Taman Lalu Lintas, Tempat Wisata Edukasi untuk Anak-Anak

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ada satu taman di Bandung yang bisa dijadikan tempat wisata anak Anda. Taman Lalu Lintas adalah taman tersebut. Taman yang bernama lengkap Taman Lalu Lintas Ade Suryani Nasution ini dulunya merupakan taman yang dikelola Hindia – Belanda. Saat itu, taman yang sempat bernama Insulindepark ini lazim dipakai sebagai venue untuk pameran atau pasar malam.

Seiring waktu, taman ini pun dijadikan taman wisata, serta berganti nama menjadi taman lalu lintas Ade Irma Suryani Nasution. Nama Ade Irma Suryani Nasution sendiri diambil dari nama putri sulung Jenderal A.H. Nasution.

Ingin mengajak anak atau keluarga main ke Taman Lalu Lintas? Simak ulasan selengkapnya berikut ini yuk!

Wahana Menarik Taman Lalu Lintas

Wahana Menarik Taman Lalu Lintas

* sumber: komunitasaleut.com

Ada beberapa wahana menarik yang bisa kamu jajal selama di Taman Lalu Lintas. Jangan sampai anak-anak Anda melewatkannya begitu saja. Adapun wahana-wahana tersebut adalah:

1. Pusat Edukasi Anak Toyota Smart Diving

Pusat Edukasi Anak Toyota Smart Diving

Tempat wisata ini sangat cocok anak-anak yang mau bermain sambil belajar. Di wahana ini, anak-anak akan belajar mengenal rambu-rambu yang ada di lalu lintas.

Rambu-rambu tersebut dilengkapi dengan keterangan yang jelas. Sehingga, anak-anak pun semakin paham fungsi dari rambu-rambu tersebut.

2. Kolam Renang

Kolam Renang

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=qavby5bn2aY

Puas mempelajari rambu lalu lintas, kamu bisa mengajak anak-anak Anda untuk menjajal wahana satu ini. Air di wahana kolam mini cukup dangkal, sehingga anak-anak bisa berenang di dalamnya.

Kolam renang ini dilengkapi dengan pancuran yang berbentuk unik. Tak seperti pancuran umumnya, pancuran di kola mini punya bentuk mirip lampu lalu lintas. Di bagian bawah pancurannya dilengkapi dengan dua perosotan yang bisa dipakai anak-anak.

3. Kereta Api

Kereta Api

* sumber: akurat.co

Wahana ini adalah salah satu ikon di Taman Lalu Lintas. Konon, wahana ini sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Kini, wahana satu ini sudah didesain lebih modern. Wahana ini akan membawamu berkeliling Taman Lalu Lintas. Tak hanya untuk anak-anak, wahana satu ini juga cocok dinaiki orang dewasa.

4. Rumah Pohon

Rumah Pohon

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Dibanding tiga wahana sebelumnya, wahana ini bisa dibilang tergolong baru. Sesuai namanya, wahana ini punya bentuk serupa rumah berwana coklat yang terpasang di sebuah pohon besar.

Untuk bisa masuk ke rumah tersebut, kamu mesti naik ke tangga berundak yang tersedia di bawah rumah tersebut. Wahana ini sangat cocok dipakai untuk berfoto ria bersama anak-anak.

Harga Tiket dan Jam Operasional

Harga Tiket dan Jam Operasional

* sumber: www.destinasibandung.co.id

Taman Lalu Lintas menerapkan harga tiket beragam. Tergantung di hari apa Anda dan anak-anak berkunjung. Jika kalian berkunjung di hari biasa, kalian mesti membayar harga tiket sebesar Rp6.000/orang.

Adapun untuk akhir pekan, kalian mesti mengeluarkan kocek sebesar Rp7.000/orang. Selain harga tiket, Taman Lalu Lintas juga menerapkan tarif untuk beberapa wahana dan fasilitas yang mereka punya.

Wahana Kereta Api misalnya. Untuk bisa memakai wahana ini, Anda mesti mengeluarkan kocek sebesar Rp5.000/orang. Taman Lalu Lintas bisa dikunjungi setiap hari, mulai pukul 8 pagi hingga 3 sore.

  • HTM : Rp6.000/orang (hari biasa), Rp7.000/orang (hari libur).
  • Jam Operasional : Setiap hari pukul 08.00 – 15.00 WIB.

Fasilitas yang ada di Taman Lalu Lintas

Fasilitas yang ada di Taman Lalu Lintas

* sumber: m.medcom.id

Taman Lalu Lintas juga dilengkapi beberapa fasilitas penunjang. Fasilitas-fasilitas tersebut bisa dipakai selama piknik di tempat wisata ini. Beberapa di antaranya ada yang gratis, dan beberapa di antaranya ada yang berbayar. Adapun fasilitas-fasilitas tersebut adalah:

1. Pondok Baca TLL (Taman Lalu Lintas)

Bagi Anda dan anak-anak yang mau menambah wawasan, fasilitas ini cocok untuk dipakai. ada beragam buku bacaan yang bisa dibaca pada fasilitas ini.

Fasilitas ini bisa dipakai tanpa perlu membayar sewa apa pun. Adapun buku yang ada pada fasilitas ini berasal dari hasil kerjasama pengelola Taman Lalu Lintas dengan Rotary Club Bandung.

2. Bangunan-Bangunan Informatif

Di hampir tiap sudutnya, Taman Lalu Lintas dibubuhi oleh beberapa bangunan informatif. Bangunan informatif sendiri merupakan replika bangunan yang ada di sekitar kita.

Semisal gedung sekolah, pos polisi, dan kantor pos. Masing-masing bangunan itu dilengkapi informasi penting dari bangunan-bangunan itu. Kamu tak perlu membayar sepeser pun untuk memakai fasilitas satu ini.

3. Lahan Parkir

Setelah dibangun beberapa kali, fasilitas satu ini kini sudah dibilang cukup luas. Mulai dari motor hingga bus bisa masuk ke fasilitas ini.

Lahan parkir di Taman Lalu Lintas kini sudah menerapkan tarif khusus parkir. Sesuai kendaraan apa yang hendak parkir di sana. Adapun tarif-tarif yang dimaksud adalah Rp2.000 untuk motor, Rp3.000 untuk mobil, dan Rp5.000 untuk bus.

4. Fasilitas Lainnya

Masih ada beberapa fasilitas lainnya yang ada di Taman Lalu Lintas. Fasilitas-fasilitas itu meliputi kamar mandi, mushola, tempat duduk khusus orangtua, dan panggung terbuka.

Khusus untuk panggung terbuka, Anda mesti mengeluarkan kocek untuk membayar sewanya. Adapun biaya sewa fasilitas tersebut adalah Rp1.000.000.

Alamat dan Akses Transportasi

Alamat dan Akses Transportasi

* sumber: www.inilahkoran.com

Taman Lalu Lintas berlokasi di Jalan Belitung No. 1, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40113. Lokasinya sendiri cukup strategis, sehingga bisa diakses lewat kendaraan umum atau pribadi.

  • Kendaraan Umum

Ada beberapa kendaraan umum yang bisa diakses untuk bisa sampai ke Taman Lalu Lintas. Bila Anda dan anak-anak berangkat dari Dago, kamu bisa naik angkot jurusan Kalapa – Dago.

Angkot tersebut bisa mengantarkanmu sampai ke depan gerbang Taman Lalu Lintas. Angkot lainnya yang bisa diakses adalah angkot jurusan Sadang Serang – St. Hall, serta angkot Panghegar – Dipati Ukur.

  • Kendaraan Pribadi

Untuk kendaraan pribadi, Anda bisa memakai mobil dan motor sebagai kendaraan yang dipakai. Agar bisa langsung sampai ke Taman Lintas, cobalah ambil rute ke arah Jalan Belitung.

  • Alamat : Jalan Belitung No. 1, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Bandung, Jawa Barat 40113.
  • No. Telepon : (022) 4201667

Hotel di Sekitar Taman Lalu Lintas

Hotel di Sekitar Taman Lalu Lintas

* sumber: ayobandung.com

Bagi Anda dan anak-anak yang mau menginap sebelum atau setelah ke Taman Lalu Lintas, ada kabar baik buatmu. Kini, ada sejumlah hotel yang lokasinya dekat dengan Taman Lalu Lintas. Hotel-hotel tersebut adalah:

  • Hotel Oak Tree, Jalan Jawa No. 3, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117. 380 meter dari Taman Lalu Lintas.
  • The Summit Siliwangi Hotel, Jalan Seram No. 5, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115. 380 meter dari Taman Lalu Lintas.
  • eL Hotel Royale Bandung, Jalan Merdeka No. 2, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111. 630 meter dari Taman Lalu Lintas.
  • Meize Hotel Bandung, Jalan Sumbawa No. 7, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40113. 630 meter dari Taman Lalu Lintas.

Bila Anda ingin mencari tempat wisata yang cocok untuk anak-anak, Taman Lalu Lintas bisa menjadi pilihan tepat. Taman bernama lengkap Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani Nasution itu punya beragam wahana ramah anak.

Dan semua wahana itu sudah bahas di artikel kali ini. Semoga artikel yang kami tulis ini bisa menjadi referensi untuk Anda dan anak-anak. Terutama, saat hendak piknik di Bandung nanti.

Sampai jumpat di artikel selanjutnya. Jika ada saran dan pertanyaan, jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *