Inilah 5 Tempat Sate Maranggi Paling Enak di Purwakarta

Ditulis oleh Reisa Caroline

Sate Maranggi merupakan kuliner khas sekaligus ikon dari Purwakarta. Kalau bicara soal rasa,sate maranggi ini yang sudah melegenda ini sudah tidak perlu diragukan lagi deh. Rasanya lezat dan pastinya berbeda dari sate-sate lain yang ada di kota lain. Untuk kamu yang belum pernah mencoba sate maranggi, pasti bertanya apa sih bedanya sate maranggi dengan sate lainnya?

Perbedaan sate maranggi khas Purwakarta dengan sate lain adalah dari cara mengolah dagingnya. Untuk sate maranggi, ada beberapa tahap yang diperlukan dalam proses pembuatannya. Pertama, daging diberi bumbu rempah terlebih dahulu. Lalu setelah bumbu dibiarkan meresap, barulah daging sate dibakar.

Jadinya sudah terbayang kan bagaimana lezatnya daging yang sudah dibumbui rempah itu? Dan karena daging yang sudah berbumbu itu pula, penyajiannya dari sate maranggi ini sudah tidak lagi diperlukan bumbu kacang seperti sate pada umumnya. Cukup ditambahkan dengan irisan cabai dengan potongan tomat segar saja rasanya sudah nikmat sekali.

Nah, kalau kamu sedang berkunjung ke Purwakarta pastinya akan menemui banyak sate maranggi dengan nama yang berbeda. Tidak perlu pusing memilihnya, yuk, simak saja dulu rangkuman tempat Sate Maranggi Khas Purwakarta yang paling enak berikut ini.

1.Sate Maranggi Hj. Yetty

sate maranggi bu yetty

Sate Maranggi yang enak pertama di Purwakarta adalah Sate Maranggi Hj. Yetty. Kalau sedang berkunjung ke Purwakarta tapi ngga mampir kesini rasanya pasti kurang afdol. Menu utama di sini pastinya adalah sate maranggi dan es kelapa muda. Selain itu, terdapat juga menu lainnya seperti ikan gurami bakar, sop daging, sayur asem, gado-gado, nasi tutug oncom dan masih banyak lagi.

Untuk pilihan daging satenya cukup beragam yaitu ada daging sapi, daging ayam dan daging kambing. Ada sambal kecap dengan irisan cabai dan tomat segar sebagai pelengkap. Tapi kamu mesti hati-hati karena sambalnya ternyata lumayan pedas, lho!

  • Alamat: Jl. Raya Cibungur, Bungursari Purwakarta Jawa Barat
  • Jam Operasional: 07.30-21.00
  • Harga: Rp4.000 per tusuk
  • Kontak: (0264) 351077

2. Sate Maranggi Abah Use

Sate abah use

Salah satu sate maranggi yang paling dicari wisatawan dan wajib dicoba adalah Sate Maranggi Abah Use. Sate Maranggi satu ini rupanya bukan hanya terkenal oleh wisatawan luar kota, tapi warga Purwakarta sendiri pun sangat menikmati sate di sini.

Sate yang disajikan disini terkenal dengan keempukannya dan rasa lezat bumbunya yang melekat pada dagingnya. Dijamin akan membuat kamu ketagihan. Untuk menu yang disajikan disini bukan hanya sate saja tapi ada juga menu lainnya seperti karedok, sop daging, es kelapa muda dan menu lainnya. Oh ya, kalau kesini wajib banget untuk mencoba sop iga kuah beningnya, dijamin ketagihan!

  • Alamat: Jl. Terusan Kapiten Halim No. 105  Purwakarta
  • Jam Operasional: 08.00-17.00
  • Harga: Rp2.000 per tusuk

3. Sate Maranggi Saung Nyumput

sate maranggi saung nyumput

Sate maranggi yang wajib dicoba selanjutnya adalah Sate Maranggi Saung Nyumput. Sesuai dengan namanya nih, di sini kamu bisa menikmati sate maranggi di saung dengan pemandangan alam yang menyegarkan mata. Di depan saung tempat makan pengunjung, terdapat kolam yang bikin suasana menjadi adem dan tenang.

Sate Maranggi Saung Nyumput sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang berlibur ke Purwakarta bersama keluarga. Tempatnya cukup luas, lokasinya yang menyenangkan dan juga mudah dicari. Soal rasa? Tidak perlu ditanya lagi sih pastinya enak dan memuaskan.

  • Alamat: Jl. Raya Anjun-Plered, Purwakarta
  • Jam Operasional: 09.00-21.00
  • Harga: Rp2.000 per tusuk

4. Sate Maranggi Bu Eri

sate maranggi bu eri

*

Sate maranggi yang enak selanjutnya adalah Sate Bu Eri. Sudah pernah kesini belum? Walaupun mungkin namanya kurang setenar sate maranggi lainnya, Sate Bu Eri menjadi salah satu pilihan tempat sate maranggi yang wajib dicoba kalau kamu sedang mampir atau memang berniat wisata kuliner ke Purwakarta. Sama seperti tempat sate maranggi lainnya, di sini tersedia pilihan daging yaitu sate sapi, sate ayam juga kambing.

Tempatnya yang cukup luas menjadi pilihan yang pas untuk menjadi tempat makan siang bersama keluarga. Walaupun begitu bukan berarti rasanya tidak enak lho.

  • Alamat: Jl. Wanakerta, Bungursari Purwakarta
  • Jam Operasional: 08.00-19.00
  • Harga: Rp1.500 per tusuk

5. Kampung Maranggi

kampung maranggi

*Sumber: https://penakecil.com/wisata-purwakarta/kampung-maranggi-5938a33c56977383068b4567/

Kampung Maranggi merupakan sebuah tempat khusus para penjual sate maranggi yang didirikan oleh pemerintahan kabupaten Purwakarta. Tujuan didirikannya Kampung Maranggi ini adalah supaya kuliner khas Purwakarta ini bisa dikenal secara luas serta membantu usaha masyarakat sekitar.

Jadi dengan kata lain, bisa dikatakan kalau Kampung Maranggi ini adalah surga wisata kuliner untuk para wisatawan karena tidak perlu jauh-jauh kita bisa dapat mencicipi kuliner khas Purwakarta.

Nah, kalau berdasarkan lokasinya, Kampung Maranggi ini menjadi tempat kuliner yang cocok untuk didkunjungi khususnya untuk kamu yang datang menggunakan kereta api karena letaknya yang berada sebelah stasiun Kereta Api Plered.

  • Alamat: Alun-alun Kecamatan Plered, Purwakarta (Sebelah Stasiun Kereta Api Plered)
  • Jam Operasional: 04.30-12.00
  • Harga: Rp1.500 per tusuk

Selain memang dikenal dengan wisata kuliner khas-nya yaitu sate maranggi, di Purwakarta juga banyak tempat wisata menarik yang wajib dikunjungi. Yuk, baca dulu ulasan tempat wisata yang menarik di Purwakarta supaya liburan kamu jadi lebih seru.

Sekian ulasan tentang 5 tempat sate maranggi yang enak di Purwakarta versi Keluyuran. Walaupun mungkin kamu bisa mendapatkan sate maranggi di kotamu, tetap wajib banget nih untuk mencicipi sate maranggi langsung dari tempat asalnya. Kalau kamu punya rekomendasi tempat makan sate maranggi lainnya, yuk bagikan di kolom komentar bawah ini.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram