Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Januari 2019

Sea food atau boga bahari merupakan aneka hidangan laut, bisa merupakan hewan atau tumbuhan, asal itu diambil dari laut ataupun hasil budidaya. Para penggemar makanan olahan laut seharusnya memiliki tubuh yang sehat, karena boga bahari merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan iodium).

Di Bandung ada banyak sekali tempat makan yang khusus menyediakan seafood, loh. Ingin tahu tempat yang mana saja yang recommended? Keluyuran punya rekomendasi 10 tempat  makan seafood enak di Bandung untuk kamu:

10 Kuliner Seafood Enak di Bandung

1. Parit 9 Seafood

Parit 9 Seafood

* sumber: www.opensnap.com

Slogan seafood enak di Bandung ini adalah ‘Pesta Makan Kepiting’. Walaupun slogannya hanya menyebutkan kepiting, tapi di sini tersedia aneka seafood lainnya seperti udang, cumi, bawal, kerapu, hingga aneka kerang. Parit 9 Seafood ini sangat populer karena sajian seafood mereka standar restoran tapi dengan harga kaki lima alias murah meriah.

Di sini kamu memilih sendiri jenis dan ukuran seafood sebelum dimasak. Kamu juga memilih mau seafood yang masih hidup baru di masak atau yang fresh alias sudah tidak hidup tapi masih segar.

Kisaran uang yang perlu dikeluarkan untuk makan di sini mulai dari Rp 50 – 300 ribuan. Langsung datang saja ke Jalan Anggrek No. 61. Mereka buka setiap hari dari jam 10 pagi – 10 malam. Kamu bisa telepon mereka di nomor ini (022) 7103996.

2. HDL 293 Seafood

hdl 293 cilaki

HDL 293 Seafood merupakan salah satu dari tempat makan seafood enak di Bandung yang paling terkenal. Menu yang tersedia di sini lengkap, mulai dari ikan, udang, kerang, lobster, kepiting, semuanya ada. Semua olahan seafood di sini bisa disajikan dengan berbagai cara dan saus pilihan. Untuk sausnya ada saus lada hitam, rica-rica, mentega, asam manis, dan asam pedas.

HDL 293 Seafood cocok menjadi tempat makan keluarga karena satu porsinya sangat besar, cukup untuk 2-3 orang. Kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp 30 – 130 ribuan untuk bisa makan di sini. Resto seafood ini buka setiap hari, mulai dari jam 10 pagi – 11 malam. Cabang restoran seafood ini ada dua di Bandung, dicatat, ya:

  • Jalan Cilaki No. 36-37, Telp: (022) 7106122
  • Jalan Diponegoro No. 54, Telp: (022) 7210543

3. Raja Rasa

raja rasa

Raja Rasa merupakan restoran masakan Sunda dan seafood. Suasana di Raja Rasa seperti perpaduan Bali dan Bandung. Jadu nuansa bangunan ala Bali dipadu dengan keasrian Tanah Sunda, sukses menghipnotis para pengunjungnya untuk berlama-lama di sini.

Walaupun di sini lebih banyak menu masakan Sundanya, tapi seafood-nya juga tidak boleh dianggap remeh. Tidak percaya? Langsung saja datang ke Raja Rasa Bandung di Jalan Setia Ria No. 1 (depan Setra Sari Mall). Kamu bisa reservasi di nomor telepon ini (022) 2005070, e-mail [email protected], dan pin Blackberry 288182E.

4. Seafood Kiloan Bang Bopak

Seafood Kiloan Bang Bopak

* sumber: catatanrasa.com

Seafood identik dengan kiloan. Maksudnya bukan karena dapat menambah berat badan secara drastis, loh. Tapi, banyak seafood yang dijual per kilo, bukan per porsi. Biasanya seafood yang dijual porsian isinya sedikit dan harganya tidak worth it karena dianggap terlalu mahal untuk jumlah yang tak banyak. Makanya, kalau kamu ingin puas makan seafood, beli saja di Seafood Kiloan Bang Bopak.

Seafood Kiloan Bang Bopak merupakan salah satu tempat seafood khusus kiloan yang ada di Bandung. Tepatnya, warung seafood ini ada di Jalan Katamso (dari arah Jalan Pahlawan). Tidak sulit mencari tempat ini, kalau malam-malam ada warung pinggir jalan yang ramai dipadati orang, berarti itulah Seafood Kiloan Bang Bopak.

Karena kiloan, makanan yang dipesan akan disajikan di atas nampan stainless steel. Kamu juga akan diberi ember untuk sisa makanan seperti cangkang, tulang, dan bonggol jagung.

Menu seafood di sini terbilang lengkap, karena ada aneka jenis kerang, udang, kepiting, hingga lobster. Untuk 1/2 kg, harga kepiting adalah Rp 60.000, termasuk murah, kan? Daripada penasran, langsung saja datang ke Seafood Kiloan Bang Bopak di Jalan Brigadir Jend. Katamso no. 33, Cihaur Geulis, Cibeunying Kaler.

5. Vitamin Sea

Vitamin Sea  Seafood Enak di Bandung

* sumber: vavablog.wordpress.com

Para milenial sekarang suka update status “need vitamin sea“, maksudnya mereka butuh liburan, dan liburannya itu ke pantai. Kalau kamu ngebet banget ingin mantai, santai di pinggir pantai, atau makan seafood dengan suasana yang pantai banget, datang saja ke Vitamin Sea di Jalan Golf Raya no. 1 (seberang The Stone Cafe), Kav. Ruko Rooftop Cigadung, Dago Pakar.

Konsep tempat makan seafood ini rooftop, jadi kamu bisa makan boga bahari sambil melihat pemandangan kota Bandung dari atas. Walaupun udaranya sejuk seperti daerah Dago atas seharusnya, tempat ini lumayan gerah juga kalau siang-siang karena berkonsep semi terbuka dan di atap pula. Makanya, waktu yang recommended untuk nongkrong dan makan-makan di sini adalah sore-malam.

Di sini menunya dijual per size, yaitu Small, Medium, dan Large. Untuk kerang dara rebus ukuran medium dihargai Rp 28 ribu, dan itu sudah cukup banyak isinya dan cukup untuk dua orang.

Ada juga menu paketan seperti Grilled Fish + Rice yang dibanderol Rp 32 ribu. Ikannya bisa kamu pilih diantar bawal hitam, kerapu, kue, dan julung-julung. Bumbunya juga bisa disesuaikan dengan selera kamu, ada sekitar 6 bumbu yang enak banget, salah satu yang recommended adalah bumbu Dewata (bumbu bajak khas Bali).

Bosan makan seafood yang ditumis pakai saus atu cuma direbus doang? Di Vitamin Sea ada pula aneka sup seafood seperti Sup Ikan Kerapu. Sup ini terdiri dari ikan kerapu utuh dan harganya cuma Rp 15 ribu saja, loh! Untuk minumnya, kamu bisa memesan Fresh Coconut Drink alias kelapa muda di batoknya dengan harga Rp 20 ribu per buah. Sensasi makan seafood di pantai bisa banget didapatkan di sini, kan?

6. Seafood Mas Gondrong

Seafood Mas Gondrong

* sumber: www.foody.id

Jalan Kelenteng memang terkenal dengan jajaran kedai makanan yang enak-enak, salah satunya adalah Seafood Mas Gondrong. Pada awalnya, Mas Gondrong berjualan di trotoar, tapi sekarang sudah berjualan di sebuah rumah di Jalan Kelenteng, Gg. Sukamanah No. 38, Andir.

Seafood Mas Gondrong ini juga sudah menambah waktu operasi mereka, yang asalnya hanya buka di malam hari sekarang jadi 24 jam! Kamu bisa sarapan, makan siang, dan makan malam di sini. Asyik banget, kan? Untuk harganya kamu bisa tenang, karena semuanya murah meriah. Kira-kira harga per porsinya Rp 30 ribuan. Siapa yang tidak mau makan di sini kalau sudah enak, murah pula?

7. Dancing Crab

dancing crab

Seafood enak di Bandung ini berlokasi di Jalan Sumatera No. 21. Dancing Crab mengusung tema Louisiana Style Crabs, yaitu cara makan kepiting yang tidak menggunakan piring, tapi langsung di atas meja.

Signature dish di sini tentu saja kepiting, tapi kalau kamu mau mencoba semua seafood dalam satu paket ada yang namanya Dancing Crab Seafood Combos. Kamu akan mendapatkan kepiting yang sangat besar, lobster, udang, kerang, cumi, dan jagung.

Selain paket kombo ada juga menu per porsi yang bisa dikombinasikan dengan pasta, harganya tidak terlalu mahal, under Rp 100 ribu. Ada juga camilan seperti Truffle Fries (kentang goreng yang sangat renyah), menu spesial Crab Cakes (kue yang dibentuk kepiting sangat besar), dan masih banyak lagi.

Untuk makan di sini siapkan bugdet yang agak besar, ya, yaitu sekitar Rp 200 ribuan – 1,2 jutaan. Langsung saja datang ke Jalan Sumatera No. 21 untuk menikmati sensasi makan seafood yang berbeda.

8. Warung Celup

Warung Celup

* sumber: www.foody.id

Ingin nyobain cara makan seafood terhits, yaitu seafoodnya “ditumpahkan” ke meja, tapi tidak mau keluar banyak uang? Tenang saja, ada kok tempat seafood tumpah tapi affordable, yaitu di Warung Celup.

Walaupun ada menu porsian biasa, menu yang paling best seller di sini adalah Kerang Tumpah Saus Spesial. Menu ini terdiri dari kerang hijau, kerang dara, kerang tahu, udang, kepiting, dan sayuran sebagai pelengkap. Tidak butuh waktu lama, menu yang kamu pesan langsung tersaji di meja. Iya, di meja, kamu akan makan langsung Kerang Tumpah di atas meja.

Jangan harap akan ada piring dan sendok cantik, karena menu ini disajikan di atas plastik yang sangat besar dan luas, lalu Kerang Tumpahnya akan benar-benar ditumpahkan di atas sana. Supaya lebih kenyang, jangan lupa pesan nasi 3-4 porsi karena menu Kerang Tumpah memang diperuntukkan buat 3-4 orang.

Kalau kamu cuma mau cemal-cemil atau makan sendirian bisa juga, kok, karena di sini ada menu yang porsinya untuk 1 orang juga. Warung Celup buka setiap hari Selasa – Minggu dari jam 12.30 – 22.00 dan hari Jumat dari jam 13.30 – 22.00.

Alamatnya ada di Jalan Sadang Serang no. 33 (seberang SD Neglasari), Sekeloa, Coblong. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mem-follow akun Instagram mereka di @warung_celup dan @warungcelupbandung.

9. Chef Epi

Chef Epi seafood enak di Bandung

* sumber: helenysm.com

Jangan ngaku crab lovers kalau nggak tahu Chef Epi. Penjual kepiting yang enak di Bandung masih bisa dihitung jari, dan Chef Epi menempati posisi teratas untuk urusan kepiting.

Dulu Chef Epi berjualan di Papaya Supermarket dan cuma ada 4 meja saja, tapi sekarang Chef Epi sudah punya restoran sendiri dengan kapasitas 19 meja alias 90 orangan! Alamatnya ada di Sheo Hotel (bekas Ardjuna Boutique Hotel), Jalan Ciumbuleuit no. 152.

Walaupun terkenal karena kepitingnya, di Chef Epi ada macam-macam menu seafood lainnya, kok. Sebut saja si luar biasa Butter Lobster. Sesuai judulnya, lobster akan dimasak dengan bumbu mentega. Bumbu tambahannya ada bawang merah dan bawang putih yang membuat lobster semakin gurih tanpa menghilangkan rasa aslinya.

Lobster di Chef Epi dijual per gram, untuk lobster ukuran 300-499 gram/ekor dijual Rp 600 ribuan/kg. Sedangkan untuk lobster yang ukuran 500-600 gram/ekor dijual Rp 650 ribu/kg. Selain saus butter, kamu bisa memesan saus lainnya seperti lada hitam, tiram, telur asin, kari, tim, Singapur, atau lobsternya bisa juga di bakar atau goreng.

Lalu, kita masuk ke menu utama yang paling dicari-cari, yaitu kepiting. Pesanlah Beat It Crab, dan dijamin kamu bakal ketagihan makan di Chef Epi. Beat It Crab merupakan menu terbaru yang dibuat dari saus rempah-rempah rahasia khas Chef Epi, kamu tidak akan bisa menemukan rasa yang sama di tempat lain. Jika menu kepiting lainnya dijual Rp 390 ribu/kg, Beat It Crab dihargai Rp 450 ribu/kg.

Mahal? Wajar saja, karena kepiting-kepiting ini didatangkan langsung dari Papua! Kepiting Papua terkenal karena dagingnya lebih tebal dan terasa manis. Makanya, kepiting Papua lah yang selalu disediakan Chef Epi. Jangan dulu mundur ketika mendengar harganya, karena seekor kepiting rata-rata seberat 500 gram, berarti kalau kamu pesan 1 kepiting harganya cuma Rp 225 ribu, dan itu pun bisa untuk dimakan 2-3 orang.

Uniknya, tidak cuma menjual seafood, Chef Epi juga menyediakan aneka Asian Food seperti mantau, spring roll, dan aneka sup. Jadi lapar, ya! Yuk, langsung saja ke Chef Epi terus pesan seafoodnya. Chef Epi buka setiap hari dari jam 10.30 dan last order-nya adalah jam 20.30. Mager? Delivery aja! Kamu bisa memesan menu kesukaan kamu lewat nomor WhatsApp 081931263388.

10. Captain’s Seafood

captain's seafood

Captain’s Seafood berada di Jalan R.E. Martadinata (Riau) No. 217, dekat Cafe Bali. Desain interior di sana sangat unik, kamu akan merasa seperti sedang makan di dalam kapal raksasa.

Cara memesan seafood di sini adalah kamu pilih cara masaknya dulu. Misalnya untuk kerang ada kerang rebus, bakar, tauco, dan saus padang. Lalu pilih jenis bahannya. Untuk kerang ada kerang salju, kepa, hijau, batik, simping, bambu, macan, dan kampak (scallop).

Selain kerang, di sini juga tersedia berbagai macam seafood seperti Udang Telur Asin, Udang Tausi Pete, dan Cumi Cabe Gara yang harganya sekitar Rp 50 – 60 ribuan. Untuk olahan ikan harga dihitung per gram, jenisnya sendiri ada kerapu, bawal, kuro, gurame, baronang, kakap, pari, dll. Kepiting di sini juga recommended banget, loh. Jangan lupa dipesan, ya. Selain di Riau, Captain’s Seafood ada juga di Jalan Soka No. 17.

Rekomendasi Kuliner Seafood Lainnya

Masih belum puas? Sudah pernah mencicipi semua restoran yang Keluyuran bahas di atas? Tenang saja, kami masih punya bonus tempat makan seafood di Bandung lainnya yang tak kalah recommended. Ini dia list-nya:

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .