Ini Dia 10 Taman di Surabaya yang Wajib untuk Dikunjungi

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Surabaya sebagai Ibukota Provinsi Jawa Timur, yang merupakan kota terbesar ke-2 di Indonesia setelah Jakarta memiliki banyak hal yang bisa dieksplor. Apalagi setelah dipimpin oleh Ibu Tri Rismaharini sebagai Walikota Surabaya. Kini, Surabaya menjadi kota metropolitan yang bersih dengan udara yang sehat dengan banyaknya pohon-pohon yang menghiasi setiap jalanan di Kota Surabaya.

Bukan hanya jalanan yang ditumbuhi pohon saja, banyaknya taman yang terdapat di setiap wilayah Surabaya menjadi salah satu faktor yang membuat kota ini semakin nyaman untuk dikunjungi. Jika kamu suka wisata kota, taman bisa menjadi destinasimu untuk sekadar bersantai sambil menikmati suasana di Kota Surabaya. Inilah 10 taman di Surabaya yang bisa kamu kunjungi.

1. Taman Bungkul

Taman Bungkul

Taman yang satu ini, pasti sudah tidak asing didengar. Taman Bungkul merupakan ruang terbuka hijau yang terletak di jangtung kota Surabaya. Taman yang dibangun di atas lahan seluas 900 meter persegi ini menjadi paru-paru kota dan destinasi liburan bagi masyarakat di Kota Surabaya.

Taman Bungkul menyediakan beragam fasilitas yang bisa kamu nikmati bersama keluarga. Seperti air minum gratis, wifi gratis, dan kuliner yang tertata dengan rapi di sekitar Taman Bungkul. Selain itu, kamu juga bisa berziarah ke makam Ki Ageng Supo, salah satu tokoh yang berpengaruh dalam penyebaran agama Islam di Surabaya.

  • Alamat: Jl. Taman Bungku, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya
  • Operasional: 24 jam

2. Taman Harmoni Keputih

Taman Harmoni Keputih

Inovasi Kota Surabaya memang tiada habisnya. Salah satunya adalah pembuangan sampah yang disulap menjadi sebuah taman bunga. Taman Harmoni Keputih namanya. Sebelum diubah menjadi taman wisata dan ruang publik, tempat ini merupakan tempat pembuangan sampah Kota Surabaya, kemudian dipindah ke TPS Tandes, dan dijadikanlah sebagai ruang publik.

Taman seluas 40 hektare ini ramai dikunjungi pengunjung dari dalam dan luar Surabaya. Di sini banyak sekali tanaman bunga yang bisa kamu abadikan melalui foto. Hal unik dari Taman Harmoni Keputih adalah di sini terdapat tanaman bunga sakura. Ada pula permainan anak-anak seperti ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Cocok untuk kamu yang membawa anak.

  • Alamat: Jl. Keputih Tegal Timur II, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya
  • Operasional: 06.00 – 18.00 WIB

3. Taman Pelangi

Taman Pelangi

* sumber: www.localguidesconnect.com

Taman Pelangi merupakan taman kota yang terletak di pusat Kota Surabaya. Dibangun sebagai ruang terbuka dan pelestarian alam, Taman Pelangi menjadi penyerapan air hujan agar tidak kekurangan air pada musim kemarau tiba. Ketika musim hujan, Taman Pelangi berfungsi juga untuk mengurangi risiko banjir di Kota Surabaya.

Daya tarik Taman Pelangi terdapat pada kolam besar yang dilengkapi batang besi sebanyak 31 buah. Besi-besi tersebut mengalirkan kembali air ke kolam. Pada siang hari, batang besi berwarna putih, dan pada waktu malam hari terlihat berwarna-warni seperti pelangi. Itulah sebabnya taman ini disebut sebagai Taman Pelangi.

  • Alamat: Jl. Ahmad Yani No. 138, Gayungan, Gayungan, Kota Surabaya
  • Operasional: 24 jam

4. Taman Persahabatan Korea – Surabaya

Taman Persahabatan Korea – Surabaya

* sumber: surabaya.panduanwisata.id

Taman Persahabatan Korea – Surabaya atau disebut juga Taman Korea merupakan sebuah taman yang dibuat oleh Pemerintah Korea sebagai simbol persahabatan antara Korea dan Indonesia, lebih tepatnya dengan Kota Surabaya. Taman ini dibangun pada tahun 2010 dan diresmikan oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Taman Korea memiliki hamparan rumput hijau yang keindahannya didukung dengan banyaknya tanaman hias di area taman ini. Di bagian tengah taman, terdapat sebuah monument yang dilengkapi dengan prasasti di kiri dan kanan. Prasasti tersebut menjelaskan bahwa taman ini dibuat sebagai simbol persahabatan agar tercipta perdamaian dunia.

  • Alamat: Jl. Dr. Soetomo No. 82-92, Soetomo, Tegalsari, Kota Surabaya
  • Operasional: 24 jam

5. Taman Mozaik

Taman Mozaik

* sumber: humas.surabaya.go.id

Suka selfie dengan latar yang unik? Di Surabaya terdapat taman yang menjadi tempat foto instagramable. Taman Mozaik namanya. Taman bernuansa warna-warni pada bangunan yang menyerupai rumah menjadi icon di Taman Mozaik ini.

Taman Mozaik terbilang sangat baru. Dibangun pada awal tahun 2019, taman ini diresmikan pula di akhir tahun yang sama. Pemerintah Kota Surabaya telah menyulap rawa-rawa yang tidak terurus hingga menjadi sebuah Taman Mozaik. Selanjutnya, Taman Mozaik masih akan dikembangkan agar dapat memenuhi kebutuhan pengunjung.

  • Alamat: Jl. Wiyung Praja, Wiyung, Kec. Wiyung, Kota Surabaya
  • Operasional: 09.00 – 17.00 WIB

6. Taman Prestasi

Taman Prestasi

Surabaya merupakan kota yang maju dalam segi pendidikan, hingga akhirnya dibuatlah Taman Prestasi yang dilengkapi dengan permainan anak, wahana perahu, hingga panggung yang bisa kamu gunakan untuk latihan bersama komunitas ataupun ekstrakulikuler.

Taman seluas 6000 meter persegi ini bukan hanya cocok untuk anak-anak saja. Namun juga bisa digunakan sebagai tempat untuk belajar bersama teman-teman dengan disediakannya fasilitas wifi gratis yang diharapkan bisa digunakan dengan bijak dan bermanfaat. Fasilitas lain yang ada di sini pun lengkap mulai dari mushola, gazebo, toilet, hingga kuliner.

  • Alamat: Jl. Ketabang Kali No. 6, Ketabang, Genteng, Kota Surabaya
  • Operasional: 09.00 – 18.00 WIB

7. Taman Mundu

Taman Mundu

* sumber: www.horesurabaya.co.id

Beberapa kota di Indonesia, khususnya Pulau Jawa memiliki taman kota yang dilengkapi dengan air mancur berwarna-warni. Sama halnya dengan Kota Surabaya. Di sini, terdapat Taman Mundu yang identik dengan air mancur. Ketika masuk ke area taman, kamu akan langsung menjumpai air mancur yang berada di pintu masuk.

Taman Mundu selalu ramai dikunjungi setiap hari. Terutama pada waktu malam, tempat ini sering dijadikan tempat bersantai sambil menyaksikan air mancur. Pada malam hari, terdapat lampu berwarna-warni yang menghiasi air terjun. Semakin indah dan memesona.

  • Alamat: Jl. Juwet, Tambaksari, Kec. Tambaksari, Kota Surabaya
  •  Operasional: 24 jam

8. Taman Ronggolawe

Taman Ronggolawe

Taman Ronggolawe merupakan salah satu taman yang memiliki monument di Surabaya. Di sini, terdapat monument patung kuda. Monument tersebut bertuliskan tentang Persada Nusantara diwarnai perjuangan hingga dari perjuangan tersebut menegakkan Panji Majapahit Ronggolawe tampil bersama Laskar Kudanya.

Taman dan Monumen Ronggolawe ini sangat sarat akan sejarah pada zaman dahulu. Hingga kini, Taman Ronggolawe masih aktif digunakan oleh anak muda untuk sekadar bersantai atau berolahraga. Di sini disediakan pula lapangan futsal dan keran air siap minum.

  • Alamat: Jl. Joyoboyo, Sawunggaling, Wonokromo, Kota Surabaya
  • Operasional: 24 jam

9. Taman Sejarah

Taman Sejarah

* sumber: flowph.wordpress.com

Seperti kota lainnya di Indonesia, Surabaya juga memiliki Taman Sejarah yang erat kaitannya dengan perjuangan arek-arek Suroboyo dalam melawan pasukan Inggris. Taman ini terletak di kawasan yang penuh dengan nilai sejarah. Awal mulanya, tempat ini diberi nama Willemsplein yang diambil dari nama seorang Raja Belanda, sebelum akhirnya diubah menjadi Taman Sejarah.

Taman Sejarah berada di Jembatan Merah yang menjadi saksi sejarah. Taman dengan luas 5.300 meter persegi ini dikelilingi bangunan bergaya Belanda yang sangat historis. Pada bagian tengah taman terdapat area yang bisa digunakan untuk pertunjukan seni.

  •  Alamat: Jl. Taman Jayengrono, Krembangan Selatan, Krembangan, Kota Surabaya
  • Operasional: 24 jam

10. Taman Suroboyo

Taman Suroboyo

Taman Suroboyo merupakan salah satu taman wisata di Surabaya yang letaknya berada di pinggir Pantai Kenjeran dan berpapasan langsung dengan Laut Madura. Di taman ini terdapat icon bertuliskan “Taman Suroboyo” yang besar dan bisa dijadikan sebagai spot foto oleh pengunjung.

Jika kamu ingin melihat patung lambang Kota Surabaya, di Taman Suroboyo ini terdapat patung besar hiu dan buaya yang besar, yang merupakan lambang dari Kota Surabaya. Apabila kamu membawa anak, di sini disediakan pula wahana permainan anak-anak dan water park.

  • Alamat: Jl. Pantai Kenjeran, Kedung Cowek, Bulak, Kota Surabaya
  • Operasional: 24 jam

Surabaya, selain dikenal sebagai kota metropolitan yang menjadi pintu masuk bagi pendatang dari timur Indonesia, juga memiliki banyak taman kota yang bisa dikunjungi. Jalan-jalan ke Jawa Timur, jangan lupa mampir di taman kota Surabaya, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *