10 Taman di Medan yang Cocok untuk Rekreasi Keluarga

Ditulis oleh Siti Hasanah

Medan merupakan kota metropolitan terbesar ketiga setelah kota Surabaya. Kota ini adalah salah satu kota yang menjadi destinasi wisata di Indonesia. Mayoritas penduduknya adalah suku Batak. Destinasi terkenal di kota ini contohnya Brastagi, Istana Maimun, Air Terjun Sipiso-piso juga masih banyak lagi destinasi terkenal lainnya.

Seperti halnya kota-kota besar di Indonesia, Medan juga memiliki destinasi wisata berupa taman. Di kota Medan terdapat beberapa taman yang terkenal di kalangan warganya. Taman-taman ini menjadi tujuan untuk berlibur warga kota. Mereka yang ingin bersantai bersama teman dan keluarga bisa datang  taman-taman ini. Mau tahu taman apa saja yang ada di Medan? Simak ulasannya ya.

1. Taman Beringin

Taman Beringin

* sumber: www.perempuannovember.com

Dikenal juga dengan nama Taman Sudirman, Taman Beringin merupakan sebuah hutan kota. Taman ini merupakan fasilitas umum untuk bersantai dan bermain anak-anak bagi masyarakat Medan. Selain itu, taman ini juga memiliki fungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau di Kota Medan.

Ternyata Taman Beringin ini juga merupakan simbol bagi persahabatan antara Kota Medan dengan Amerika Serikat. Pengelola taman ini adalah Pemerintah Kota Medan. Ruang Terbuka Hijau berfungsi untuk menyerap karbon dioksida juga menghasilkan oksigen.

Julukan Taman Beringin diberikan karena di taman terdapat pohon beringin yang besar. Tak hanya pohon beringin yang bisa ditemui di sini, ada juga kolam air mancur yang terletak di tengah kota. Ada 20 jenis tanaman yang tumbuh di taman ini. Adapun luas taman ini sekitar 12.219 m2.

Sementara itu pohon beringin yang menjadi ciri khas taman ini tumbuh di tiap sudut taman. Saat libur, taman ini banyak dikunjungi oleh warga Kota Medan. Terdapat beragam permainan anak yang bisa digunakan secara gratis. Komunitas-komunitas menjadikan taman ini tempat untuk berdiskusi.

Fasilitas yang ada di Taman Beringin musala, tempat sampah yang diletakkan di tiap sudut, toilet dan wahana permanan anak-anak, seperti kursi putar, perosotan, tangga panjatan, mini adventure dan lainnya.

  • Alamat: Jl. Teuku Cik Di Tiro, Medan
  • HTM: Gratis
  • No. Tlp: -
  • Jam buka: 11:00 - 23:00 WIB

2. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli

Taman Sri Deli berhubungan erat dengan kesultanan Istana Maimun. Menurut kabar,  dahulunya taman ini merupakan tempat bermain para penghuni Istana Sri Deli. Oleh karena itulah taman ini mendapat nama Taman Sri Deli. Letak taman ini berseberangan dengan Masjid Raya di wilayah Maimun.

Sri Deli menjadi salah satu tempat wisata alternatif bagi masyarakat Medan untuk berekreasi. Biasanya Taman Sri Deli terlihat ramai saat memasuki bulan puasa. Itu karena di jalan raya yang memisahkan Taman Sri Deli dan Masjid Raya biasanya dipenuhi para pedagang makanan dan pakaian.

Kabar lain tentang Taman Sri Deli adalah bahwa taman ini dahulunya merupakan tempat 'nongkrong-nya' raja. Jadi dahulu Sultan Amaludin Sani Perkasa Alamsyah. Taman ini juga dibuat oleh arsitek berkebangsaan Italia.


  • Alamat: Jl. Sisingamangaraja, Kec. Medan Kota, Kota Medan
  • HTM: Gratis
  • No. Tlp: 0823-3918-0403
  • Jam buka: 07:00 - 21:00

3. The Le Hu Garden Medan

The Le Hu Garden Medan

Berbeda dengan Taman Sri Deli, Taman Le Hu Garden tidak dikelola oleh pemerintah. Taman ini merupakan milik perorangan. Awalnya taman ini dimiliki oleh keluarga Hu. Rumah keluarga ini memiliki halaman yang luas. Orang-orang kemudian berdatangan karena tamannya terlihat menarik.

Setelah menjadi tempat wisata, taman ini pun dikembangkan serta diperlebar. Selain itu, ditambah juga wahana baru dan fasilitas pelengkap. Kini di sini terdapat danau dan tambak, taman pun semakin lebar, serta taman bermain anak-anak.

Jumlah bunga yang terdapat di taman ini ada ratusan. Jenisnya pun beragam. Tujuannya supaya bisa melestarikan tanaman langka. Taman yang terlihat berwarna-warni ini membuatnya enak dipandang mata. Setiap sudut di taman ini memiliki spot foto yang instagramable.

  • Alamat: Jl Pendidikan, Deli Tua Barat, Kab. Deli Serdang.
  • HTM: Rp15.000/orang
  • No. Tlp: 0813-9603-3188
  • Jam buka: 10:00 - 18:00 WIB

4. Taman Cadika Pramuka

Taman Cadika Pramuka

Awalnya taman ini merupakan tempat pendidikan pramuka yang berada di Kota Medan. Namun kini taman ini berubah fungsi menjadi taman kota yang nyaman, asri juga bersih. Di kalangan masyarakat Medan, taman ini cukup populer.

Fasilitas yang dimiliki taman ini cukup lengkap dari mulai musala, toilet, jogging track serta wahana bermain untuk anak-anak dan orang dewasa. Untuk penyuka berfoto, taman ini cocok sekali karena memiliki spot yang instagramable berupa kolam serta jembatan gantung.

Di sini tersedia flying fox, pelatihan outbond, permainan paintball untuk orang dewasa. Untuk anak-anak tersedia permainan seperti jungkat-jungkit, ayunan juga rumah-rumahan. Pastinya taman Cadika Pramuka ini cocok untuk arena rekreasi bagi keluarga.

  • Alamat: Jalan Karya Wisata, Pangkalan Masyhur, Johor
  • HTM: Gratis
  • No. Tlp: -
  • Jam buka: 05.00 - 19.00 WIB

5. Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani

Taman Ahmad Yani berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Medan Maimun. Destinasi wisata ini merupakan tempat rekreasi alternatif untuk masyarakat karena banyak fasilitas yang tersedia, seperti sarana bermain untuk anak-anak. Taman Ahmad Yani lokasinya yang dekat dengan pusat kota.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram