Ayo Isi Hari Libur dengan Rekreasi ke 10 Taman di Malang!

Ditulis oleh Riastri Herliana - Diperbaharui 2 Juni 2021

Siapa yang senang wisata ke Malang? Kota terbesar kedua di Jawa Timur ini menyimpan banyak sekali destinasi wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi wisatawan. Kota yang berada di dataran tinggi ini memiliki suhu yang dingin, tetapi di sisi selatannya terdapat pantai yang sangat cantik. Tak heran kalau Malang selalu menjadi tujuan untuk wisata yang tak jauh dari Surabaya.

Bukan hanya gunung dan pantai, Malang juga memiliki banyak taman rekreasi yang bisa dijadikan sebagai tempat berlibur yang murah dan menyenangkan untuk anak-anak. Inilah 10 taman yang bisa kamu kunjungi untuk mengisi hari libur. Simak informasinya ya!

1. Alun-Alun Tugu Malang

Alun-Alun Tugu Malang

Jika kamu datang dari Surabaya, Blitar, atau kota lainnya menggunakan kereta api, taman pertama yang bisa dikunjungi pertama kali adalah Alun-Alun Tugu Malang. Terletak di seberang Balaikota Malang, taman ini sering disebut dengan julukan Alun-Alun Bundar.

Alun-Alun merupakan tempat bersejarah di Kota Malang. Dibangun pada tahun 1920, tempat ini merupakan simbol kekuasaan Belanda di Kota Malang. Pada tahun 1945 dibangun fondasi tugu, tetapi sempat dihancurkan Belanda. Pada tahun 1952, tugu tersebut dibangun kembali dan kini menjadi salah satu taman rekreasi yang menarik di Malang.

  • Alamat : Jl. Tugu, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

2. Taman Kunang-Kunang

Taman Kunang-Kunang

* sumber: javasatu.com

Taman Kunang-Kunang merupakan salah satu taman rekreasi baru di Kota Malang yang dibangun pada tahun 2015. Taman ini dilengkapi dengan 96 lampu LED yang akan menerangi saat malam hari. Di dalamnya terdapat area yang diberi nama plaza, dimana setiap plaza memiliki jumlah LED yang berbeda-beda.

Plaza yang pertama terdapat 18 lampu LED, dan dari plaza satu ke plaza lainnya dipisahkan oleh jalan setapak. Uniknya, Taman Kunang-Kunang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada malam hari karena nuansa kunang-kunang semakin terasa.

  • Alamat : Jl. Jakarta, Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

3. Merbabu Family Park

Merbabu Family Park

* sumber: limakaki.com

Mengajak anak rekreasi ke taman sering dijadikan sebagai pilihan ketika hari libur tiba. Merbabu Family Park, salah satu taman rekreasi di Kota Malang yang dilengkapi dengan wahana bermain anak, sehingga anak tidak akan merasa bosan ketika berada di sini.

Terdapat beberapa area bermain, mulai dari perosotan, jungkat-jungkit, dan ayunan yang cocok untuk anak sampai usia 8 tahun, hingga taman olah raga yang bisa digunakan oleh kalangan remaja hingga dewasa. Tak jarang taman ini dijadikan sebagai area untuk jogging dan melakukan aktivitas olah raga lainnya.

  • Alamat : Jl. Merbabu, Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

4. Ijen Park

Ijen Park

Jalan Besar Ijen sering disebut sebagai jalan terindah di Kota Malang. Di sini terdapat sebuah taman yang membentang dari timur ke barat yang menjadi pemisah antara dua lajur. Pada hari minggu, Jalan Besar Ijen dijadikan sebagai area car free day. Area taman dapat dijadikan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati udara segar di Kota Malang.

  • Alamat : Jl. Besar ijen, Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

5. Taman Rekreasi Sengkaling

Taman Rekreasi Sengkaling

* sumber: catatanwisata.com

Taman Rekreasi Sengkaling merupakan taman wisata yang dikelola oleh salah satu kampus swasta terbaik, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang. Taman seluas 9 hektare ini memiliki beberapa area yang cocok untuk wisata keluarga, dan sesuai dengan slogannya “Wisata Air Impian Keluarga”.

Taman Rekreasi Sengkaling terdapat kolam renang dengan tema yang berbeda-beda, seperti kolam cumi-cumi, kolam pesona primitif, kolam pesona tirta sari, hingga kolam pesona tirta alam. Tak hanya itu saja, ada juga wahana seru seperti bombomcar, bioskop 4D, dan masih banyak lagi. Di sini sudah disediakan arena kuliner dan hotel juga. Lengkap sekali bukan?

  • Alamat : Jl. Raya Sengkaling No.194, Sengkaling, Mulyoagung, Dau, Kabupaten Malang
  • Operasional : 06.00 – 17.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp25.000
  • Kontak : (0341) 462 260

6. Taman Cerme Gramophone

Taman Cerme Gramophone

* sumber: amazingmalang.id

Taman Cerme merupakan salah satu taman unik di pusat kota Malang, dimana taman ini berbentuk segitiga yang menjadi persimpangan Jalan Merbabu, Jalan Buring, dan Jalan Cerme. Di bagian tengah taman terdapat gramophone berukuran besar yang membuat taman ini terlihat semakin unik dan klasik.

Taman Cerme bukan sekadar taman biasa, ada juga taman labirin yang bisa kamu jadikan sebagai spot berfoto. Karena itulah taman ini sering dijadikan sebagai tempat rekreasi oleh masyarakat kota Malang.

  • Alamat : Jl. Merbabu No.4, Oro-Oro Dowo, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

7. Taman Singha Merjosari

Taman Singha Merjosari

* sumber: dolandolen.com

Taman Singha Merjosari merupakan taman multifasilitas di Kota Malang yang selalu ramai dikunjungi, terutama saat hari libur tiba. Ruang terbuka hijau ini bisa dijadikan sebagai tempat bermain, belajar, hingga sarana interaksi sosial budaya.

Banyak pengunjung datang ke Taman Singha Merjosari untuk lari pagi karena taman ini memiliki lahan yang luas dan nyaman untuk olah raga. Selain itu, di taman ini juga disediakan fasilitas pertalatan gym yang bisa digunakan oleh pengunjung secara gratis. Ada juga gazebo untuk istirahat setelah lelah berolah raga.

  • Alamat : Jl. Mertojoyo Selatan Blk.B No.20, Merjosari, Lowokwaru, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

8. Brawijaya Edupark

Brawijaya Edupark

* sumber: indonesia.travlr.com

Brawijaya Edupark merupakan salah satu taman rekreasi yang mengedukasi di pusat kota Malang. Tempat ini semula diberi nama Taman Wisata Senaputra, kemudian setelah berganti nama, Brawijaya Edupark terus berbenah dan berinovasi memberikan sesuatu yang baru.

Brawijaya Edupark dilengkapi dengan wahana permainan seperti bianglala, bombomcar, mini coaster, serta kolam renang. Dilengkapi juga dengan panggung hiburan, gallery trick art untuk berfoto, dan food court.

  • Alamat : Jl. Kahuripan No.1, Klojen, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 08.00 – 16.00 WIB
  • Tiket Masuk : Rp15.000
  • Kontak : (0341) 368 111

9. Kebun Bibit Mojolangu Kota Malang

Kebun Bibit Mojolangu Kota Malang

* sumber: krepektempe.blogspot.com

Kebun Bibit Mojolangu merupakan ruang terbuka hijau yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga, dan terdapat fasilitas publik yang mengedukasi dan cocok dikunjungi bersama keluarga. Taman ini memiliki banyak ruang santai seperti gazebo, hingga spot untuk berfoto.

Kebun Bibit Mojolangu ditumbuhi berbagah pohon dan tanaman yang menghiasi setiap sudut taman. Memberikan suasana yang asri, sejuk, dan rimbun di pinggiran kota Malang. Jika kamu suka dengan aktivitas skateboarding, taman ini juga menyediakan spot untuk bermain skateboard.

  • Alamat : Mojolangu, Lowokwaru, Kota Malang
  • Operasional : 06.00 – 20.00 WIB
  • Tiket Masuk : Gratis

10. Alun-Alun Kota Malang

Alun-Alun Kota Malang

Terakhir, ada Alun-Alun Kota Malang yang menjadi pusat dari wisata di Malang. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari Stasiun Malang dan Alun-Alun Tugu, ruang terbuka hijau ini sangat mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Alun-Alun Kota Malang dilengkapi dengan taman bermain anak, dan sentra kuliner yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Alun-Alun ini berseberangan dengan Ramayana dan Masjid Agung Malang. Fasilitas yang sangat lengkap dan cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

  • Alamat : Jl. Merdeka Selatan, Kiduldalem, Klojen, Kota Malang
  • Operasional : 24 jam
  • Tiket Masuk : Gratis

Malang selalu menarik untuk dikunjungi. Kota besar di selatan Pulau Jawa yang sering disebut kembar dengan Kota Bandung ini bisa jadi pilihan untuk wisata. Liburan tak perlu mahal, karena Malang memiliki taman yang nyaman untuk dikunjungi. Yuk, jalan-jalan di Malang!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram