Inilah 10 Senjata Tradisional Asal Sulawesi Selatan

Ditulis oleh Syarip Ahmad D

Masyarakat sendiri kerap menyebut senjata ini dengan perut gendut karena bentuk bilah badik yang membesar pada bagian matanya. Gagang senjata menyerupai pistol karna dari hilt langsung melengkung. Hal ini yang membuat senjata ini terlihat sangat unik. Nah, konon salah satu senjata dari jenis ini diketahui telah berusia hampir 800 tahun.

8. Alamang

AlamangSumber: asyraafahmadi.com

Alamang merupakan senjata tradisional lainnya yang dianggap Keramat oleh masyarakat Makassar, Sulawesi Selatan. Masyarakat sendiri mengenalnya dengan Sonri atau Salapu, yaitu jenis pedang berbentuk lurus dan tajam di bagian bawah dengan ujung meruncing. Pedang ini dikenal juga dengan sebutan Sudang oleh masyarakat Bugis dan Makassar.

Sementara di dalam istilah Toraja disebut dengan Labbo Penai. Alamang sendiri merupakan senjata yang memadukan antara 3 jenis populer lainnya di Sulawesi Selatan, yaitu Tappi, Badik dan Tombak. Nah, selain sebagai senjata untuk melindungi diri, pedang ini juga digunakan sebagai simbol kedaulatan, kemakmuran, dan kewibawaan Kerajaan.

Menurut manuskrip kuno yang ditemukan, seorang raja tidak akan meninggalkan kerajaan tanpa membawa Alamang. Hal itu sebagai tanda bahwa keberadaan senjata yang satu ini cukup penting di masa lalu.

9. Seppu

SeppuSumber: kitchenuhmaykoosib.com

Meski tidak secanggih senjata modern yang dimiliki bangsa barat, namun senjata tradisional yang dimiliki oleh dari Sulawesi ini pun dikenal cukup berbahaya dan mematikan. Nah, salah satu senjata tersebut adalah Seppu atau msyarakat sendiri mengenalnya dengan istilah sumpitan, yaitu senjata yang terbuat dari bilah kayu.

Senjata ini biasa digunakan untuk pertempuran jarak jauh. Masyarakat sendiri menggunakan senjata ini untuk melumpuhkan musuh secara diam-diam atau sembunyi-sembunyi. Konon senjata ini biasa dipakai saat sedang buru atau sedang berada di Medan perang. Meski terlihat sederhana, namun senjata ini juga bisa berbahaya karena bentuknya yang tajam dan beracun.

10. Pantu

PantuSumber: selasar.com

Kanna adalah salah satu senjata pertahanan yang dimiliki oleh masyarakat Sulawesi Selatan. Kanna biasa digunakan ketika peperangan di masa lalu. Kanna merupakan perisai yang bisa dibedakan berdasarkan bentuk dan fungsinya.

Nah, umumnya Kanna yang berbentuk bulat dan dihiasi berbagai pamor seperti emas, perak, dan logam lainnya merupakan senjata yang biasanya digunakan oleh kaum bangsawan. Sementara Kanna yang tidak dihiasi oleh pamor merupakan perisai yang biasa digunakan prajurit tentara kerajaan atau rakyat biasa.

Untuk melihat tinggi atau status kebangsawanan masyarakat Sulawesi biasanya dilihat dari banyaknya dan jenis pamor yang digunakan dalam jenis senjata ini.

Demikianlah 10 Senjata tradisional Sulawesi Selatan peninggalan masa lalu yang berhasil Keluyuran rangkum untuk kamu. Selain digunakan sebagai alat untuk bertahan hidup, beberapa senjata juga bisa menunjukan status sosial masyarakat yang di Sulawesi Selatan. Semoga informasi di atas bisa menambah pengetahuan kita mengenai beragam senjata khas dari tanah air.


«1 2
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram