7 Taman Nasional di Bali dan Nusa Tenggara yang Memesona

Ditulis oleh Siti Hasanah

Taman Nasional di Provinsi Bali dan Nusa Tenggara  merupakan surga untuk orang yang senang dengan kegiatan mendaki dan juga menyukai pantai. Keindahan dari jalur pendakian dan juga kawasan pantainya memikat wisatawan untuk mengunjunginya. Berikut ini adalah ulasan dari taman nasional di Bali dan Nusa Tenggara untuk kamu pencinta gunung dan pantai.

1. Taman Nasional Komodo (NTT)

Taman Nasional Komodo (NTT)

Komodo merupakan hewan purba yang keberadaannya hanya terdapat di Taman Nasional Komodo (TNK). Kadal Raksasa purba ini memiliki panjang 2-3 meter dengan berat sekitar 100-165 kg. TNK sendiri  telah masuk dalam Situs Warisan Dunia dan sebagai cagar biosfir  oleh UNESCO di tahun 1986.

3 Pulau masuk ke dalam Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Komodo, Rinca, dan Padar. Selain Komodo lamu juga dapat menemukan binatang liar yang lainnya di pulau ini. Selain itu TNK memiliki spot untuk menyelam terbaik di dunia dengan semua biota lautnya yang menakjubkan untuk saksikan.

Selain keindahan hutan dan hewan liarnya, TNK memiliki keindahan pantai yang luar biasa mempesona. Warna air lautnya yang bergradasi dengan cantik dengan pasir pantainya yang putih. Selain itu kamu juga dapat menyaksikan indahnya bukit dengan rumputnya yang menghampar.

  • Alamat : Pulau Komodo, Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur
  • Website : https://www.komodonationalpark.org/
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : WNI Rp5.000, WNA Rp460.000, Weekend WNA Rp353.000

2. Taman Nasional Gunung Rinjani (NTB)

Taman Nasional Gunung Rinjani (NTB)

Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) merupakan satu kawasan cagar alam yang memiliki ekosistem tipe hutan hujan pegunungan dan sabana. Gunung Rinjani merupakan daya tarik utama dari TNGR, selama kamu mendaki matamu akan disuguhi keanekaragaman hayati  disepanjang jalurnya.

Keindahan yang dapat kamu lihat dijalur pendakian satu diantaranya adalah Danau Segara Anak. Di dalam danau yang kebiruan tersebut terdapat sebuah gunung baru yang lahir dengan nama Gunung Baru Jari. Gunung Rinjani sendiri merupakan gunung dengan puncak tertinggi ke-3 di Indonesia.

  • Alamat : Jl. Raya Sembalun Lawang, Sembalun Lawang, Sembalun, Kab. Lombok Timur, NTB
  • Website : https://www.rinjaninationalpark.id/
  • Telepon : 0818-0579-1762
  • Jam Buka : 07.30 – 16.00
  • HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.00, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp225.000

3. Taman Nasional Kelimutu (NTT)

Taman Nasional Kelimutu (NTT)

Selain Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur juga memiliki Taman nasional  yang ukurannya cukup kecil luasnya hanya 5.356 hektar yaitu Taman Nasional Kelimutu (TNK). Sekalipun taman nasional ini kecil, tetapi pesona keindahan dari danau dan alam sekitarnya akan membuat kamu terpesona.

Danau dengan tiga warna ini berada di ketinggian 1.731 mdpl, dan selain itu dikawasan taman nasional ini juga terdapat hutan kecil yang berisikan keanekaragaman flora yang sebagiannya adalah tanaman endemik dari daerah Kelimutu. Keragaman floranya secara keseluruhannya mencapai 100 jenis.

  • Alamat : Kec. Wolowaru, Kec. Ndona, dan Kec. Detsuko, Kab. Ende, Provinsi NTT
  • Website : https://kelimutu.id/
  • Telepon : 0811283939
  • Jam Buka : 07.30 – 16.00
  • HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp225.000

4. Taman Nasional Bali Barat (Bali)

Taman Nasional Bali Barat (Bali)

Taman Nasional Bali Barat (TNBB), dibentuk berawal dari keprihatinan raja-raja Bali akan populasi dari Jalak Bali yang semakin berkurang. Burung Jalak Bali merupakan burung yang terancan punah yang tidak dapat kamu temukan keberadaannya di tempat lain. Tempat ini adalah perlindungan terakhir.

Selain terdapat hutan dengan flora dan faunanya, di TNBB juga memiliki kanekaragaman hayati di bawah lautnya, dari ratusan jenis terumbu karang hingga 120 jenis ikan, dan juga penyu. TNBB juga memiliki destinasi wisata indah dari hutan, laut, dan pantainya yang dapat kamu jelajahi.


Kamu dapat melakukan kegiatan menyusuri hutan dan menyaksikan berbagai satwa liar termasuk Jalak Bali yang terkenal. Kamu juga dapat melakukan snorkeling untuk melihat keindahan bawah lautnya dengan airnya yang terlihat jernih, atau berjalan-jalan di pantainya yang berpasir putih.

  • Alamat : Jl. Raya Cekik Gilimanuk, Kec. Melaya, Kab. Jebrana, Provinsi Bali
  • Telpon/ Fax : (0365) 61173/61060
  • Jam Buka : 08.00 – 18.00 WITA
  • HTM : WNI Rp2.500, WNA Rp20.000

5. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti (NTT)

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti (NTT)

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti (TNLW)  merupakan taman nasional yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di daerah Sumba. Hutan di TNLW ini bertipe hutan elfin yaitu hutan dengan tumbuhan yang kerdil dan ditumbuhi oleh lumut dan berada di ketinggian 800 mdpl.

TN Laiwangi Wanggameti letaknya berada adi tiga kecamatan yaitu Kecaamtan Paberaiwai, Kecamatan Tabundung, dan Kecamatan Pinu Pahar. Lanskap dari TNWL ini bergelombang dengan bukit dan lereng-lerengnya, dan ada juga yang wilayahnya yang agak datar dan bergelombang.

Bentang alamya yang indah membuat taman nasional ini memiliki potensi destinasi wisata yang  sangat menarik. Jika kamu ingin berkunjung ke taman nasional ini sebaiknya kamu kunjungi  tempat ini di bulan Maret – Juni, atau pada bulan Oktober sampai dengan Bulan Desember.

  • Alamat : Pulau Sumba, Pindu Hurani, Kec. Tabundung, Kan, Sumba Timur, Prov. NTT
  • Website : https://tnmatalawa.com/id/
  • Telpon/ Fax : (0387) 61914
  • Jam Buka : 24 Jam
  • HTM : Weekday WNI Rp5.000, WNA Rp150.000, Weekend WNI Rp7.500, WNA Rp.225.000

6. Taman Nasional Manupeu Tanah Daru (NTT)

Taman Nasional Manupeu Tanah Daru (NTT)

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram