5 Tempat Makan Sop Buntut Paling Enak di Kota Surabaya

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 9 April 2021

Sop buntut adalah salah satu sop yang paling disukai di indonesia. Sop yang menggunakan daging bagian ekor sapi ini memiliki cita rasa khusus yang unik. Tekstur lembut dan kenyal dari daging ini memberikan sensasi unik yang tidak terdapat pada bagian daging sapi lainnya. Banyak yang menganggap bahwa sop buntut adalah makanan khas indonesia tapi benarkah demikian? 

Banyak pendapat yang berbeda di forum-forum diskusi kuliner mengenai fakta sop buntut yang punya rasa unik ini. Silang pendapat ini banyak memicu perdebatan, namun hal tersebut tidak membuat sop buntut kehilangan pamor di kalangan pencinta kuliner, sebaliknya ia malah tetap dicari dan digemari oleh siapapun dari nama pun.

Asal Usul Sop Buntut di Indonesia

Asal Usul Sop Buntut di Indonesia

Menurut catatan sejarah, sop buntut mulai dikenal luas di indonesia sejak tahun 1970-an. Di tahun tersebut sop ini merupakan makanan populer dan yang paling banyak digemari oleh masyarakat. Saking terkenalnya Hotel Borobudur memasukan menu sop buntut ke dalam daftar menu restoran mereka. 

Sayang sekali, sop buntut di hotel terkenal itu kalah popular dibandingkan dengan sop buntut yang dijual para pedagang kaki lima. Menyadari hal tersebut pihak hotel meminta para pedagang yang biasa mangkal di pinggir jalan tersebut untuk mengajari koki hotel membuat sop buntut khas mereka. 

Tak berapa lama dari itu muncul sajian legendaris sop buntut dari restoran Bogor Café. Meskipun menu sop buntut telah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia, namun, belum ada yang dapat memastikan kapan sop buntut masuk dan dikenal dan kemudian mengalami penyesuain dengan lidah orang Indonesia. 

Salah satu dugaan mengenai asal sop buntut adalah pendapat yang mengatakan bahwa menu ini berasal dari Inggris yang pertama kali ditemukan pada abad ke-17. Sop buntut pertama kali dibawa oleh imigran asal Belgia dan kelompok Huguenot Perancis. 

Sebagian berpendapat bahwa sop buntut berasal dari negeri Tiongkok. Pendapat ini didukung dari kemiripan sop buntut dengan makanan dari Tiongkok, yaitu sup yang dipadukan dengan semur. Sop buntut Tiongkok terdiri dari potongan wortel, tomat, kubis, jamur dan kentang yang dicampur air. 

Setelah itu diberi garam sebagai penyedap rasa. Lalu, dipanaskan dengan menggunakan suhu didih rendah sehingga semua bahan dapat mengeluarkan cita rasanya masing-masing. 

Penjual Sop Buntut Enak di Surabaya

Sajian sop buntut ala Tiongkok dapat ditemukan pada makanan Korea. Dalam sajian makanan negeri ginseng ini buntut sapi dijadikan sebagai bahan campuran dalam kuah. Meskipun ada kemungkinan sop buntut bukan makanan asli Indonesia, kamu masih bisa kok mencicipi menu ini di kota-kota di Indonesia.

Salah satunya adalah di Surabaya. Kota ini punya banyak warung dan restoran sop buntut yang menyajikan menu sedap nan nikmat. Ini dia daftar warung dan restoran sop buntut Surabaya yang bisa kamu kunjungi. 

1. Sop Buntut Gelora Pancasila

Wow nama restoran ini nasionalis sekali ya? Tapi bagaimana dengan hidangan sop buntut yang ditawarkan restoran ini? Nah, ini nih restoran sop buntut yang tidak boleh kamu lewatkan ketika jalan-jalan di surabaya. Sop Buntut Gelora Pancasila memiliki ragam menu buntut sapi. 

Restoran ini merupakan restoran yang ahli meracik menu sop buntut. Kuah dan rasa daging buntutnya sangat khas. Tidak seperti kuah sop buntut biasanya, Sop Buntut Gelora Pancasila mempunyai warna yang lebih keruh. 

Warna keruh kuahnya didapat dari beberapa rempah yang dipakai dalam menu ini. Ketika menyantap menu ini rasa cengkeh, pala dan bubuk merica akan terasa berpadu sempurna. 

Ada buntut sapi bakar dan buntut sapi rebus. Penyajian kedua menu makanan ini berbeda. Meskipun begitu keduanya merupakan menu popular dari restoran ini. 

Buntut bakar restoran Gelora Pancasila mempunyai rasa yang gurih dan aroma daging sapi yang kuat. Daging buntut sapi nya terkaramelisasi sempurna sehingga cita rasanya sangat nikmat. Ketika kamu menggigit bagian yang terbakar ini bagian daging yang garing terasa sedap. 

  • Alamat: Jl. Musi No.48, Darmo, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur 60241
  • Harga: Rp30.000-Rp50.000
  • Jam buka: setiap hari 12.00-22.00
  • Telepon: (031) 99533840

2. Depot Sari Cantikan

Depot Sari Cantikan

Makanan olahan daging ekor sapi ini dapat kamu temukan di Depot Pabean Cantikan. Di sini terdapat berbagai menu olahan daging sapi seperti sate sumsum, rawon dan tentu saja sop buntut. Sajian Sop Buntut Depot Pabean Cantikan adalah rajanya menu di restoran ini. 

Sajian sop buntut di sini punya tehnik masak sendiri, yaitu daging buntut sapi digoreng terlebih dahulu setelah itu baru direbus. Dengan begitu tekstur dagingnya terasa lebih empuk, gurih dan lumer ketika dikunyah. 

Aroma dan rasa kuah yang gurih menambah nikmat menu sop ini. Kamu tidak akan menyesal jika makan di tempat ini. Tempat ini adalah restoran langganan para selebritis juga loh. Banyak dari mereka yang berkunjung ke tempat ini kala berlibur ke Surabaya. 

Warung sop buntut ini merupakan salah satu warung sop buntut legendaris. Warung ini sudah dijalankan oleh tiga generasi berturut-turut. Pantas saja jika warung sop buntut ini sangat terkenal di Surabaya.

  • Alamat: Jl. Karet No.112, Bongkaran, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur 60161
  • Harga: Rp36.000-Rp45.000
  • Jam buka: setiap hari 07.00-17.00
  • Telepon: (031) 3551475

3. Sop Buntut Jembatan Merah

Sop Buntut Jembatan Merah

Warung sop buntut ini berada di pinggiran kali. Oleh sebab itu warga surabaya menyebut sop buntut dari warung ini sebagai sop buntut pinggir kali. Warung sop buntut jembatan terlihat sederhana. Namun, cita rasa dan kualitas daging yang disajikan dari warung ini sangat memanjakan lidahmu.

Rasa kuah yang sedap dan lembut daging buntut sapi dapat meredakan rasa laparmu. Di warung Sop Buntut Jembatan Merah terdapat menu istimewa, yaitu bihun yang berbentuk seperti bakso. 

  • Alamat: Jl. Kemudi No.18, Rt.007/Rw.08, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur 60163
  • Harga: Rp25.000
  • Jam buka: setiap hari 07.00-15.99
  • Telepon: 0851-0257-9955

4. Soto Sop Buntut Choirul

Soto Sop Buntut ChoirulSumber: beritaenam.com

Kabarnya Sop Buntut Choirul ini adalah favoritnya pada pramugari dan penerbang di Surabaya loh. Pasalnya letak restoran ini tidak begitu jauh dari Bandara Internasional Djuanda. Di jam-jam makan tersebut awak kapal sering makan di tempat ini. 

Restoran ini menawarkan menu buntut goreng dan sop buntut yang rasanya nikmat. Tak perlu bingung memilih karena keduanya punya rasa yang sama-sama nikmat. Kamu bisa ganti-gantian menyantap menu andalan dari restoran ini nanti. 

  • Alamat: Jl. Mandala V No.440, Semawalang, Semambung, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254
  • Harga: Rp15.000-Rp30.000
  • Jam buka: setiap hari 24 jam
  • Telepon: 0817-0374-2228

5. Sop Buntut Genteng Durasim

Sop Buntut Genteng DurasimSumber: travelingyuk.com

Sop buntut genteng durasim asal Surabaya ini wajib kamu cicipi saat lapar. Rasa gurih kuah dan lembutnya daging buntut sapi menjadi favorit masyarakat Surabaya. Kuah sop buntut dari Warung Genteng Durasim berwarna pekat. 

Kuah berwarna pekat yang kental dengan aroma rempah-rempah ini lah yang memberikan rasa nikmat yang berbeda dari sop buntut di warung lain. Oh ya, di warung Sop Buntut Genteng Durasim punya menu istimewa lain loh, yaitu rujak cingur, menu favorit selain sop buntutnya.

  • Alamat: Jl. Genteng Durasim No.29, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60275
  • Harga: Rp50.000
  • Jam buka: setiap hari 10.30-17.30, minggu 11.00-17.30
  • Telepon: (031) 5358213

Yakin tak tergiur nikmatnya sop buntut Surabaya di atas? Tak hanya rasanya yang enak, sop buntut ini punya banyak khasiat bagi kesehatan juga loh. Kandungan daging buntut sapi dapat menjaga ketahanan tulang dan gigi sehingga dapat menghindarkan dari tulang keropos. Makan sop buntut sapi bikin kamu kenyang dan tubuh menjadi sehat. 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram