10 Taman Keren yang Jadi Kebanggaan Warga Semarang

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 2 Juni 2021

Adanya taman di sebuah kota padat penduduk memang sangat penting. Pasalnya, taman bukan hanya sekadar paru-paru kota saja, tetapi bisa menjadi tempat bagi masyarakat yang ingin berolahraga atau bersantai. Bahkan, taman juga bisa difungsikan sebagai tempat wisata keluarga yang seru. Oleh karena itu, pemerintah kota terus berusaha menata taman serapi dan seasri mungkin agar masyarakat merasa nyaman berkunjung ke taman tersebut.

Berbicara soal taman, Semarang punya sejumlah taman yang bisa kamu kunjungi, lho. Taman-taman di Semarang ini tertata dengan rapi sehingga banyak masyarakat yang melakukan aktivitas olahraga atau sekadar duduk-duduk santai di sana. Yuk, ketahui 10 taman keren di Semarang yang sudah dirangkum Keluyuran.

1. Taman Diponegoro

Taman Diponegoro

* sumber: semarangpanorama.blogspot.com

Taman Diponegoro adalah ruang terbuka hijau yang lokasinya sangat strategis. Taman ini menjadi titik pertemuan sejumlah jalan-jalan besar di Semarang. Jadi, jangan heran jika taman yang buka 24 jam ini selalu tak pernah sepi pengunjung.

Sebagian besar warga Kota Semarang berkunjung ke taman ini untuk berolahraga. Di dalam taman juga terdapat jogging track untuk melakukan olahraga lari. Tak perlu khawatir kepanasan jika kamu berkunjung kemari pada siang hari karena ada banyak pohon-pohon rimbun yang membuat suasana di taman menjadi teduh dan adem.

  • Alamat: Jl. Sultan Agung, Lempongsari, Kec. Gajahmungkur, Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

2. Taman Indonesia Kaya

Taman Indonesia Kaya

* sumber: argabinaengineering.co.id

Ada yang berbeda dengan Taman Indonesia Kaya dengan taman-taman lain yang ada di Semarang. Taman yang satu ini tergolong spesial karena terdapat panggung budaya. Dengan adanya panggung ini, taman tersebut sering menjadi lokasi pertunjukan seni dan budaya atau konser musik.

Pada saat tidak ada acara yang digelar, Taman Indonesia Kaya menjadi tempat bagi warga Semarang yang ingin berolahraga. Setiap hari Minggu ada car free day di mana jumlah pengunjung taman jadi semakin banyak. Bahkan, ketika car free day berlangsung ada banyak pedagang makanan, pakaian, dan barang-barang lain yang membuka booth di sekitar taman.

  • Alamat: Jl. Menteri Supeno No. 11 A, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

3. Taman Pandanaran

Taman Pandanaran

* sumber: semarangpanorama.blogspot.com

Yang satu ini adalah taman yang lokasinya berada di tengah kota. Bahkan, lokasi Taman Pandanaran ini dekat sekali dengan pusat perbelanjaan dan perkantoran. Kalau kamu bosan jalan-jalan di mall dan hanya ingin duduk santai sembari menikmati lalu lalang kendaraan, kunjungi saja Taman Pandanaran ini.

Taman yang dekat dengan kawasan Simpang Lima ini terkenal dengan patung naganya yang ikonik. Konon, penempatan patung naga ini merupakan simbol persatuan tiga etnis yang tinggal di Semarang, yakni Jawa, Tionghoa, dan Arab.

Fasilitas di taman ini juga sangat lengkap. Ada toilet sampai dengan bangku yang bisa dipakai untuk duduk-duduk santai.

  • Alamat: Jl. Pandanaran, Mugassari, Kec. Semarang Sel., Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

4. Taman Srigunting

Taman Srigunting

* sumber: www.superadventure.co.id

Kamu pasti setuju bahwa taman yang akan kita bahas berikut ini adalah taman terkeren di Semarang. Ya, Taman Srigunting yang berada di kawasan kota lama memang merupakan taman yang sangat Instagenic. Dari taman ini kamu bisa melihat bangunan Gereja Blenduk yang masih mengusung arsitektur zaman kolonial.

Taman Srigunting bukan hanya sekadar tempat untuk olahraga atau bersantai. Kecantikan taman ini membuat banyak fotografer menjadi taman ini sebagai tempat untuk menggelar sesi foto. Kamu pun bisa mempercantik feed Instagram-mu dengan mengambil foto di Taman Srigunting dan mem-posting di akunmu.

  • Alamat: Jl. Letjen Suprapto No. 22, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

5. Taman Tirto Agung

Taman Tirto Agung

* sumber: blogkilasbanyumanik.wordpress.com

Taman Tirto Agung mengusung konsep taman rekreasi untuk keluarga. Jadi, bukan hanya orang dewasa saja yang bisa menikmati fasilitas di dalamnya, tetapi anak-anak pun juga bisa. Ada sejumlah alat permainan yang bisa dipakai oleh anak-anak, seperti ayunan dan jungkat-jungkit.

Di sekitar taman ada sejumlah pedagang kaki lima yang rata-rata menjual makanan dan minuman. Walaupun keberadaan PKL ini dapat merusak kecantikan taman, tetapi banyak pengunjung taman yang justru jajan di PKL tersebut.

  • Alamat: Jl. Tirto Agung No. 77, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

6. Taman Kasmaran

Taman Kasmaran

* sumber: www.kopidankamu.com

Dari namanya saja Taman Kasmaran ini sudah mencuri perhatian, bukan? Taman minimalis ini terletak di dekat Kampung Pelangi, Semarang. Dari taman ini kamu bisa melihat rumah-rumah penduduk sekitar yang dicat dengan aneka warna ceria.

Taman Kasmaran sendiri lebih sering dipakai untuk bersantai bagi warga sekitar maupun wisatawan. Fasilitas meja, kursi, dan payung yang ada di taman ini membuat orang semakin betah berkunjung kemari, terutama pada siang hari yang terik. Tertarik untuk berkunjung ke taman yang punya sejumlah spot foto menarik ini?

  • Alamat: Jl. Dr. Sutomo, Randusari, Kec. Semarang Sel., Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

7. Taman Madukoro

Taman Madukoro

* sumber: semarangpanorama.blogspot.com

Tidak sulit menemukan taman yang asri dan teduh di Kota Semarang. Taman Madukoro adalah bukti bahwa Semarang memang memiliki taman yang asri dan terawat. Rimbunnya pepohonan di taman ini membuat suasananya jadi adem dan teduh banget.

Di taman ini terdapat air mancur warna-warni yang biasa menyala di malam hari. Sayangnya, lokasi taman yang terletak di jalan besar membuat pengunjung kesulitan untuk memarkir kendarannya.

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Cabean, Kec. Semarang Bar., Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

8. Taman Sampangan

Taman Sampangan

* sumber: pemkotsemarang2016.wordpress.com

Sudah pernah ke Taman Sampangan? Taman ini dulunya merupakan pasar tradisional yang kurang tertata dengan baik. Akhirnya, pasar tersebut dialih fungsikan sebagai taman kota oleh pemerintah setempat.

Bagaikan sulap, lokasi yang dulunya merupakan pasar tradisional yang tidak sedap dipandang mata, kini berubah menjadi sebuah taman yang bersih, asri, dan terawat. Taman Sampangan menyediakan area bermain anak. Ada juga jogging track yang biasa dipakai oleh pengunjung yang sedang berolahraga lari. Pokoknya, Taman Sampangan adalah salah satu taman terbaik yang dimiliki Kota Semarang!

  • Alamat: Jl. Menoreh Raya, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

9. Taman Gajah Mungkur

Taman Gajah Mungkur

* sumber: semarangpanorama.blogspot.com

Bagi kamu yang mencari taman luas yang memiliki fasilitas super lengkap, Taman Gajah Mungkur adalah pilihan yang tepat. Taman ini terkenal dengan sebuah pohon beringinnya yang rimbun dan sudah berusia ratusan tahun. Jauh dari kesan angker, pohon beringin ini justru memberikan suasana teduh.

Di dalam taman terdapat fasilitas bermain anak berupa ayunan. Menariknya, di Taman Gajah Mungkur juga tersedia free hotspot WiFi, lho. Kalau lapar, kamu tinggal membeli makanan di pedagang kaki lima yang berjualan di sekitar taman.

  • Alamat: Jl. S. Parman, Gajahmungkur, Kec. Gajahmungkur, Semarang
  • Jam Operasional: 24 jam

10. Taman Rusa Universitas Diponegoro

Taman Rusa Universitas Diponegoro

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=9gMeCLoRoL8

Kalau taman-taman lain menawarkan fasilitas untuk bersantai dan olahraga, taman yang satu ini tidak menyediakan keduanya. Namun, ada hal lain yang lebih menarik dari taman ini, yakni rusa-rusa yang memang dipelihara dan diperbolehkan untuk dilihat oleh pengunjung. Bahkan, pengunjung juga boleh memberi makan rusa.

Taman ini bisa menjadi tempat edukasi yang menarik bagi orang tua yang ingin mengajak anak-anaknya berwisata. Apalagi kamu tidak akan dipungut biaya karcis masuk.

  • Alamat: Jl. Prof. Soedharto SH, Tembalang, Kec. Tembalang, Semarang
  • Jam Operasional: Ditulis 24 jam, tapi disarankan untuk berkunjung pada jam kerja

10 taman keren di Semarang ini sebagian besar tidak memungut biaya karcis masuk. Kamu bisa berkunjung kemari untuk olahraga atau sekadar refreshing. Kunjungi juga artikel bangunan bersejarah di Kota Semarang ini jika kamu ingin berwisata sejarah di Semarang.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram