11 Street Food Enak Khas Italia dari Roti Hingga Jeroan

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 18 Juni 2021

Bukan rahasia lagi bahwa Italia memang memiliki segudang makanan yang lezat, mulai dari carbonara yang lembut hingga pizza semuanya berhasil memikat lidah para penggemarnya. Jika mencari makanan yang unik, sehat, dan otentik saat berada di Italia, street food khas Italia akan membuka perjalanan kulinermu menuju ke dunia sejarah dan cita rasa.

Street food di seluruh Italia adalah bukti nyata dari inovasi dan hasrat yang dimiliki orang Italia dari semua lapisan masyarakat dalam hal makanan. Hidangannya sederhana namun menggugah selera. Tertarik untuk menjelajahi kuliner street food khas Italia? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Zeppole

ZeppoleSumber: cheftini.com

Jika kamu pernah menginjakkan kaki di toko roti Italia atau pergi ke pekan raya jalanan Italia, kamu mungkin pernah mencicipi potongan goreng yang lezat ini. Zeppole konon berasal dari Napoli, tapi kamu dapat menemukannya di sudut jalan di seluruh negeri.

Pada dasarnya ini adalah adonan bola yang digoreng. Saat ini, zeppole bisa diisi dengan jelly, pastry cream, custard, dan bahkan cokelat. Namun terkadang, tidak ada yang mengalahkan versi aslinya, yaitu langsung dari penggorengan, diberi sedikit gula, dan dimasukkan ke dalam kantong kertas.

2. Sfogliatella Riccia

Sfogliatella Riccia

Street food khas Italia selanjutnya adalah Sfogliatella riccia. Kulit yang garing dari pastry yang renyah dan berisi ricotta ini adalah camilan manis terbaik. Nama camilan ini mengacu pada lapisan tipis, atau daun, karena efek berlapis dari kue, namun sfogliatella bukan makanan biasa.

Kue yang kaya rasa ini secara tradisional dibuat dengan lard, kemudian diisi dengan ricotta kental, kayu manis dan lemon. Makanan ini disukai di Napoli dan daerah sekitarnya, dan paling enak saat baru dipanggang.

3. Arancini

AranciniSumber: realfood.tesco.com

Ada perdebatan tanpa akhir yang memisahkan Sisilia antara mereka yang menyebutnya arancino dan mereka yang bersikeras bahwa ejaan yang benar adalah arancina. Namun terlepas dari gender, street food khas Italia yang populer ini, makanan yang wajib dicoba saat berada di Italia, terutama di Sisilia.

Biasanya arancina versi perempuan berbentuk bulat seperti jeruk, konon buahnya terinspirasi dari namanya, sedangkan arancino versi laki-laki agak kerucut, bentuk yang konon terinspirasi dari Gunung Api Etna.

Resep tradisionalnya kurang lebih sama yaitu nasi berbentuk bola yang dilapisi remah roti dan digoreng, dengan ragù yang gurih (saus tomat dengan daging cincang), keju "caciocavallo" dan kacang polong.

Walaupun resepnya adalah resep tradisional Sisilia, arancini populer di seluruh Italia. Makanan ini memiliki banyak isian yang berbeda, dari ham dan keju mozzarella hingga bayam dan mozzarella, atau bahkan pistachio jika kamu berada di kota Bronte di Sisilia.

4. Panzerotti

PanzerottiSumber: lacucinaitaliana.com

Meskipun dipercaya asalnya dari wilayah Apulia, panzerotti sangat terkenal di seluruh daerah Italia selatan. Street food khas Italia ini menyerupai pizza calzone kecil, baik dalam bentuk maupun adonan yang digunakan untuk pembuatannya.

Alih-alih dipanggang dalam oven, panzerotti justru digoreng karena itulah panzerotti juga disebut calzoni fritti (calzone goreng), frittelle (gorengan), atau pizze fritte, (pizza digoreng).

Untuk isian panzerotti klasik hanya berisi tomat dan mozzarella, tapi bisa diisi dengan apa saja dan dalam bermacam kombinasi, seperti prosciutto-mozzarella, bayam-ricotta, pepperoni-provolone, bawang-zaitun-tomat, zucchini-mozzarella, speck-fontina, dan lain-lain.

5. Piada

PiadaSumber: restaurantbusinessonline.com

Dikenal juga sebagai piadina, piada adalah roti lapis flatbread Italia yang populer. Street food khas Italia ini adalah spesialisasi wilayah Emilia-Romagna, yang berada di antara pegunungan Apennine dan Laut Adriatik.

Resep untuk piada telah diturunkan dari generasi ke generasi dan ada juga yang dibuat ulang dengan teknik modern. Ketika kamu mengunjungi wilayah Emilia-Romagna, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba piada yang hangat langsung dari oven panas!

Roti pipih bulat yang tipis ini umumnya dibuat dengan tepung putih dan minyak zaitun extra virgin. Setelah disiapkan, segera diisi dengan keju, potongan daging dingin, serta sayuran. Pastikan untuk segera menikmatinya agar bisa menikmati aroma roti yang baru dipanggang.

6. Stigghiola

StigghiolaSumber: ilovefoods.it

Makanan khas Sisilia ini khususnya bisa ditemukan di jalan-jalan Kota Palermo. Jika kamu tertarik untu ingin mencoba sesuatu yang unik, pastikan untuk mencicipinya. Stigghiola dibuat dari usus domba, atau terkadang ayam yang telah dicuci, dibumbui dengan garam, kemudian ditusuk, dan dipanggang.

Selain itu, ditambahkan juga beberapa bumbu termasuk peterseli, bawang bombay, dan juga rempah-rempah lainnya. Kamu juga akan sering menemukan usus ini ditusuk bersama bawang daun. Jangan khawatir, street food khas Italia ini jauh lebih enak daripada kedengarannya.

7. Calzone

CalzoneSumber: delish.com

Calzone kalau diterangkan secara sederhana adalah pizza yang dilipat menjadi dua dan diisi dengan berbagai isian, ada ham dan keju sampai sayuran, ricotta, parmesan, bahkan juga telur. Berasal dari wilayah Campania di sekitar abad ke-18. Di Napoli, calzone biasa disebut sebagai pizza lipat.

Resep calzone tradisional dipanggang dalam oven walaupun daerah tertentu mempunyai versinya sendiri, seperti Apulian panzerotti. Namun, kedua versi tersebut sangat berbeda. Calzone tradisional tidak mengandung saus tomat.

Calzone cukup banyak ditemukan di mana-mana walaupun lebih umum di daerah selatan Italia, dari Lazio sampai Campania, Basilicata, dan Sisilia. Tetapi jika kamu ingin mencoba calzone yang asli, kunjungilah daerah Napoli dan sekitarnya.

8. Suppli

SuppliSumber: therealitalianfood.com

Makanan yang satu ini dianggap sebagai salah satu street food Roma terbaik. Kroket nasi yang dilapisi tepung roti ini sebenarnya sangat mirip dengan arancini Sisilia. Namun, umumnya suppli Roma diisi dengan mozzarella, dan nasinya direbus terlebih dahulu dalam saus daging berbahan dasar tomat.

Di Roma, camilan ini dikenal sebagai supplì al telefono yang merupakan kata Perancis untuk kejutan yang dibahasa Italiakan dan untaian panjang keju meleleh yang menyerupai kabel telepon. Kejutan akan terungkap ketika kamu membelah bola nasi renyah ini menjadi dua.

9. Pani ca meusa

Pani ca meusaSumber: freetourcatania.com

Jika kamu pernah ke Palermo, kemungkinan besar kamu akan melihat camilan ini dijajakan di setiap jalan. Makanan ini adalah sandwich tradisional Sisilia yang berisi cincang paru-paru dan limpa anak sapi. Istilah pani ca meusa dalam bahasa Italia secara harfiah berarti "roti dengan limpa".

Percayalah, rasanya lebih enak daripada kedengarannya jika kamu sejenak lupakan bahwa itu adalah sandwich limpa. Kamu pasti akan terkejut.

Perpaduan antara daging yang empuk, keju caciocavallo parut, dan roti vastedda yang lembut dan pedas membuat hidangan yang lezat dan beraroma. Peras sedikit lemon segar di atasnya sebelum menggigitnya.

10. Lampredotto

LampredottoSumber: tuscanwanders.com

Untuk bisa mencicipi makanan ini, kamu harus berada di belakang antrean panjang penduduk setempat sebelum bisa merasakan lampredotto yang lezat, street food Florentina terbaik. Pani ca meusa pada dasarnya adalah perut sapi, dimasak dengan kaldu tomat, bawang, seledri, dan peterseli.

Meskipun berbahan perut sapi tetapi rasanya sangat beraroma. Lampredotto dapat disajikan sendiri di atas piring atau, lebih umum, dalam sandwich dengan menggunakan roti semelle. Jika kamu memilih sandwich, disarankan untuk memesan bun bagnato, dicelupkan ke dalam kaldu masak, lalu taburi dengan salsa verde. Selamat menikmati makanannya!

11. Pesce fritto al cono

Pesce fritto al conoSumber: desitablog.com

Gelato bukan satu-satunya hidangan yang bisa kamu makan dari cone. Ada juga makanan laut segar goreng yang disajikan dalam cone yang terbuat dari kertas di jalan-jalan di banyak kota pelabuhan Italia. Makanan laut tersebut langsung keluar dari perahu nelayan yang tiba di pelabuhan setiap pagi.

Selanjutnya dimasukkan ke dalam adonan tepung dasar dan kemudian digoreng di depanmu. Bergantung pada hasil tangkapan hari itu, kamu bisa mendapatkan kerucut kertasmu berisi ikan kecil atau campuran udang dan cumi-cumi.

Taburkan sedikit lemon di atasnya dan makan dengan tangan atau tusukan yang disediakan saat kamu berjalan-jalan di jalanan.

Street food khas Italia beberapa ternyata ada yang lumayan ekstrem untuk ukuran orang Eropa yang jarang makan jeroan hewan. Ternyata usus domba atau ayam juga lumrah ditemui di sana dan bahkan jadi camilan seperti di kita.

Dari street food khas Italia ini kita jadi tahu beragam makanan lain selain yang sudah umum kita temui, seperti pizza dan spaghetti. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba camilan kaki lima khas Italia?

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram