10 Taman di Kudus yang Bisa Kamu Jadikan Tempat Bersantai

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Februari 2021

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain kaya akan tempat wisata alam dan kuliner, Kudus juga kaya akan berbagai macam taman. Buat kamu yang mau menikmati suasana sore di Kudus atau sekadar bersantai sejenak, taman-taman di sana rasanya layak buat dikunjungi.

Kalau kamu belum tahu taman apa saja yang ada di Kudus, jangan khawatir. Sebab kami akan rekomendasikan beberapa di antaranya buatmu melalui artikel ini. Inilah beberapa rekomendasi 10 taman di Kudus yang bisa kamu kunjungi nanti!

1. Taman Pinka

Taman Pinka

* sumber: perpus.jatengprov.go.id

Taman pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Taman Pinka. Taman yang ada di Desa Ngembalrejo ini letaknya persis di pinggiran kali. Tak heran, bila nama tamannya adalah Pinka alias pinggir kali.

Pemandangan alam di sekitar taman ini lumayan indah. Tak hanya itu, taman ini juga dilengkapi dengan sejumlah spot yang cocok untuk berfoto ria. Taman Pinka bisa kamu kunjungi di alamat berikut:

  • Alamat : Ngembal Rejo, Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59322
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB

2. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

* sumber: seringjalan.com

Sesuai namanya, kamu bakal menemukan sejumlah bunga celosia yang indah di taman satu ini. Bunga tersebut bisa kamu temukan di hampir tiap sudut taman ini.

Taman Bunga Celosia juga dilengkapi gerai yang berisi barang jualan dari warga sekitar taman ini. Taman Bunga Celosia bisa dikunjungi di alamat berikut ini.

  • Alamat : Area Sawah, Jati Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59347
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • HTM : Gratis (warga Jati Kulon dan sekitarnya), Rp10.000/orang (wisatawan umum)

3. Taman Alun-Alun Simpang Tujuh

Taman Alun-Alun Simpang Tujuh

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=e1lC6tqJjdg

Ini merupakan taman tengah kota milik masyarakat Kudus. Taman ini lazim disambangi anak muda dan orang tua. Entah itu untuk sekadar menikmati suasana sore hari, atau tempat transit setelah mereka belanja di mall dekat taman ini.

Taman satu ini punya berbagai macam bunga indah yang tertata rapi. Bunga-bunga indah itu bersanding dengan kursi-kursi taman yang tertata rapi, serta tiang lampu yang lampunya bersinar kala malam tiba.

  • Alamat : Jalan Simpang Tujuh, Kudus, Demaan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59313
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

4. Taman Balai Jagong

Taman Balai Jagong

Terletak persis di kompleks Sport Center Wergu Wetan, taman ini punya sejumlah daya tarik, terutama di bagian tengahnya. Bagian tengah taman ini punya bentuk lingkaran, dengan dilengkapi rerumputan yang hijau.

Di bagian sudut taman, terdapat berbagai macam kursi yang telah didesain secara artistik. Warga Kudus lazim mengunjungi taman ini di kala sore maupun malam.

  • Alamat : Wergu Wetan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59318
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

5. Taman Djarum Oasis

Taman Djarum Oasis

* sumber: heikaku.com

Taman yang didirikan oleh PT. Djarum ini lazim sekali dikunjungi wisatawan lokal dan asing. Bila kamu baru pertama kali datang ke taman ini, kamu bakal menemukan ornamen unik bertuliskan Djarum Oasis Kretek Factory.

Lepas dari ornamen itu, kamu bakal menemukan berbagai pepohonan hijau dan bebungaan indah di dalam taman ini. Di antara pepohonan dan bunga-bungaan itu, kamu akan menjumpai sebuah monumen dengan bentuk serupa rokok yang mengepul.

  • Alamat : Jalan Lingkar Utama No. 7, Bacin, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59325
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 05.00 – 20.00 WIB

6. Taman Tanggulangin

Taman Tanggulangin

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Gku3dwiq_PY

Taman ini letaknya persis di dalam area hutan kota di Kudus. Maka jangan kaget, bila kamu bakal menemukan pepohonan hijau nan tinggi saat pertama kali ke taman satu ini.

Terdapat beberapa wahana yang tersedia di taman ini. Salah satunya adalah kolam berair mancur yang ada di tengah taman. Taman Tanggulangin bisa kamu datangi di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan AKBP Agil Kusumadya No. 160, Area Sawah/Kebun, Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59346
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

7. Taman Lampion

Taman Lampion

* sumber: travelingyuk.com

Kalau mau ke taman satu ini, kami sarankan untuk datang di waktu malam. Soalnya, kamu bakal melihat berbagai macam lampion indah bila kamu datang di waktu tersebut.

Semua lampion di sini bentuknya tergolong unik. Salah satunya ada yang bentuknya serupa binatang. Untuk melihat lampion-lampion di taman ini, silakan datang saja langsung di alamat berikut:

  • Alamat : Jalan GOR No. 103, Wergu Wetan, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59318
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB

8. Taman Ganesha

Taman Ganesha

Di bulan Ramadan, taman ini lazim disambangi sebagai tempat buat ngabuburit. Taman ini sendiri punya deretan pohon rindang yang banyak. Kamu bisa berteduh di pohon-pohon itu saat panas datang.

Taman ini juga dilengkapi para pedagang yang menjajakan makanan ringan dan berat. Cocok disambangi bila kamu tengah lapar saat di taman ini. Taman Ganesha Kudus berlokasi di alamat berikut:

  • Alamat : Purwosari, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59332
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

9. Pring Kuning

Pring Kuning

* sumber: www.surabayarollcake.com

Kalau yang satu ini letaknya tak jauh dari Museum Kretek Kudus. Pada taman satu ini, kamu bakal disuguhi pemandangan dari berbagai macam jenis bambu yang ada.

Mulai dari bambu Tiongkok, Jepang, hingga Indonesia. Waktu terbaik untuk datang ke taman ini adalah sore hari. Di waktu itu, kamu bakal melihat panorama deretan bambu yang tersorot indahnya cahaya senja. Pring Kuning bisa kamu kunjungi di alamat berikut ini:

  • Alamat : Loram Wetan, Pring Kuning, Gondangrejo, Loram Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59344
  • Jam Operasional : Setiap hari selama 24 jam

10. Taman Sardi

Taman Sardi

Saat memasuki taman ini, kamu bakal menemukan berbagai hiasan yang bentuknya serupa pisang tanduk. Taman ini sendiri mulanya dibuat sebagai salah satu tempat budidaya pisang tanduk di Kudus.

Taman ini tak sekadar dipakai tempat bersantai saja. Tetapi, juga dipakai untuk kegiatan wisata lainnya. Semisal berkemah dan juga outbound. Taman Sardi bisa kamu sambangi di alamat berikut ini:

  • Alamat : Watulumpang, Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59353
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 07.00 – 16.00 WIB
  • Telepon : 0812-2938-545

Kudus punya sejumlah taman yang bisa kamu kunjungi nanti. Sepuluh di antaranya sudah kami sebutkan di atas. Buatmu yang mau bersantai atau menikmati suasana di Kudus, taman-taman tersebut sepertinya layak buat kamu kunjungi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *