15 Tempat Makan Seafood di Bandung yang Enak Banget

Ditulis oleh Syuri

Sea food atau boga bahari merupakan aneka hidangan laut, bisa merupakan hewan atau tumbuhan, asal itu diambil dari laut ataupun hasil budidaya. Para penggemar makanan olahan laut seharusnya memiliki tubuh yang sehat, karena boga bahari merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral (seng, zat besi, selenium, magnesium, dan iodium).

Di Bandung ada banyak sekali tempat makan yang khusus menyediakan seafood, loh. Ingin tahu tempat yang mana saja yang recommended? Keluyuran punya rekomendasi 10 tempat  makan seafood enak di Bandung untuk kamu.

1. HDL 293 Seafood

hdl 293 cilaki

HDL 293 Seafood merupakan salah satu dari tempat makan seafood enak di Bandung yang paling terkenal dan langganan jadi tempat buka puasa bersama. Menu yang tersedia di sini lengkap, mulai dari ikan, udang, kerang, lobster, kepiting, semuanya ada. Semua olahan seafood di sini bisa disajikan dengan berbagai cara dan saus pilihan. Untuk sausnya ada saus lada hitam, rica-rica, mentega, asam manis, dan asam pedas.

HDL 293 Seafood cocok menjadi tempat makan keluarga karena satu porsinya sangat besar, cukup untuk 2-3 orang. Selain di Jalan Cilaki, HDL 293 Seafood punya cabang di Jalan Diponegoro, No. 54, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Cilaki No.36, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 7106122
  • Jam operasional: Senin-Jumat, 10.00-22.00 WIB, Sabtu, 10.00-23.00 WIB, Minggu, 10.00-22.30 WIB
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp25.000-Rp160.000 per porsi

2. Parit 9 Seafood

Parit 9 Seafood

* sumber: www.opensnap.com

Slogan seafood enak di Bandung ini adalah 'Pesta Makan Kepiting'. Walaupun slogannya hanya menyebutkan kepiting, tapi di sini tersedia aneka seafood lainnya seperti udang, cumi, bawal, kerapu, hingga aneka kerang. Parit 9 Seafood ini sangat populer karena sajian seafood mereka standar restoran dengan harga kaki lima alias murah meriah.

Di sini kamu memilih sendiri jenis dan ukuran seafood sebelum dimasak. Kamu juga memilih mau seafood yang masih hidup baru di masak atau yang fresh alias sudah tidak hidup tapi masih segar. Langsung datang saja ke Jalan Anggrek No. 61. Mereka buka setiap hari dari jam 10 pagi - 10 malam.

  • Alamat: Jl. Anggrek No.61, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Nomor telepon: (022) 7103996
  • Jam operasional: Setiap hari, 10.00-22.00 WIB
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp15.000-Rp175.000 per porsi

3. Raja Rasa, Sundanese & Sea Food Restaurant

Raja Rasa

* sumber: caferestodiary.com

Restoran Raja Rasa ini memang terkenal dengan masakan khas sundanya tapi jangan salah ya di sini juga banyak pilihan menu seafood yang enak-enak dengan harga cukup terjangkau. Restoran satu ini termasuk resto keluarga yang nggak pernah sepi pengunjung baik hari biasa apalagi di akhir pekan.

Tempatnya yang luas, bersih dan friendly untuk anak-anak, menjadikan resto ini cocok sekali untuk kamu membawa keluarga besar untuk makan siang atau malam bersama. Untuk di akhir pekan, resto ini selalu ramai oleh wisatawan dari luar kota karena memang rasanya yang sudah terkenal enak. Penasaran ingin coba seafood di sini? Yuk!

  • Alamat: Jl. Setraria No.1, Sukarasa, Kec. Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40164
  • Jam operasional: 10.00-22.00 WIB
  • Nomor telepon: (022) 2005070

4. Seafood Kiloan Bang Bopak

Seafood Kiloan Bang Bopak

* sumber: catatanrasa.com

Seafood identik dengan kiloan. Maksudnya bukan karena dapat menambah berat badan secara drastis, loh. Tapi, banyak seafood yang dijual per kilo, bukan per porsi. Biasanya seafood yang dijual porsian isinya sedikit dan harganya tidak worth it karena dianggap terlalu mahal untuk jumlah yang tak banyak. Makanya, kalau kamu ingin puas makan seafood, beli saja di Seafood Kiloan Bang Bopak.

Seafood Kiloan Bang Bopak merupakan salah satu tempat seafood khusus kiloan yang ada di Bandung. Tepatnya, warung seafood ini ada di Jalan Katamso (dari arah Jalan Pahlawan). Tidak sulit mencari tempat ini, kalau malam-malam ada warung pinggir jalan yang ramai dipadati orang, berarti itulah Seafood Kiloan Bang Bopak.


Karena kiloan, makanan yang dipesan akan disajikan di atas nampan stainless steel. Kamu juga akan diberi ember untuk sisa makanan seperti cangkang, tulang, dan bonggol jagung.

Menu seafood di sini terbilang lengkap, karena ada aneka jenis kerang, udang, kepiting, hingga lobster. Untuk 1/2 kg, harga kepiting adalah Rp 60.000, termasuk murah, kan? Selain di Jalan Katamso, Seafood Bang Bopak punya gerai lain di beberapa wilayah. Salah satunya ada di Jalan Pahlawan No. 78, Kota Bandung.

  • Alamat: Jl. Brigadir Jend. Katamso No.33, Cihaur Geulis, Kec. Cibeunying Kaler, Bandung
  • Nomor telepon: 0822-1688-2340
  • Jam operasional: Setiap hari, 18.00-01.00 WIB
  • Kisaran harga makanan: Sekitar Rp15.000-Rp250.000 per porsi/paket

5. Seafood Mas Gondrong

Seafood Mas Gondrong

* sumber: www.foody.id

Jalan Kelenteng memang terkenal dengan jajaran kedai makanan yang enak-enak, salah satunya adalah Seafood Mas Gondrong. Pada awalnya, Mas Gondrong berjualan di trotoar, tapi sekarang sudah berjualan di sebuah rumah di Jalan Kelenteng, Gg. Sukamanah No. 38, Andir.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram