Taman Balai Kota, Taman di Bandung yang Wajib Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bandung memiliki banyak taman yang bisa menjadi pilihan liburan bersama keluarga. Salah satu taman tersebut adalah Taman Balai Kota Bandung. Selain sebagai kantor pemerintahan, Balai Kota Bandung juga merupakan tempat favorit para wisatawan. Ini disebabkan adanya Taman Balai Kota yang ada di dalamnya.

Taman Balai Kota sendiri merupakan taman besar yang terdiri atas dua taman, yakni Taman Badak dan Taman Dewi Sartika. Diresmikan pada 2017 lalu, taman ini amat cocok dikunjungi sendiri atau bersama teman dan keluarga.

Sebelum menjadi balai kota dan taman seperti sekarang, daerah balai kota dulunya merupakan sebuah gudang kopi. Namun, pada 1927, gudang kopi itu dibongkar dan menjadi balai kota seperti sekarang.

Balai kota yang dibangun saat itu sudah dilengkapi dengan taman, persis seperti sekarang. Hanya saja, sekarang Taman Balai Kota sudah dijadikan tempat wisata bagi khalayak umum dengan spot-spot menarik untuk berfoto dan bersantai. Penasaran bagaimana serunya main ke Taman Balai Kota Bandung? Simak ulasannya berikut ini ya!

Wahana dan Spot Menarik di Taman Balai Kota

Wahana dan Spot Menarik di Taman Balai Kota

* sumber: www.tourbandung.com

Taman Balai Kota punya banyak wahana dan spot menarik di dalamnya. Kalau kamu mencari tempat rekreasi keluarga yang seru dan gratis, Taman Balai Kota menjadi pilihan yang nggak boleh kamu lewatkan. Berikut ini adalah spot menarik yang ada di Balai Kota Bandung:

1. Taman Badak

Taman Badak

* sumber: regional.kompas.com

Ciri khas utama dari spot ini adalah kehadiran patung badak bercula satu. patung ini diyakini sudah ada sejak Balai Kota dibangun ulang, serta difungsikan sebagai gedung pemerintahan seperti sekarang.

Taman Badak dilengkapi air mancur dan kolam air yang dangkal. Taman ini sangat cocok buat dijadikan tempat rekreasi anak-anak. Oh iya, meski air kolam dangkal, kolam ini nggak diperuntukan untuk main air di sini ya.

2. Taman Dewi Sartika

Taman Dewi Sartika

* sumber: www.serbabandung.com

Taman ini letaknya persis di sebelah selatan Taman Badak. Ciri khas taman ini adalah kehadiran Patung Dewi Sartika yang ada di depan taman.

Seperti halnya Taman Badak, Taman Dewi Sartika juga cocok dipakai rekreasi anak-anak atau sekedar berfoto. Tak cuma itu, taman ini juga sering dijadikan tempat parkir salah satu wahana paling menarik di Taman Balai Kota yaitu Bandros.

3. Bandros (Bandung Tour on Bus)

Bandros (Bandung Tour on Bus)

* sumber: beritabaik.id

Inilah wahana yang kami maksud di poin sebelumnya. Wahana satu ini bisa mengantarkanmu ke sejumlah tempat menarik di Bandung.

Semisal Gedung Sate, Gedung Asia Afrika, dan Museum Geologi. Untuk bisa naik Bandros di Taman Balai Kota, kamu mesti membayar kocek Rp20.000/orang untuk sekali perjalanan.

Kalau mau multi trip atau naik Bandros sepuasnya, kamu harus mengeluarkan Rp40.000/orang. Adapun jika kamu tertarik mem-booking Bandros untuk sekali perjalanan, kamu dan rombongan wajib mengeluarkan dana Rp800.000.

4. Gembok Cinta

Gembok Cinta

* sumber: www.hipwee.com

Bandung punya banyak Gembok Cinta yang tersebar di berbagai tempat. Termasuk di dalam Taman Balai Kota. Gembok Cinta di Taman Balai Kota sendri bentuknya serupa prisma trapezium yang berjeruji. Bagian atasnya dilengkapi ornamen berbentuk kata “love”.

Gembok Cinta Taman Balai Kota cocok untuk dijadikan spot berfoto. Kamu pun juga bisa memasang gembok di sana sebagai bentuk cintamu dengan sang kekasih.

5. Taman Labirin

Taman Balaikota Bandung

* sumber: travelingyuk.com

Tak afdol rasanya bila kamu tidak mengunjungi spot ini saat di Taman Balai Kota. Terletak di antara Taman Badak dan Dewi Sartika, taman ini menawarkan sensasi berada dalam sebuah labirin.

Taman ini amat disukai oleh pengunjung. Selain bentuknya yang menarik, taman ini juga bisa bikin para pengunjung terasah ketangkasannya.

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Balkot Bandung

Harga Tiket dan Jam Operasional Taman Balkot Bandung

Taman ini bisa dikunjungi setiap hari selama 24 jam. Taman Balai Kota sendiri bisa dikunjungi secara gratis, karena taman ini tidak menerapkan tarif harga tiket masuk.

Walau begitu, kamu tetap harus membayar uang untuk beragam keperluan lain seperti bayar parkir, toilet, hingga membayar biaya sewa Bandros.

  • HTM : Gratis.
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam.

Fasilitas Balai Kota Bandung

Fasilitas Balai Kota Bandung

* sumber: www.hijabransel.com

Taman Balai Kota sudah dilengkapi banyak fasilitas yang menarik. Beberapa fasilitas di antaranya adalah:

1. Kolam Air

Fasilitas ini letaknya persis di sebelah barat pintu masuk Taman Balai Kota. Air di kolam ini berasal dari aliran sungai Cikapayang.

Air tersebut lantas disterilisasi, hingga warnanya jernih dan layak direnangi. Fasilitas ini cocok untuk anak-anak yang gemar bermain air.

2. Jogging Track

Tak hanya gedung sate, Taman Balai Kota juga menyediakan jogging track. Cocok buatmu yang mau piknik sambil berolahraga di taman ini.

Seperti halnya jogging track di Gedung Sate, jogging track taman ini juga dilengkapi rute serta titik start/finish.

3. Fasilitas Lainnya

Masih banyak fasilitas lain yang ada di Taman Balai Kota. Fasilitas-fasilitas itu adalah puskesmas, toilet, ayunan, tempat duduk, jungkat-jungkit, dan tempat parkir.

Alamat dan Akses Transportasi ke Taman Balai Kota

Alamat dan Akses Transportasi ke Taman Balai Kota

* sumber: www.piknikdong.com

Taman Balai Kota berada persis di Jalan Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. Lokasinya sendiri amat strategis karena dekat dengan sejumlah jalan ternama.

Semisal Jalan Merdeka dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Selain dekat dengan sejumlah jalan, lokasinya yang  strategis itu bikin taman ini juga dekat dengan beberapa tempat wisata.

Seperti Taman Sejarah, Bandung Indah Plaza (BIP), dan Gedung Indonesia Menggugat (GIM). Kamu bisa ke Taman Balai Kota dengan naik kendaraan pribadi ataupun umum.

  • Kendaraan Pribadi

Naik kendaraan pribadi ke Taman Balai Kota sangat disarankan untukmu yang mau menghemat sedikit biaya. Letaknya yang strategis membuat taman ini didatangi dari sudut mana pun.

Mohon untuk datang agak sedikit pagi. Terutama saat akhir pekan atau libur panjang. Hal itu dilakukan untuk menghindari kemacetan yang lazim terjadi di sekitar wilayah Taman Balai Kota.

  • Kendaraan Umum

Letaknya yang strategis membuat Taman Balai Kota juga lazim dilewati sejumlah kendaraan umum. Ada banyak kendaraan umum yang bisa mengantarkanmu persis di depan taman ini.

Kendaraan-kendaraan umum tersebut adalah:

  • Angkot Kalapa Ledeng.
  • Angkot Sadang Serang – Statiun Hall.
  • Antapani Cirebon.
  • Stasiun Hall – Ciumbuleuit.
  • Margahayu – Ledeng.

 

  • Alamat : Jalan Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117.

Hotel di Sekitar Taman Balai Kota

Hotel di Sekitar Taman Balai Kota

Menemukan hotel di sekitar Taman Balai Kota terbilang mudah. Ini tak lepas dari lokasinya yang memang strategis, tengah kota dan dekat dengan banyak tempat wisata.

Dari sejumlah hotel yang ada, kami akan rekomendasikan empat di antaranya. Keempatnya adalah:

  • Hotel Patradisa, Jalan Wastukencana No. 7, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. 100 meter dari Taman Balai Kota.
  • Kedaton Hotel, Jalan Suniaraja No. 14, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111. 340 meter dari Taman Balai Kota.
  • Meize Hotel Bandung, Jalan Sumbawa No. 7, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113. 920 meter dari Taman Balai Kota.
  • Zodiak Hotel, Jalan Kebon Kawung No. 54, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171. 1,1 km dari Taman Balai Kota.

Itulah ulasan panjang mengenai Taman Balai Kota Bandung. Taman di dalam kantor pemerintahan yang menarik dan wajib dikunjungi. Semoga bisa menjadi referensi untuk yang tertarik untuk piknik di banyak tempat wisata Bandung, termasuk Taman Balai Kota salah satunya.

Jangan ragu untuk mengisi kolom komentar di bawah artikel ini, jika ada yang ingin ditanyakan kepada kami! Selamat berlibur!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *