Keluyuran / Kuliner Daging Bandung / Yuk, Cobain 7 Sate Taichan Goreng Paling Enak di Bandung

Yuk, Cobain 7 Sate Taichan Goreng Paling Enak di Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2019

Penggemar kuliner pasti tahu sate taichan, tapi ada cukup banyak orang juga yang belum familiar dengan kudapan ini, loh! Jadi, sate taichan adalah sate yang biasanya dibuat dari daging ayam, sate ini dibakar tanpa baluran bumbu kacang atau pun kecap seperti sate yang selama ini kita kenal. Sate taichan disajikan dengan sambal pedas dan kadang perasan jeruk nipis.

Untuk orang yang belum pernah mencoba pasti berpikir sate ini aneh karena disajikan polos, terus hanya ada sambal saja sebagai pelengkapnya. Belum lagi dagingnya yang putih mulus seperti digoreng, padahal kebanyakan cara memasak sate ini tetap dibakar, walaupun ada beberapa kedai yang memang menggorengnya. Tapi, coba saja dulu, siapa tahu malah Anda bakal ketagihan dengan sensasi pedas, asin dan asam dari sate taichan.

Jika sate madura yang biasa kita konsumsi lebih banyak dijual malam hari, sate taichan ada yang dijual sejak pagi/siang, karena cukup banyak tempat sate taichan yang berupa kedai atau kafe. Tapi, ada juga yang berjualan malam hari menggunakan tenda di pinggir jalan seperti sate pada umumnya.

Karena peminat sate taichan sangat tinggi, wajar saja kalau di kota besar seperti Bandung ada banyak yang menjualnya. Tapi, tempat manakah yang terbaik? Berikut adalah sate taichan goreng Bandung yang recommended versi Keluyuran.

1. Sate Taichan Bengawan

* sumber: www.google.com

Kalau Anda bertanya pada orang Bandung, “mana sate taichan yang paling enak?”, pasti jawabannya adalah Sate Taichan Bengawan. Kedai sate ini punya banyak cabang di kota-kota besar lainnya selain Bandung, yaitu di Bogor, Bekasi, Tangerang, Jakarta dan Surabaya. Untuk yang di Bandung terletak di daerah Buah Batu.

Jika Anda baru pertama kali mencoba sate taichan dan langsung ke tempat ini, pasti sate-sate lainnya akan selalu Anda bandingkan dengan Sate Taichan Bengawan, karena memang seenak itu. Sambalnya dikasih banyak karena memang teksturnya cair gitu, dan pedasnya tuh pooool banget! Satenya enak, tidak keras, dan harganya terjangkau.

Satenya dijual per 5 atau 10 tusuk, dengan kisaran harga 12-22 ribu per porsi. Sate ayamnya menggunakan daging dada rendah lemak. Terus, bedanya dari kedai sate lainnya, Sate Taichan Bengawan memasak satenya dengan metode goreng, bukan bakar. Jadi hasilnya lebih crunchy dan tidak juicy di dalam. Selain sate daging ayam, coba juga sate kulit ayamnya yang kriuk-kriuk karena digoreng, bukan dibakar. Follow Instagram mereka di @taichanbengawan.

  • Alamat : Jalan Buah Batu No. 49, Malabar, Lengkong
  • No. Telepon : 0822-1445-2767
  • Jam Buka : Setiap hari jam 15.00–23.00
  • Harga : Rp 12.000 – Rp 22.000

2. Sate Taichan 8

*Sumber: https://www.instagram.com/p/Bznty0GHiuJ/

Sate taichan ini sudah berdiri sejak 2016! Cabangnya sudah di mana-mana, ada di Tangerang, Malang, Cirebon, Tasikmalaya, Pekalongan, Bekasi, Galaxy, Semarang, Grogol dan tentunya Bandung juga.

Selain Sate Taichan Bengawan, orang-orang Bandung setuju kalau sate ini merupakan kedai sate taichan terbaik di kota. Menu yang tersedia di sini adalah sate full daging, sate campur (daging dan kulit), serta sate kulit aja.

Cita rasa satenya asin (tapi bukan asin giung, ya!) terus sambalnya pedas dan ada asam-asamnya dari jeruk. Oh, iya, kalau Anda kurang suka kulit yang genyal-genyal bisa request dimasak lebih kering. Anda bisa datang ke kedainya langsung atau pun memesannya secara online via chat LINE official mereka di @sate.taichan8.

  • Alamat : Jalan Cibadak No.62, Karanganyar, Kec. Astanaanyar
  • No. Telepon : 0878-2928-8833
  • Jam Buka : Setiap hari jam 18.00–23.30
  • Harga : Rp 5.000 – Rp 25.000

3. Sate Taichan Buah Batu

* sumber: pergikuliner.com

Tempat sate taichan yang sudah cukup lama beroperasi, Sate Taichan Buah Batu. Kalau Anda mau nyate taichan tapi lebih terkesan high class, cobain datang ke sini, deh. Soalnya ini ngafe banget, dengan kursi warna-warni dan tempat yang cozy. Berlokasi di gedung Viersa lantai 3, Anda akan mendapatkan view yang bagus dan suasana ala-ala rooftop cafe.

Menunya seperti biasa ada sate daging ayam, sate kulit ayam, tapi yang beda di sini ada menu lainnya juga seperti sate telur puyuh, bola salmon, fish tofu, stick kepiting, sate sayap ayam, sate taichan sapi!!, sate usus, dan masih banyak lagi menu lainnya yang tidak akan Anda temukan di sate taichan lain.

Kalau Anda bingung memilih dan datangnya rombongan, beli Paket Kombo saja. Harganya cuma 100K dan Anda akan mendapatkan 15 sate campur, 4 nasi, 3 saus, dan satenya disajikan pakai pan di atas kompor! Jadi, sate Anda bakal selalu panas, kalau kurang krispi bisa Anda panggang lagi. Dan, alasan kenapa satenya disajikan pakai griller adalah, sate ini pakai topping keju mozzarella yang fresh dan chewy banget!

  • Alamat : Jalan Buah Batu No. 161, Viersa Building lantai 3A (samping McDonalds)
  • No. Telepon : 081222568883
  • Jam Buka : Setiap hari jam 13.00–21.00
  • Harga : Rp 5.000 – Rp 100.000

Tapi, katanya sate taichan ini sedang tutup Sementara karena sedang direnovasi. Untuk informasi lebih lanjut silakan follow Instagram mereka di @satetaichan_buahbatu atau hubungi di nomor di atas, ya.

4. Sate Taichan “Goreng”

Sate Taichan "Goreng"

Anda mungkin tahu tempat ini karena Anda follow selebgram Rachel Vennya, yap, Sate Taichan “Goreng” adalah usaha kuliner pertama Rachel dan suaminya, Niko. Mungkin awalnya kedai taichan ini memang terkenal karena pemiliknya, tapi satenya memang enak, jadi yang bukan penggemar pasangan seleb Instagram itu pun menyukainya.

Tak seperti kedai-kedai lainnya yang menggunakan daging dada ayam filet, di sini mereka pakai daging paha ayam segar, jadi dagingnya empuk dan lebih juicy. Terus, yang menarik dari Sate Taichan “Goreng” adalah sambalnya, yaitu Sambal Saidah. Konon katanya resep sambal ini didapatkan dari mbak Saidah, asisten rumah tangga Niko.

Cobain juga menu lainnya seperti Sate Kupaitsu, yaitu sate ayam dengan bumbu rempah. Terus best seller-nya ada sate pisang nugget, sate kulit ayam, dan masih banyak lagi.

  • Alamat :
    • [Pusat] Jalan Taman Sari No. 19A, Bandung Wetan
    • [Cabang Baru] Jalan Banda No. 2S, Tongdeng, Merdeka, Sumur Bandung
  • No. Telepon : –
  • Jam Buka : Setiap hari jam 11.00–00.00
  • Harga : Rp 25.000

5. Gerobak Sate Taichan

* sumber: pergikuliner.com

Gerobak Sate Taichan benar-benar dijual di gerobak. Kedai ini akan membawa Anda menuju sensasi makan sate pinggir jalan. Memang, sate yang pedas ini paling cocok dinikmati sambil menikmati jalanan dan udara malam Bandung yang sejuk.

Pilihan menu di sini cukup beragam, jadi, kalau Anda bingung pesan saja Sate Mix (sate ayam, kulit, usus dan kikil sapi). Kalau Anda lapar berat, bisa pesan lontong atau nasi juga. Tidak kuat pedas? Tenang saja, Anda bisa pilih level pedas dari 1-3.

  • Alamat :
    • [PUSAT] Jalan Ambon No. 11, Citarum, Kec. Bandung Wetan
    • [Cabang 1] Jalan Margasari Ciwastra (Margacinta) No. 175, Cijaura, Buahbatu, Margasari, Kec. Buahbatu
  • No. Telepon : 0812-2150-4675 (Margacinta)
  • Jam Buka : Setiap hari jam 16.00–00.00 (Ambon), 16.30–23.00 (Margacinta)
  • Harga : Rp 15.000–18.000

6. Sate Taichan Senayan

* sumber: pergikuliner.com

Tak perlu ke Senayan memesan Sate Taichan Senayan, karena kedai ini ada di Bandung juga. Bahkan lokasinya ada di dua mall besar, yaitu di TSM dan Paskal. Pernah tidak, Anda makan sate taichan tapi hambar, dagingnya tidak terasa apa-apa. Nah, Anda tidak akan dikecewakan seperti itu kalau datang ke Sate Taichan Senayan.

Di sini semua satenya mantap betul, bumbunya meresap banget ke dalam daging, jadi kalau dimakan tanpa sambal pun tetap terasa enak. Sayangnya Anda cuma dikasih sambal seucrit alias sedikit. Tapi, sedikit juga rasanya sudah nampol, apalagi kalau ditambah perasan jeruk limau.

Sayangnya lagi, harga sate di sini cukup mahal dibandingkan di tempat lainnya. Harga satu tusuk Sate Taichan original adalah 3K, Sate Kulit 5K, lalu menu lainnya juga cukup pricey seperti Pentol Taichan 30K, Ayam Geprek Taichan + Nasi 40K, Cireng Taichan 20K, dan masih banyak lagi. Kalau Anda tidak keberatan makan sate taichan enak tapi agak mahal, datang ke Sate Taichan Senayan, ya.

  • Alamat :
    • Straits Kitchen, Trans Studio Mall Bandung Lantai 2. Jalan Gatot Subroto No. 289
    • Paskal Food Market, Paskal Hypersquare (23 Paskal Shopping Center). Jalan Pasir Kaliki no. 25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir
  • No. Telepon : –
  • Jam Buka : Setiap hari jam 10.00–22.00
  • Harga : Rp 3.000–49.000

7. Sate Taichan SS

* sumber: satetaichanss.business.site

Rekomendasi terakhir, adalah Sate Taichan SS. Ingin makan taichan yang ada smoking area-nya? Terus free WiFi? Sate Taichan SS yang paling pas buat Anda. Harga satenya lumayan mahal tapi masih lebih murah dari pada Sate Taichan Senayan.

Harganya IDR 2.7K untuk sate daging asin, 2.9K untuk daging manis, 3.1K untuk daging asin pedas, 3.3K untuk daging manis pedas. Itu semua harga per tusuk, ya! Terus, ada juga menu lainnya yaitu Sate Kulit dengan macam-macam rasa yang sama seperti sate dagingnya. Terus ada menu baru, yaitu Indomie Taichan (IDR 17.5K), Samyang Taichan (50K) dan Taichan Mozzarella (32.5K).

Kalau Anda datang rombongan, pesan saja Paket Hemat yang terdiri dari puluhan sate dengan harga yang lebih bersahabat. Follow Instagram mereka di @sate_taichan_ss untuk informasi ter-update mereka.

1. Cabang pertama

  • Alamat : Sudirman Street Day & Night Market. Jalan Jend. Sudirman No. 107
  • No. Telepon : 022 4207348
  • Jam Buka : Setiap hari jam 11.00–23.00
  • Harga : Rp 3.000–49.000

2. Cabang kedua

  • Alamat : Jalan Pasir Kaliki No. 106, Arjuna, Kec. Cicendo
  • No. Telepon : 0812-1412-6764
  • Jam Buka : Setiap hari jam 17.00–00.00
  • Harga : Rp 3.000–49.000

3. Cabang ketiga

  • Alamat : Jalan Taman Kopo Indah Ruko A1 No 12, Mekar Rahayu, Kec. Margaasih
  • No. Telepon : 0812-1412-6764
  • Jam Buka : Setiap hari jam 16.00–23.00
  • Harga : Rp 3.000–49.000

4. Cabang keempat

  • Alamat : Jalan Halte Utara No. 11 A, Garuda, Andir
  • No. Telepon : 0821-2125-7999
  • Jam Buka : Setiap hari jam 17.00–23.00
  • Harga : Rp 3.000–49.000

Ya, itulah tadi beberapa tempat sate taichan goreng yang paling enak dan populer di Bandung. Jadi, kalau Anda mengunjungi Bandung jangan lupa untuk datang ke semua tempat yang kami rekomendasikan tadi, ya. Tapi, kalau Anda butuh rekomendasi tempat makan sate taichan lainnya di Bandung, bisa kunjungi artikel ini.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *