Inilah Aneka Senjata Tradisional Makassar yang Bersejarah

Ditulis oleh Syarip Ahmad D - Diperbaharui 2 Juni 2021

Badik adalah salah satu senjata tradisional yang memiliki nilai sejarah serta unsur mistis di tengah masyarakat Bugis, Makassar. Badik sendiri menjadi salah satu senjata tradisional yang memiliki beragam jenis dan fungsi yang cukup menarik. 

Badik sendiri tidak hanya sekedar digunakan sebagai alat untuk mempertahankan diri semata. Namun, lebih dari itu memiliki nilai filosofi yang menarik untuk di ketahui oleh masyarakat tanah air. Nah, untuk mengenal lebih jauh mengenai senjata khas Makassar yang satu ini. Kali ini Keluyuran akan mengulasnya khusus untuk kamu. Seperti apa itu? Simak penjelasannya berikut ini ya.

Senjata Tradisional yang Dipercaya Kesaktiannya 

Senjata Tradisional yang Dipercaya Kesaktiannya 

Badik merupakan salah satu senjata tradisional dari tanah air yang telah ada sejak lama. Badik sendiri merupakan sebuah senjata mirip sebuah pisau dengan bentuk yang khas. Badik diketahui memiliki sisi tajam baik pada satu sisi atau pun keduanya. Bentuk serta panjang dari senjata ini cukup beragam. 

Konon, selain digunakan sebagai senjata untuk mempertahankan diri, Badik sendiri kerap digunakan oleh suatu kelompok etnis yang ada di Makassar sebagai sebuah identitas dan juga kebudayaan kelompok tersebut. 

Masyarakat Makassar sendiri percaya bahwa senjata khas ini memiliki kekuatan yang dapat berpengaruh pada kehidupan sang empunya. Dimana beberapa orang percaya bahwa senjata ini dapat memberikan ketenangan, kesejahteraan, atau mungkin penderitaan bagi pemiliknya. 

Badik sendiri menjadi salah satu senjata khas yang memiliki nilai sejarah serta budaya yang cukup penting bagi masyarakat Makassar.

Jenis Badik dan Karakteristiknya

Badik sendiri dikenal memiliki beragam jenis dan karakteristik yang berbeda antara satu sama lain. Beberapa jenis Badik dipercaya memiliki tuah yang dipercaya bisa memberikan kebaikan maupun keburukan bagi pemiliknya. Nah, beberapa jenis badik yang cukup terkenal dan masih bisa masyarakat tanah air lihat hingga saat ini adalah sebagai berikut:

‌1. Badik Makassar

Badik Makassar

Badik Makassar dikenal mempunyai bilah berbentuk pipih dengan bagian tubuh yang besar dan sangat tajam. Ujung dari senjata ini dikenal sangat runcing. Masyarakat Makassar sendiri mengenal jenis badik ini dengan sebutan Badik Sari. Badik Makassar atau badik Sari terdiri dari beberapa bagian seperti gagang badik, tubuh badik dan sarung badik. 

2. ‌Kul Buntet / Pusaran

Kul Buntet / Pusaran

Berikutnya adalah Badik Kul Buntet atau Pusaran. Badik yang memiliki ciri khas bulatan kecil pada bagian pangkal ini dipercaya oleh masyarakat dapat  mendatangkan rezeki bagi pemiliknya. Jenis badik yang cukup dikenal adalah Kawali Lagemme’ Silampa. Jenis badik ini dipercaya dapat memberikan keselamatan dan kesejahteraan baik itu pemilik badik maupun karib kerabatnya. 

‌ 3. Badik Bugis Luwu

Badik Bugis Luwu

Jenis badik selanjutnya adalah badik Bugis Kawali Bone. Badik jenis ini memiliki karakteristik bilah yang sangat pipih dengan bagian ujung yang cukup runcing dan sedikit melebar pada bagian ujung senjata. Badik Bugis Luwu sendiri terdiri dari beberapa bagian, yaitu bagian hulu, bilah dan sarung. 

Masyarakat sendiri mempercayai bahwa badik jenis ini dapat memberikan keberuntungan atau kesialan. Bugis Badik Luwu memiliki dua jenis, yaitu Kawali Lamalomo Sugi dan Kawali Lataring Tellu yang dipercaya dapat memberikan kekayaan dan kesejahteraan bagi pemiliknya. 

4. ‌Badik Raja (Gecong Raja, Bontoala)

‌Badik Raja (Gecong Raja, Bontoala)

Badik Raja dipercaya memiliki unsur mistis dalam proses pembuatan. Konon, jenis badik ini dibuat dengan bantuan  bangsa jin saat proses penempaan. Keberadaan Badik Raja sendiri diketahui sangat misterius. Konon pembuatnya sendiri dilakukan pada malam hari dengan bantuan jin. Badik Raja sendiri adalah salah satu jenis badik unik dan satu satunya yang tidak memiliki tiruan. 

Badik Raja memiliki ukuran sekitar 20-25 cm dan terbuat dari material besi berkualitas tinggi dengan kandungan meteorit yang dapat terlihat di bagian permukaannya. Badik Raja sendiri biasanya digunakan oleh keluarga bangsawan kerajaan. 

5. ‌Uladeddu

Uladeddu

Jenis badik selanjutnya adalah Uladeddu atau Kawali Ilakkoajang. Badik ini diyakini  sebagai senjata yang dapat memberikan  kewibawaan dan membawa sang empunya pada derajat yang tinggi. Jenis badik ini memiliki karakteristik motif guratan pada bagian tubuh senjata. 

Nah, selain dapat memberikan keberuntungan,  beberapa jenis badik dari jenis ini sendiri dikenal dapat membawa malapetaka berupa kesiapan serta dapat membuat pasangan atau wanita pendampingnya dapat melakukan hubungan perzinahan dengan pria lain. 

6. ‌Badik La Gecong

Badik La Gecong

Selanjutnya adalah Badik La Gecong. Jenis badik yang satu ini kerap digunakan saat berperang oleh masyarakat Bugis. Konon, badik ini adalah salah satu senjata ampuh yang dapat menumbangkan musuh yang ada di hadapan mata. Badik La Gecong dikenal memiliki unsur mistis serta racun yang ampuh dimana saat senjata ini tertancap, racun tersebut akan menarik keinginan hidup korbannya. 

Konon karena kesaktiannya, senjata lain akan tunduk pada badik ini. Uniknya, masyarakat Makassar sendiri tidak mengetahui secara pasti arti kata La Gecong. Namun, beberapa orang berpendapat bahwa kata tersebut berasal dari kata Gecong atau Geco yang memiliki arti sekali tersentuh mati. 

7. ‌Badik Lompo Battang 

‌Badik Lompo Battang 

Badik Lompo Battang adalah jenis badik yang memiliki tubuh senjata berbentuk besar mirip seperti perut buncit. Badik Lompo Battang merupakan badik yang asli berasal dari tangan Makassar. Konon, jenis badik ini berusia hampir 800 tahun dan telah ditempa ulang dari  pusaka Berang Alameng atau Berang Sinangke. 

Konon, orang yang terkena sabetan senjata ini tidak akan bertahan lebih dari satu hari. Badik ini sendiri kerap digunakan saat berperang atau sebagai alat untuk menjaga diri oleh masyarakat. 

‌ 8. Badik Taeng

Badik Taeng

Nah, diantara jenis badik yang telah disebutkan di atas. Badik Taeng menjadi salah satu jenis badik yang paling tua. Badik Taeng sendiri berbahan dasar material besi meteorit. Badik ini sendiri diketahui dibuat melalui teknik Baja Gantung. Badan dari badik Taeng terdapat motif yang menggambarkan proses saat pembuatannya. 

‌9. Badik Luwu

Badik Luwu

Nah, jenis badik yang bisa ditemukan selanjutnya adalah Badik Luwu. Badik ini memiliki bentuk sedikit membungkuk. Badik ini memiliki bilah senjata berbentuk lurus dan sangat runcing. Masyarakat sendiri kerap menjadikan badik jenis ini sebagai koleksi karena keindahan bentuknya. 

Konon, sepuhan yang terdapat dari badik dibuat dari alat kelamin gadis perawan. Badik ini sendiri biasa digunakan oleh masyarakat Makassar untuk ilmu kebal. 

Demikian senjata tradisional Makassar, Badik yang memiliki nilai sejarah. Indonesia memang memiliki kekayaan budaya yang bisa membuat masyarakat dunia kagum. Salah satunya kehadiran senjata tradisional khas Makassar yang dikenal memiliki nilai sejarah, kesenian, dan budaya yang unik.

Nah, kira-kira jenis badik mana yang menurut kamu paling menarik? Tulis komentarmu di kolom komentar yang telah kami sediakan di bawah ini.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram