10 Street Food Khas Taiwan yang Enak dan Menggoda

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 8 September 2021

Tak lengkap rasanya kalau membicarakan tentang makanan dari Taiwan tanpa menyebut street food-nya. Street food khas Taiwan terkenal di dunia yang membuat pulau ini menjadi surga bagi para pencinta kuliner. Di seluruh negeri ini terdapat ratusan pasar street food yang popular di kalangan penduduk lokal maupun turis. Street food juga termasuk dalam bagian penting budaya Taiwan.

Xiao Chi yang artinya “makanan kecil” alias street food, tersedia sepanjang hari, kapan saja, baik di restoran, ruko dengan meja di pinggir jalan, gerobak makanan maupun pasar malam. Ada ribuan kedai yang berbeda untuk dijelajahi dan semuanya memiliki penemuan dan variasi uniknya sendiri. Yuk, kenalan dengan makanan kaki lima dari Taiwan yang enak dan menggoda berikut ini!

1. Yu wan

Yu wan atau bakso ikan Tamsui merupakan street food khas Taiwan yang dibuat dari adonan ikan yang diberi isian daging babi dan bawang putih yang diasinkan. Ada juga versi yang menggunakan adonan daging hiu, yang memberikan rasa istimewa pada baksonya. Bakso ikan isi biasanya dibuat dalam bentuk lonjong yang khas dengan tekstur yang kenyal.

Biasanya bakso yang disajikan dalam mangkok ini akan diberi kaldu pasta ikan panas yang diberi bumbu dengan sedikit minyak, merica dan beberapa diberi seledri yang baru dicincang. Selain itu, bakso ini juga biasanya diberi bihun atau dumpling. Bakso ikan ini merupakan street food khas Taiwan yang biasanya disantap untuk sarapan, makan siang maupun sebagai camilan gurih.

Untuk mengetahui pembuatan juga sejarah dibalik bakso ini, turis dan penduduk lokal bisa mempelajari semua dengan mengunjungi Museum Bola Ikan Teng Feng. Museum ini dibuka pada tahun 2004 dan ini adalah museum bakso ikan pertama di Taiwan.

Jika ingin merasakan pengalaman menyantap bakso ikan Tamsui yang otentik, mengunjungi restoran Bakso Ikan Tamsui Ke Ko adalah suatu keharusan. Restoran ini selama lebih dari 50 tahun sudah menyajikan bakso ikan yang terkenal ini.

2. Pancake Tianjing Chong Zhua

Pancake Tianjing Chong Zhua atau pancake daun bawang merupakan salah satu street food khas Taiwan yang jadi favorit penyuka makanan kaki lima. Ini nampak seperti sandwich versi Taiwan. Untuk topping pancake ini kamu bisa memilih topping apa yang inginkan, seperti ham, bacon atau telur. Selain topping gurih ada juga topping yang manis.

Pancake daun bawang ini mempunyai tekstur renyah dengan rasa yang lezat. Camilan ini bisa ditemukan di hampir tiap pasar malam di kota dan kamu tak boleh melewatkannya ketika berada di Taipei. Harga pancake ini sekitar 60 - 120 NTD per porsi. Camilan ini bisa ditemukan di sudut Distrik Ximending di Taipei.

3. Ba-wan

Ba-wan

Ba-wan adalah street food Taiwan berupa bakso. Namun bakso ini tidak seperti kebanyakan bakso umumnya. Bakso Taiwan ini dibuat dari adonan ketan lengket yang bening yang membungkus isian berupa daging babi yang dibumbui, jamur shiitake, rebung, dan bawang merah.

Biasanya bakso dimasak dengan cara dikukus maupun digoreng dan dihidangkan dalam kuah yang dikentalkan dengan tepung dan diberi percikan sambal manis. Hidangan unik ini asalnya dari wilayah Beitou, tapi sekarang camilan ini bisa ditemukan di seluruh Taiwan.

Tonghua bawan merupakan salah satu tempat yang khusus menjual ba-wan di Taipei. Kontras antara kulitnya yang kenyal juga sedikit lengket dengan isiannya, yaitu daging babi yang dibumbui lembut, dan rebung yang renyah menjadikan hidangan ini layak untuk dicoba.

4. Stinky Tofu

Mau benci atau suka, makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan di Taiwan. Sangat mudah mengenali makanan ini karena baunya yang yang sulit untuk dilewatkan. Camilan ikonik ini dibuat dari tahu padat berbentuk kubus yang direndam dalam air rendaman yang biasanya isinya ikan kering, daging serta susu fermentasi. Selanjutnya tahu dibiarkan selama berbulan-bulan.

Untuk menyajikan tahu ini bisa digoreng atau dikukus. Rasanya sedikit seperti sedikit asam dan baunya semakin kuat, tapi rasanya semakin enak. Terdapat 13 tingkat berbeda dari stinky tofu. Tahu ini paling enak dihidangkan dengan digoreng sehingga menghasilkan tekstur yang renyah di luar dan lembut di dalam.

Cara penyajiannya yaitu dihidangkan bersama dengan saus manis dan pedas maupun kimchi. Kalau kamu tidak masalah dengan baunya, kamu bisa mencoba stinky tofu di hampir setiap pasar malam dan di salah satu restoran yang ada di seluruh Taiwan. Ada beberapa restoran yang mendedikasikan dirinya untuk menjual hidangan ini.

5. Tie Dan

Tie Dan merupakan street food khas Taiwan paling terkenal di kota Danshui di wilayah Timur Laut. Makanan ini dibuat dengan cara mengeringkan dan merebus telur berulang kali di dalam kaldu hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Proses yang harus dilewati tiap batch telur sekitar kurang lebih 10 kali.  Tie dan bisa dibeli tanpa bungkus atau dalam kemasan vakum.

Makanan ini tersedia dalam berbagai rasa, ada bawang putih, kecap, cabai, dan lain-lain. Mungkin kamu penasaran siapa yang punya ide untuk membuat telur semacam ini? Ternyata makanan ini idenya muncul secara tidak sengaja oleh seorang pedagang kaki lima pada hari hujan yang panjang.

Ketika itu tidak banyak pelanggan yang datang sehingga dia harus terus memasak telur supaya tetap hangat. Hal ini memunculkan terciptanya salah satu street food favorit penduduk setempat. Tempat terbaik untuk menikmati camilan ini adalah di Grandma’s Iron Egg yang berada di Zhongzheng Road di Taipei.

6. Oyster Mee Sua

Mee sua merupakan hidangan mie asli Taiwan yang menggabungkan antara mie misua yang tipis dengan tiram di dalam kuah kental yang gurih. Biasanya mie yang khas ini dibuat dari mie misua merah yang dimasak dalam kaldu, kemudian diberi bumbu dengan bawang putih cincang, jahe, serpihan bonito, saus tiram, arak beras, daun kemangi, serta tepung maizena untuk mengentalkan.

Mie ini biasanya dikonsumsi saat panas dan diberi tiram yang direbus dan bisa juga usus babi yang direbus, tapi ini pilihan. Kaya akan rasa dan dihiasi dengan daun bawang cincang ataupun daun ketumbar segar, biasanya hidangan mie ini dicampur dengan kecap asin, cuka beras hitam dan saus cabai. Mie tiram ini merupakan street food yang sangat umum dijual di pasar malam Taiwan.

7. Aiyu Jelly

Aiyu Jelly

Tadi sudah dibahas tentang bakso, dumpling, mie dan telur. Nah, kalau berbicara soal street food khas Taiwan tidak boleh melewatkan aiyu Jelly. Kudapan ini berupa jeli kristal yang goyang-goyang terbuat dari biji berbagai jenis ara yang merambat dan sulit didapat di luar Taiwan, setidaknya untuk aiyu jelly yang asli.

Biasanya dihidangkan dengan jeruk nipis atau bisa juga dengan jus lemon segar dan ditambahkan sedikit madu untuk rasa manis. Camilan menyegarkan ini bisa ditemui dijual di pasar malam dan kedai-kedai di seluruh negeri. Kalau ingin aiyu Jelly paling segar, kamu bisa berkunjung ke asalnya di Chiayi. Di sana petani setempat memetik buah ara dari pucuk pohon langsung.

8. Gua Bao

Gua Bao

Gua bao sering juga disebut sebagai hamburger-nya Taiwan. Street food khas Taiwan ini merupakan camilan popular yang sudah menjadi terkenal di seluruh dunia. Hidangan berisi roti kukus yang lembut juga empuk dan diberi isian hangat berupa daging perut babi yang direbus, bubuk kacang, acar sawi, dan ketumbar.

Ada restoran terkenal yang sempat mendapatkan penghargaan yaitu restoran Lan Jia Gua Bao. Di sini gua bao dijual dalam kantong plastik sehingga memudahkan saat memakannya karena tidak akan terlepas ketika memakannya. Cicipi juga gua bao di kedai bernama BashiBao di kota Taichung yang isiannya menggunakan mie goreng tumis babi.

9. Taro Balls

Taro Balls

Ini adalah street food Taiwan lainnya yang juga popular dan tak boleh dilewatkan, yaitu taro balls atau bola taro. Taro balls Taiwan merupakan makanan tradisional Fujian yang terbuat dari bola talas yang dicampur dengan sirup dan bahan lainnya. Bola ini dibuat dari talas tumbuk yang dicampur dengan air dan tepung.

Bola talas ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Ada juga rasa manis ringan dari sirup dan tepung. Makanan ini juga merupakan salah satu dessert paling ikonik di Taiwan. Ketika memasuki kota tua Jiufen, kamu bisa langsung menemukan bola taro ini dijual di salah satu dari beberapa restoran pertama kamu lihat. Selain itu, bola taro bisa juga didapatkan di sebagian besar pasar malam di Taipei.

Ada juga bola taro yang disajikan dalam bentuk digoreng dan diberi isi dengan isian lezat seperti telur asin dan karamel. Kudapan ini bisa ditemukan di salah satunya di Pasar Malam Ningxia di Taipei. Jadi jangan lupa untuk mencobanya juga.

10. Yan su ji

Yan su jiSumber: facebook.com

Yan su ji adalah ayam popcorn Taiwan. Street food klasik Taiwan ini berupa potongan ayam seukuran gigitan yang umumnya direndam dalam kombinasi soy sauce, jahe, bawang putih, anggur beras serta bermacam-macam bumbu yang beraroma. Potongan-potongan tadi kemudian dilapisi dengan tepung kentang atau tepung jagung lalu digoreng sampai renyah.

Biasanya hidangan ini dibuat dari paha ayam tanpa tulang. Untuk bumbu tradisionalnya meliputi garam, merica, serta lima rempah lainnya. Variasi modern dari ayam popcorn ini menggunakan beragam rempah, misalnya bubuk mustard, bubuk rumput laut atau allspice.

Ayam popcorn Taiwan memiliki banyak nama dan merupakan salah satu street food yang ikonik yang dinikmati di seluruh penjuru Taiwan. Camilan ini biasanya dihidangkan tanpa saus dan lebih sering disajikan dengan daun kemangi goreng.

Itulah kesepuluh jenis street food khas Taiwan. Mungkin selama ini kamu sudah sering mencoba minuman khas Taiwan yaitu minuman boba, nah sekarang waktunya mencoba camilan kaki limanya. Makanannya beragam dari bakso hingga jelly.

Mungkin makanan-makanan ini sudah bisa kamu dapatkan di Indonesia tanpa harus pergi ke Taiwan. Salah satu waralaba Taiwan yang menjual snack dari negeri ini adalah Shihlin yang punya menu ayam popcorn.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram