10 Taman Terbaik di Kota Bandung Untuk Melepas Penat

Ditulis oleh Suci Maharani R

Salah satu cara menyenangkan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan adalah menikmati suasana alam dan berkegiatan di luar ruangan bersama keluarga. Kini Kota Bandung menawarkan berbagai pilihan taman tematik yang menarik dan asyik untuk dikunjungi. 

Ada taman yang memiliki fasilitas olahraga, taman yang dipenuhi bunga-bunga cantik, dan taman yang dihiasi patung-patung superhero favorit. Apalagi akses ke taman-taman ini juga sangat mudah. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi taman terbaik di Kota Bandung yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar destinasi wisata dalam kota. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Alun-Alun Bandung

Alun-alun Bandung_

Tahu taman yang punya padang rumput luas di Bandung? Ya, itu adalah Alun-alun Bandung. Dulu Alun-alun Bandung kurang tertata rapi, banyak pedagang kaki lima berseliweran, dan sampah berserakan di mana-mana. Namun sekarang Alun-alun Bandung menjadi lahan taman bermain hijau yang dilapisi rumput sintetis.

Anda dapat bersantai di atas rumput sambil berfoto, membaca buku, bermain dengan anak, atau sekedar tidur-tiduran sambil memandang langit. Hanya saja Anda dilarang makan dan minum di atas rumput, ya.

Untuk spot makan dan minum sudah disediakan bangku-bangku berwarna merah di samping Alun-alun. Atau Anda dapat mengunjungi Cikapundung River Spot, taman pinggir sungai ala Eropa yang letaknya berdekatan Alun-alun Bandung.

2. Kiara Artha Park

Kiara Artha Park_

Sejak di resmikan pada tahun 2019, Kiara Artha Park memang selalu ramai pengunjung. Memiliki areanya yang sangat luas dan fasilitas yang serba ada, membuat kawasan terpadu ini jadi andalan masyarakat Bandung.

Berbagai aktivitas seru dapat Anda lakukan di sini mulai dari bersepeda, jogging, jalan-jalan, berswafoto, hingga mencicipi ragam kuliner. Tidak hanya itu, jika Anda berkunjung ke sini jangan lupa untuk menyempatkan ke Kampung Korea dan mencoba mengenakan pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok.

Pada hari dan jam tertentu ada juga pertunjukkan air mancur menari dan juga festival lampion. Jadi, sebelum berkunjung sebaiknya Anda cari tahu dulu jadwal setiap pertunjukkannya ya.

3. Taman Lansia

Taman Lansia_
*

Tak jauh dari lokasi Gedung Sate, ada satu taman yang dipenuhi dengan pepohonan rindang di dalamnya. Nah, sudah tentu udaranya pun sangat segar dan sejuk. Taman Lansia ini juga punya bangku-bangku yang dapat Anda gunakan untuk sekadar duduk dan bersantai.

Di taman ini juga ada fasilitas untuk mengisi daya baterai ponsel sampai jogging track yang nyaman. Taman Lansia juga cocok untuk anak-anak karena disini ada patung dinosaurus raksasa dan beberapa spot bermain anak. 

Saat lelah, di sekitar area taman ada beberapa penjual makanan dan minuman yang bisa kamu nikmati. Yuk, kunjungi Taman Lansia yang ada di Jalan Cisangkuy, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

4. Taman Balai Kota

Taman Balai Kota_

Sesuai dengan namanya, Taman Balai Kota merupakan bagian dari gedung pemerintahan Balai Kota Bandung. Pengunjung dapat memasuki kawasan Taman Balai Kota ini secara gratis. Karena tidak ada jam operasional resmi, sebaiknya sesuaikan waktu kunjungan dengan jam kerja pada umumnya, ya.

Taman Balai Kota sendiri terdiri dari dua taman yang bersatu yaitu Taman Badak, dan Taman Dewi Sartika. Di taman ini pengunjung bisa mencoba untuk mengitari taman labirin untuk mencari jalan keluar. Ini merupakan salah satu kegiatan paling seru yang diburu para pengunjung.

Selain itu, banyak juga yang mengunjungi taman ini untuk hanya sekedar berfoto-foto, jogging, dan juga bersantai. Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain air sungai atau beberapa wahana permainan di playground yang telah disediakan.

5. Taman Cibeunying

Taman Cibeunying_

Seperti kebanyakan taman-taman kota lainnya yang ada di Bandung, Taman Cibeunying pun sudah ada sejak beberapa dekade silam. Setelah selesai direnovasi, tak jarang para warga sekitar berkumpul bersama keluarga, berolahraga dan bersantai di taman ini.

Ada pohon-pohon yang rindang di sekitarnya, bangku-bangku yang cocok untuk digunakan bersantai atau duduk sambil bercengkerama sampai patung robot dan tank baja yang kini menjadi ikonnya, telah menjadi daya tarik tersendiri dari Taman Cibeunying.

Di sini juga ada kios-kios dari penjual tanaman hias yang cantik-cantik, lho. Jadi kalau Anda berkunjung dan bersantai di taman ini, Anda pun dapat membeli aneka tanaman tersebut. Kunjungi Taman Cibeunying yang ada di Jalan Taman Cibeunying Selatan, Cihapit, Kota Bandung.

6. Teras Cikapundung

Teras Cikapundung_

Teras Cikapundung merupakan ruang publik dengan konsep urban dan ekologi di sekitar aliran Sungai Cikapundung. Taman ini membelah Sungai Cikapundung dan berbatasan dengan area Hutan Kota Babakan Siliwangi.

Teras Cikapundung diresmikan pada tahun 2016 oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) dan Wali Kota Bandung. Semenjak itu pula Teras Cikapundung langsung menjadi trending topic.

Banyak sekali orang yang penasaran dengan taman terbaru di Kota Bandung ini. Suasana di Teras Cikapundung memang sangat pas dikunjungi buat santai maupun buat berfoto selfie. Apalagi pengunjung taman disuguhi suasana alam dengan sensasi aliran sungainya. 

7. Taman Tegallega

Taman Tegallega_

Salah satu taman yang asyik dan menarik untuk dikunjungi adalah Taman Tegallega. Taman ini memiliki luas yang sangat besar dan di dalamnya terdapat monumen Bandung Lautan Api yang merupakan simbol perjuangan masyarakat Bandung melawan penjajah Belanda. 

Taman Tegallega juga dilengkapi dengan jogging track, skatepark dan area santai yang nyaman. Jika kamu datang di malam hari, kamu bisa menikmati keindahan Taman Lampion yang berada di dalam komplek taman ini. 

Tentu saja, setelah berjalan-jalan di taman, kamu pasti merasa lapar dan haus. Jangan khawatir, di sekitar taman banyak tersedia pedagang kaki lima yang menyajikan aneka makanan dan minuman. Taman Tegallega ini sangat populer dan selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat, terutama di akhir pekan.

8. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

YouTube video

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution adalah salah satu taman yang cocok untuk dijadikan tempat melepas penat. Dan di taman ini, Anda tentu tidak hanya bisa melewatkan waktu sendirian, namun juga bersama dengan seluruh anggota keluarga, termasuk anak atau pun keponakan.

Mengapa? Karena taman seluas 3.5 hektar ini merupakan tempat wisata edukasi di mana anak-anak dapat mempelajari etika berlalu lintas. Selain itu, taman ini juga punya beberapa wahana yang bisa digunakan oleh si kecil. Salah satunya adalah kereta api mini.

Untuk memasuki Taman Lalu Lintas, pengunjung harus membayar tiket masuk. Tenang saja, harganya sangat terjangkau. Yuk, kunjungi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution di Jalan Belitung No. 1, Kota Bandung.

10. Taman Cikapayang Dago

Taman Cikapayang Dago_

Tidak hanya sejuk dan nyaman, Taman Cikapayang Dago juga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Taman ini terletak di pusat kota, sehingga mudah dijangkau oleh siapa saja. 

Salah satu daya tarik dari Taman Cikapayang Dago adalah amphitheater yang berbentuk setengah lingkaran, yang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan seni dan budaya. Selain itu, ada juga air mancur yang indah di tengah-tengah taman, yang menjadi tempat favorit anak-anak untuk bermain dan bersenang-senang. 

Taman ini juga ramah difabel, karena memiliki tangga tidak berundak dan pembatas besi yang kokoh. Taman Cikapayang Dago adalah tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Berwisata tidak harus melulu ke tempat mahal dan jauh, kan? Cobalah sekali-kali bermain di salah satu taman di Kota Bandung yang telah Keluyuran rekomendasikan bukanlah ide yang buruk. Selain dapat merasakan udara segar, bersantai, dan melepas penat, taman-taman di Kota Bandung dilengkapi oleh wifi gratis, lho.

Kategori:
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram