keluyuran web banner

Kuliner Malam di Sudirman Street dan Cibadak Bandung

Ditulis oleh Reisa Caroline - Diperbaharui 16 Oktober 2020

Ingin kulineran malam di Bandung yang enak-enak dan memiliki banyak pilihan menu makanan? Keluyuran punya jawabannya yaitu Sudirman Street dan di kawasan jalan Cibadak. Keduanya bisa kamu kunjungi bersamaan karena lokasinya yang berdekatan.

Sudirman Street ini berbentuk food court yang terdiri dari tenant-tenant ternama. Di sini kamu bisa menemukan makanan halal dan non halal yang pastinya enak-enak dan bisa bikin kamu kalap. Makanan yang ditawarkan di sini sangat lengkap dimulai dari camilan, makanan ringan hingga ragam minuman.

Penasaran dengan kuliner yang ada di Sudirman Street dan Kawasan Jalan Cibadak? Simak dulu ulasannya berikut ini ya!

Sudirman Street

Sudirman Street Food Market

Tim Keluyuran memulai perjalanan kuliner malam mulai dari Jalan Sudirman, kulineran di Sudirman Street pun jadi pilihan pertama kami. Di sini banyak pilihan makanan dari tenant yang sudah terkenal di Bandung, baik yang halal atau non halal. Hal inilah yang membuat kami makin nggak sabar untuk mencicipi kuliner di sini.

Setelah berputar mengelilingi Sudirman Street, akhirnya kami memilih untuk memesan menu halal dan non halal. Untuk kuliner non halal, kami memesan Sate Babi Wibisana dan Swike Jatiwangi. Keduanya merupakan makanan non halal yang wajib banget kamu coba kalau kesini.

sate wibisana

Sate Babi Wibisana ini sebenarnya nggak hanya menjual sate babi, tapi masih banyak menu lainnya yang enak-enak seperti nasi campur, samcan, bakut, bakso goreng dan masih banyak lagi. Rasa dari satenya tuh enak banget, bumbunya meresap banget ke daging, manis dan empuk. Nggak perlu banyak bumbu tambahan, cukup dicocol ke sambal matahnya saja dijamin rasanya maknyos!

Lalu ada swike atau daging kodok, kami memesan swike goreng tepung dan surprisingly rasanya memang enak banget! Untuk kamu yang belum pernah mencicipinya, daging swike ini teksturnya mirip ayam tepatnya daging bagian sayap ayam. Balutan dari tepung gorengnya yang gurih dan renyah membuat swike ini makin spesial rasanya.

Menu Sudirman Street

Untuk menu non halal, sebenarnya kami agak sedikit kebingungan karena banyak tenant yang masih tutup. Akhirnya seafood jadi pilihan pertama kami yaitu cumi goreng tepung dan sebagai camilannya kami pesan kuotie. Cumi goreng tepung kami pesan dari tenant yang menjual makanan khas Thailand, jadi sambal cocolannya dibuat khas Thailand yaitu rasa asam, manis tapi pedas.

Sudah pernah cobain kuotie? Kuotie itu mirip dumpling dengan isian daging dan sayur. Camilan sehat yang mengenyangkan, kan? Kulineran malam kami di Sudirman Street ini sangat memuaskan, tapi karena kami akan melanjutkan ke Kawasan Cibadak jadinya kami sengaja nggak memesan nasi putih. Tujuannya supaya nggak cepat kenyang, hehehe…

  • Sate Wibisana: 55rb/10 tusuk (sate kecil) dan 110rb/10 tusuk (sate besar)
  • Swike Jatiwangi: 55rb per porsi (tanpa nasi)
  • Cumi Goreng Tepung dari Rob Thai
  • Kuotie

Kawasan Cibadak

Kawasan Cibadak

*

Kawasan kuliner malam di jalan Cibadak ini jaraknya sangat dekat dengan Sudirman Street alias hanya ada di bagian belakangnya saja. Berbeda dengan Sudirman Street yang berbentuk food court dengan banyak meja dan kursi, kuliner malam di jalan Cibadak ini adalah jalanan yang diramaikan dengan pedagang gerobak makanan di sisi kanan dan kiri jalanan.

Di sini nggak kalah menariknya dari Sudirman Street, terdapat banyak banget pilihan makanan dari camilan seperti pisang keju, bola obi, bakso goreng hingga makanan berat baik yang halal dan non halal seperti samcan epenk hingga soto bandung pak simon.

Karena sebelumnya dari Sudirman Street, di Kawasan Cibadak ini kami pesan camilan favorite yaitu bola obi gardujati! Camilan yang terbuat dari ubi manis ini dibentuk menjadi seperti bola kecil lalu digoreng. Rasanya super enak dan bisa bikin kamu kalap.

pisang keju coklat papaday

Selanjutnya berada di sebelah bola obi, kami memesan pisang keju coklat papaday. Pisang coklat keju papaday ini adalah salah satu yang wajib banget kamu beli di sini. Pisangnya besar dan manis, ditambah susu kental manis dan topping coklat meses dan keju yang menumpuk di atasnya. Rasanya yummy!

soto bandung pak simon

Tepat sebelah pisang coklat keju papaday, ada soto bandung pak simon yang terkenal banget! Seporsi soto bandung ini lumayan banyak, mungkin sebenarnya bisa saja dimakan oleh 2 orang. Kuah soto bandung nya segar sekali ditambah potongan daging yang nggak pelit ini ngebuktiin kalau wajar saja soto bandung pak simon sangat recommended.

Dan masih nggak jauh dari soto bandung pak simon, kami mampir ke Kobe. Penasaran banget karena di sini ramai banget. Berbeda dengan kuliner sebelumnya, Kobe ini berbentuk restoran dengan dua lantai. Dan hampir semua mejanya penuh. Di sini kami memesan sapo tahu spesial dan beef.

ronde alkateri

Lalu untuk menutup perjalanan kuliner malam di Kawasan Cibadak, kami menutupnya dengan ronde jahe alkateri. Kami memesan ronde jahe campur gula merah dan ronde jahe campur gula putih. Campur itu maksudnya ada yang besar dan kecil, kalau ronde yang besar ada isian kacang sedangkan yang kecil nggak ada isinya.

Jadi kurang lebih inilah yang tim keluyuran icip di Kawasan Cibadak yang mesti kamu cobain juga:

  • Bola Obi Gardujati : 15rb (isi 10)
  • Pisang Coklat Keju Papaday
  • Soto Bandung Pak Simon
  • Kobe
  • Ronde Jahe Alkateri

Lokasi Sudirman Street & Kawasan Cibadak

Sudirman Street 2

Kalau kamu mau kuliner malam ke kedua tempat ini, sebenarnya bisa ditempuh melalui dua arah yaitu lewat Jalan Sudirman atau Jalan Cibadak. Untuk parkir kendaraan roda empat, kedua lokasinya nggak memiliki area parkir khusus, tapi kamu bisa parkir di sepanjang Jalan Sudirman atau Jalan Cibadak.

Sebenarnya masih banyak lagi yang ingin kami coba tapi perutnya sudah nggak sanggup menampung, ada nggak kuliner malam di Kawasan Cibadak dan Sudirman Street yang jadi kesukaan kamu? Atau ada yang punya rekomendasi makanan enak lainnya? Tulis di kolom komentar bawah ini ya, kalau ada waktu nanti kamu bakalan cobain rekomendasinya kamu.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram