20 Taman Terbaik di Kota Bandung Untuk Melepas Penat

Ditulis oleh Syuri

Kota Bandung sekarang terkenal dengan taman-tamannya. Bagaimana tidak, Bapak Ridwan Kamil yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota Bandung mendesain ratusan taman tematik yang beberapa di antaranya telah terealisasikan.

Mulai dari taman di Balai Kota, Alun-alun Bandung, hingga taman untuk bermain skate, taman bunga, dan taman dengan patung tokoh-tokoh superhero terkenal.

Banyaknya taman tematik ini merupakan salah satu faktor meningkatnya indeks kebahagiaan warga Bandung dan juga meningkatnya jumlah pengunjung ke Bandung. Jika Anda ingin melepas penat setelah lelah beraktifitas, taman- taman di Kota Bandung ini cocok untuk Anda datangi.

YouTube video

1. Alun-alun Bandung

alun-alun bandung
  • Alamat: Jl. Asia Afrika, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung

Tahu taman yang punya padang rumput luas di Bandung? Ya, itu adalah Alun-alun Bandung. Dulu Alun-alun Bandung kurang tertata rapi, banyak pedagang kaki lima berseliweran, dan sampah berserakan di mana-mana. Namun sekarang Alun-alun Bandung menjadi lahan taman bermain hijau yang dilapisi rumput sintetis.

Anda dapat bersantai di atas rumput sambil berfoto, membaca buku, bermain dengan anak, atau sekedar tidur-tiduran sambil memandang langit. Hanya saja Anda dilarang makan dan minum di atas rumput, ya.

Untuk spot makan dan minum sudah disediakan bangku-bangku berwarna merah di samping Alun-alun. Atau Anda dapat mengunjungi Cikapundung River Spot, taman pinggir sungai ala Eropa yang letaknya berdekatan Alun-alun Bandung.

2. Taman Balai Kota

Hotel di Sekitar Taman Balai Kota
  • Alamat: Jl. Wastukencana No.2, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Sesuai dengan namanya, Taman Balai Kota merupakan bagian dari gedung pemerintahan Balai Kota Bandung. Pengunjung dapat memasuki kawasan Taman Balai Kota ini secara gratis. Karena tidak ada jam operasional resmi, sebaiknya sesuaikan waktu kunjungan dengan jam kerja pada umumnya, ya.

Taman Balai Kota sendiri terdiri dari dua taman yang bersatu yaitu Taman Badak, dan Taman Dewi Sartika. Di taman ini pengunjung bisa mencoba untuk mengitari taman labirin untuk mencari jalan keluar. Ini merupakan salah satu kegiatan paling seru yang diburu para pengunjung.

Selain itu, banyak juga yang mengunjungi taman ini untuk hanya sekedar berfoto-foto, jogging, dan juga bersantai. Bagi Anda yang membawa anak-anak, Anda bisa mengajak buah hati untuk bermain air sungai atau beberapa wahana permainan di playground yang telah disediakan.

3. Kiara Artha Park

Tempat wisata di tengah kota Bandung_kiara artha parkSumber: bobobox.co.id
  • Alamat: Jl. Banten, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari, 10.00-18.00 WIB
  • Harga Tiket: Rp10.000

Baru di resmikan pada tahun 2019, Kiara Artha Park memang terbilang cukup baru jika dibandingkan dengan taman-taman lainnya di Kota Bandung. Namun karena areanya yang sangat luas dan fasilitas yang serba ada, membuat kawasan terpadu ini cepat dikenal dan diserbu oleh masyarakat Bandung.


Berbagai aktivitas seru dapat Anda lakukan di sini mulai dari bersepeda, jogging, jalan-jalan, berswafoto, hingga mencicipi ragam kuliner. Tidak hanya itu, jika Anda berkunjung ke sini jangan lupa untuk menyempatkan ke Kampung Korea dan mencoba mengenakan pakaian tradisional khas Korea yaitu Hanbok.

Pada hari dan jam tertentu ada juga pertunjukkan air mancur menari dan juga festival lampion. Jadi, sebelum berkunjung sebaiknya Anda cari tahu dulu jadwal setiap pertunjukkannya ya.

4. Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution

YouTube video
  • Alamat: Jl. Belitung No.1, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung
  • Nomor Telepon: (022) 4201667
  • Jam Operasional: Senin-Sabtu 08.00- 15.00 WIB, Minggu 08.00-16.00 WIB, Jumat tutup
  • Harga Tiket Masuk: Rp 7.000 per orang

Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution adalah salah satu taman yang cocok untuk dijadikan tempat melepas penat. Dan di taman ini, Anda tentu tidak hanya bisa melewatkan waktu sendirian, namun juga bersama dengan seluruh anggota keluarga, termasuk anak atau pun keponakan.

Mengapa? Karena taman seluas 3.5 hektar ini merupakan tempat wisata edukasi di mana anak-anak dapat mempelajari etika berlalu lintas. Selain itu, taman ini juga punya beberapa wahana yang bisa digunakan oleh si kecil. Salah satunya adalah kereta api mini. Untuk bisa menggunakan fasilitas ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 5 ribu Rupiah saja per satu orangnya.

Sementara harga tiket masuk ke area taman yang asri, udaranya sejuk dan suasananya nyaman ini hanya Rp 7 ribu per orang. Yuk, kunjungi Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution di Jalan Belitung No. 1, Kota Bandung.

5. Teras Cikapundung

  • Alamat: Jl. Siliwangi, Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung

Teras Cikapundung berada di Jalan Babakan Siliwangi. Taman di Kota Bandung ini membelah Sungai Cikapundung dan berbatasan dengan area Hutan Kota Babakan Siliwangi.

Teras Cikapundung baru diresmikan di tahun 2016 awal oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) dan Wali Kota Bandung. Semenjak itu pula Teras Cikapundung langsung menjadi trending topic baru.

Banyak sekali orang yang penasaran dengan taman terbaru di Kota Bandung ini. Suasana di Teras Cikapundung memang sangat pas dikunjungi buat santai maupun buat berfoto selfie.

Pengunjung taman disuguhi suasana alam dengan sensasi aliran sungainya.  Teras Cikapundung merupakan ruang publik dengan konsep urban dan ekologi di sekitar aliran Sungai Cikapundung.

6. Taman Lansia

Taman Lansia
*
  • Alamat: Jl. Cisangkuy, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Tak jauh dari lokasi Gedung Sate, ada satu taman yang dipenuhi dengan pepohonan rindang di dalamnya. Nah, sudah tentu udaranya pun sangat segar dan sejuk. Taman Lansia ini juga punya bangku-bangku yang dapat Anda gunakan untuk sekadar duduk dan bersantai.

Di taman ini juga ada fasilitas untuk mengisi daya baterai ponsel sampai jogging track yang nyaman. Yuk, kunjungi Taman Lansia yang ada di Jalan Cisangkuy, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung.

7. Peta Park

Tempat wisata di tengah kota Bandung_peta parkSumber: explorewisata.com
  • Alamat: Jl. Peta No.229, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Selasa-Minggu, 07.00-21.00 WIB
  • No Telp: (022) 20560735
  • Harga Tiket: Rp15.000

Peta Park merupakan tempat wisata yang mengusung konsep taman hijau yang bersih dan luas. Berada di tengah kota besar, kehadiran taman hijau yang sejuk dan nyaman sudah pasti mencari incaran banyak pengunjung yang jenuh dengan asap polusi kendaraan.

Selain taman-taman hijau yang menghampar luas, Anda juga bisa menemukan air terjun mini, taman bunga, kolam ikan serta tidak lupa arena bermain untuk anak-anak. Tidak ketinggalan, foodcourt dengan berbagai menu makanan juga siap memanjakan lidah dan perut Anda setelah lelah mengelilingi Peta Park.

Oh ya, Anda juga bisa menyewa venue di tempat ini untuk event-event tertentu seperti pernikahan, lamaran, gathering, dan lain sebagainya. Untuk info lebih lanjut Anda dapat langsung mengunjungi instagram resminya di @petapark.

8. Taman Sejarah Bandung

Taman Sejarah Bandung
*
  • Alamat: Jl. Aceh No.53, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Kota Bandung

Meski sarat akan nilai edukasi, Taman Sejarah Bandung yang memuat sejarah tokoh ternama di Kota Kembang juga tetap bisa dijadikan tempat untuk melepas penat dan jenuh. Ya, taman ini punya udara sejuk dan suasananya sangat nyaman.

Karena itulah, tempat ini sering dijadikan tongkrongan keluarga. Banyak anak-anak yang bermain di sini. Ada pula mereka yang bergaya di depan kamera ponselnya masing-masing. Penasaran dengan taman satu ini? Datang langsung saja ke lokasinya. Alamat Taman Sejarah Kota Bandung ada di Jalan Aceh, No. 53.

9. Taman Cibeunying

  • Alamat:  Jl. Tm. Cibeunying Sel., Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung
  • Jam Operasional: Setiap hari 04.00- 23.00 WIB

Seperti kebanyakan taman-taman kota lainnya yang ada di Bandung, Taman Cibeunying pun sudah ada sejak beberapa dekade silam. Setelah selesai direnovasi, tak jarang para warga sekitar berkumpul bersama keluarga, berolahraga dan bersantai di taman ini.

Betapa tidak, taman ini kini sangatlah nyaman. Ada pohon-pohon yang rindang di sekitarnya, bangku-bangku yang cocok untuk digunakan bersantai atau duduk sambil bercengkerama sampai patung robot dan tank baja yang kini menjadi ikonnya, telah menjadi daya tarik tersendiri dari Taman Cibeunying.

Di sini juga ada kios-kios dari penjual tanaman hias yang cantik-cantik, lho. Jadi kalau Anda berkunjung dan bersantai di taman ini, Anda pun dapat membeli aneka tanaman tersebut. Kunjungi Taman Cibeunying yang ada di Jalan Taman Cibeunying Selatan, Cihapit, Kota Bandung. Taman ini buka sejak subuh hingga menjelang tengah malam.

10. Taman Film

  • Alamat: Jl. Layang Pasupati, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Bandung tentu bukan hanya memiliki Taman Superhero atau Taman Musik saja, Anda juga bisa mengunjungi Taman Film. Ya, percaya atau tidak, taman aesthetic ini berada di bawah jembatan layang Pasupati. Tepatnya, di Jalan Layang Pasupati, Tamansari, Kota Bandung.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram