Inilah 10 Snack Asal Jepang yang Populer di Dunia

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 16 Februari 2021

Jepang merupakan negara yang terkenal dengan makanannya yang sehat. Selain itu seni mengolah makanannya juga sangat menarik sehingga terkadang membuat kita sayang untuk memakannya.  Selain itu, Jepang juga negara yang memiliki snack yang populer, sebut saja kitkat atau pocky. Nah, kalau kamu penasaran dengan snack Jepang, ini nih deretan snack Jepang yang populer di dunia. 

1. Pocky

Pocky

Pocky adalah snack Jepang yang populer. Snack ini direferensikan dalam anime dan video game. Selain itu, pocky juga dicintai oleh kaum muda Jepang. Pocky bahkan telah menginspirasi versi Korea Pepero biskuit yang lebih tebal dan kebanyakan dilapisi cokelat.

Biskuit yang panjang dan tipis ini dilapisi oleh sedikit cokelat atau salah satu dari ratusan rasa lainnya. Rasa pocky terdiri dari pisang, matcha, cookies and cream, stroberi, mangga, kelapa, dan banyak lagi. Kebanyakan jenisnya adalah edisi terbatas, yang berhubungan dengan festival atau momen budaya.

Hal terbaik dari Pocky adalah biskuit ini memberi banyak walaupun bentuknya kecil. Pocky dijual dalam kotak kecil yang menyediakan snack manis sore yang sempurna untuk dua orang, atau juga satu orang.

Snack ini bisa dijadikan makanan untuk berbagi karena snack ini manis tapi tidak berat dan tidak akan bersalah jika memakannya. Yang terpenting, pocky terasa sangat lezat. Minimalisme didukung oleh rasa yang sempurna, apa pun rasa Pocky yang kamu pilih pasti enak.

2. Royce Nama Chocolate

Royce Nama Chocolate

Karena bahan-bahannya yang segar, rasa yang luar biasa, dan kemasan yang mewah, tidak mengherankan jika Royce Nama Chocolate menjadi permen terbaik di Jepang. Cokelat yang satu ini mengandung 70 - 75% coklat murni, 20 - 25% krim segar dan sedikit minuman keras prestise. 

Kemudian cokelat tersebut dilapisi dengan bubuk coklat halus dan dipotong-potong menjadi persegi panjang. Setiap kotak coklat terdiri dari 20 buah dalam kantong vakum. Rasa nama cokelatnya segar, elegan dan sedikit wangi serta teksturnya sangat halus seperti sutra. 

Menawarkan 6 rasa utama, yaitu coklat susu, matcha, Hennessy, yaitu sejenis minuman keras, rasa ini sangat cocok untuk pesta yang mewah, nama cokelat putih (rasa susu), nama sampanye cokelat, dan nama cokelat AuLait (diekstrak dari ceri segar).

3. Sanko Seika Cheese Almond 

Sanko Seika Cheese Almond 

Sanko Seika Cheese Almond merupakan senbei kecil (senbei itu sejenis makanan ringan berbahan beras) yang dilapisi dengan lapisan keju dan ditutup dengan almond utuh. Senbei bertekstur renyah dengan rasa yang sedikit manis ditambah dengan kejunya plus dengan almond tawar bebas minyak. 

Snack Jepang yang populer ini merupakan pertemuan timur dan barat. Di camilan ini kamu bisa menikmati campuran lezat dari tiga tekstur yang berbeda. Cheese Almond menjadi salah satu camilan terlaris di ritel-ritel di Jepang. 

Pada kemasannya dituliskan bahwa Cheese Almond adalah chips ala barat yang paling laris di Jepang. Mungkin kamu bisa mencobanya untuk tahu apakah benar seenak itu snack Jepang ini.

4. Meiji Takenoko no Sato dan Kinoko no Yama

Meiji Takenoko no Sato dan Kinoko no Yama

Pada dasarnya snack Jepang ini seperti cookies dengan balutan bentuk bambu atau jamur di dalam cokelat. Meiji merupakan perusahaan Jepang yang terkenal dengan cokelatnya yang enak, tetapi terkadang makan cokelat saja sudah terlalu manis. 

Takenoko no Sato dan Kinuko no Yama merupakan kombinasi sempurna dan seimbang antara kue dan cokelat, dan keduanya bisa buat orang jadi sangat adiktif.

Biasanya orang Jepang cenderung memilih salah satu dari keduanya. Ada yang penyuka Takenoko dan orang-orang penyuka Kinoko. Umumnya yang punya pengikut terbanyak adalah Takenoko. Kenapa kamu tidak coba keduanya dan menemukan mana yang menjadi favoritmu?

5. Kameda Seika Soft Salad

Kameda Seika Soft Salad

Mayoritas senbei yang dijual di Jepang dibumbui dengan kecap jepang, tapi Soft Salad diberi bumbu garam dan minyak salad. Renyah dan garing, Kameda Seika Soft Salad dibumbui dengan garam dari pulau Okinawa di selatan Jepang. 

Di Jepang, rice cracker ini bukan hanya sebagai camilan. Camilan ini memiliki beragam jenis, ada Soft dengan es krim atau dua Soft Salad cracker dengan kacang adzuki diapit di antara keduanya. 

Beberapa orang bahkan mencelupkan snack Jepang yang populer ini ke dalam adonan telur-susu-gula dan diolah seperti roti panggang Prancis. Cobalah dan kamu akan tahu mengapa camilan ini  menjadi snack populer di Jepang!

6. Matcha KitKat

Matcha KitKat

KitKats adalah wafer berlapis cokelat sederhana yang merupakan produk dari Nestle, yaitu perusahaan makanan dan minuman Swiss yang sangat besar. Snack ini merupakan obsesi di Jepang. 

Jika di sebagian besar negara menjual KitKat dalam beberapa bentuk berbeda, yaitu selai kacang, chunky, dan lain-lain, KitKat Jepang hampir menjadi simbol karena mereka adalah makanan ringan. Di Jepang, KitKat punya banyak rasa yang berbeda, yang sebagian besar tersedia sepanjang tahun.

Namun ada juga yang hanya tersedia untuk waktu yang terbatas. Hal ini memicu romantisme ala Jepang, yaitu keindahan dalam hal-hal yang ada pada suatu waktu dan lalu memudar, seperti bunga sakura. Beberapa jenis KitKat hanya ada saat festival atau musim tertentu.

KitKat rasa matcha adalah KitKat eksklusif Jepang yang paling terkenal. Ini karena matcha merupakan rasa yang sangat berhubungan dengan Jepang, dan matcha adalah aspek kunci dari budaya makanan Jepang. Makan matcha KitKat saat kamu berkunjung ke Jepang adalah seperti sebuah keharusan.  

7. Alfort Mini Chocolate

Alfort Mini Chocolate

Umumnya orang Inggris dikenal sangat menyukai atau kemungkinan besar memiliki ketertarikan yang kuat terhadap biskuit cokelat, seperti  krim custard, bourbons, kue Maryland, dan sebagainya. Di Jepang ada biskuit cokelat yang ukurannya sekali gigit yang banyak dijumpai di swayalan.

Alfort merupakan merek biskuit kecil dengan satu sisinya dilapisi cokelat tebal yang kemudian dicap dengan gambar kapal besar yang merupakan logo Alfort. Harganya murah, hadir dalam kemasan biru-dan-emas yang indah.

Ketika dibuka bungkusnya, terdapat  lapisan emas di bawahnya, dan itu hanya sedikit dari keanggunan biskuit ini. Dilihat penampilannya, Alfort Mini Chocolates mirip dengan Pocky, biskuit ringan dan renyah yang dilapisi cokelat susu, tetapi Alfort jauh lebih padat dan lebih menarik.

8. Kabukiage Rice Crackers 

Kabukiage Rice Crackers 

Rice cracker atau biskuit beras merupakan camilan Jepang lainnya yang terkenal di seluruh dunia. Negara Korea, Cina, dan Taiwan juga menjual biskuit beras dan biasanya bisa dijumpai di supermarket-supermarket impor. 

Di Jepang, Kabukiage rice cracker adalah yang paling populer dan bisa jadi yang terbaik dari semuanya. Cracker ini dijual dalam bungkusan yang berbeda dari camilan seukurannya dan sangat memanjakan. Bahkan jika dibandingkan dengan berbagai camilan Jepang lainnya, snack ini lebih sehat.

9. Calbee Potato Chips

Calbee Potato Chips

Snack Jepang yang populer ini adalah keripik kentang sukses di Jepang dengan pangsa pasarnya. Begitu Jepang benar-benar kehabisan snack ini karena kekurangan kentang, dan orang-orang mulai menimbunnya dan membaliknya secara online untuk mendapatkan harga yang terlalu tinggi.

Kripik kentang ini selama bertahun-tahun telah memiliki berbagai rasa. Faktanya pada satu masa keripik ini memiliki rasa untuk setiap prefektur Jepang, semuanya ada 47. 

Hal itu menyebabkan keluarnya rasa aneh seperti cumi-cumi, ikan, plum, dan sup babi, maka tak mengherankan hampir semuanya tak dijual lagi dipasaran. Varian dasar "asin ringan" ini yang paling laris manis.

Di Indonesia perusahaan Calbee bekerja sama dengan Wings yang menghasilkan potato chips dengan merek berbeda. Mungkin kamu sering mengkonsumsinya.

10. Tokyo Banana Roar

Tokyo Banana Roar

Tokyo Banana adalah kue manis khas Jepang yang berbentuk seperti pisang. Versi original dari Tokyo Banana penuh dengan custard pisang di dalamnya dibungkus dengan spons lembut. Tapi Jepang adalah negara yang sangat kreatif, jadi kue ini pun tersedia dalam berbagai rasa.

Rasa madu mempunyai pola tiga kali lipat yang terlihat seperti lebah madu. The Heart maple terlihat lucu dengan pola hati warna-warni dan lezat dengan isian rasa maple. Dan masih banyak lagi rasa lainnya seperti karamel pisang, krim susu almond, karamel coklat, dan lain sebagainya.

Tokyo Banana dikemas dalam kotak kado berbentuk persegi sehingga banyak orang yang membelinya sebagai oleh-oleh untuk orang tersayang. Selain sebagai oleh-oleh, snack Jepang populer ini juga enak untuk jadi camilan.

Kalau kamu penggemar snack, pasti kamu pernah mencoba salah satu dari snack Jepang yang populer ini. Snack memang asyik untuk dinikmati tak hanya saat sendiri tapi juga saat bersama teman. Ngomong-ngomong, apa snack Jepang favoritmu?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram