10 Souvenir Khas Lombok yang Bisa Dijadikan Hadiah

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain Bali, salah satu destinasi wisata bagian tengah Indonesia yang banyak dikunjungi para turis adalah Lombok. Lombok memang memiliki segudang destinasi wisata alam yang sangat menarik untuk dikunjungi terutama pantai dan lautnya. Biasanya, para turis yang datang ke Lombok bertujuan untuk melihat keindahan bawah laut dari pulau yang eksotis ini.

Di sana kamu bisa melakukan snorkeling, diving, atau sekedar bersantai sambil melihat keindahan pantainya. Tidak hanya destinasi wisatanya saja, salah satu hal yang tidak boleh kamu lupakan adalah membeli souvenirnya. Terdapat beberapa souvenir khas Lombok yang sangat bagus dan menarik untuk dibeli. Berikut beberapa souvenir khas Lombok yang bisa kamu bawa pulang.

1. Kain Tenun Sasak

Kain Tenun Sasak

Souvenir pertama yang wajib kamu beli adalah kain tenun Sasak  hasil karya wanita Lombok. Kain tenun ini telah populer hingga mancanegara, bahkan sudah menjadi incaran para kolektor dan para turis. Kain tenun ini terbuat dari bahan alami yaitu kapas pilihan yang dipintal menjadi benang kemudian diwarnai.

Bahan pewarna kain tenun Sasak berasal dari biji-bijian, kulit pohon, dedaunan, akar, dan lainnya sehingga menghasilkan warna yang alami dan sangat cantik. Kain ini juga diproses secara manual menggunakan alat yang terbuat dari bambu. Pembuatan kain tenun bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu.

Selain membeli kain ini, kamu juga bisa belajar menenun kainnya. Buat kamu yang tertarik, kamu bisa datang langsung ke Desa Sukarara yang merupakan pusat budaya kain tenun khas Lombok.

2. Kain Songket Sasak

Kain Songket Sasak

Kain songket adalah kain tenun yang dibuat dengan menambah benang pakan dan hiasan-hiasan dari benang sintetis yang berwarna perak, emas, kuning, dan warna-warna lainnya. Hiasan yang digunakan pada kain songket ini adalah berupa logam atau kerang. Buat kamu yang tertarik untuk membeli kain songket, kamu bisa datang langsung ke daerah Sukarara.

Di sana kamu juga bisa melihat secara langsung pembuatan kain songket ini. Kain songket adalah pakaian adat khas masyarakat Lombok. Biasanya wanita memakai kain songket sebagai selendang sedangkan pria memakai kain songket sebagai bawahan atau sarung.

3. Kerajinan Anyaman Ketak

Kerajinan Anyaman Ketak

* sumber: www.wisatadilombok.com

Kerajinan anyaman ketak adalah salah satu kerajinan tangan paling populer di Lombok. Produk ini terbuat dari ketak. Ketak adalah tanaman jenis paku-pakuan yang merambat panjang seperi tali. Sekilas kerajinan ini terlihat seperti tas rotan khas Bali. Anyaman ketak juga memiliki tekstur yang keras, kuat, dan memiliki kualitas yang bagus.

Biasanya anyaman ketak dibuat menjadi produk tas wanita. Produk ini memiliki nilai seni yang tinggi. Bentuk tasnya pun beragam. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa langsung datag ke kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat, atau Lombok Timur.

4. Kaos Lombok

Kaos Lombok

Sama seperti daerah wisata lainnya, Lombok juga memiliki kaos khasnya. Kaos Lombok adalah kaos oblong yang berasal dari daerah Sasak. Kaos ini memiliki desain yang modern. Kaos khas Lombok didominasi dengan warna hitam dan putih. Beberapa kaos memiliki logo Sasak.

Dibanding souvenir kaos dari daerah lainnya, kaos Lombok memiliki harga yang lebih murah. Jika kamu tertarik untuk membelinya, kamu bisa datang langsung ke beberapa pusat oleh-oleh yang ada di Lombok.

5. Kalung Mutiara

Kalung Mutiara

* sumber: www.mutiaralombokanapearl.com

Mau memberikan hadiah spesial dengan harga terjangkau? Kamu bisa pilih kalung mutiara Lombok. Mutiara ini adalah jenis mutiara air tawar yang memiliki diameter rata-rata sebesar 8mm. Kalung mutiara Lombok ini didominasi dengan warna putih cerah dan abu-abu.

Tidak sedikit kalung mutiara yang dipadukan dengan emas dan perak sehingga membuat perhiasan ini semakin cantik dan menarik untuk dimiliki. Bahkan mutiara Lombok ini sudah mendunia. Bentuknya cukup besar dan berkilau, tertarik untuk memilikinya?

6. Gerabah Khas Lombok

Gerabah Khas Lombok

Senang dengan benda-benda pajangan di rumah? Kamu wajib membeli gerabah khas Lombok. Yang menarik dari gerabah ini adalah dihiasi dengan bermacam motif unik yang menggambarkan khas Lombok. Bahkan hasil gerabah tersebut sudah banyak yang di ekspor.

Fungsi awal gerabah ini adalah sebagai wadah untuk menyimpan barang sehari-hari. Tetapi kini gerabah berfungsi sebagai pajangan atau hiasan di rumah. Jika kamu tertarik, kamu bisa membelinya di Desa Banyumelek yang merupakan pusat pembuatan kerajinan tangan yang satu ini.

Uniknya, pembuatan gerabah dibuat secara manual tanpa alat bantu. Tidak heran banyak wisatawan lokal maupun internasional yang banyak membeli gerabah ini.

7. Begasingan

Begasingan

Begasingan adalah gasing yang biasa dimainkan oleh anak generasi 90an pada masa kecil. Begasingan adalah permainan yang terbuat dari kayu, bertumpu pada satu titik poros dan diaminkan dengan cara dilempar, kemudian akan berputar di tanah. Begasingan khas Lombok berbentuk lebih besar dibanding begasingan dari daerah lainnya.

Bahkan beratnya mencapai satu hingga tiga kilogram. Permainan yang sudah ada sejak zaman dahulu ini bisa kamu beli di daerah Lombok Timur.

8. Kerajinan Cukli

Kerajinan Cukli

* sumber: wisatalomboktop.blogspot.com

Mendengar namanya, mungkin akan membuat kamu bingung. Cukli adalah kerajinan tangan khas Lombok yang terbuat dari kayu dan ditanam kulit kerang sehingga menghasilkan motif yang unik dan cantik. Kerajinan yang satu ini banyak diminati para wisatawan. Cukli diproduksi dalam bentuk piring, asbak, gantungan kunci, topeng, hingga lemari dan kursi.

Kerajinan ini juga sudah mendunia dan di ekspor ke beberapa negara. Jika kamu ingin membeli cukli, kamu bisa datang ke pasar seni yang ada di daerah Desa Sesela. Harganya pun relative, tergantung pada produk yang kamu beli.

9. Minyak Gosok Sumbawa

Minyak Gosok Sumbawa

Tidak hanya benda yang bisa dipakai atau benda pajangan saja, kamu juga bisa membeli bahan alami dalam bentuk minyak. Minyak ini adalah minyak gosok Sumbawa yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti akar pepohonan hutan NTB. Kualitasnya terjamin sangat higienis dan banyak wisatawan yang tertarik untuk membelinya.

Minyak ini sangat sehat dan bisa dikonsumsi oleh semua umur. Karena minyak ini alami, kamu tidak perlu khawatir dengan efek sampingnya. Minyak ini dikemas di dalam botol plastik maupun botol kaca. Warnanya cokelat kehitaman.

10. Kendi Maling

Kendi Maling

* sumber: www.gadizalombok.com

Kendi maling adalah wadah air minum khas Lombok yang terbuat dari tanah liat. Bentuknya bulat dan bagian atasnya memanjang, dilengkapi dengan lubang untuk mengeluarkan airnya. Yang membuat kendi ini menarik adalah kendi maling memiliki motif khas Lombok yang cantik.

Hal unik lainnya adalah tutup kendi ini tidak bisa dibuka. Jadi airnya bukan diisi dari atas melainkan dari bawah. Di bagian bawahnya terdapat lubang sebagai mulut lorong pipa yang panjang. Bagian ujungnya menggantung, tidak tersambung ke leher kendi ini. Maka dari itu kendi ini disebut kendi maling karena airnya hanya bisa masuk melaui tempat tersembunyi.

Itulah beberapa souvenir khas Lombok yang unik dan cantik. Jadi, kamu tertarik membeli souvenir yang mana? Jika kamu tahu souvenir Lombok lainnya silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *