10 Taman Kota Terbaik di Amerika untuk Bersantai dan Olahraga

Di antara bangunan beton tersembul sebuah tempat untuk melepas penat dan juga lelah yang melanda. Hijau dan asrinya pemandangan yang terdapat dalam sebuah taman kota bagaikan sebuah jeda dari kesibukan yang terus melanda.

Begitu pula dengan taman-taman kota yang berada di Amerika yang jadi sebuah tempat melepas semua beban kerja dengan beragam aktivitas.

Taman-taman ini tentunya sangat indah dan juga nyaman, yang menjadikan pengunjung berbondong-bondong datang menikmatinya dengan beragam kegiatan.

Berikut ini adalah beberapa taman di Amerika Serikat yang menjadi sebuah tempat melarikan diri dari rutinitas kerja yang melelahkan. Pesona dari taman-taman ini tentunya akan memikat siapa saja yang melihatnya.

Baca juga: 10 Taman Terindah di Tokyo untuk Piknik dan Menikmati Sakura

1. Taman Central Park – Manhattan, New York

Taman Central Park – Manhattan, New York
  • Lokasi: 14 EAST 60TH ST, New York, NY 10022, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 06.00-01.00

Siapa yang tidak kenal dengan taman Central Park. Sebuah taman kota yang menjadi ikon dan juga daya tarik dari kota New York. Taman yang wajib kamu datangi saat datang ke Kota New York.

Tamannya berada di antara gedung yang menjulang tinggi. Taman dengan luas sekitar 341 hektar ini merupakan karya dari Frederick Law Olmsted dan Calvert Vaux pada kompetisi desain  di tahun 1858.

Taman ini menyediakan beragam kegiatan yang dapat dilakukan dari kegiatan berolahraga hingga sekedar bersantai dan menikmati rimbunnya dan teduhnya pepohonan hijau.

Selain kegiatan tadi, kamu juga dapat menikmati festival musik yang biasa diadakan di taman ini. Semua hal itu tentunya yang membuat taman ini menjadi taman yang paling sering dikunjungi.

2. Taman Fairmount Park – Philadelphia, Pennsylvania

Taman Fairmount Park – Philadelphia, Pennsylvania
  • Lokasi: 4700 States Drive, Philadelphia, Pennsylvania 19131, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 07.00-22.00

Taman Fairmount merupakan taman yang menonjolkan keindahan alam sekitarnya, dengan jalur hiking-nya di hutan dan perbukitannya. Luas dari taman Fairmount sendiri sekitar 2.0000 hektar, lahan yang cukup luas untuk dijelajahi.

Ada beragam aktivitas yang dapat kamu lakukan di taman ini, dari bersepeda, berkuda, hiking, bahkan menikmati musik dan masih banyak yang lainnya. Taman Fairmount juga membangun kolaborasi dan bermitra dengan organisasi lain dalam membangun tamannya.

Beberapa organisasi yang berkolaborasi di antaranya adalah dengan Museum Seni Philadelphia, kebun binatang, serta Shofuso Japanese House and Garden. Kolaborasi dibentuk untuk meningkatkan sumber daya, kesadaran akan taman dan sistem rekreasinya

3. Gathering Place: Tulsa's Riverfront Park – Tulsa, Oklahoma

Gathering Place: Tulsa's Riverfront Park – Tulsa, Oklahoma
  • Lokasi: 2650 S John Williams Way E, Tulsa, OK 74114, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-22.00

Taman Gathering Place ini berada di Negara bagian Oklahoma. Tempat ini merupakan sebuah taman yang dibangun untuk dijadikan sebuah ruang terbuka hijau yang dipadukan dengan beragam atraksi untuk semua usia.

Selain itu semua hal di taman ini dapat diakses dengan cuma-cuma tanpa harus membayar. Tamannya didesain agar pengunjung dapat saling berinteraksi selain untuk bersantai.

Kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan di Tulsa’s Riverfront? Kegiatan di taman ini dapat dinikmati oleh seluruh anggota keluarga dari anak kecil hingga orang dewasa.

Ada area untuk anak berpetualang dan saling berinteraksi. Ada juga area berolahraga untuk para orang tuanya. Sedangkan untuk para remaja taman ini juga menyediakan skate park untuk mereka jajal.

4. Taman Patterson Park – Baltimore, Maryland

Taman Patterson Park – Baltimore, Maryland
  • Lokasi: 2650 S John Williams Way E, Tulsa, OK 74114, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 09.00-22.00

Taman Patterson adalah taman kota yang berada di Baltimore yang kaya akan sejarah. Dahulu tempat ini adalah sebuah medan perang dari Pertempuran Baltimore pada tahun 1812.

Lalu, tempat ini juga menjadi lokasi rumah sakit militer pada saat perang sipil terjadi. Tetapi kini tempat dengan luas 137 hektar ini menjadi sebuah taman kota tempat masyarakat menikmati harinya.

Beragam aktivitas yang dapat kamu nikmati di taman ini. Kamu dapat menikmati pemandangan kota Baltimore dari ketinggian sebuah pagoda yang terdapat di taman ini.

Ada juga kegiatan berolahraga seperti zumba, berenang atau mungkin kamu lebih senang dengan kegiatan ice skating di sebuah arena indoor. Jangan lewatkan juga kegiatan musik di taman yang ada di Baltimore ini.

5. Taman Fall Park  – Sioux Fall, South Dakota

Taman Fall Park  – Sioux Fall, South Dakota
  • Lokasi: 900 N. Philips Ave. Sioux Falls, SD 57104, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 05.00-24.00

Air terjun yang mengalirkan air sebanyak 7.400 galon air itu jatuh dari dari ketinggian 100 kaki. Fall Park merupakan sebuah taman yang terletak di Sioux Fall, sebuah tempat yang pertama kali ditemukan oleh orang  asli Amerika, yaitu suku Sioux. 

Tempat ini kini telah menjadi lokasi dari berdirinya sebuah taman yang terindah yang terdapat di Negara Bagian South Carolina. Luas tamannya sekitar 123 hektar dengan air terjun sebagai daya tarik utamanya.

Air terjun yang terdapat di Fall Park terlihat sangat mengagumkan dengan formasi batuan dan air yang mengalir di antaranya. Kamu dapat menikmati air terjun dengan berjalan di pinggirannya karena telah disediakan jalur untuk pejalan kaki. Ada juga beberapa tempat bersejarah  yang dapat kamu saksikan.

6. Taman Forest Park – St. Louis, Missouri

Taman Forest Park – St. Louis, Missouri
  • Lokasi: 5595 Grand Drive in Forest Park, St. Louis, MO 63112, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 06.00-22.00

Taman dengan luas kurang lebih sekitar 554 hektar ini dikenal sebagai jantung dari kota St. Louis. Lanskap yang menawan dengan 45.000 pohon yang meneduhi tamannya, sebuah laguna dan juga danau, menjadi tempat yang cocok untuk melepas penat atau juga untuk sekedar bersantai ditemani hijaunya pohon-pohon.

Taman ini selain sebagai tempat untuk bersantai, juga untuk melakukan beragam aktivitas termasuk kegiatan berolahraga, kegiatan edukasi di planetariumnya atau dapat mengunjungi kebun binatang dengan cuma-cuma alias gratis.

Tetapi yang paling penting adalah jangan lewatkan kegiatan tahunan berupa menerbangkan balon udara dan memandang matahari tenggelam.

7. Taman Gas Work Plan Park – Seattle, Washington DC

Taman Gas Work Plan Park – Seattle, Washington DC
  • Lokasi: 2101 N Northlake Way, Seattle, WA 98103, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 06.00-22.00

Gas Work Plan terbilang sebagai sebuah taman kota yang unik. Tempat dibangunnya taman ini dulunya adalah bekas pabrik gasifikasi batu bara.

Tamannya di desain oleh seorang arsitek lanskap yaitu Richard Haag. Dia dengan mengubah tempat terbengkalai menjadi ruang terbuka hijau yang banyak dikunjungi masyarakat.

Taman dengan luas sekitar 8 hektar ini terlihat menawan dengan padang rumput hijaunya dan terlihat kontras dengan sisa-sisa barang bekas pabrik yang  berdiri di sekitar padang rumputnya.

Bangunan di sekitaran taman diubah menjadi tempat piknik. Tetapi pengunjung dilarang melakukan kegiatan di danau karena dikhawatirkan masih terdapat material berbahaya.

8. Hermann Park – Houston, Texas

Hermann Park – Houston, Texas
  • Lokasi: 6100 Hermann Park Drive, Houston, TX 77030, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 06.00-23.00

Hermann Park merupakan sebuah taman yang didonasikan oleh George Hermann kepada kota Houston. Ruang terbuka hijaunya berada di pusat Kota Houston, tepatnya di Texas Medical Center.

Luas taman Hermann saat ini sekitar 180 hektar dan tak hanya menjadi ruang terbuka hijau, tetapi menjadi rumah dari berapa institusi kebudayaan.

Tak hanya indahnya alam yang asri dan hijau saja yang dapat kamu temui di taman ini. Di sini kamu dapat melihat binatang  yang terdapat di Kebun Binatang Houston.

Selain itu ada juga sarana berupa museum yaitu Museum of Natural Science, ada juga  sarana berolahraga yaitu golf. Atau, mungkin kamu lebih tertarik melihat bintang, maka taman ini memiliki teropong untuk melihat benda langit.

9. Taman Zilker Park – Austin, Texas

Taman Zilker Park – Austin, Texas
  • Lokasi: 2207 Lou Neff Road, Austin, TX 78746, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 05.00-22.00

Zilker Metropolitan Park merupakan sebuah taman yang didonasikan oleh Andrew Jackson Zilker pada tahun 1917. Kini taman ini memiliki luas sekitar 142 hektar dan memiliki banyak atraksi yang dapat kamu nikmati.

Satu tempat yang cukup dikenal adalah Barton Spring Pool, di sini kamu dapat berenang  ataupun melakukan kegiatan air lainnya. Pengunjung selain dapat bersantai mereka juga dapat melakukan beragam aktivitas yang banyak dilakukan masyarakat.

Kegiatan yang dapat mereka lakukan adalah bermain layang-layang sambil menikmati indahnya langit biru dengan layang-layang yang memiliki beragam bentuk. Taman Zilker juga biasa mengadakan sebuah acara konser musik di sepanjang tahunnya.

10. Taman Balboa Park – San Diego, California

Taman Balboa Park – San Diego, California
  • Lokasi: 549 El Prado, San Diego, CA 92101, Amerika Serikat
  • Jam Operasional: 10.00-16.00

Taman Balboa yang berlokasi di San Diego California merupakan tempat populer  untuk berkumpul atau hangout. Taman dengan luas sekitar 485 hektar ini menjadi tempat dari kegiatan seni yang berpadu dengan ilmu pengetahuan.

Di taman ini ada sekitar 16 museum, tempat pertunjukan seni, kebun binatang, dan juga taman-taman yang indah dan juga asri dengan rimbunnya pepohonan.

Ada begitu banyak atraksi untuk dinikmati oleh semua orang dengan beragam aktivitas. Orang yang senang dengan  alam dapat menjajal jalur-jalur dari jalan setapak dari tingkat yang paling mudah hingga yang paling sulit. 

Bagi pecinta seni ada begitu banyak museum yang dapat kamu kunjungi. Di sini semua pengunjung akan menemukan aktivitas yang jadi favorit mereka masing-masing.

Nah, sekarang kamu tahu kota-kota di Amerika yang memiliki taman-taman yang asri dan juga rapi. Tamannya dirawat dengan baik sehingga keindahannya dapat terjaga.

Ada begitu banyak organisasi dan juga relawan yang terlibat dalam menjaga setiap aspek yang berkaitan dengan pemeliharaan taman kota tersebut, dari tumbuhan hingga bangunannya.

Luas dan indahnya taman-taman ini tentunya akan membuat kamu terpana. Taman kota sebagai tempat rekreasi yang murah meriah, tentunya sayang untuk kamu lewatkan.

Pesona taman-taman ini tentunya membuatmu tertarik untuk mengunjunginya. Manakah dari taman-taman di atas yang ingin kamu jelajahi keindahannya?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram