Menikmati Jernihnya Air Sendang Geulis Kahuripan Bandung

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Untuk yang ingin berwisata air, Jawa Barat adalah pilihan tepat. Jawa Barat memiliki punya beragam tempat wisata air, entah berupa waduk, kolam renang maupun air terjun. Dan satu di antaranya yang menarik adalah Sendang Geulis Kahuripan. Sebuah tempat wisata air berbentuk sendang alias kolam di pegunungan.

Tempat wisata yang berada di Cikalong Bandung ini bisa dibilang masih lumayan baru. Walau demikian, jumlah wisatawan yang sering datang ke sini tidaklah sedikit. Masyarakat sekitar mengenal tempat wisata ini dengan sebutan Telaga Cikahuripan Padalarang.

Nama Sendang Geulis Kahuripan sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti “danau di tengah pegunungan yang memberikan kehidupan”. Selain sebagai tempat wisata, Sendang Geulis Kahuripan juga dipakai sebagai sumber mata air bagi warga sekitar.

Daya Tarik dan Mitos Sendang Geulis Kahuripan

Daya Tarik dan Mitos Sendang Geulis Kahuripan

* sumber: www.hargatiket.net

Sendang Geulis Kahuripan mempunyai sejumlah daya tarik di dalamnya. Tak hanya itu, tempat wisata air ini juga punya sebuah mitos yang begitu melekat. Lalu, apa saja daya tarik dan mitos tersebut?

1. Airnya Berasal dari Mata Air Alami

Airnya Berasal dari Mata Air Alami

* sumber: www.nativeindonesia.com

Air yang ada di Sendang Geulis Kahuripan berasal dari sumber mata air alami. Sebelum sampai ke Sendang Geulis Kahuripan, sumber air itu akan melewati dulu sela-sela batu. Karena telah melewati sela-sela batu, air itu pun jadi lebih jernih, bersih, dan bebas dari kotoran penyebab air keruh.

2. Air Terjun 

Air Terjun

Sendang Geulis Kahuripan tak hanya menyajikan kolam air saja. Tetapi, juga air terjun yang indah dilihat. Tak seperti tempat terjun di tempat wisata lain, air terjun di sini tidaklah tinggi. Debit airnya pun juga tidak terlalu besar.

Walau begitu, tampilan air terjun ini cukup indah untuk dilihat. Kamu bisa bermain air di air terjun satu ini. Kamu pun juga bisa menjadikannya sebagai salah satu spot untuk berfoto ria.

3. Pohon Karet dan Air yang Berkhasiat

Pohon Karet dan Air yang Berkhasiat

* sumber: www.nativeindonesia.com

Selain air terjun, Sendang Geulis Kahuripan juga mempunyai sebuah pohon karet tua. Menurut mitos yang beredar, pohon itulah yang menjadi sebab betapa jernihnya air di Sendang Geulis Kahuripan. Bukan bebatuan yang dilintasi oleh air Sendang Geulis Kahuripan.

Ngomong-ngomong soal air, masyarakat sekitar percaya kalau air Sendang Geulis Kahuripan punya khasiat. Konon, air tersebut bisa menyembuhkan penyakit, serta bikin kulit perempuan tampak awet muda.

Air tersebut juga dipercaya punya oksigen yang tinggi. Sehingga, air tersebut tak hanya cocok direnangi, tetapi juga bisa langsung diminum tanpa direbus terlebih dahulu.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Sendang Geulis Kahuripan

Tiket Masuk dan Jam Operasional Sendang Geulis Kahuripan

* sumber: www.nativeindonesia.com

Tiket masuk ke Sendang Geulis Kahuripan tergolong murah. Hanya Rp10.000 per orang. Walau demikian, kami sarankan untuk bawa uang lebih. Uang tersebut nantinya bisa dipakai untuk bayar parkir dan juga membeli makanan atau minuman di tempat wisata ini.

Untuk urusan parkir, Sendang Geulis Kahuripan menerapkan tarif Rp3.000 untuk motor. Adapun untuk mobil, tarif parkir yang diterapkan adalah Rp5.000. Sendang Geulis Kahuripan bisa dikunjungi setiap hari.

  • HTM : Rp10.000/orang.
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 07.00 – 18.00 WIB.

Fasilitas di Sendang Geulis Kahuripan

Fasilitas di Sendang Geulis Kahuripan

* sumber: jabar.idntimes.com

Sendang Geulis Kahuripan diperkaya dengan fasilitas beragam. Kamu bisa memanfaatkannya selama piknik di tempat ini. Fasilitas-fasilitas yang dimaksud adalah:

1. Dua Buah Kolam Alami

Sendang Geulis Kahuripan mempunyai dua buah alami. Dua kolam inilah yang menampung langsung air dari sumber mata air di Sendang Geulis Kahuripan. Air di dua kolam ini amatlah jernih. Kamu bisa berendam di dalamnya, atau sekadar mencuci muka dengan air tersebut.

Untuk bisa mengakses fasiitas ini, kamu harus melewati tangga berbahan dasar semen. Tangga tersebut tidaklah dilengkapi pegangan dan juga licin. Jadi, kamu harus berhati-hati saat nanti akan melewatinya.

2. Dua Kolam Renang

Tak hanya dua kolam alami, Sendang Geulis Kahuripan juga dilengkapi dua buah kolam renang. Dua kolam itu letaknya ada di bawah dua kolam alami.

Air pada dua kolam renang berasal dari dua kolam alami. Bila dilihat dari luar, air dari dua kolam itu terlihat lebih keruh dibanding air kolam alami. Namun, saat kamu merenangi air tersebut, air tersebut akan terlihat lebih jernih.

Masing-masing kolam renang memiliki kedalama satu meter dan satu setengah meter. Keduanya dikelilingi oleh pemandangan hutan yang indah. Kamu pun jadi bisa merasakan berenang di tengah pemandangan indah.

Dua kola mini bisa direnangi siapa saja. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Tak cuma berenang, kamu pun juga bisa bermain air di kolam satu ini.

3. Warung Makan dan Saung

Puas menikmati dua fasilitas sebelumnya, kamu bisa langsung memakai kedua fasilitas ini. Warung makan Sendang Geulis Kahuripan tidaklah jauh dari area kolam renang.

Warung satu ini menyajikan menu nasi liwet yang sederhana namun lezat. Kamu bisa menikmatinya di warung tersebut. Jika tidak, kamu bisa menikmatinya di saung-saung yang tak jauh dari warung makan. Tak hanya di warung makan, saung-saung tersebut juga ada di hampir tiap sudut Sendang Geulis Kahuripan.

4. Fasilitas Lainnya

Masih ada beberapa fasilitas lainnya yang tersedia di Sendang Geulis Kahuripan. Semua fasilitas itu dijamin akan bikin kamu makin nyaman piknik di Sendang Geulis Kahuripan. Adapun fasilitas-fasilitas yang dimaksud adalah mushola, tempat parkir, penginapan, kamar mandi, dan kamar ganti.

Alamat dan Akses Transportasi Sendang Geulis Kahuripan

Alamat dan Akses Transportasi Sendang Geulis Kahuripan

* sumber: explorewisata.com

Sendang Geulis Kahuripan berada persis di pelosok desa Ganjarsari. Tepatnya, di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaen Bandung, Jawa Barat 40556. Lokasi tempat wisata ini amat terpencil. Akses jalannya pun lumayan terjal. Oleh karenanya, kami sarankan untuk memakai kendaraan pribadi saat piknik ke sini, terutama sepeda motor.

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, kamu mesti ambl rute ke arah Cikalong. Bila sudah sampai Cikalong, arahkan kendaraan ke arah Cikalong Wetan. Lalu setelah itu beloklah kea rah kanan.

Lanjutkan perjalanan hingga melewati perbatasan kecamatan, pertigaan yang di tengahnya ada gapura, hingga akhirnya sampai ke Sendang Geulis Kahuripan.

Selama perjalanan itu berlangsung, kamu bakal menemukan jalan yang terjal, sempit, dan licin. Karena itulah, mohon untuk sangat berhati-hati.

  • Alamat : Desa Ganjarsari, Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaen Bandung, Jawa Barat 40556.
  • No. Telepon : 081214048781

Hotel di Sekitar Sendang Geulis Kahuripan

Sebetulnya, Sendang Geulis Kahuripan punya penginapan tersendiri. Namun, bila kamu mau menginap di tempat lain yang fasilitasnya lebih lengkap, maka kami sarankan untuk menginap di hotel yang dekat dengan Sendang Geulis Kahuripan. Adapun beberapa hotel yang bisa kamu inapi nanti adalah:

  • RedDoorz Resort Syariah @Jaya Tirta Abadi, Sukamanah, Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 401164. 5,3 km dari Sendang Geulis Kahuripan.
  • Novena Hotel, Jalan Dr. Setiabudi No. 4, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391. 16,6 km dari Sendang Geulis Kahuripan.

Demikianlah ulasan panjang mengenai Sendang Geulis Kahuripan. Semoga bisa menjadi referensi buatmu yang ingin piknik ke tempat wisata air di Jawa Barat ini. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *