10 Taman Nasional yang Paling Indah di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Taman nasional merupakan sebuah cagar alam yang berfungsi melindungi segala kekayaan di dalamnya, termasuk hewan dan tumbuhan. Indonesia sendiri saat ini memiliki sekitar 50 taman nasional, yang tersebar di berbagai pulau, mulai dari Sumatra hingga Papua.

Selain menjadi ruang lindung makhluk hidup, taman nasional juga dapat berfungsi sebagai tempat penelitian untuk keberlangsungan hidup makhluk hidup serta objek wisata alam yang bagi masyarakat umum. Berikut ini kami akan membahas sejumlah taman nasional yang populer di Indonesia beserta hewan dan tumbuhan yang dilindunginya.

1. Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo merupakan salah satu taman nasional yang paling indah di Indonesia. Tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan lokal, taman nasional ini juga sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Bahkan disebutkan kalau jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke sana lebih banyak daripada wisatawan domestik.

Apa yang ditampilkan di Taman Nasional Komodo adalah salah satu keindahan dunia yang tidak ada duanya. Selain menikmati pemandangan alam yang menakjubkan bak di zaman prasejarah, pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung hewan komodo yang merupakan atraksi utama di taman nasional tersebut.

Perlu diketahui kalau komodo adalah sejenis hewan purba yang masih bertahan hingga saat ini. Komodo juga merupakan kadal terbesar di dunia (panjang hingga 3 meter) yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, tepatnya di kawasan Taman Nasional Komodo. Kespesialan tersebut membuat banyak orang sangat tertarik untuk melihat komodo secara langsung di alam liar mereka.

  • Alamat: Jl. Kasimo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timr – 86554
  • Pintu masuk: –
  • Jam buka:-
  • Telepon: 0385-41004, 41005

2. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken

* sumber: id.wikipedia.org

Taman Nasional Bunaken adalah sebuah taman laut yang sangat indah yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Taman nasional ini juga populer di dunia internasional karena menawarkan keanekaragaman hayati laut yang menakjubkan. Jika Anda seorang penyelam, maka Taman Nasional Bunaken adalah satu tempat terbaik untuk melakukannya!

Di kedalaman laut Taman Nasional Bunaken terdapat ekosistem terumbu karang yang sangat kaya dengan hampir 400 spesies yang berbeda. Berbagai jenis hewan laut juga hidup di sana, membuat perairan taman nasional ini sangat menarik untuk dijelajahi.

Tidak hanya menawarkan keindahan bawah laut saja, tapi Taman Nasional Bunaken juga menawarkan keindahan daratan yang memukau. Wisatawan yang berkunjung ke sana akan disuguhi oleh ekosistem pohon kelapa, hutan mangrove, hingga hewan-hewan darat yang semuanya indah.

  • Alamat: Liang Beach Bunaken, Wori, Sulawesi Utara
  • Pintu masuk: Pulau Bunaken, Nain, Montehage, Siladen
  • Jam buka: 24/7
  • Telepon: –

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

* sumber: id.wikipedia.org

Di taman nasional ini hidup salah satu hewan yang hampir punah dan sangat dilindungi, yaitu badak jawa yang merupakan jenis badak bercula satu. Karena jumlahnya yang sangat sedikit di alam liar, bisa menyaksikan langsung hewan spesial tersebut merupakan pengalaman yang luar biasa langka dan sangat didambakan oleh sebagian orang.

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu dari sedikit ruang hijau yang masih tersisa di Pulau Jawa yang sangat padat. Tempat tersebut merupakan rumah bagi banyak spesies tanaman dan hewan-hewan langka yang terancam punah, termasuk badak jawa, owa jawa, surili, anjing hutan, dan masih banyak lagi hewan lainnya.

  • Alamat: Jl. Perintis Kemerdekaan No.51 Kec. Labuan, Kab. Pandeglang, Provinsi Banten. 42264, Indonesia
  • Pintu masuk: –
  • Jam buka: 24/7
  • Telepon: +62253-801731

4. Taman Nasional Tanjung Puting

Tanjung Puting

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/franganillo/

Taman Nasional Tanjung Puting adalah rumah bagi banyak spesies hewan dan tumbuhan, baik yang endemik maupun bukan. Beberapa hewan yang dilindungi yang hidup di taman nasional ini adalah orangutan kalimantan, bekantan, owa kalimantan, dan beruang madu. Sejumlah mamalia air dan reptilia hingga ratusan jenis burung juga ditemukan tinggal di sana.

Di taman nasional yang sangat indah ini juga terdapat beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu objek wisata tersebut adalah Camp Leakey yang merupakan sebuah pusat rehabilitasi orangutan yang terkena dampak pembakaran hutan dan penebangan liar. Semoga orang-orang yang bekerja di sana selalu diberikan kemudahan dan keselamatan ya.

  • Alamat: Jl. HM. Rafi’i Km. 2, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah Indonesia
  • Pintu masuk: –
  • Jam buka: Senin-Sabtu (jam kerja)
  • Telepon: (+62) 0532 23832

5. Taman Nasional Baluran

Taman_Nasional_Baluran

* sumber: commons.wikimedia.org

Ruang hijau lain yang masih tersisa di Pulau Jawa adalah Taman Nasional Baluran. Salah satu daya tarik utama dari taman nasional ini adalah sabana atau padang rumputnya yang sangat luas, yaitu sekitar 40 persen dari total luas lahan. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke Afrika untuk menikmati hamparan sabana yang indah, cukup kunjungi saja Taman Nasional Baluran ini.

Hewan yang menjadi maskot Taman Nasional Baluran adalah banteng jawa yang juga merupakan salah satu hewan yang dilindungi. Selain itu, taman nasional ini juga merupakan rumah bagi ratusan jenis tumbuhan (beberapa di antaranya adalah tumbuhan asli kawasan tersebut), puluhan jenis mamalia, hingga ratusan jenis burung yang indah-indah dan menakjubkan.

  • Alamat: Area Hutan/Kebun, Sumberwaru, Kec. Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur
  • Pintu masuk: –
  • Jam buka: Senin-Kamis (07:30-16:00), Jum’at (07:30-16:30)
  • Telepon: (0333) 461936

6. Taman Nasional Kerinci Seblat

Gunung Kerinci

* sumber: commons.wikimedia.org

Taman nasional terluas di Pulau Sumatra ini memiliki pemandangan yang sangat spektakuler yang mungkin sulit ditemukan di tempat lain di dunia. Karena wilayahnya sangat luas, Taman Nasional Kerinci Seblat mencangkup kawasan-kawasan yang beragam, mulai dari pegunungan tinggi, sungai-sungai beraliran deras, danau, dan lain sebagainya.

Di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat hidup berbagai jenis hewan dan tumbuhan, termasuk bunga terbesar di dunia rafflesia arnoldi dan bunga tertinggi di dunia titan arum. Beberapa hewan yang ditemukan di taman nasional ini antara lain seperti harimau sumatra, badak sumatra, dan gajah sumatra.

  • Alamat: Jl. Basuki Rahmat No.11 Kec. Pesisir Bukit, Kota Sungai Penuh, Jambi 37101
  • Pintu masuk: Lubuklinggau, Sungai Penuh, Kayu Aro
  • Jam buka: Senin-Sabtu (07:30-17:00)
  • Telepon: +62 822 8939 4947

7. Taman Nasional Lorenz

Puncak Jaya

* sumber: commons.wikimedia.org

Ini adalah taman nasional terluas di Asia Tenggara yang terletak di Provinsi Papua. Taman Nasional Lorenz terkenal karena memiliki ekosistem yang lengkap, bahkan merupakan salah satu yang terlengkap di kawasan Asia Pasifik. Selain itu, taman nasional ini juga merupakan salah satu dari tiga kawasan di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis.

Puncak gunung bersalju merupakan daya tarik utama dari Taman Nasional Lorenz selain keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Selain itu, kawasan taman nasional ini juga merupakan tempat kediaman berbagai suku, seperti Suku Dani Barat dan Suku Asmat yang terkenal di dunia.

Adapun hewan yang ditemukan hidup di Taman Nasional Lorenz antara lain seperti burung kasuari, burung cendrawasih ekor panjang, walabi, kanguru pohon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Nipah dan bakau adalah dua contoh tumbuhan yang ada di Taman Nasional Lorenz di antara ratusan atau mungkin ribuan jenis tumbuhan lainnya.

  • Alamat: Papua
  • Pintu masuk: Timika, Wamena, Enarotali
  • Jam buka: 24/7
  • Telepon: (0967) 581596

8. Taman Nasional Wakatobi

Wakatobi

* sumber: id.wikipedia.org

Taman Nasional Wakatobi adalah taman laut lainnya yang terletak di Pulau Sulawesi. Taman nasional ini menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah, yang berupa gugusan terumbu karang dari lebih dari 100 jenis dan beragam spesies ikan yang menakjubkan. Ini adalah tempat yang harus Anda kunjungi, khususnya jika Anda seorang penyelam.

Selain menyelam, Anda juga dapat menikmati keindahan pantai-pantainya yang tidak kalah menakjubkan. Jika Anda mengunjungi taman pada bulan November, Anda dapat menyaksikan paus sperma berenang dengan anggun di perairan yang masih terjaga. Sejumlah burung-burung cantik yang terkenal juga ditemukan hidup di dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi.

  • Alamat: Sulawesi Tenggara
  • Pintu masuk: Wangi-Wangi, Kaledupa, Wakatobi, Tornia-Binongko
  • Jam buka: 24/7
  • Telepon: (0402) 2826326

9. Taman Nasional Gunung Leuseur

T N Gunung Leuseur

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/dennisk/

Taman nasional yang sangat indah dan menakjubkan ini terletak di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara. Sebagai salah satu kawasan cagar alam yang penting bagi dunia, Taman Nasional Gunung Leuseur masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, bersama dengan Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Di Taman Nasional Gunung Leuseur hidup beragam hewan dan tumbuhan yang spektakuler. Bahkan puluhan hewan-hewan mendapatkan status dilindungi karena sudah langka dan terancam punah, seperti orangutan sumatera, harimau sumatera, gajah sumatera, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Alamat: Kabupaten Gayo Lues, Aceh
  • Pintu masuk: Bukit Lawang, Tangkahan, Ketambe/Lawe Gurah, Kedah, Suaq Belimbing
  • Jam buka: 24/7
  • Telepon: –

10. Taman Nasional Gunung Rinjani

RInjani

* sumber: en.wikipedia.org

Nah, taman nasional yang satu ini terkenal sebagai jalur naik gunung yang populer di Indonesia. Karena menawarkan pemandangan yang sangat indah dengan ekosistem hutan hujan pegunungan dan sabana, Taman Nasional Gunung Rinjani ini banyak dikunjungi oleh pecinta gunung yang ingin merasakan kemegahannya.

Taman nasional ini juga merupakan rumah bagi sejumlah hewan dan tumbuhan, seperti jelatang, bayur, anggrek hutan endemik. Rusa, lutung budeng, dan trenggiling adalah contoh hewan yang tinggal di Taman Nasional Gunung Rinjani. Bagian yang paling spektakuler dari kawasan ini adalah kawah mati di puncak yang membentuk danau yang sangat menakjubkan.

  • Alamat: Jl. Raya Sembalun Lawang, Sembalun Lawang, Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83666
  • Pintu masuk: Sembalun, Senaru, Tambanuh, Sebau, Kembang Kuning, Joben
  • Jam buka: 24/7
  • Telepon: 0818-0579-1762

Nah, itulah beberapa taman nasional di Indonesia beserta hewan dan tumbuhan yang dilindunginya. Semoga suatu saat kita bisa menikmati keindahan tempat-tempat tersebut dan melindunginya bersama-sama agar lestari selamanya. Jangan lupa untuk mendoakan mereka yang bekerja di sana agar selalu diberikan kemudahan dan keselamatan dalam menjaga alam ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *