10 Street Food Khas Argentina yang Rasanya Gurih & Manis

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 20 November 2021

Street food merupakan bagian penting dari budaya Argentina. Jika berkunjung ke negerinya Maradona ini, pengunjung akan melihat bermacam-macam penjual makanan dari pedagang kecil di pinggir jalan sampai pemilik waralaba truk makanan besar.

Satu-satunya masalah yaitu kebanyakan wisatawan tidak mengenal street food khas Argentina, bagaimana rasanya atau bahkan apa namanya.

Street food khas Argentina menghidangkan daging lezat, manisan, sandwich, serta beragam camilan gurih yang menjadi simbol negara itu. Berbicara mengenai makanan kaki lima khas Argentina, jarang terlihat orang Argentina makan sambil jalan atau berdiri.

Di sana mereka makan sambil duduk di meja. Mau tahu lebih banyak soal street food Argentina? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

Baca juga: 10 Street Food Khas Taiwan yang Enak dan Menggoda

1. Sandwich de Miga

Sandwich de Miga

Sandwich de miga nampak mirip dengan tea sandwich walaupun ukurannya jauh lebih besar. Street food khas Argentina ini dibuat menggunakan roti yang diiris tipis yang crust dan ujungnya dibuang. Jika diterjemahkan, nama sandwich de miga berarti sandwich tanpa crust. Konon makanan ini asalnya dari kota Turin, Italia dan para imigran Italia yang membawa makanan ini ke Argentina.

Roti yang dipakai untuk membuat sandwich ini sangat unik. Roti ini sangat tipis, sangat putih, dan sangat ringan. Isi untuk sandwich ini beragam termasuk ham dan keju, zaitun dan ham, mayones, telur, tuna, dan masih banyak lagi. Ada juga topping yang tidak biasa misalnya pastrami, prosciutto (ham kering), atau ikan teri.

Anehnya, sandwich de miga bisa juga dibuat dengan menggunakan tiga potong roti. Karena sangat populer, sandwich ini dapat dijumpai di hampir setiap toko roti di negara ini. Sandwich de miga juga dapat dihidangkan dengan cara dipanggang. Sandwich hangat ini juga dinamakan tostados dan merupakan street food khas Argentina yang populer.

2. Sandwich de Milanesa

Sandwich de Milanesa

Milanesa adalah salah satu makanan khas Argentina yang tidak boleh dilewatkan. Makanan ini merupakan hasil pengaruh Italia pada masakan Argentina. Bentuk milanesa itu berupa irisan tipis daging sapi yang dilumuri remah roti. Ada juga jenis milanesa lainnya yang dibuat menggunakan ayam atau ikan cod.

Biasanya milanesa dihidangkan di antara dua potong roti gaya baguette putih dan diberi isi dengan tomat, selada, dan mayones. Saat digunakan untuk sandwich, hidangan ini dikenal dengan nama Sandwich de Milanesa atau Milanga. Makanan ini bisa ditemukan sebagai street food khas Argentina ini di sudut restoran cepat saji maupun di waralaba cepat saji.

3. Garrapinada

Garrapinada

Garrapinada merupakan dessert khas Argentina yang terbuat dari kacang tanah yang dinamakan garrapiñada de mani. Camilan ini bisa juga ditemukan terbuat dari almond yang dinamakan garrapiñada de almendras.

Makanan ringan ini seperti manisan praline yang dibuat dengan esens vanila dan gula yang dimasak di atas bara panas. Setelah gula dimasak akan menghasilkan lapisan karamel yang menutupi seluruh kacang (atau almond) sehingga tercipta tekstur yang manis dan renyah.

Jajanan pinggir jalan ini akan dengan mudah ditemukan di sudut-sudut Buenos Aires pada bulan-bulan musim gugur juga musim dingin yang lebih sejuk. Pedagang kaki lima juga menempatkan diri mereka di pameran jalanan atau pasar dan menjual garrapinada dalam paket kecil yang dimasak dari wajan.

4. Lomito

Lomito

Street food khas Argentina ini disebut sebagai "raja makanan ringan cepat saji." Posisi makanan ini berada di atas choripán baik dalam harga dan penampilannya. Yang membuatnya begitu makanan ini begitu berharga karena menggunakan daging sapinya yang terkenal di Argentina.

Pada intinya, Lomito merupakan sandwich steak yang sudah dipanggang ala pancha. Potongan steak lomo ini kemudian diberi topping berupa selada, tomat, chimichurri, bawang bombay, telur goreng, mayones, ham dan keju leleh. Coba nikmati lomito yang dijual di Buenos Aires dekat Cagar Ekologi Costanera Sur. Kamu akan bisa menemukannya dengan mencium baunya.

5. Pancho

Pancho

Makanan kaki lima Argentina tidak akan lengkap tanpa hidangan yang satu ini. Pancho merupakan hot dog khas Argentina. Ini adalah hot dog sederhana yang hanya terdiri dari sosis dalam roti. Di sosis itu kamu bisa menaburkan lluvia de papa (hujan kentang), kentang goreng yang dipotong sangat tipis untuk membuat sandwich ini lebih menyenangkan.

Semakin banyak topping yang ditambahkan pada hot dog, itu akan mengubah street food khas Argentina ini menjadi "super pancho." Terdapat beberapa pilihan saus lezat yang cocok dengan hot dog ini. Yang paling terkenal yaitu salsa golf yang pada dasarnya berupa campuran mayones, mustard dan saus tomat.

6. Matambre a la Pizza

Matambre a la Pizza

Matambre a la pizza merupakan hidangan daging tradisional yang asalnya dari Argentina. Street food khas Argentina ini dibuat menggunakan steak flank matambre yang dimarinasi dalam susu dan dipanggang di satu sisinya.

Kemudian steak dibalik agar sisi lainnya bisa dipanggang. Sementara sisi yang sudah dipanggang di atasnya diberi lumuran saus tomat, keju mozzarella serta irisan tomat.

Topping pizza khas Argentina ini dapat bervariasi. Hidangan ini di atasnya bisa diperkaya dengan zaitun, paprika merah panggang atau ham. Sesudah matang, biasanya matambre a la pizza dihidangkan dalam bentuk irisan seperti pizza. Biasanya matambre ditemani oleh kentang goreng, roti panggang, atau kentang tumbuk serta salad hijau.

7. Choripan

Choripan

Sandwich Choripan merupakan makanan pokok di Argentina. Kalau berkunjung ke Argentina, kamu akan melihat banyak gerobak makanan, penjaja juga truk makanan yang menjajakan choripan selama acara-acara besar misalnya pesta atau pertandingan sepak bola. Makanan ini nampak seperti hot dog khas Argentina.

Alasan lain mengapa masyarakat asli menyukai sandwich choripan yaitu street food khas Argentina ini mudah sekali untuk disiapkan. Istilah choripan merupakan gabungan kata yang berasal dari kata Spanyol chorizo ​​(sosis asap) dengan pan (roti).

Dan choripan memang hanya berisi itu saja, chorizo yang ​​​​dijejalkan di antara dua potong roti yang panjang dan memiliki crust. Sayangnya, tak ada catatan tertulis yang secara eksplisit menyatakan kapan pertama kali masyarakat asli Argentina membuat sandwich choripan. Namun, makanan ini bisa dilacak dari asal-usul bahan-bahannya.

Chorizos dipopulerkan di Argentina pada abad ke-16 selama penjajahan Spanyol. Sedangkan penduduk lokal mulai memakai roti untuk dijadikan makanan sehari-hari sesudah orang Italia memperkenalkan roti pada mereka pada sekitar tahun 1800-an.

8. Fugazzeta

Fugazzeta

Wisatawan yang datang ke Argentina akan menyebut fugazzeta sebagai pizza Argentina. Namun street food khas Argentina ini merupakan kelezatan yang luar biasa yang memiliki karakteristik unik. Fugazzeta asli merupakan perpaduan indah antara masakan Italia dengan Argentina yang asalnya dari fugazza, yaitu pizza hidangan Argentina yang terinspirasi oleh focaccia Italia.

Layaknya fugazza, fugazzeta merupakan pizza de molde yang memiliki crust yang tebal dan berisi rempah-rempah dan bumbu Argentina. Perbedaan satu-satunya antara fugazzeta dengan fugazza yaitu fugazetta mempunyai topping lapisan keju yang tebal dan kaya.

Dipopulerkan di Argentina pada awal 1900-an, fugazzeta pertama kali diperkenalkan oleh Imigran Italia, Don Agustin Banchero. Dia memperkenalkannya pada penduduk setempat saat pertama kali mendirikan toko pizza pada kira-kira tahun 1880 sampai 1920.

9. Bondiola

Bondiola

Kalau dirasa choripan terlalu manis rasanya dan lebih suka rasa pedas, cicipilah sandwich bondiola. Seperti choripan, street food khas Argentina ini merupakan sandwich Argentina yang populer dan dijual oleh penjaja makanan, pedagang kaki lima dan truk makanan.

Bondiola dibuat dari daging bahu babi panggang yang disiram dengan saus chimichurri dan dijadikan isian di antara dua potong roti atau roti panjang dan ber-crust. Yang membedakan sandwich bondiola dengan sandwich choripan adalah karena makanan ini mengandalkan saus chimichurri.

Chimichurri merupakan bumbu khas yang selalu tersedia di meja makan atau saus masakan Argentina yang terbuat dari cuka, minyak zaitun, anggur merah, peterseli cincang dan bawang putih cincang. Bondiola mempunyai rasa yang bersahaja dan pedas.

10. Empanadas Tucumanas

Empanadas Tucumanas

Empanada yang satu ini merupakan spesialisasi dari wilayah Tucumán dan berbeda sekali dari kebanyakan empanada yang ada di Buenos Aires. Biasanya tucumanas dibuat dengan tangan sesuai dengan resep tradisional lama. Ciri khasnya yaitu adonannya yang renyah dan proporsi adonan dan isiannya ideal.

Adonannya dibuat menggunakan bahan-bahan, seperti tepung terigu dan lemak sapi, lalu biasanya diberi isi dengan daging sapi, babat atau ayam bersama dengan bahan lain misalnya kismis, bawang, paprika, telur rebus dan jinten. Empanada Tucumanas yang asli harus dipanggang di dalam oven tanah liat dan cara menikmatinya yang terbaik yaitu dengan ditemani segelas anggur lokal.

Itulah 10 street food khas Argentina yang pastinya akan membuat kamu penasaran dengan rasanya. Makanan kaki lima ini dipengaruhi oleh para imigran sehingga beberapa sajian tersebut mirip dengan negara asal para imigran, seperti Italia.

Kalau kamu seorang foodie sejati, pasti penasaran dengan street food khas Argentina di atas. Kira-kira makanan yang mana yang ingin sekali kamu coba?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram