porsi sate Pak Gino. 

Dalam meracik satenya, Pak Gino punya resep khusus. Ia membumbui sate dengan racikan asam, gula merah dan garam. Setelah itu, sate dibakar setengah matang. Lalu, sate dicelupkan pada bumbu yang sama. Terakhir, sate dibakar sampai matang. 

Cara masak seperti ini menghasilkan cita rasa daging yang empuk dan lezat. Bumbunya meresap sempurna. Kamu tidak perlu lagi menambahkan bumbu kacang untuk menikmati sate Pak Gino. Bumbu khas yang dicelupkan pada proses pembakaran sudah menghasilkan rasa yang enak. 

Selain satenya yang lezat, Pak Gino mempunyai menu andalan lainnya, yaitu tongseng kambing. Kuah tongseng yang kekunigan dan beraroma rempah ini dibanderol dengan harga Rp25.000/porsi. Semangkuk tongseng dengan potongan daging besar di dalamnya dapat kamu nikmati. 

  • Alamat: Jl. Sunda No.76, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113
  • Harga: sate Rp45.000, lontong Rp6.000, tongseng Rp25.000
  • Jam buka: Sabtu-Kamis 09.00-23.00
  • Telepon: 022 4222532

4. Sate Maranggi Guru Mughni

Sate Maranggi Guru Mughni

* sumber: www.kataindonesia.com

Warung sate Maranggi biasanya berupa warung pinggir jalan dengan interior yang tidak mewah. Namun, di warung sate Guru Mughni Bandung kamu dapat menikmati sate Maranggi dengan suasana yang nyaman dan tenang. 

Meja makan warung sate ini cukup luas dan tidak berdesak-desakan. Terdapat ruangan ber-AC dan ruangan merokok. 

  • Alamat: Jl. Cilaki No.51 Bandung
  • Harga: Rp40.000
  • Jam buka: Senin-Jumat 11.00-21.00 Sabtu-Minggu 11.00-23.30
  • Telpon: 087828282870, 087830344559

5. Kedai Rakha

Kedai Rakha

Sate Maranggi berikutnya berada di Bandung Timur. Sate khas Purwakarta ini dapat kamu temukan di Kedai Rakha. Sang pemilik Kedai Rakha, HF membuka warung sate bersama sang ibu yang telah lebih dulu terjun ke dunia kuliner. Mereka berdua mengelola sate yang sudah cukup popular di kota Bandung. 

Kedai Rakha yang dikelola oleh ayah dua orang anak ini terkenal dengan rasanya yang lembut, wangi dan yang paling penting adalah harganya yang relative murah. Selain sate Maranggi, Kedai Rakha menyediakan gulai kambing dan sapi, pepes ayam dan aneka masakan rumahan. 

  • Alamat:  Cisaranten Baru No. A13, Cisaranten Kulon, Arcamanik, Kota Bandung.
  • Harga: sate sapi dan kambing Rp25.000, sate ayam Rp15.000
  • Jam buka: setiap hari 11.00-21.00
  • Telpon: 08122080312

6. Sate Maranggi Cianjur Pak Ade

Sate Maranggi Cianjur Pak Ade

Kuliner khas Purwakarta ini dapat kamu temukan di warung sederhana yang dikenal dengan nama sate Maranggi Cianjur Pak Ade. Warung sederhana yang menyajikan menu sate super lezat ini tersaji dengan bumbu kacang dan acar segar sebagai pelengkap sate. 

Ada nasi dan ketan bakar sebagai pelengkap makan sate di warung Pak Ade. Warung sate ini menyajikan dua pilihan sate, yaitu sate sapi spesial dan sate jando. 

  • Alamat: Lingkar Selatan, Jl. BKR No.81, Ancol, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40253
  • Harga: Rp3.000/tusuk
  • Jam buka: Senin-Minggu 11.00-22.00 WIB
  • Telepon: 0858-6312-3304

7. Sate Maranggi Mang Ujang

Sate Maranggi Cianjur Pak Ade

* sumber: ayobandung.com

Kalau biasanya sate Maranggi terbuat dari kambing atau daging sapi, sate Maranggi Mang Ujang menyajikan sate Maranggi yang terbuat daging ayam. Meskipun ada sate Maranggi sapi dan sate sapi campur jando serta kambing, sate Maranggi ayam dari warung sate ini terkenal. 

Pak Ade menyajikan satenya dengan sepiring sambal kecap yang ditambahkan potongan tomat, bawang dan cabe rawit. Ada pula sop iga sapi, sop kaki sapi dan gule kambing di warung ini. Semuanya dibanderol dengan harga yang relatif murah. 

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.707, Cibuntu
  • Harga; Sate sapi spesial Rp40.000, Sate sapi Rp30.000, nasi Rp5.000
  • Jam buka: Senin-Minggu 11.00-22.00 WIB
  • Telepon: +6285863123304

8. Sate Maranggi Ko Angga

Sate Maranggi Ko Angga

* sumber: www.traveloka.com

Sate Maranggi Ko Angga merupakan sate Maranggi yang sudah punya nama di kota Bandung. Warung sate yang berlokasi di dekat Gasibu ini menjadi tempat kuliner sate di Bandung yang banyak dicari oleh para penikmat kuliner. 

Di warung sate Ko Angga ini tersedia menu lain seperti oseng mercon Maranggi sapi/kambing, tongseng sapi dan kambing serta sop. Lotek dan karedok pun menjadi menu alternatif yang banyak dicari juga loh. 

  • Alamat:  Jl. Surapati no.59 Bandung
  • Harga: Rp3.000
  • Jam buka: Senin-Kamis 09.00-22.30 Jumat 16.00-22.30 Minggu 08.00-22.00
  • Telpon: 0856-2224-440

Banyak yang tergiur dengan rasa unik sate Maranggi yang gurih dan manis serta aroma bawang goreng pada setiap potongan daging. Penggemarnya bukan hanya berasal dari negeri kita saja loh. Orang Korea Selatan pun tertarik dengan kuliner khas Purwakarta ini saat dipilih menjadi menu makan siang presiden Jokowi pada acara kunjungan negara. Nah siapa yang tergiur juga mencicipi kelezatan makanan ini?

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *