10 Taman di Jakarta Sebagai Pelepas Penat dari Rutinitas

Berbagai tuntutan serta deadline pekerjaan setiap hari terkadang membuat pikiran menjadi lelah dan penat, terutama bagi para pekerja yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Untuk sekedar melepas penat sepulang kamu bekerja, tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba berkunjung dan menenangkan pikiran di berbagai taman kota.

Di tengah padatnya kawasan kota Jakarta, kamu masih bisa menemukan taman-taman kota yang menjadi ruang terbuka hijau ditengah kepadatan Jakarta. Inilah beberapa taman kota di Jakarta yang bisa kamu kunjungi untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Simak berikut ini ya!

1. Taman Suropati

Taman Suropati

* sumber: backpackerjakarta.com

Taman Suropati berlokasi tidak jauh dari kawasan Masjid Sunda Kelapa. Taman ini menjadi salah satu spot favorit anak muda Jakarta karena di taman ini kamu bisa menemukan banyak spot-spot WiFi. Di Taman Suropati, kamu juga akan menemui banyak burung-burung cantik yang hinggap dan beterbangan di setiap taman.

Taman Suropati ini sudah dibangun sejak tahun 1920 dan dulunya bernama Burgemeester Bisschopplein. Di taman ini kamu juga bisa melihat patung-patung perwakilan negara-negara ASEAN. Selain menikmati suasana taman, kamu juga bisa menikmati berbagai sajian kuliner dari para penjaja makanan yang ada di sekitar taman.

  • Alamat: Jl. Taman Suropati No.5 Menteng Jakarta Pusat
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

2. Taman Cattleya

Taman Cattleya

* sumber: anandastoon.com

Taman Cattleya merupakan taman kota dengan pemandangan yang sangat instagramable yang terletak di daerah Kemanggisan. Taman ini memiliki luas lebih dari 3 hektare dan ditanami dengan berbagai bunga serta pepohonan. Lokasinya yang sangat cantik membuat taman ini kerap dijadikan lokasi foto prewedding.

Selain menjadi spot yang instagramable untuk berfoto, di taman yang juga erring disebut Taman Tomang ini kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti jogging atau bermain sepeda. Di tengah-tengah taman kamu juga bisa bersantai sambil menikmati danau buatan yang ada disana.

  • Alamat: Jl.Letjen S Parman Kemanggisan Jakarta Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00-22.00
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

3. Taman Menteng

Taman Menteng

* sumber: www.thejakartapost.com

Taman ini pada awalnya merupakan bekas stadion Menteng dan kini menjadi salah satu taman yang menjadi landmark Jakarta. Ini membuat Taman Menteng sering disebut “central park” Jakarta. Taman yang cukup legendaris ini memiliki ikon rumah kaca yang menjadi tempat pameran bagi para pelukis Indonesia.

Fasilitas di taman ini cukup lengkap, mulai dari wifi, jogging track, area bermain anak, hingga lapangan untuk melakukan aktivitas olahraga seperti basket atau volly. Di sekitar Taman Menteng kamu juga bisa menemukan berbagai penjaja makanan, mulai dari dimsum, nasi goreng, mie ayam, hingga sate padang.

  • Alamat: Jl. HOS Cokroaminoto Menteng Jakarta Pusat
  • Jam operasional: Setiap hari, 05.00-22.00
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

4. Taman Ayodya

Taman Ayodya

Taman Ayodya merupakan taman kota yang lokasinya cukup strategis, yaitu hanya berjarak sekitar sekitar 500 meter dari Terminal Blok M. Salah satu daya tarik dari taman ini adalah adanya perpustakaan apung yang memiliki koleksi sebanyak 300 buku yang bisa kamu pinjam dan baca.

Selain perpustakaan apung, daya tarik lainnya taman ini adalah adanya panggung teater, gazebo-gazebo, jogging track, peralatan kebugaran, tempat bermain anak, dan air mancur. Taman Ayodya juga merupakan taman yang ramah untuk para difabel. Di taman ini para difabel bisa menggunakan fasilitas toilet dan jalur jalan khusus.

  • Alamat: Jl. Barito I Kebayoran Baru Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

5. Taman Spatodhea

Taman Spatodhea

* sumber: tamankebagusan.blogspot.com

Taman Spatodhea merupakan salah satu taman kota yang cukup unik dan sering disebut juga dengan nama Taman Miring. Penyebutan ini karena Taman Spatodhea memiliki kontur tanah yang cukup unik dan berundak-undak. Nama Taman Spatodhoea diambil karena di area taman ini ada banyak bunga spatodhea yang tumbuh memenuhi taman.

Jika kamu berkunjung ke taman ini pada hari Minggu, kamu bisa berkunjung ke Taman Baca Spatodhea yang meminjamkan berbagai koleksi buku untuk anak-anak. Selain taman baca, taman ini juga memiliki fasilitas lain seperti danau buatan, jogging track, outdoor gym, serta kolam ikan yang cukup luas.

  • Alamat: Gg. Kriep No.13 Jagakarsa Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari, 05.00-18.00
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

6. Taman Kalijodo

Taman Kalijodo

* sumber: www.wego.co.id

Taman Kalijodo merupakan taman kota di sepanjang bantaran timur Banjir Kanal Jakarta yang mengangkat tema dan gaya street style. Salah satu daya tarik dari taman ini adalah adanya area skatepark yang merupakan salah satu area skatepark terbesar di Asia Tenggara. Luas taman ini melebihi 1,4 hektare dan memiliki fasilitas yang cukup lengkap.

Taman ini dilengkapi fasilitas bermain anak, pusat jajanan, hingga mural dan lukisan-lukisan dinding instagramable yang bisa menjadi background fotomu. Selain menjadi ruang terbuka hijau, taman ini juga telah ditetapkan sebagai ruang publik terpadu ramah anak.

  • Alamat: Jl. Kepanduan II Penjaringan Jakarta Utara
  • Nomor telepon: (021) 5205545
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

7. Taman Hutan Kota Srengseng

Taman Hutan Kota Srengseng

* sumber: agusstrav12.blogspot.com

Taman Hutan Kota Srengseng menyajikan area taman yang sejuk dan rimbun dengan banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar taman seperti di kawasan hutan. Di tengah taman ini kamu juga bisa menemukan sebuah danau kecil dimana para pengunjung diperbolehkan untuk memancing di danau tersebut.

Di taman ini kamu juga bisa menggunakan fasilitas lain berupa panjat dinding dan juga fasilitas bermain untuk anak. Bagi kamu yang ingin mengikuti kegiatan yoga, Taman Hutan Kota Srengseng juga rutin mengadakan kegiatan yoga setiap hari Minggu jam tujuh pagi.

  • Alamat: Jl. H.Kelik Srengseng Jakarta Barat
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00-18.00
  • Kisaran harga tiket masuk: Sekitar Rp2.000 per orang

8. Taman Tabebuya

Taman Tabebuya

* sumber: limakaki.com

Di Jakarta kamu juga bisa merasakan suasana seperti di Jepang dengan berkunjung ke Taman Tabebuya. Seperti namanya, taman ini dipenuhi dengan tanaman Tabebuya yang memiliki bunga merah muda seperti bunga sakura. Namun, bunga tabebuya ini hanya mekar di waktu tertentu saja, yaitu di sekitar pertengahan hingga akhir musim penghujan.

Selain menikmati keindahan bunga tabebuya, di taman ini kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas taman seperti jogging track serta kolam ikan yang diatasnya ditumbuhi bunga teratai. Taman ini juga memilik ruang komunitas berupa lapangan yang bisa kamu gunakan untuk berbagai acara komnunitas kamu.

  • Alamat: Jl. Muhammad Kafi No.1 Jagakarsa Jakarta Selatan
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00-17.30
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

9. Taman Waduk Pluit

Taman Waduk Pluit

* sumber: backpackerjakarta.com

Taman Waduk Pluit merupakan sebuah taman yang berada di tengah kawasan waduk Pluit. Taman yang diresmikan pada tahun 2013 ini merupakan salah satu kawasan terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di kota Jakarta. Tak heran, taman ini selalu ramai di sore hari dengan orang-orang yang ingin menikmati suasana matahari terbenam.

Selain menjadi tempat untuk menikmati matahari terbenam, di taman ini kamu juga bisa menggunakan berbagai fasilitas yang tersedia, seperti jogging track, amphitheatre, lapangan basket, lapangan futsal, dan taman bermain untuk anak.

  • Alamat: Jl. Pluit Timur Raya No.12 Penjaringan Jakarta Utara
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

10. Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng

Taman Lapangan Banteng dulunya hanya dikenal dengan acara tahunan pameran flora dan fauna. Namun setelah dilakukan renovasi kini Taman Lapangan Banteng berubah menjadi taman yang instagramable. Salah satu daya tarik taman ini adalah pertunjukan air mancur menari yang dipadu dengan teknologi lighting dan musik

Untuk menikmati pertujukan air mancur menari di taman ini, kamu bisa berkunjung pada akhir pekan. Pertunjukan yang berdurasi sepanjang 15 menit ini akan dimulai pada pukul 18.30. Selain pertunjukan air mancur menari, kamu juga bisa berolahraga dan berfoto di spot-spot menarik di taman ini.

  • Alamat: Jl. Lapangan Banteng Selatan Sawah Besar Jakarta Pusat
  • Nomor telepon: (021) 3822255
  • Jam operasional: Setiap hari, 05.00-22.00
  • Kisaran harga tiket masuk: Gratis

Itulah 10 taman kota di Jakarta yang bisa menjadi alternatif tempat wisata untuk melepas penat dari rutinitasmu sehari-hari. Manakah yang menjadi taman kota favoritmu? Bagikan tanggapanmu di kolom komentar ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram