Situ Patenggang, Danau yang Tercipta dari Kisah Cinta

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jangan ngaku pernah piknik ke Ciwidey, jika belum pernah ke Situ Patenggang. Sebuah danau legendaris yang kaya akan keindahan dan nilai sejarah. Di Situ Patenggang, kamu bisa menggelar tikar dan bersantap ria di pinggiran danau Situ Patenggang. Di sana pula, kamu juga bisa mengelilingi Situ dengan menggunakan perahu yang bisa disewa.

Secara bahasa, Situ Patenggang berasal dari dua kata, Situ dan Patenggang. Situ merupakan bahasa Sunda dari kata “danau”, sedangkan Patenggang berasal dari kata “pateang-teang” yang berarti “saling mencari”.

Kata Patenggang sendiri secara tersirat mencerminkan legenda yang melekat pada Situ Patenggang. Sebuah legenda tentang sepasang kekasih di era Majapahit yang saling mencari dan menemukan, hingga keduanya secara tak langsung membentuk Situ Patenggang.

Spot Menarik di Situ Patenggang

Spot Menarik di Situ Patenggang

Udara yang sejuk dan pemandangan hijau di sekitar akan menyapamu, saat pertama kali sampai di Situ Patenggang. Namun, bukan hanya itu yang jadi daya tarik utama dari danau yang letaknya tak jauh dari Ranca Upas tersebut.

Situ Patenggang juga dilengkapi dengan sejumlah spot menarik yang bisa bikin kamu enjoy. Apa saja kira-kira?

1. Pulau Asmara dan Batu Cinta

Pulau Asmara dan Batu Cinta

Ini adalah spot paling ikonik di Situ Patenggang. Dan tak lengkap rasanya, bila kamu tak mendatangi sepasang spot ini saat di Situ Patenggang nanti.

Ada nilai historis yang terkandung dalam Pulau Asmara dan Batu Cinta. Konon, Pulau Asmara merupakan perwujudan dari perahu yang dikendarai sepasang kekasih dalam legenda Situ Patenggang.

Pulau Asmara sendiri cukup menarik, di mana bentuk pulaunya mirip dengan simbol hati. Sementara itu, Batu Cinta adalah simbol dari rasa cinta keduanya.

Menurut mitos, jika sepasang kekasih yang berkeliling ke Pulau Asmara dan mengunjungi Batu Cinta, maka hubungan cinta mereka akan langgeng selamanya.

2. Kapal Pinisi Resto

Kapal Pinisi Resto

Walau tergolong baru, namun spot ini sudah berhasil menarik perhatian wisatawan. Lewat spot ini, kita bisa merasakan sensasi bersantap ria di atas replika kapal pinisi.

Dan tentu saja, sambil menikmati udara sejuk serta pemandangan indah di Situ Patenggang. Setelahnya, kamu pun bisa berfoto ria di tiap sudut Pinisi Resto.

Untuk menu, Pinisi Resto menyajikan menu dengan harga lumayan terjangkau, serta berasal dari berbagai tempat. Mulai dari menu lokal hingga internasional.

3. Jembatan Danau

Jembatan Danau

Spot satu ini letaknya tidak jauh dari Pinisi Resto. Spot yang membelah salah satu sisi di Situ Patenggang ini punya panorama yang indah.

Terutama, saat hari menjelang sore atau malam. Di waktu-waktu tersebut, jembatan ini akan disinari oleh lampu di sekitarnya yang bikin jembatan ini makin enak dipandang.

Harga Tiket dan Jam Operasional Situ Patenggang

Harga Tiket dan Jam Operasional Situ Patenggang

Situ Patenggang menerapkan harga tiket untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Untuk wisatawan lokal, Situ Patenggang menerapkan harga Rp18.000/orang (Senin-Jumat), dan Rp20.500/orang (Sabtu – Minggu).

Adapun untuk wisatawan mancanegara, tarif yang diterapkan adalah Rp135.000/orang (Senin – Jumat), dan Rp185.000/orang (Sabtu dan Minggu).

Situ Patenggang buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 – 20.00 WIB.

  • HTM : Wisatawan Lokal : Rp18.000/orang (Senin-Jumat), Rp20.500/orang (Sabtu dan Minggu). Wisatawan Mancanegara: Rp135.000/orang (Senin-Jumat), Rp185.000/orang (Sabtu dan Minggu).
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 20.00 WIB.

Fasilitas di Situ Patenggang

Fasilitas di Situ Patenggang

Selain spot menarik, Situ Patenggang juga kaya akan fasilitas. Fasilitas-fasilitas itu adalah:

  • Glamping Lakeside, tempat berkemah dengan konsep tempat terbuka. Lokasinya persis menghadap Situ Patenggang, sehingga kamu pun bisa berkemah sambil memandangi indahnya Situ Patenggang. Untuk memakai fasilitas ini, kamu harus membayar sejumlah biaya sewa khusus.
  • Toko Buah, tempat yang bisa kamu pakai untuk membeli buah-buah yang manis. sebagai rekomendasi, cobalah beli buah stroberi yang tersedia di toko ini.
  • Toko Souvenir, fasilitas yang kaya akan oleh-oleh khas Bandung. Mayoritas buah tagan yang dijual di sini adalah makanan khas Ciwidey dan Bandung.
  • Gazebo, fasilitas yang bisa kamu pakai bersantai sambil bersantap, serta memandangi panorama Situ Patenggang. Untuk memakai fasilitas ini, kamu mesti membayar biaya sewa Rp. 10 ribu. Harga sewa itu sudah termasuk dengan fasilitas tikar.
  • Perahu air dan Sepeda air yang bisa kamu sewa dan dipakai untuk berkeliling danau atau bermain air. Ada harga sewa khusus bila kamu memakai dua fasilitas ini.
  • Tempat Ibadah yang cukup representatif dan bagus.
  • Tempat Parkir yang cukup luas.

Alamat dan Akses Transportasi ke Situ Patenggang

Alamat dan Akses Transportasi ke Situ Patenggang

Situ Patenggang berlokasi di Jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kamu bisa ke tempat wisata ini dengan kendaraan umum maupun pribadi.

  • Kendaraan Umum

Untuk kendaraan umum, kamu bisa naik minibus jurusan Leuwi Panjang – Ciwidey dari arah Leuwi Panjang. Nantinya, mini bus itu akan mengantarkanmu sampai ke terminal Ciwidey.

Dari terminal Ciwidey, kamu harus naik angkutan desa (angdes) yang mengarah ke Situ Patenggang. Kalau kamu bingung, kamu bisa tanya ke orang sekitar soal angdes mana yang bisa mengantarkanmu sampai ke Situ Patenggang.

  • Kendaraan Pribadi

Untuk kendaraan pribadi, kamu bisa pakai motor atau mobil sebagai kendaraan yang kamu pakai. Kami sarankan untuk berhati-hati selama di perjalanan nanti.

Apalagi, jika kamu sudah masuk area daerah Ciwidey. Jalanan di Ciwidey sendiri sering ditutupi oleh kabut yang bisa jadi mengganggu pandanganmu selama di perjalanan.

  • Alamat : Jalan Raya Ciwidey – Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973.

Hotel di Sekitar Situ Patenggang

Hotel di Sekitar Situ Patenggang

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Selain dekat dengan beberapa tempat wisata, Situ Patenggang juga dekat dengan sejumlah hotel. Jadi, kamu tak usah khawatir jika nanti kalau kamu mau menginap.

Baik sebelum ataupun setelah piknik dari Situ Patenggang. Di sini, kami akan rekomendasikan tiga di antaranya.

Adapun ketiga hotel itu adalah:

  • Ciwidey Valley Resort, Jalan Barutunggul KM. 17, Ciwidey, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. 9,7 km dari Situ Patenggang.
  • Patuha Resort, Jalan Patengan No.KM.8, Lebakmuncang, Kecamatan Ciwidey, Bandung, Jawa Barat 40973. 9,9 km dari Situ Patenggang.
  • Guest House Ciwalini, Jalan Ciwidey, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. 5 km dari Situ Patenggang.

Di luar tiga hotel itu, kamu menginap di Glamping Lakeside. Salah satu fasilitas di Situ Patenggang yang bisa dipakai untuk tempat menginap. Situ Patenggang layak untuk dikunjungi. Hal ini tak lepas dari keindahan dan sejumlah spot menarik yang ada di dalamnya.

Ditambah, unsur kisah legendaris yang begitu melekat di dalamnya. So, kamu beminat untuk menjadikan Situ Patenggang sebagai tempat wisatamu nanti? Sekian untuk artikel kali ini. Bila kamu punya saran soal tempat wisata lainnya yang ingin diulas, langsung saja beritahu kami lewat kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *