Keluyuran / Wisata Bali / Taman Bunga Instagenic di Bali yang Mempesona dan Eksotik

Taman Bunga Instagenic di Bali yang Mempesona dan Eksotik

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 September 2019

Bagi sebagian orang yang berkunjung ke Bali, hal pertama yang akan terpikirkan adalah destinasi wisata pantainya. Padahal Bali memiliki banyak destinasi wisata lainnya yang belum diketahui oleh banyak orang termasuk taman bunga yang ada disana. Pulau dewata ini memiliki beberapa taman bunga instagenic yang pasti akan digemari oleh kamu yang senang hunting foto.

Bagaimana tidak? Beberapa taman bunga di Bali sangat mempesona dan eksotik. Jangan sampai dilewatkan jika kamu sedang berada di Bali. Setiap taman bunga di sana memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Nah, ingin tahu dimana saja taman bunga instagenic yang ada di Bali? Yuk, kita jalan-jalan kesana.

1. Bedugul Botanical Garden

Bedugul Botanical Garden (Copy)

* sumber: balidirections.com

Jika kamu ingin berlibur di kawasan Bedugul, Bali salah satu taman bunga yang wajib dikunjungi adalah Bedugul Botanical Garden atau disebut Kebun Raya Bedugul. Tempat ini adalah salah satu kebun raya selain Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwoadi, dan Kebun Raya Cibodas yang dikelola oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Untuk berkunjung ke taman bunga ini sangat mudah karena banyak papan petunjuk yang akan mengarahkan pengunjung kesana. Disebut sebagai botanical garden terluas di Indonesia karena memiliki luas 157,5 hektar. Selain itu kebun raya ini berada di ketinggian 1,240 meter dari permukaan laut. Tidak heran jika kawasan Bedugul memiliki cuaca yang dingin dan sejuk.

Kebun raya ini memiliki ribuan koleksi bunga dan tumbuhan yang sangat indah, mulai dari anggrek, mawar, begonia, kaktus, tumbuhan air, tumbuhan paku, dan lain-lain. Kebun raya ini cocok sebagai destinasi wisata keluarga, suasananya yang sejuk dan dipenuhi hamparan rumput hijau akan membuat kamu betah berlibur di sana.

  • Alamat: Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec.Baturiti, Kab. Tabanan, Bali
  • Telepon: 0368-2033211
  • Jam buka: 08:00 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp7.000 (Pengunjung domestik), Rp18.000 (Pengunjung asing)

2. Bali Orchid Garden

Bali Orchid Garden (Copy)

* sumber: www.bernardbaliadvisor.com

Bagi kamu pecinta bunga anggrek, kamu wajib mengunjungi taman bunga yang satu ini. Bali Orchid Garden adalah taman anggrek  yang berada di dekat pusat kota Bali. Orchid Garden memiliki beragam koleksi bunga anggrek yang sangat indah, semua bunga anggrek disana berasal dari Indonesia maupun mancanegara.

Taman bunga ini adalah salah satu tempat konservasi spesies anggrek asli yang ada di Indonesia. Saat memasuki gerbang Bali Orchid Garden, kamu akan disambut dengan patung Brahmana dan patung Wisnu. Kemudian pengunjung akan disambut dengan guide yang berpakaian adat Bali yang sekaligus akan mengenalkan beberapa bunga anggrek yang ada disana.

Selain untuk berswafoto, taman anggrek ini juga sangat cocok untuk wisata edukasi karena membuat pengunjung mendapatkan pengetahuan baru mengenai bunga beragam bunga anggrek. Nah, bagi kamu yang ingin memiliki bunga anggrek, kamu juga bisa membeli bibit anggrek yang disediakan disana. Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa bersantai di café taman dan bisa membeli souvenir khas Bali Orchid.

  • Alamat: Bypass Kusamba 1 Tohpati Jl. Bypass Tohpati, Kesiman Kertangalu, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali
  • Telepon: 0361-466010
  • Jam buka: 08:30 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp100.000/orang

3. Taman Bunga Gemitir

Taman Bunga Gemitir (Copy)

* sumber: travelingyuk.com

Bagi kamu yang ingin berfoto instagramable tapi dengan budget hemat, di Bali ada lho salah satu taman bunga yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya adalah Taman Bunga Gemitir. Disana terdapat hamparan bunga gemitir atau bunga marigold berwarna jingga yang akan membuat foto kamu semakin menarik.

Sebenarnya taman bunga tersebut adalah milik petani disana, karena banyak wisatawan yang tertarik untuk berfoto, masyarakat disana mengizinkan untuk berfoto di taman bunga mereka. Bunga gemitir adalah salah satu bunga sakral di Bali karena dipercaya sebagai representasi dari sosok Btari Durga yaitu ibu dari Dewa Ganesha, Dewa Kumara Ashokasundari, dan Dewa Kala. Di Taman Bunga Gemitir kamu akan melihat keindahan pemandangan gunung sekaligus menghirup udara yang segar.

  • Alamat: Belok/Sidan, Petang, Badung, Bali
  • Harga: Rp5.000/orang

4. Padang Bunga Kasna

Padang Bunga Kasna (Copy)

* sumber: www.payanadewa.com

Salah satu taman bunga milik masyarakat Bali adalah Padang Bunga Kasna. Bunga kasna adalah bunga liar yang tumbuh di sela-sela bebatuan. Bunga yang berwarna putih ini sekilas tampak seperti ditimpa salju. Bunga yang satu ini sangat unik dan memiliki bentuk seperti rumput yang tinggi.

Jika kamu ingin berkunjung ke sana, disarankan untuk berkunjung saat sebelum musim panen. Karena biasanya bunga ini akan dipanen untuk hari raya Galungan. Salah satu fakta menarik dari bunga kasna adalah aromanya yang sangat wangi bahkan masih tetap wangi walaupun sudah kering.

Kamu juga bisa membeli bunga kasna untuk dibawa pulang lho! Tapi jangan lupa untuk izin terlebih dahulu ke warga disana. Selain itu, di sekitar taman bunga ini dilengkapi dengan pemandangan yang alami dan sejuk karena taman bunga ini berada di desa. Wah, berasa foto di luar negeri ya! Tertarik untuk ke Padang Bunga Kasna?

  • Alamat: Pempatan, Rendang, Karangasem, Bali
  • Telepon: 081337405210
  • Jam buka: 06:00 – 17:00 WITA
  • Harga: Gratis

 5. Sunflower Garden Bali

Sunflower Garden Bali (Copy)

* sumber: balia1driver.com

Sunflower Garden Bali adalah salah satu taman bunga yang masih terbilang baru karena baru dibuka pada awal tahun 2019. Disana kamu bisa menikmati pemandangan hamparan taman bunga matahari yang luas dan sangat cantik. Lokasinya pun mudah dijangkau dari kota Denpasar.

Sebenarnya, taman bunga ini adalah bekas lahan sawah yang sudah tidak produktif, kemudian warga disana memanfaatkan tempat tersebut untuk membuat taman bunga matahari sekaligus tempat wisata baru. Mereka juga menyediakan beberapa spot foto untuk para wisatawan yang berkunjung kesana.

Taman bunga yang memiliki luas sekitar 900 meter ini telah dikujungi oleh banyak wisatawan mulai dari selebgram, fotografer, bahakan ada juga yang memanfaatkannya sebagai spot foto prewedding.

  • Alamat: Jl. Wisnu Marga, Kuwum, Marga, Kab. Tabanan, Bali
  • Telepon: 081338492411
  • Harga: Rp10.000 (Dewasa), Rp5.000 (Anak-anak)

6. The Blooms Garden

The Blooms Garden (Copy)

* sumber: majalahbali.com

The Blooms Garden adalah salah satu tempat wisata taman bunga yang dihadirkan oleh Ulun Danu Beratan Bedugul. Taman bunga ini baru saja dibangun pada Juni 2019 lalu. Memiliki taman bunga yang sangat luas dengan mengadopsi gaya taman bunga di Dubai Miracle Garden. Bagi kamu yang ingin hunting foto instagramable, The Blooms Garden adalah pilihan yang tepat.

Berdiri di lahan seluas 5 hektar tentu akan membuat pengunjung sangat puas untuk berswafoto bersama keluarga maupun teman-teman. Selain bisa menikmati keindahan pemandangan taman bunga, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan outbond seperti ATV, trekking, dan naik sepeda.

Spot foto disana juga sangat banyak, mulai dari bunga yang dibentuk seperti hewan, spot foto ala di negeri Belanda, dan lain-lain. Selain itu taman bunga ini juga dilengkapi dengan spot ngopi untuk kamu yang ingin berfoto sambil ngopi cantik.

  • Alamat: Banjar Batudesa, Desa Candikuning, Kec. Baturiti, Kab. Tabanan, Bali
  • Jam buka: 08:00 – 18:00 WITA
  • Harga: Rp20.000 (Dewasa), Rp15.000 (Anak-anak)

7. Lotus Lagoon Candidasa

Lotus Lagoon Candidasa (Copy)

* sumber: www.bali-indonesia.com

Jika kamu ingin mencoba berkunjung ke taman bunga yang tidak biasa, kamu bisa mengunjungi Lotus Lagoon Candidasa. Disana terdapat hamparan bunga lotus alias bunga teratai yang menghiasi area kolam. Untuk  berfoto di taman tersebut, kamu hanya perlu duduk santai di pinggir kolam sambil menikmati pemandangan indah yang ada disana.

Untuk berfoto di sana, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali, dan bisa langsung menikmati keindahan taman tersebut dari pinggir jalan. Dan yang paling penting adalah kamu harus menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah ke kolam supaya keindahan taman bunga teratai tetap terjaga.

  • Alamat: Jl. Raya Candidasa, Desa Adat Bugbug, Sengkidu, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali
  • Telepon: 087863047878
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga: Gratis

Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke salah satu taman bunga di Bali? Sebelum berburu foto di sana, jangan lupa untuk mempersiapkan kameramu supaya bisa mendapatkan foto yang indah. Selain itu, jaga kebersihan taman dan jangan lupa untuk mentaati aturan setempat ya! Bagi kamu yang tahu mengenai taman bunga lainnya yang ada di Bali, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar